Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nindya Kinanti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini ingin melihat pengaruh perceived brand value terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh brand trust dan brand affect pada dua kategori brand yaitu sustainable brand dan conventional brand pada produk kosmetik dan skin care. Penelitian ini juga menggunakan sustainability knowledge dan fashion consciousness sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan memperoleh sebanyak 232 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived brand value berpengaruh terhadap brand trust dan brand affect pada kedua kategori brand. Brand trust dan brand affect berpengaruh terhadap brand loyalty pada kedua kategori brand. Moderasi sustainability knowledge tidak memperkuat pengaruh positif perceived brand value terhadap brand trust dan brand affect pada sustainable brand. Moderasi fashion consciousness juga tidak memperkuat pengaruh positif perceived brand value terhadap brand trust dan brand affect pada conventional brand.
ABSTRACT
This study discusses the influence of perceived brand value on brand loyalty mediated by brand trust and brand affect on two brand categories which are sustainable brand and conventional brand. This study also discusses the moderating effect of sustainability knowledge and fashion consciousness on the relationship between perceived brand value on brand trust and brand affect. The data was collected through online questionnaire with the sample of 232 respondents. The result shows that there is a positive influence of perceived brand value on brand trust and brand affect on both brand categories. Brand trust and brand affect have positive influence on brand loyalty on both brand categories. Sustainability knowledge as a moderating variable does not enhance the relationship between perceived brand value on brand trust and brand affect for sustainable brand category. Fashion consciousness as a moderating variable also does not enhance the relationship between perceived brand value on brand trust and brand affect for conventional brand category.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Witha Shofani Rizka
Abstrak :
Karena mengidentifikasi dirinya dengan sebuah komunitas, anggota dari brand community membentuk attitudinal, behavioral loyalty terhadap merek yang mereka sukai serta oppositional loyalty terhadap merek yang dianggap sebagai rival. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi antecedent dari brand community identification berdasarkan uses and gratification theory, lalu melihat pengaruh dari brand community identification terhadap loyalitas terhadap brand. Oleh karena itu, structural equation modelling digunakan untuk menguji kerangka teoritis yang diajukan. Sebanyak 315 responden yang terdiri atas anggota ARMY Indonesia menjadi sampel pada penelitian ini. Hasilnya, diketahui bahwa perceived human dan brand-related value menjadi alasan konsumen untuk mengidentifikasikan dirinya dengan sebuah komunitas merek, serta brand community identification diketahui sebagai prediktor dari loyalitas terhadap brand. ......To stand up for the brands they support, members of brand communities develop attitudinal and behavioral loyalty towards the brand they love, as well as oppositional brand loyalty towards other rival brands. This study identifies the antecedents of brand community identification based on the uses and gratification theory, while also examining the relationship between brand community identification and brand loyalty. Structural equation modeling was used to test the theoretical framework based on an online survey of 315 BTS’s brand community members (ARMY) in Indonesia. The analytical results reveal that perceived human and brand-related value of the brand social media page (Weverse) lead members to identify with a brand community and identification is a strong predictor of loyalty to the brand. Based on the analytical results, this study provides suggestions to the managers of human brands to develop values that can increase identification and loyalty towards the brand.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Tri Novita
Abstrak :
Masalah bagi pemasar yang dihasilkan dari meningkatnya penggunaan media sosial adalah bagaimana fan page Facebook dapat dimanfaatkan untuk melibatkan pengguna dan menciptakan loyalitas merek. Tesis ini membahas pengaruh partisipasi konsumen dalam fan page merek terhadap loyalitas merek serta motivasi pengguna untuk menggunakan fan page. Penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data didapatkan dari 192 responden pengguna fan page susu pertumbuhan dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan fan page merek dan fan page engagement terhadap loyalitas merek. Serta tesis ini mengidentifikasi bahwa nilai hedonis sebagai penggerak untuk meningkatkan intensitas penggunaan fan page dan citra diri sebagai penggerak untuk meningkatkan fan page engagement. Hasil penelitian ini menyarankan agar manajer media sosial di perusahaan tidak hanya fokus untuk mendatangkan traffic seperti berapa jumlah pengikut yang dihasilkan, melainkan juga membuat keterlibatan, mengintegrasikan dan membuat para fans bisa aktif di dalam komunitas ......The issue for marketers resulting from the dramatic rise of the usage of social media is how fan page can be leveraged to engage customers and created brand loyalty. This thesis discusses the effect of fan pages on the brand loyalty and what motivates users to participate. This research is quantitative descriptive design. Data was gathered via a survey of 192 respondent of growing up milk fan pages and analysed using Structural Equation Modelling. The result of this study shows that there is significant relationship between usage behavior and fan page engagement on the fan page on brand loyalty. This research also identifying that hedonic value as a driver for increasing the intensity of use of the fan page and self-concept value as a driver to increase the involvement. The results of this research suggest that brand manager of social media site should not only focus to increase the traffic but also to create involvement, integrate and make the fans can be active in the community
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Susanto Berlin Manarua
Abstrak :
Virtual hotel operator merupakan salah satu tren yang sedang berkembang di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Dua penyebab utamanya adalah semakin maraknya “budget travelling” dan adanya insentif dari pemerintah pusat untuk mempromosikan industri pariwisata. Namun, kajian yang membahas mengenai virtual hotel operator sendiri masih jarang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara customer brand engagement dengan attitudinal loyalty dan behavioral loyalty dari pelanggan dalam penggunaan virtual hotel operator di Indonesia. Penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan PLS-SEM dengan sampel sebanyak 133 responden yang menggunakan hotel yang dioperasikan oleh virtual hotel operator di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensory experience berpengaruh positif terhadap customer brand engagement dengan merek virtual hotel operator. Selanjutnya, affectice experience secara positif mempengaruhi affective dan behavioral engagement, sedangkan intellectual experience secara positif mempengaruhi cognitive dan affective engagement. Demikian pula, customer brand engagement ditemukan efektif dalam meningkatkan loyalitas, setidaknya pada tingkat attitudinal. Selain itu, attitudinal loyalty berpengaruh positif terhadap behavioral loyalty pada virtual hotel operator. Temuan dari studi ini dapat memberikan panduan kepada akademisi dan manajer untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan terhadap merek virtual hotel operator. ......Virtual hotel operators have a growing trend in Indonesia during recent years. Two of its main causes is the rise of “budget travelling” and the incentive by the central government to promote tourism industry. Unfortunately, the study of virtual hotel operator itself is still uncommon. The purpose of this study is to explain relationship between the customer brand engagement with attitudinal loyalty and behavioral loyalty from customers in the usage of virtual hotel operators in Indonesia. This research was tested empirically by using PLS-SEM with a sample of 133 respondents, who used hotels operated by virtual hotel operators in Indonesia. The results of this study indicate that sensory experience positively influences customer brand engagement with the virtual hotel operator brand. Furthermore, affective experience positively affects affective and behavioral engagements, whereas intellectual experience positively influences cognitive and affective engagement. Likewise, customer brand engagement can be effective in increasing loyalty, at least on attitudinal level. In addition, attitudinal loyalty positively influences behavioral loyalty on virtual hotel operator. The findings of this study can provide academicians and managers a guide to improve customer engagement and loyalty toward a virtual hotel operator’s brand.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delonika Yuki Eka Putra
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis dan membandingkan ekuitas merek, beserta dirnensi pembentuk ekuitas merek dari kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) yang terdiri dari Canon, Nikon, Olympus, dan Sony. Ekuitas merek dari masing-masing merek tersebut diketahui dengan cara mengukur dimensi pembentuk ekuitas merek yang terdiri dari, kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), persepsi kualitas (perceived quality) dan loyalitas merek (brand loyalty). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemilik dari kamera DSLR dengan merek Canon, Nikon, Olympus, dan Sony. Survey dilaksanakan pada rentang waktu bulan April-Mei 2011 yang mencakup berbagai jenis pertanyaan yang bersifat terbuka dan tertutup. Pada akhirnya didapatkan 260 responden dalam penel!tian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari sisi ekuitas merek secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan antara merek kamera DSLR tersebut. Hal ini terjadi karena masing-masing kamera DSLR tersebut memiliki nilai tertinggi pada salah satu dari empat dimensi ekuitas merek yang diteliti.
The research analyze and also compare the brand equity, with the dimensions that forming it of four Digital Single-Lens Reflex (DSLR) brands which consist of Canon, Nikon, Olympus, and Sony. The brand equity of each brand is obtained by measuring the brand equity dimensions, including brand awareness, brand image, perceived quality, and brand loyalty. This research is using quantitative descriptive approaches. The implementation of this research is conducted by spreading the questionnaire to the owner of DSLR camera of brand Canon, Nikon, Olympus, and Sony. The survey is conducted during April to Mei 2011 by spreading the questionnaire consisting of open ended and close-ended questions. At the end, the respondents which are involved in this research consist of 260 people. The research concludes that there is no significant difference between the brands in overall brand equity. This result can be happened because each brand has the highest score in one of four dimensions of brand equity which are observed.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T33687
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Seruni Kusuma Ningrum
Abstrak :
Pesatnya pertumbuhan industri e-money di Indonesia menghadapi persaingan yang ketat, terutama dalam industri dompet digital berbasis aplikasi. Mulai dari perusahaan swasta hingga BUMN, berbagai aplikasi dengan spesifikasi kompetitif ditawarkan kepada pengguna. Salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi merek dalam industri yang intens adalah dengan meningkatkan ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan model ekuitas merek berbasis konsumen dan pengaruhnya terhadap preferensi merek dan intensi pembelian pengguna DANA. Data didistribusikan kepada 682 pengguna DANA dan dianalisis sebagai jenis penelitian Partial Least Square SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dimensi ekuitas merek berbasis konsumen, terutama loyalitas merek, memiliki efek positif pada preferensi merek dan intensi pembelian. ......The rapid growth of the e-money industry in Indonesia is facing intense competition, especially in the application-based digital wallet industry. Ranging from private companies to SOEs, different applications with competitive specifications are offered to users. One way to maintain brand presence in an intense industry is by increasing brand equity. This study uses a customer-based brand equity model and its influences to brand preference and purchase intention of DANA users. Data was distributed to 682 DANA users and analyzed as a Partial Least Square SEM with SmartPLS 3.0 software. Based on the results, it was concluded that the dimensions of consumer-based brand equity, especially brand loyalty, have a positive effect on brand preferences and purchase intentions.

 

Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Izzati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Emotional Branding terhadap loyalitas merek Dove studi pada konsumen perempuan di Media Sosial Youtube. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalis dimensi emosional branding mana yang paling berpengaruh terhadap Brand Loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pemilihan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria konsumen perempuan yang pernah menggunakan produk perawatan tubuh Dove dalam satu tahun terakhir minimal dua kali dan pernah melihat marketing campaign Dove di Youtube. Teknik pengumpulan data survei dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel emotioanal branding berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek konsumen. Secara parsial, hanya dimensi relationship, association, dan uniqueness yang berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty. ......This study aims to analyze the effect of Emotional Branding on brand loyalty Dove studies on female consumers in Social Media Youtube. This study also aims to analyze the emotional dimension of branding that most influential on Brand Loyalty. This research uses quantitative approach and subject selection is done using purposive sampling technique. Respondents in this study amounted to 100 respondents with the criteria of female consumers who have used Dove body care products in the past year at least twice and have seen Dove marketing campaign on Youtube. The technique of collecting survey data using multiple regression analysis. The results of this study indicate that the variable emotional branding significant effect on consumer brand loyalty. Partially, only the dimensions of relationship, association, and uniqueness have a significant effect on brand loyalty.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Givero Tommy Alessandro
Abstrak :
Perkembangan zaman merubah aspek kehidupan masyrakat, di mana salah satu aspek yang terkena dampaknya yaitu pada pola hidup masyrakat yang semakin sehat. Gaya hidup sehat mendorong para pelaku bisnis untuk memanfaatkan tren yang sedang berlangsung dengan membuat usaha yang mendukung gaya hidup tersebut, seperti Diet & Healthy Catering. Yellow Fit Kitchen menjadi salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang ini di tengah maraknya persaingan pada industri tersebut. Oleh karena itu, Yellow Fit perlu untuk memanfaatkan berbagai aktivitas pemasaran untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya. Yellow Fit Kitchen memilih untuk melakukan pemasaran pada platform media sosial Instagram mereka, terlebih karena pengguna Instagram di Indonesia kian meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Aktivitas pemasaran media sosial melalui Instagram dapat menciptakan respon konsumen yang positif, rasa cinta terhadap merek, mendukung persepsi konsumen, hingga terciptanya loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan social media marketing activities dengan brand love melalui self-expressive brand (social & inner) terhadap brand loyalty pada Yellow Fit Kitchen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei online untuk mengumpulkan data. Hasil peneltiain menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel social media marketing activities, self-expressive brand (social dan inner), brand love, dan brand loyalty pada Yellow Fit Kitchen di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merekomendasikan agar Yellow Fit Kitchen lebih memaksimalkan aktivitas pemasaran melalui platform Instagramnya, menekankan value proposition gaya hidup sehat pada setiap konten dan produk yang diberikan, membuat program atau campaign untuk menciptakan loyalitas pelanggan. ......The times have changed aspects of people's lives, where one aspect that is affected is the lifestyle of the people who are getting healthier. A healthy lifestyle encourages businesspeople to take advantage of the ongoing trends by creating businesses that support these lifestyles, such as Diet & Healthy Catering. Yellow Fit Kitchen is one of the companies engaged in this field, amid rampant competition in the related field. Therefore, Yellow Fit needs to take advantage of various marketing activities to be able to compete with its competitors. Yellow Fit Kitchen chooses to do marketing on their Instagram social media platform, especially since Instagram users in Indonesia are increasing significantly every year. Social media marketing activities through Instagram can create positive consumer responses, love for brands, support consumer perceptions, and create brand loyalty. This study aims to analyze the effect of the relationship between social media marketing activities and brand love through self-expressive brands (social & inner) on brand loyalty at Yellow Fit Kitchen. This study uses a quantitative approach with an online survey method to collect data. The results of the study show that there is an influence between the variables of social media marketing activities, self-expressive brand (social and inner), brand love, and brand loyalty at Yellow Fit Kitchen in the Jabodetabek area. This study recommends that Yellow Fit Kitchen maximize marketing activities through its Instagram platform, emphasize the value proposition of a healthy lifestyle for every content and product provided, create programs or campaigns to create customer loyalty.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bana Satria Purwanto
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand experience dan brand personality terhadap brand loyalty melalui brand prestige, brand trust, dan customer satisfaction dari produk sepeda motor Honda CBR150R. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei pada pengguna sepeda motor Honda CBR150R di Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100. Penelitian melakukan uji validitas dengan analisis faktor dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan dalam pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience memiliki pengaruh langsung terhadap brand prestige dan brand loyalty; brand personality memiliki pengaruh langsung ke brand prestige dan brand trust; brand trust memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung ke brand loyalty. Sementara, brand prestige terbukti tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap brand loyalty. ......This study aims to analyse the effect of brand experience and brand personality on brand loyalty through brand prestige, brand trust, and customer satisfaction from Honda CBR150R. This study uses a quantitative approach to survey the methods for Honda CBR150R motorcycle users in Jakarta. This study uses 100 respondents as a sample to collect data through questionnaire. The study employs validity measurement using factor analysis and reliability measurement using Cronbach's Alpha. Structural Equation Modelling (SEM) is used in hypothesis testing. The findings present that brand experience has a direct effect on brand prestige and brand loyalty; brand personality has a direct effect on brand prestige and brand trust; brand trust has a direct effect and an indirect effect on brand loyalty. In addition, brand prestige is revealed has no indirect effect on brand loyalty.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Nurmalita
Abstrak :
Industri pada sektor beauty personal care memiliki persaingan yang sangat ketat. Ketatnya persaingan ini membuat pemain dalam sektor beauty personal care mempertahankan konsumennya agar tidak beralih ke produk lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kesadaran nilai terhadap loyalitas merek melalui keterlibatan merek dalam konsep diri pada generasi Z konsumen merek BLP Beauty di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner online. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran nilai memiliki pengaruh sedang terhadap loyalitas merek, kesadaran nilai memiliki pengaruh lemah terdapat keterlibatan merek dalam konsep diri, serta keterlibatan merek dalam konsep diri memiliki pengaruh sedang terhadap loyalitas merek. Berdasarkan hasil uji mediasi yang telah dilakukan, terdapat pengaruh kesadaran nilai terhadap loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan merek dalam konsep diri. Penelitian ini merekomendasikan agar merek dapat meningkatkan kesadaran nilai dan keterlibatan merek dalam konsep diri untuk meningkatkan loyalitas. ......The beauty personal care industry has a very fierce competition, every player has to do its best to keep their consumer not to switch or even try to the other products. The purpose of this study is to analyse the effect of value consciousness on brand loyalty through brand engagement in self-concept towards Generation Z consumers of BLP Beauty brand in Jabodetabek. This study uses quantitative approach by collecting data through an online questionnaire. The results showed that value consciousness has a moderate effect on brand loyalty while value consciousness has a low effect on brand engagement in self-concept. The other result is brand engagement in self-concept has a moderate effect on brand loyalty. Based on mediation analysis, brand engagement in self-concept affects the relationship of value consciousness and brand loyalty. This study recommends that the brands could increase their value consciousness and brand engagement in self-concept to increase brand loyalty.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>