Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Dinda Perwira Ratu
"
ABSTRAKFilm berjudul Mean Girls menceritakan tentang sekelompok anak elit yang populer namun cenderung mengintimidasi dengan gaya hidup mereka yang matrealistis. Dengan hadir sebagai anak-anak yang populer, cantik, dan keren membuat mereka menjadi sebuah panutan untuk anak-anak perempuan lain di sekolah walaupun dengan sikap mereka yang mengintimidasi orang lain yang tidak sebanding. Hal ini pun menguatkan dominasi mereka dan menghadirkan hegemoni. Bagaimana hegemoni itu bisa hadir dan dipertahankan menjadi fokus dalam penelitian ini. Konsep sosial Bourdieu digunakan untuk melihat bagaimana kelompok elit ini bisa mendominasi suatu lingkungan dan bertahan di posisi tertinggi. Dalam penelitian ini akan diperlihatkan bagaimana sebuah hegemoni dapat terbentuk dan juga hancur pada akhirnya. Penelitian ini berkontribusi untuk merepresentasikan sekelompok perempuan yang membuli dengan memberikan pengetahuan untuk memahami bagaimana tindakan membuli dapat muncul dan bagaimana bullying beroperasi di lingkungan sosial.
ABSTRACT/>The film Mean Girls portrays an elite clique who controls anyone in the entire school with its materialistic lifestyle attraction. This elite clique actually gets popular with the help of support from its peers. The society supports them, for they bring the ideal pictured of cool high schoolers and people are envied them. Therefore, it can maintain its hegemonic position. The strategies to build and sustain the hegemony is the focus of this study. Bourdieu rsquo s concept of social capital is used to show how the clique achieves their power, and make them stay on top. The finding reveals the construction as well as the destruction of this hegemonic elite depends on the agency of its own member. This study contributes to the scarce literature on representations of female bullies, providing a framework for understanding why bullying persists and how it operates within the society. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Shahnaz Khalila Najlana
"Skripsi ini membahas perundungan di kalangan pelajar Korea Selatan dan memudarnya nilai-nilai kolektivisme dalam institusi pendidikan Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perundungan dapat terjadi di kalangan pelajar Korea dan hubungannya dengan memudarnya nilai-nilai kolektivisme dalam institusi pendidikan Korea. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menghasilkan data berupa data deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perundungan di kalangan pelajar Korea terjadi akibat beberapa faktor, seperti faktor individu, keluarga, teman, dan pendidikan, serta berhubungan dengan memudarnya nilai kolektivisme dalam institusi pendidikan Korea, seperti harmoni, jeong, dan woori. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang pelajar dan menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya perundungan di kalangan pelajar Korea. Perundungan tersebut kemudian menyebabkan memudarnya nilai- nilai kolektivisme dalam institusi pendidikan Korea.
The focus of this study is the bullying culture in South Korean students and the declining collectivism values in the education institution. The purpose of this study is to know how bullying can happen in Korean students and its relation with the declining collectivism values in the education institution. This study is a qualitative research and yield descriptive data. The result of this study shows that bullying in Korean student circle happens because of several factors such as personal, family, peer group, and education factors, and there is a relation with declining collectivism values in education institution, such as harmony, jeong, and woori. The conclusion of this study is the education system has an important role in developing student’s character and become one of the most important factor causing bullying in Korean students. Later, bullying is causing the decline of collectivism values in education institution."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library