Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35382
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Permadi Witjaksono
Abstrak :
Salah satu sektor yang cukup vital dalam kehidupan manusia adalah sektor perhubungan. Salah satu metode perhubungan untuk barang adalah mengangkutnya dengan menggunakan peti kemas. Di darat, peti kemas tersebut diangkut dengan sistem semi trailer (kerota tempel) yang ditarik oleh sebuah tractor head (mobil penarik). Kereta tempel dan mobil penarik dihubungkan melalui suatu alat penghubung brnama fifth wheei coupling (piring tumpu). Piring tumpu diletakkan pada oasis mobil penarik yang menyebabkan terjadinya gaya dan momen pada sasis mobil penarik tersebut. Gaya dan momen mongakibatkan melendutnya sasis mobil penarik. Gaya dan momen juga mengakibatkan terjadinya tegangan dan regangan pada oasis mobil penarik Tugas akbir ini akan mencoba mengkaji hubungan antara posisi perletakan piring tumpu dengan lendutan sasis. Akan dicari posisi piring tumpu yang terbajk, yaitu posisi piring tumpu yang menyebabkan lendutan terocil pada oasis mobil penarik. Dari hasil perhitungan teraobut posisi yang optimal akan dibandingkan dengan posisi piring tumpu yang dipakai saat Perhitungan lendutan menggunakan metode elemen hingga yang dibantu dengan perangkat lunak SAP90. Perhitungan kekuatan bahan menggunakan rumus- rumus mekanika teknik yang dikerjakan dengan simultan menggunakan spreadsheet. Dari hasil perhitungan tersebut dilakukan analisis terhadap kedua posisi yang dijadikau perbandingan. Dari hasil perhitungan dan perbandingan tersobut didapatkanlah kesimpulan bahwa posisi yang baru memang lebih baik daripada posisi yang sudah dipakai pada saat. Dan karenanya dapat diajukan saran-satan kepada pihak-pihak terkait dan berwenang dalam masalah tata angkutan peti kemas.
1996
S36536
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wawan W. Setiawan
Abstrak :
ABSTRAK
Sebuah kendaraan terdiri dari beberapa bagian yang sastu sama lain saling menunjang. Salah satu bagian dalam kendaraan adalah power train, yaitu bagian kendaraan yang meneruskan daya dari mesin ke roda penggerak. Power train tersusun atas komponen-komponen, dimulai dengan kopling dan diakhiri dengan axle.

Rear axle pada sebuah kendaraan merupakan bagian yang penting, sebab 50-80 % beban kendaraan ditopang oleh rear axle. Bersaman dengan itu karena rear axle juga merupakan bagian dari power train, ia harus memutar roda belakang yang akan menggerakkan kendaraan.

Karena beban yang ditanggungnya besar maka konstruksi dari rear axle harus kokoh. Dengan demikian dalam mendesain sebuah kendaraan, perecanaan rear axle harus dilakukan dengan cermat. Dalam perencanaan kendaraan mini roda empat ini walaupun hanya bersifat pemilihan rear axle dari produk yang sudah ada, perhitungan harus dilakukan untuk memastikan kekuatan kontruksi rear axle tersebut.

Tahap awal dalam proses pemilihan rear axle ini adalah penentuan konstruksi (bentuk dan dimensi) yang diinginkan untuk kendaraan yang direncanakan. Rear axle Mitsubishi Minicab dengan modifikasi dipilih untuk dilakukan perhitungan. Perhitungan dilakukan dengan beban yang diperkirakan akan bekerja pada rear axle dilakukan perhitungan kekualan. Safety faktor dari konstruksi rear axle harus lebih dari agar konstruksi tersebut dapal dinyatakan aman sehingga dapat dipergunakan.

Dari hasil perhitungan diperoleh safety factor untuk rear axle housing dan rear axle shaft lebih dari 3, Dengan demikian rear axle Mitsubishi Minicab secara teoritis dinyatakan aman sehingga dapat dipergunakan pada kendaraan yang direncanakan.
1996
S36560
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meidi Wibowo
Abstrak :
ABSTRAK
Perencanaan kendaraan mini roda empat ?Matrix? meliputi rancang bangun semua komponen-komponen yang minimal dapat membuat kendaraan tersebut berjalan. Kendaraan ini dirancang unluk digunakan di pedesaan maupun daerah pinggiran kota lainnya. Oleh sebab itu kendaraan ini harus memenuhi skala ekonomis dalam harga jualnya.

Salah satu komponen yang harus dipilih untuk spesitikasi kendaraan ini adalah komponen suspensi dan pengereman. Suspensi penting untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan, sedangkan sistem pengereman panting untuk keamanan.

Proses pemilihan yang dilakukan adalah dengan menghubungi vendor mmgenai spesiikasi komponen yang mereka buat. Dari da1a tersebut Kita buat inputan untuk proses penghitungan kebutuhan komponen yang sesuai untuk kendaraan yang direncanakan. Untuk suspensi data diambil melalui PT. Showa Indonesia Manufacturing, sedangkan unluk sistem pengerman melalui PT.Bakrie Tosanjaya.

Hasil penghitungan suspensi dan pengereman di cross check dengan produk yang ada kemudian dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk dilakukan instalasi pada kendaraan rancangan.
1996
S36562
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almond Bernad
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan pengalihan bahan baja karbon rendah uncoated dengan standar Society of Automotive Engineers (SAE) menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk mengkonversi standar ini dilakukan studi literatur pada perpustakaan standarisasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pada skripsi ini dilakukan pengalihan dua standar SAE menjadi standar SNI sebagai contoh kasus, dimana data bahan yang dialihkan merupakan bagian/komponen mobil yang diasembling di Indonesia. Standar bahan yang dialihkan ialah SAE 1008 (digunakan sebagai standar bahan bracket/bagian dari body) dan standar bahan SAE 1010 (digunakan sebagai standar bahan chasis). Pengalihan ini hanya untuk bahan yang mengalami proses stamping (blanking/shearing dan fomming). Proses dilakukan berdasarkan kesamaan jenis bahan (uncoated hot/cold rolled), bentuk (sheet, strip atau plate), sifat mekanis (tegangan tarik, tegangan luluh dan kekerasan), perlakuan panas, komposisi kimia, penyelesaian permukaan, serta dimensi dan toleransi. Proses ini dilakukan secara berurutan sesuai dengan prioritasnya masing-masing. Padanan yang dipilih ialah standar SNI yang paling mendekati standar SAE secara keseluruhan Hasil akhir dari proses pengalihan ini ialah ada atau tidaknya padanan standar SAE tersebut pada standar SNI. Proses pengalihan akan diperlihatkan dengan memakai label untuk mempermudah melihat kekurangan atau kelebihan standar SNI. Jika standar SAE dapat dialihkan menjadi standar SNI, maka standar SNI dapat berfungsi sebagai Salah satu kandungan lokal (local content) pada industri baja Indonesia yang ingin memproduksi bahan komponen mobil yang disebutkan di atas.
1996
S36659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Reinhardt
Abstrak :

ABSTRAK
Dunia otomotif Indonesia akhir - akhir ini kembali marak dengan adanya Inpres no.2 / 1996 yaitu tentang Tinjauan & Analisis Aspek Ekonomi Dan Politis Kebijaksanaan Otomotif Nasional. Salah satunya adalah Tingkat Kandungan Lokal ( Local Content ) yang dalam ketentuannya keharusan penggunaan komponen lokal.

Peningkatan tingkat kandungan lokai adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian industri otomotif di indonesia.

Tetapi didalam pelaksanaannya, terdapat kerancuan dalam penetapan' lokal ?dan 'non-Iokal' bagi suatu jenis produk. Senngkah kerancuan ini merupakan celah bagi prodsen untuk mengejar tujuan jangka pendek seperti yang banyak dijumpai didalam praktek.

Menghitung kandungan Iokal berdasarkan persentase jumlah komponen yang diproduksi lokal tanpa memperhatikan bobot dan tiap-liap komponen juga bukan merupakan target yang baik sebab akan mendorong produsen cenderung lari dari orientasi transfer teknoiogi. manghindarkan diri dari aktivitas R&D, yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan industri yang bersangkutan semakin tertinggal dari industri otomotif dunia.

Dengan penerapan sistem nilai tambah dan klasifikasi komponen berdasarkan sistem ABC ini, diharapkan perusahaan akan terpacu untuk menggeluti industri manufaktur yang sesungguhnya yang sarat dengan aktivitas rekayasa. Bukan hanya sekedar menjadi tukang jahit saja, sehingga ketika era perdagangan bebas dimulai industri manufaktur Indonesia mampu bersaing secara global.
1997
S36634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arie R. Iskandar
Abstrak :
Dari hari ke hari sumber daya alam semakin menipis. Sementara itu, kebutuhan manusia akan energi terus bertambah. Hal itu mendorong meningkatnya harga bahan bakar minyak. Hal ini jelas akan membebani para pengguna bahan bakar minyak di seluruh dunia. Khusus untuk masyarakat Indonesia, krisis moneter yang sedang terjadi saat ini membuat harga bahan bakar semakin terasa membebani. Untuk itu perlu diadakan suatu penelitian untuk mengamati biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan oleh eeorang pemilik kendaraan. Penelitian ini bermjuan untuk memberikan gambaran secara umum mengenai biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan setiap periodenya oleh seorang pemilik kendaraan. Dengan begitu diharapkan pemilik kendaraan dapat membuat anggaran biaya yang seefektif dan seefisien mungkin serta dapat mempertimbangkan intensitas penggunaan kendaraau yang dimiliki. Selain itu, dari penelitian ini juga akan dilihat kecenderungan konsumsi bahan bakar kendaraan terhadap umur pakainya. Pada penelitian ini digunakan kendaraan Toyota Kijang Diesel '97 sebagai sarana pengambilan data. Kendaraan tersebut rata-rata rnenempuh jarak sekitar 36,8 km per harinya. Dari hasil pengolahan data didapatkan grafik Serta persamaan peningkatan konsumsi bahan bakar dan peningkatan biaya yang harus ditanggung seorang pemilik kendaraan atas bahan bakar, pajak, Serta biaya perawatan berkala. Selain itu, dari penelitian ini dapat dilihat kecenderungan penurunan rasio bahan bakar terhadap jarak tempuh yang berarti meningkatnya konsumsi bahan bakar. ......From time to time, natural resources are getting less. Meanwhile, human needs of energy are increasing. It has encouraged the increasing cost of fuel. Obviously, it will burden the users of fuel all around the world. Especially for Indonesian people, the monetary crisis that happen at the moment has made the cost of fuel become more a burden. Therefor, a research to observe fuel cost is needed. This research's goal is to give a general perception about fuel cost that a car owner has to spend, so a car owner can make a more effective and more efficient budget planning, and able to consider a better car usage intensity. Moreover, by this research the tendency cars's fuel consumption against its lifetime will be observed. This research uses a Toyota Kijang Diesel '97 as a mean for dat gathering. This vehicle has travelled I average of 36,8 km each day. Regression analysis and graphs of fuel co.st is gained from the data processing. More ver, from this esearch, the tendency of fuel-distanee rasio which means in the increasing of fuel consumptĀ·on will be presented.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37080
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jondra
Abstrak :
Perkembangan industri otomotlf, khususnya mobil sebagai sarana transportasi yang baik dan murah merupakan hal yang mutlak saat ini. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan penduduk serta ekonomi masyarakat menuntut sarana tnmsportasi yang nyaman bagi penggunanya, untuk ini mesin harus mempunyai kualitas yang baik dengan perencanaan yang cermat. Mesin penggerak otomotif, merupakan suatu alat penggerak yang tersusun dari berbagai jenis komponen atau elemen mesin, salah satu elemen mesin utamanya adalah poros engkol, batang hubung dan piston yang merupakan satu kesatuan yang saling mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa gaya-gaya pada motor bakar torak 4langkah sebagai objek penelitian menggunakan mesin Timor S515i DOHC dengan kapasitas 59,7 kW, dengan type mesin inline (segaris) 4 silinder dan rasio kompresi 9,4:1. Analisa pada mobil timor ini dimulai dari perhitungan thennodinamis yang menghasilkan tekanan pembakaran gas didalam silinder kemudian dipindahkan menjadi gaya kebagian komponen mesin mulai dari piston, poros hubung, poros engkol yang menimbulkan gerakan berputar engkol dan menghasilkan gerak translasi piston atau sebaliknya. Gerakan yang dihasilkan menyebabkan adanya kecepatan percepatan, gaya statis serta gaya dinamis yang akan dibahas lebih luas. Hasil penelitian dan perhitungkan merupakan salah satu acuan pernbanding dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan fabrikan serta menjadi infonnasi teknis tambahan bagi konsumen, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa spesiflkasi teknis tersebut benar sesuai secara teoritis.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37067
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Hidayat
Abstrak :
Dunia retail dan promosi berkembang dengan pesat saat ini. Oleh karena itu penulis berusaha untuk mendesain box multiguna yang dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dan retail. Tujuan dari rancang bangun box ini adalah untuk membuat box yang dapat dikaitkan pada motor MTV dan dapat digunakan sebagai sarana promosi dan retail nantinya. Namun dalam rancangan ini penulis memiliki batasan yaitu box multiguna ini hanya dapat melewati jalan 1 mobil yang Iebarnya sekitar 1,5 meter. Secara garis besar proses yang dilakukan dalam rancang bangun box multiguna yaitu membuat gambar desain dari box beserta komponen- komponen pendukungnya, kemudian menentukan material yang akan digunakan dengan memperhitungkan kekuatan bahan pada poros, pegas daun dan bearing. Setelah itu melakukan pengumpulan bahan dan komponen-komponen pendukung yang nantinya akan dirakit dan terakhir proses pembuatan. Dengan tahapan proses ini box dapat dibuat dengan proses fabrikasi yang sederhana. Setelah semuanya selesai dilakukan pengujian terhadap kestabilan kendaraan dibelakang lab Teknik Mesin UI.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37557
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>