Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Gede Titanandana Andrayuga Pratama
"Karbon dioksida merupakan salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Salah satu sumber emisi gas CO2 berasal dari gas buang mobil. Salah satu solusi untuk mengurangi emisi CO2 dari mobil yaitu mengembangkan mobil yang hemat energi dengan mengurangi massanya. Pengurangan massa mobil dapat dilakukan dengan merancang rangka mobil yang ringan tanpa mengurangi kekuatan dan keamanannya. Universitas Indonesia mempunyai tim lomba mobil hemat energi yang berlomba dalam mengembangkan mobil purwarupa dengan mengedepankan efisiensi energi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain rangka mobil hemat energi konsep urban bertenaga listrik dan berbahan bakar bensin dengan material Aluminium 6063. Desain rangka dibuat menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2020 dan uji simulasi kekuatan statis dengan Ansys 2020 R2. Perancangan desain rangka mengikuti regulasi lomba Shell Eco-Marathon dan Kontes Mobil Hemat Energi. Uji simulasi kekuatan rangka terdiri dari beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban lateral, beban traksi, dan beban rollbar sebesar 700 N. Simulasi kekuatan statis menghasilkan data tegangan, faktor keamanan, dan deformasi. Data hasil simulasi dibandingkan dengan standar keamanan dan kekakuan rangka berdasarkan faktor keamanan dan indeks deformasi. Dari hasil simulasi kekuatan statis, desain kedua rangka memenuhi standar kekuatan dan kekakuan pada pembebanan vertikal, lateral dan traksi. Namun, pada pembebanan puntir, pengereman dan rollbar masih terdapat standar kekuatan dan atau kekakuan yang belum terpenuhi. Estimasi massa desain rangka mobil listrik sebesar 16,76 kg dan rangka mobil berbahan bakar bensin sebesar 18,74 kg.
Carbon dioxide is one of the greenhouse gases that cause global warming. One of the sources of CO2 gas emissions comes from car exhaust gases. One of solutions to reduce CO2 emissions from car is to develop energy-efficient cars by reduce its mass. Mass reduction of the car can be done by designing a lightweight car chassis without compromising its strength and safety. Universitas Indonesia has an energy-efficient car racing team that competes in developing energy-efficient prototype cars. This research goal is to design an energy-efficient car chassis for urban concept electric car and gasoline-powered car with Aluminum 6063. The chassis designed with Autodesk Inventor 2020 software and its strength tested with static strength simulation in Ansys 2020 R2. Chassis design compiles to Shell Eco-Marathon and Kontes Mobil Hemat Energi regulations. Chassis strength simulation test consists of vertical load, torsional load, braking load, lateral load, traction load, and rollbar load of 700 N. Static strength simulation produces stress, safety factors, and deformation data. The simulation data is compared to the safety and stiffness chassis standard based on safety factor and deformation index. From the results of static strength simulation, both chassis meet the standard of strength and stiffness in vertical, lateral and traction loading. However in torsional, braking and rollbar loads, there are one or both standards that have not fulfilled. The estimated mass of electric car chassis design is 16.76 kg and gasoline-fueled car chassis is 18.74 kg."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ahmad Muzakki
"Salah satu komponen penting kendaraan adalah rangka atau chassis. Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi melindungi pengendara dari benturan. Rangka yang nantinya akan didesain tersebut dirancang dengan bobot seringan mungkin dan tetap memerhatikan factor keamanan yang sesuai dengan regulasi Shell Eco-Marathon. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk merancang struktur rangka komposit serat karbon mobil untuk kompetisi Shell Eco-Marathon dengan sumber energi penggerak yaitu motor pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine) dan motor listrik. Skripsi difokuskan untuk mendesain struktur rangka komposit untuk mobil hemat energi konsep urban berbahan bakar gasoline dan listrik dengan material komposit serat karbon.Jenis serat karbon yang digunakan yaitu woven wet dengan matriks epoxy serta core material yang digunakan yaitu divinycell h-100. Pembuatan desain struktur menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2022 dan Solidworks 2018, penetapan struktur komposit menggunakan Ansys ACP Workbench 19.2, dan simulasi beban menggunakan Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. Besar beban pada simulasi didapatkan dengan mengambil data torsi dan daya mobil hemat energi ICE dan listrik tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) dengan dynamometer dan shaft dynamometer sebagai data acuan torsi dan daya yang dibutuhkan oleh mobil hemat energi. Uji simulasi kekuatan chassis yaitu beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban rollbar sebesar 700 N, beban lateral dan beban traksi. Simulasi kekuatan pada perangkat lunak tersebut untuk menemukan hasil berupa tegangan von-mises, faktor keamanan, total deformasi dan massa. Data hasil simulasi akan dijadikan acuan untuk mendesain rangka komposit serat karbon mobil hemat energi dengan mempertimbangkan deformasi maksimal dan safety faktor juga. Massa yang diperoleh dari hasil simulasi untuk mobil ICE sebesar 18,742 kg sedangkan mobil listrik sebesar 19,1 kg. Kemudian untuk target kekakuan dan kekuatan kedua desain chassis mobil layak atau aman untuk digunakan.
One of the important components of the vehicle is the frame or chassis. The frame is the part of the vehicle that serves to protect the driver from collisions. The frame that will be designed will be designed with the lightest possible weight and still pay attention to the safety factor in accordance with the Shell Eco-Marathon regulations. This thesis research aims to design a car carbon fiber composite frame structure for the Shell Eco-Marathon competition with a driving energy source, namely an internal combustion engine or ICE (Internal Combustion Engine) and an electric motor. The thesis is focused on designing a composite frame structure for an energy-efficient urban concept car using gasoline and electricity with carbon fiber composite material. The type of carbon fiber used is woven wet with an epoxy matrix and the core material used is divinycell h-100. The structure design was made using Autodesk Inventor 2022 and Solidworks 2018 software, the determination of the composite structure using Ansys ACP Workbench 19.2, and load simulation using Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. The magnitude of the load in the simulation is obtained by taking the torque and power data of the ICE energy-efficient car and the electricity of the Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) team with a dynamometer and shaft dynamometer as reference data for torque and power required by energy-efficient cars. The chassis strength simulation tests are vertical loads, torsional loads, braking loads, rollbar loads of 700 N, lateral loads and traction loads. Strength simulation in the software to find results in the form of von-mises stress, safety factor, total deformation and mass. The data from the simulation results will be used as a reference for designing a carbon fiber composite frame for energy-efficient cars by considering maximum deformation and safety factors as well. The mass obtained from the simulation results for the ICE car is 18.742 kg while the electric car is 19.1 kg. Then to target the stiffness and strength of both the car chassis design is feasible or safe to use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library