Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Works of salvage or ship saving is one of type of service work at technical field shipping. At sea trnasport operation in sea,ship can experience of the aground accident is above rock even sink to sea floor....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sihaloho, Junprima Maruliasi
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan penyelesaian sengketa gugatan pajak terkait dengan gugatan atas Surat Keterangan Bebas Pajak Pertambahan Nilai atas impor kapal tongkang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa gugatan pajak dipenuhi karena Surat Keterangan Bebas Pajak Pertambahan Nilai atas impor Kapal Tongkang sudah sesuai ketentuan peraturan perpajakan.

ABSTRACT
The purpose of this research is to determine the implementation of a tax claim and dispute settlement related to a lawsuit over the Exemption Certificate Lawsuit of Value Added Tax on the import barge. This research uses secondary data. This research confirms that the lawsuit is fulfilled because Exemption Certificate Lawsuit of Value Added Tax on the import barge is in accordance with tax regulations."
2016
S62884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Nuraeni
"PT XYZ merupakan perusahaan dalam rantai pasokan kegiatan distribusi batubara dari Jetty Loa Tebu ke Muara Berau. Armada pendistribusian batubara yang dioperasikan adalah tongkang yang dipandu oleh kapal tunda. PT XYZ harus dapat merencanakan kebutuhan kapasitas distribusi batubara yang efektif untuk menghindari distribusi yang tidak merata, mengantisipasi fluktuasi dan meningkatkan permintaan transhipment. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung proyeksi jumlah kebutuhan kapasitas transhipment dan distribusi batubara oleh tongkang di PT XYZ dalam 5 tahun ke depan dan menentukan strategi capacity planning yang tepat untuk diterapkan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah peramalan untuk memproyeksikan jumlah transhipment batubara dari 10 tahun yang lalu, metode yang dibandingkan adalah regresi dan dekomposisi yang sesuai untuk peramalan jangka panjang. Keakuratan model peramalan dibandingkan dan menunjukkan bahwa peramalan menggunakan dekomposisi memiliki hasil yang lebih baik untuk diterapkan karena memiliki nilai RMSE dan MAPE terkecil. Proyeksi transshipment batubara di 2029 adalah 843,535 MT dan karena pada penelitian ini memiliki dua fungsi tujuan, penulis menggunakan Goal Programming untuk mendapatkan jumlah tongkang yang optimal. Selanjutnya, berdasarkan hasil peramalan dan optimalisasi perlu penambahan 4 tongkang untuk mengimbangi proyeksi transhipment pada tahun 2029, dilakukan perbandingan analisis biaya untuk alternatif strategi lead, lag, dan kapasitas rata-rata. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa strategi lead capacity memiliki nilai biaya terendah dan merupakan strategi perencanaan kapasitas terbaik dengan berinvestasi atau menambah set kapal tunda dan tongkang.

PT XYZ is a company in the supply chain of coal distribution activities from Jetty Loa Tebu to Muara Berau. The coal distribution fleet operated is a barge guided by tugs. PT XYZ must be able to plan the needs of effective coal distribution capacity to avoid uneven distribution, anticipate fluctu ations and increase demand for transhipment. This study aims to calculate the projected number of coal transhipment and distribution capacity needs by barges at PT XYZ in the next 7 years and determine the appropriate capacity planning strategy to be implemented in meeting the needs. The research method used is forecasting to project the number of coal transhipment from 10 years ago, the methods being compared are regression and decomposition which appropriate for long-term forecasting. The accuracy of the forecasting model is compared and shows that forecasting using decomposition has better results to apply because it has the smallest RMSE and MAPE values. Coal transhipment projection in 2029 is 843,535 MT and due to we have two objective function, we are using Goal Programming to get the optimum number of barges. Furthermore, based on forecasting and optimization result we need to add 4 barges to balance the transhipment projection in 2029, a cost analysis comparison is conducted for alternative lead, lag, and average capacity strategies. The calculation results show that the lead capacity strategy has the lowest cost value and is the best capacity planning strategy by investing in or adding sets of tugs and barges."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus
"Platform Jacket yang telah difabrikasi di darat akan dibawa/ ditransportasi ke site dengan menggunakan kapal tongkang (barge) untuk di-install di lapangan migas. Selama proses transportasi diperlukan suatu pengikatan struktur jacket ke deck barge agar struktur Jacket tetap stabil diatas barge. Sistem pengikatan yang disebut seafastening ini harus di desain kuat untuk menerima beban yang diakibatkan oleh pergerakan (motion) kapal, yakni tiga gerakan translasional (surge, sway, heave) dan tiga gerakan rotasional (pitch, roll dan yawn). Gerakan-gerakan ini menimbulkan percepatan pada barge yang berakibat timbulnya gaya tambahan pada struktur diatasnya dan hal ini mempengaruhi tegangan pada seafastening. Perangkat lunak Multi Operational Structural Computer System (MOSES) dipergunakan sebagai alat bantu untuk permodelan Barge dan Jacket, serta perhitungan karakteristik Response Amplitude Operator (RAO) yang diakibatkan oleh beban lingkungan. Selanjutnya untuk menghitung tegangan yang terjadi pada seafastening, digunakan perangkat lunak Structural Analysis Computer System (SACS) dengan pembebanan berupa beban mati, beban angin dan beban inersia yang diakibatkan oleh motion kapal tongkang/ Barge. Besarnya tegangan harus memenuhi kriteria Unity Check (UC).

Platform Jacket which fabricated in yard will be transported to the site with barge for installation. During the transport process, strong fastening system from jacket to deck barge is required so that the Jacket Structure remains stable on Barge. Fastening system that called seafastening must be in strong designs to accept the load caused by the movement of the barge, three translational motion (surge, sway, heave) and three rotational movement (pitch, roll and yawn). These movements cause the acceleration of the barge which result in the emergence additional force on the structure above, and this influences the stress at seafastening. Multi Operational Structural Engineering Simulator (MOSES) software is used as a tool for modeling of Barge and Jacket, as well as the calculation of the characteristics Response Amplitude Operator (RAO) caused by environmental. Furthermore, to calculate the stress that occurs in seafastening, software Structural Analysis Computer System (SACS) is used, with the loads on a construction during seafastening is dead load of the structure, wind load and innertia load caused by the motion of barge / Barge. The magnitude of the stress of seafastening must meet the criteria of Unity Check (UC).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63765
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library