Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Destya Wenny Jelang
Abstrak :
Pendahuluan: Bronkoskopi adalah tindakan semi operatif yang merupakan prosedur baku emas untuk penegakan jenis dari penyakit kanker paru. Kurangnya pengetahuan seputar persiapan dan tindakan bronkoskopi, kehilangan motivasi untuk melakukan tindakan bronkoskopi dan kecemasan akan prosedur tindakan bronkoskopi kerap kali membuat pasien menunda tindakan tersebut, dan hal ini tentunya dapat mempengaruhi prognosis dari penyakit kanker paru yang sudah buruk. Salah satu alasan pasien menunda tindakan tersebut adalah karena kurangnya pengetahuan akibat tidak tersedia nya media edukasi yang dapat memberikan informasi perihal persiapan dan prosedur tindakan bronkoskopi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari edukasi pre-bronkoskopi berbasis website terhadap pengetahuan, motivasi dan kecemasan pada pasien kanker paru yang akan melakukan tindakan bronkoskopi. Metode: penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan metode pre test dan post test control group design. Penelitian ini menggunakan 21 responden pada kelompok kontrol dan 21 responden pada kelompok intervensi. Hasil: terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, motivasi dan kecemasan yang signifikan pada pasien kanker paru yang akan melakukan tindakan bronkoskopi sebelum dan sesudah diberikan edukasi pre-bronkoskopi berbasis website pada kelompok intervensi dengan nilai signifikan pada α=5% (p<0,05). Rekomendasi: penyempurnaan dari model edukasi pre-bronkoskopi berbasis website agar dapat di aplikasikan sebagai metode edukasi utama dalam memberikan pengetahuan seputar persiapan dan tindakan bronkoskopi. ......Introduction: Bronchoscopy is a semi-operative procedure that is the gold standard procedure for establishing the type of lung cancer. Lack of knowledge about the preparation and procedure of bronchoscopy, loss of motivation to perform bronchoscopy and anxiety about the bronchoscopy procedure often make patients postpone the procedure, and this can certainly affect the prognosis of lung cancer which is already poor. One of the reasons patients postpone the procedure is because of the lack of knowledge due to the unavailability of educational media that can provide information about the preparation and procedure of bronchoscopy. The purpose of this study was to determine the effect of website-based pre-bronchoscopy education on knowledge, motivation and anxiety in lung cancer patients who will undergo bronchoscopy. Method: This study used a quasi-experimental design with a pre-test and post-test control group design method. This study used 21 respondents in the control group and 21 respondents in the intervention group. Results: There was a significant difference in the level of knowledge, motivation and anxiety in lung cancer patients who will undergo bronchoscopy before and after being given website-based pre-bronchoscopy education in the intervention group with a significant value at α = 5% (p <0.05). Recommendation: refinement of the website-based pre-bronchoscopy education model so that it can be applied as the main education method in providing knowledge about bronchoscopy preparation and procedures.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library