Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Lubis, Afrizal Fahmi
"Persimpangan adalah simpul dalam jaringan transportasi dimana dua atau lebih ruas jalan bertemu, di sini arus lalu lintas mengalami konflik. Untuk mengendalikan konflik ini ditetapkan aturan lalu lintas untuk menetapkan siapanyang mempunyai hak terlebih dahulu untuk menggunakan persimpangan. Oleh karena itu dilakukan studi dengan upaya meminimalkan ataupun mengeliminir potensi konflik dengan salah satu metode yang digunakan yaitu Traffic Conflic Technique (TCT). Traffic Conflict Technique (TCT) adalah sebuah metode yang digunakan untuk meningkatkan keselamatan di dalam lalu lintas. Traffic Conflict Technique (TCT) juga merupakan salah satu metode untuk mengobservasi, yaitu dengan mengidentifikasi kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) yang berhubungan dekat dengan kecelakaan. Ada 2 jenis kecelakaan dalam metode ini, yaitu serious conflict dan non serious conflict. Dari hasil analisis didapat jenis conflict untuk persimpangan Tanjung Barat adalahnserious conflict. Oleh karena itu diperlukan usulan untuk perbaikan persimpangan Tanjung Barat. Usulan perbaikan yang dilakukan yaitu berupa marka jalan, rambu-rambu lalunlintas, dan pembuatan separator jalan yang disesuaikan dengan peraturan yang ada.
Intersection is a cross in the transportation network where two or more roads meet, Here the traffic is in a conflict. To control this conflict we set a traffic rules to determine who has the first right to use the crossing. Therefore the study was conducted with an attempt to minimize or eliminate potential conflicts using Traffic Conflict Technique (TCT). Traffic Conflict Technique (TCT) is a method used to improve safety in traffic. Traffic Conflict Technique (TCT) is also a method to observe, namely by identifying accidents that almost happened (near-missed accident) that have close connection to accident. There are 2 types of accidents in this method, they are serious conflict and non serious conflict. From the analytical results obtained that the Tanjung Barat intersection is a serious conflict type. Therefore a proposal is needed to repair the Tanjung Barat intersection. Improvements proposal includes placement of road markings, traffic signs. making the path separator, which adapted from the existing regulations."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1258
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Susetyo Galu Pratomo
"Piranti keselamatan dalam kendaraan tidak bisa dipisahkan dari kemajuan teknologi di bidang otomotif. Piranti keselamatan seperti pengendali kestabilan kendaraan dapat membantu pengemudi untuk mengendalikan kendaraan guna mengurangi resiko kecelakaan ketika berkendara dalam kondisi kritis. Sistem pengendali kestabilan kendaraan akan dirancang menggunakan skema pengendalian berbasis Linear Parameter Varying-Model Prediction Control (LPV-MPC). Penelitian dalam thesis ini akan berbasis software in the loop (SIL) dengan memanfaatkan model kendaraan two-track dan aplikasi simulator CarSim. Model yang digunakan dalam perancangan akan dilakukan validasi dan optimasi guna memberikan respon output yang baik ketika digunakan pada penelitian. Pengendalian kestabilan pada penelitian ini meliputi pengendalian kecepatan, side slip dan yaw rate dari kendaraan. Prosedur pengujian hasil perancangan pengendali yang dilakukan ialah pengujian double-lane change (DLC) dengan kecepatan 120 km/h sesuai ISO:3888, pengujian DLC dengan kecepatan 80 km/h, pengujian terhadap nilai horison pengendali dan prediksi serta matriks Q dan R yang berbeda. Desain pengendali kestabilan yang diajukan dapat dikategorikan berhasil menjaga kestabilan kendaraan dilihat hasil nilai error dan akurasi pada prosedur DLC 120 km/h setelah dilakukan tuning parameter, nilai error turun 70.93% dan akurasi naik 0.39% untuk kecepatan longitudinal,7.83% dan 1.6% untuk side slip serta 67.92% dan 2.43% untuk yaw rate. Nilai error dan akurasi pada prosedur DLC 80 km/h setelah dilakukan tuning parameter, nilai error turun 72.62% dan 0.005% dan 0.28% untuk side slip serta 90.37% dan 1.32% untuk yaw rate.
Safety devices in vehicles cannot be separated from technological advances in the automotive sector. Safety devices such as vehicle stability controllers can help drivers to control the vehicle to reduce the risk of accidents when driving in critical conditions. The vehicle stability control system will be designed using a control scheme based on Linear Parameter Varying - Model Prediction Control (LPV-MPC). The research in this thesis will be based on software in the loop (SIL) using a two-track vehicle model and the CarSim simulator application. The model used in the design will be validated and optimized in order to provide a good output response when used in research. The stability control in this study includes controlling the speed, side slip and yaw rate of the vehicle. The test procedure for the results of the controller design carried out is a double-lane change (DLC) test with a speed of 120 km/h according to ISO: 3888, a DLC test with a speed of 80 km/h, a test of the control horizon value and predictions as well as different Q and R matrices. . The proposed stability control design can be categorized as successful in maintaining vehicle stability, judging by the results of the error value and accuracy in the DLC procedure of 120 km/h after parameter tuning, the error value decreases by 70.93% and the accuracy increases by 0.39% for longitudinal speed, 7.83% and 1.6% for side. slip and 67.92% and 2.43% for yaw rate. The error value and accuracy in the DLC procedure are 80 km/h after parameter tuning, the error value decreases by 72.62% and the accuracy increases by 0.16% for longitudinal speed, 0.005% and 0.28% for side slip and 90.37% and 1.32% for yaw rate. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Xu, Jun
"This book addresses one of the most important components for pedestrian safety in vehicles-laminated windshields. It includes detailed real-world material characterization results for laminated glass and testing methodologies, constitutive models, and step-by-step numerical simulation modeling and simulation methods. As such, the book provides readers a thorough understanding of the mechanical behaviors of laminated glass and windshields. It also presents fundamental test data, analysis methodologies and essential insights into laminated glass safety design and mechanical behavior prediction. The book addresses the needs of researchers, engineers and postgraduate students in the fields of automotive engineering, mechanical engineering and related areas."
Singapore: Springer Nature, 2019
e20508977
eBooks Universitas Indonesia Library
Hendrick William
"
ABSTRACTPerkembangan dari pengendalian stabilitas dalam pergerakan kendaraan elektrik telah berkembang pesat. Pengendalian ini dilakukan dengan tujuan agar tercapai kenyamanan saat berkendara, performa kendaraan yang tinggi dan meningkatkan keselamatan ketika berkendara meskipun pada kondisi kritis agar dapat meminimalisir kecelakaan dari kendaraan. Kendaraan yang jungkir balik atau rollover adalah salah satu keadaan yang sering terjadi ketika kendaraan berada pada kondisi kritis. Pada skripsi ini desain pengendali prediktif pada model kendaraan roda empat diajukan untuk menghindari terjadinya rollover meskipun kendaraan berada pada kondisi kritis. Perancangan dari desain pengendalian ini dimulai dari identifikasi yang bertujuan untuk mendapatkan karakteristik masukan dan keluaran dari pergerakan model kendaraan roda empat dengan metode least square bertingkat. Kemudian model identifikasi tersebut digunakan untuk perancangan pengendali prediktif. Tujuan dari pengendalian ini adalah menjaga agar nilai Load Transfer Ratio LTR dari model kendaraan tetap berada pada batas nilai tertentu agar tidak terjadi rollover sambil menjaga kestabilan pergerakan lateral kendaraan dengan memberikan tekanan pengereman pada tiap roda dari model kendaraan. Desain pengendali prediktif ini kemudian diuji melalui simulasi untuk melihat kemampuan dari pengendali yang telah dirancang.
ABSTRACTThe development of stability control in electric vehicle dynamics are growing rapidly. This control is applied to achieve comfortable situation in driving, vehicle high performance, and enhance safety of vehicle even in critical condition in order to reduce traffic accidents. Rollover is one of event that frequently happen when vehicle in critical condition. This research propose a design of model predictive control in four wheel vehicle model to prevent vehicle from rollover even in critical situation. The design started from model identification in order to get the input and output characteristic from the model with multistage least square method. Then the result of identification is used to design the predictive controller. Objective of this model predictive control is to keep the value of vehicles Load Transfer Ratio LTR at a certain range in order to prevent rollover from happening while still maintain the lateral stability of vehicle with giving braking pressure to each tire of the vehicle model. Then the design of model predictive control tested with simulation in order to see the capability of the controller. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library