Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maulida Bellafaransi
"ABSTRAK
Tingkat pelanggaran lalu lintas di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Faktor yang menjadi penyebab pelanggaran lalu lintas ini terbagi menjadi faktor internal yaitu karakteristik pengemudi, dan faktor eksternal yaitu situasi lalu lintas di jalan raya seperti kepadatan lalu lintas. Pada karakteristik pengemudi, terdapat perbedaan perilaku pada pria dan wanita dalam berkendara. Walaupun begitu, baik pria dan wanita memiliki kesamaan aktivitas yang dilakukan saat mengendarai mobil, yaitu mendengarkan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari genre musik dan kepadatan lalu lintas terhadap perilaku pengendara mobil pria dan wanita, yang dilihat dari jumlah pelanggaran, kecepatan rata-rata, dan frekuensi pengereman. Sementara genre musik yang diujikan adalah musik pop, jazz, dan rock. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan driving simulator dan kuesioner perilaku pengendara DBQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genre musik mempengaruhi perilaku seseorang dalam berkendara. Baik pria maupun wanita memiliki kecenderungan berperilaku lebih baik ketika diperdengarkan musik jazz dan berperilaku paling agresif ketika diperdengarkan musik rock.

ABSTRACT
The number of traffic violations in Indonesia is always increasing for years. This might be caused by the internal factors, which is the characteristic of the driver, and the external factors, which is the traffic situation such as traffic density. Driving behavior of men are women tends to be different. However, they have similarity in activities performed while driving, which is listening to music. This study aims to determine the effect of music genres and traffic density on the driving behavior of men and women, which could be seen from the number of violations, average speed, and braking frequency. The music genres which are being tested is pop, jazz, and rock. This research was conducted by using a driving simulator and driving behavior questionnaire (DBQ). The results showed that the music genres affect a person's driving behavior. Both men and women have a tendency to behave better in driving when jazz was played, but behave more aggressively in driving when rock was played.
"
2015
S60096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajri Hamid
"Kejadian kecelakaan mobil perusahaan menambah daftar terjadinya kasus kecelakaan mobil yang terus meningkat dari tahun ketahun dan ini terjadi hampir diseluruh dunia. Bahkan diberbagai negara, kecelakaan menjadi pembunuh yang paling handal. Di Amerika Serikat (USA), dilaporkan orang yang meninggal akibat kecelakaan mobil meningkat setiap tahunnya, yaitu 40.716 orang pada tahun 1994 dan meningkat menjadi 42.643 orang pada tahun 2003. Di Indonesia pada tahun 1997 tercatat sekitar 34.000 korban, dan pada tahun 1999 meningkat menjadi 47.000 korban kecelakaan.
Berdasarkan hasil analisis data statisik di Indonesia, penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar adalah faktor manusia, dan ternyata sekitar 90% kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi bukan faktor mekanis atau faktor lainnya. (data Ditlantas Polri tahun 2002). Tingkat pengetahuan dalam mengemudi dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya umur, pendidikan, pengalaman mengemudi dan pelatihan mengenai safety driving. PT. X yang bergerak dalam bidang jasa pengeboran, banyak menggunakan berbagai jenis kendaraan untuk mendukung operasional kegiatan perusahaan, seperti mobil van, truck, wheel loader, mobile crane, dll. Untuk itu pengetahuan mengenai safety driving penting bagi setiap driver untuk mencegah terjadinya kecelakaan, yang dapat merugikan perusahaan dan karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional dan bersifat desktiptif analisis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah driver PT. X yang ada di kantor Jakarta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa driver PT. X memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan tinggi dan tidak satupun yang memiliki tingkat pengetahuan yang rendah mengenai safety driving."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1993
S27925
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Lisa Oktaviani
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S25635
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Guritnaningsih A. Santoso
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Mufti Wirawan
"Tesis ini membahas mengenai analisis kecelakaan lalu lintas darat yang terjadi di Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan perspektif Faktor Manusia. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan analisis isi dari data laporan investigasi kecelakaan lalu lintas darat Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT). Sebanyak 21 laporan investigasi kecelakaan dari rentang tahun 2011-2013 dipublikasikan oleh KNKT melalui laman situsnya. Berdasarkan analisis dari perspektif faktor manusia, terdapat faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan darat. Faktor-faktor seperti waktu kejadian, kondisi cahaya, dan kondisi jalan merupakan pendahulu dari tindakan tidak selamat yang muncul pada kecelakaan yang terjadi.

The aim of this study is to analysis road accident happend in Indonesia. It analyze using Human Factors perspective. 21 investigation report from 2011- 2013 has been published through website by National Transportation Safety Committee (KNKT). The study analyze those investigation report using qualitative approach. Researcher do content analysis based on 21 investigation report published by National Transportation Safety Committee. Based on human factors perspective, it carry out there are factors contribute to road accident. There are factors such as: time, light condition, road condition which make contribution as precusor unsafe act before accident happend."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T42950
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Fresha Z.
"CarSim merupakan sebuah simulasi mengemudi driving simulator dimana menyediakan metode visualisasi performa mobil yang akurat, detail dan efisien. CarSim adalah perangkat lunak untuk menganalisis dinamika kendaraan, mengembangkan pengendali aktif, menghitung karakteristik kinerja mobil, dan rekayasa sistem keselamatan aktif generasi berikutnya. Selain itu dalam CarSim juga menyediakan bentuk jalanan path dan road yang dibuat seperti yang diinginkan dengan membangun bentuk jalanan dengan library yang disediakan oleh CarSim dimana terdapat segmen-segmen seperti library segment builder yang didefinisikan sebagai panjang dan lebar jalanan serta library line elevation reference untuk ketinggian. Selain itu pada path dan road CarSim dapat menentukan kekasaran friction dari jalanan tersebut. Hasil yang diharapkan dari percobaan ini adalah membuat jalanan mapping sesuai dengan sirkuit Prenois-Dijon sehingga dapat diterapkan dalam visualisasi path and road CarSim.

CarSim is a driving simulator software which provides an accurate, detailed and efficient visualization method of car performance. CarSim software can be use to analyze vehicle dynamics, developing active controls, calculating car performance characteristics, and engineering of next generation active safety systems. In addition, CarSim also provides paths and roads feature that can be use as desired to build a street form with libraries provided by CarSim where there are segments such as library segment builder, defined as the length and width of the street and the library line elevation reference to altitude. In addition to the paths and roads feature, CarSim can determine the roughness friction of the street. The expected result of this experiment is to make the mapping in accordance with the Prenois Dijon circuit so that it can be applied in CarSim path and road visualization."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68873
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindia A. Indraningtyas
"ABSTRAK
Perpindahan lajur adalah komponen yang penting dalam simulasi model lalu lintas mikroskopis, dan memiliki impact pada pergerakan lalu lintas pada segmen-segmen tertentu jalan. Perpindahan lajur pada off ramp menimbulkan efek diverging pada jalan, perpindahan lajur yang kurang tepat pada jalan bebas hambatan akan membahayakan banyak pengguna jalan bebas hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat pengendara kendaraan kecil pada off ramp jalan bebas hambatan. Penelitian ini menggunakan data berbasis video dan menggunakan Trajectory Extractor yang dikembangkan oleh Lee et al. (2009) yang berfungsi untuk menghasilkan data posisi kendaraan tiap detik secara semi manual. Hasil penelitian ini menunjukan karakter perpindahan lajur pada off ramp jalan bebas hambatan. Hasil dari permodelan adalah pengemudi yang tidak akan keluar dari jalan bebas hambatan cenderung menghindari offramp.

ABSTRACT
Moving lanes are an important component in the simulation of microscopic traffic models, and have an impact on traffic movements in certain segments of the road. The transfer of the lane off the ramp creates a diverging effect on the road, the displacement of the lane that is not right on the freeway will endanger many freeway users. This study aims to determine the behavior of small motorists on the off road ramp. This study uses video-based data and uses the Trajectory Extractor developed by Lee et al. (2009) which functions to produce semi-manual vehicle position data every second. The results of this study indicate the character of the displacement of the freeway ramp on the ramp. The result of modeling is that drivers who will not get off the freeway tend to avoid the off ramp road.

 

 

"
2019
T53106
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Karjadi
Bogor: Politieia, [1971?]
629.283 2 KAR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadianto Zaki Nugroho
"Advanced Driving Assistance System (ADAS) merupakan teknologi yang diterapkan untuk keamanan dalam berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sistem ADAS meliputi sistem Lane Change Assist yang mampu membantu pengendara dalam mengambil keputusan yang tepat saat perpindahan jalur. Sistem Lane Change Assist hanya mengendalikan setir kemudi dengan memanfaatkan informasi yang didapat melalui sensor tanpa mengendalikan throttle dan brake. Sehingga dalam penelitian ini dirancang sistem gabungan Lane Change Assist dan Adaptive Cruise Control (ACC) yang berfungsi menjaga jarak aman antar kendaraan baik sebelum perpindahan jalur ataupun sesudah perpindahan jalur dengan mengendalikan tekanan rem dan posisi katup pada kendaraan. Sistem Lane Change Assist memanfaatkan informasi yang didapat melalui sensor LiDAR sehingga dapat mendeteksi kendaraan lain untuk keputusan pergantian lajur kendaraan. Sistem Lane Change Assist dan ACC menggunakan pengendali Model Predictive Control (MPC), pada sistem ACC digunakan metode switching dengan 3 parameter yakni jarak, kecepatan relatif, dan percepatan untuk menentukan mode yang akan dipilih yakni cruise mode dan follow mode. Dalam penelitian ini menggunakan model identifikasi bertingkat untuk mendapatkan model identifikasi kendaraan yang mendekati model sesungguhnya. Hasil model identifikasi ini kemudian akan digunakan untuk pengendali MPC. Penelitian ini menggunakan MATLAB, Simulink, dan CarSim. Hasil percobaan menunjukkan MPC memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan pergantian lajur kendaraan dengan penjagaan jarak yang aman.

Adaptive Cruise Control (ACC) was introduced to deal with traffic accidents. The ACC system must be able to maintain the vehicle’s safe distance in different traffic scenarios by controlling the brake pressure and throttle position on the vehicle. Because of automotive intelligent technology we can greatly improve the safety and energy efficiency of vehicles. These autonomous vehicle systems are a solution to a problem that is frequently happening which are traffic accidents, that is mostly caused by lane changing operation. With the main cause is human error, we need technology in automation that includes Advanced Driving Assistance System (ADAS), Adaptive Cruise Control (ACC), and Lane Change Assistance System (LCAS). Lane change assistance system controls the steering angle with the information from a sensor and simply estimating whether there might exist a lateral trajectory that allows the automated vehicle to safely perform the maneuver. The proposed method is a coordinated ACC with LCAS. The authors conducted a study using a non-linear recognition scheme based on a Predictive Control Model (MPC). In testing, this controller system will use the MATLAB application as a simulation for the performance results of the system to be tested. For testing on vehicle models, the authors use the CarSim application to see the results of the control system that was previously designed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>