Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tania Nitrina Nanda Lawi
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang penyusunan perencanaan dan program audit kinerja pada proses pelayanan perkara di Mahkamah Konstitusi (MK). MK selama ini belum pernah melakukan audit kinerja terhadap proses pelayanan perkara yang menjadi aktivitas inti/utamanya (core activity). Peneliti melakukan tahap-tahap dalam perencanaan audit kinerja dengan melalui proses penentuan area kunci, dimana hasil proses tersebut menghasilkan pelayanan perkara sebagai area kunci yang dapat dijadikan objek pemeriksaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analis deskriptif. Peneliti melakukan studi literatur, observasi dan wawancara untuk mengetahui pelaksanaan audit kinerja yang selama ini dilakukan auditor internal serta untuk menentukan kriteria audit yang selanjutnya digambarkan dengan ?model manajemen yang baik? (good management model) dan dijadikan dasar dalam menyusun program audit kinerja. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu perencanaan audit kinerja di MK belum mengikuti metodologi yang benar, sehingga penentuan objek pemeriksaan di MK selama ini tidak melalui tahap pemilihan area kunci yang mempertimbangkan faktor risiko, signifikansi, dampak audit dan audibilitas. Hal ini yang menyebabkan bagian Kepaniteraan yang bertanggungjawab dalam proses pelaksanaan pelayanan perkara "luput" sebagai objek pemeriksaan auditor internal. Penelitian menghasilkan penyusunan perencanaan dan program audit kinerja pada proses pelayanan perkara yang dapat diterapkan sebagai langkah awal pengawasan dan upaya untuk meyakinkan serta melegitimasi pelayanan perkara di MK telah berjalan baik. ......This research aims at providing insights of the arrangement of planning and performace audit program on case service process at the Constitutional Court (CC). So far, the CC has been neglecting teh audit performace of case service process as its core activity. The researcher conducted the stages of performance audit planning, through determination process of key area. That process generates case service as the object of audit. This type of research is analysts descriptive and principally based on qualitative method. The study mainly rely on literature study, observation and interview on the implementation of performace audit conducted by auditor internal. It also to determine audit criteria are further described as a good management model. The model then used as the base of the arrangemnet of performace audit program. This research concludes that the performace audit planning didn?t comply the correct methodology. Therefore the determination of the object audit didn?t follow the selection stage of key area taht considering risk factor, significance, impact and audibility of auditor. That causes Kepaniteraan which has responsible for implementation of case service process "miss" as a audit object by auditor internal. This research generates the arrangement of planning and performace audit program on the case service process. It also can be used as a first step of implementation monitoring and as an effort to legitimize that case service at CC has been going well.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T54347
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany
Abstrak :
Perkembangan era big data telah mendorong industri untuk mengadopsi teknologi data analitik untuk kebutuhan internal audit bekerja lebih efisien dan efektif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi data analytics untuk audit internal oleh sebuah perusahaan swasta. Kerangka teoritis studi berlandaskan pada Technology, Organization, and Environment (TOE) yang mengelaborasi komponen lingkungan dalam membahas faktor-faktor yang mendorong pengadopsian sebuah teknologi. Dengan metode studi kasus dan menggunakan in-depth interview untuk pengumpulan data primer di samping data sekunder, penelitian ini melakukan wawancara kepada 4 partisipan yang bekerja sebagai auditor internal di PT. XXX. Hasil temuan mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi adopsi data analytics di PT. XXX dari konteks teknologi ditentukan adalah relatif advantage dan complexity, sementara konteks organisasi ditentukan oleh quality of human resources dan top management support. Pada prakteknya, pemanfaatan data analytics di PT. XXX adalah untuk mencari anomali dalam populasi audit, menerapkan audit berkelanjutan (continuous auditing) serta analisa data audit dengan merekam lebih dari 1 juta data. Penggunaan data analytics untuk kegiatan audit masih cukup terbatas sehingga regulator diharapkan dapat membentuk standar audit dan mengadakan training untuk meningkatkan keterampilan auditor dalam penggunaan data analytics. Para akademisi juga diharapkan dapat menyusun dan membentuk kurikulum praktik untuk mempersiapkan para lulusannya berkiprah di dalam penggunaan data analytics. ......The big data era has driven industry to adopt data analytics technology, particularly in the field of internal audit. This study systematically investigates into factors that influence the adoption of data analytics technology for internal audit by a private company. Technology, Organization, and Environment (TOE) framework is used to explain the antecedents of the adoption of data analytics technology. Using a case study design and in-depth interviews for primary data collection, the findings reveal that technological and organizational contexts are the major drivers of technology adoption in data analytics. In practice, the use of data analytics at PT. XXX is to identify the presence of anomalies in the audit population, implement continuous auditing and analyze audit data by using more than 1 million data. The use of data analytics for audit activities is still found limited, therefore regulators are advised to set reformed audit standards and provide training to enhance the use of data analytics. In addition, the role of academics to develop hands-on curriculum for students to develop their skills in data analytics is deemed crucial in promoting the advancement of data analytics technology for internal audit work.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Santoso
Abstrak :
Pengumpulan data audit dalam audit kepabeanan umumnya memerlukan banyak waktu karena melibatkan data yang besar. Lamanya pengumpulan data ini akan berpengaruh pada waktu penyelesaian audit yang lebih lanjut dapat berakibat pada hilangnya potensi penerimaan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dalam pengembangan sistem E-Audit Kepabeanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan logis sistem yang meliputi Data Flow Diagrams, Entity Relationship Diagrams, dan prototipe tampilan antarmuka pengguna, yang lebih lanjut dapat digunakan pada tahap selanjutnya dalam pengembangan sistem E-Audit Kepabeanan. Model tersebut diharapkan dapat mempermudah pengumpulan data audit dan memberikan informasi yang lebih awal kepada importir jika terdapat ketidaksesuaian atas pemberitahuan pabean mereka.
Collecting audit data in customs audits generally takes much time because it involves extensive data. The length of time that this data is collected will affect the time to complete the audit, further resulting in the loss of potential state revenue. The purpose of this study is to analyze the development of the Customs E-Audit system. This research uses a qualitative case study approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and document review. The result of this research is a logical system model that includes Data Flow Diagrams, Entity Relationship Diagrams, and user interface display prototypes, which can further be used at a later stage in the development of the Customs E-Audit system. These models are expected to facilitate audit data collection and provide earlier information to importers if there is a discrepancy with their customs declaration.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinna Agustiana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tidak langsung temuan audit dan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK-RI terhadap kinerja pemerintah daerah melalui akuntabilitas keuangan yang diukur dengan opini audit tahun 2010-2012. Hasil pengujian model akuntabilitas keuangan menunjukkan bahwa temuan audit kelemahan sistem pengendalian internal dan tingkat penyimpangan berpengaruh negatif terhadap opini audit. Sedangkan, untuk temuan audit ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan tidak berpengaruh terhadap opini audit. Sementara itu, tindak lanjut jumlah dan nilai rekomendasi hasil pemeriksaan berpengaruh positif terhadap opini audit. Kemudian, dalam menguji pengaruh tidak langsung, digunakan predicted value opini yang dihubungkan dengan kinerja, hasil pengujian menunjukkan bahwa temuan audit dan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan berpengaruh negatif tidak langsung terhadap kinerja pemerintah daerah.
This research aims to examine the indirect effect of audit findings and post audit rectifications on the performance of local government through financial accountability as measured by audit opinion during 2010-2012. The result for financial accountability model shows that the audit findings of internal control system weaknesses and the degree of deviations negatively affect the audit opinion. As for audit findings of non-compliance to regulations do not affect the audit opinion. Meanwhile, the follow-up number and values of recommendations positively affect the audit opinion. Then, in testing the indirect effect, used predicted values of audit opinion associated with performance. The result shows that audit findings and post audit rectifications indirectly negatively affect the performance of local governments.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60711
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zuvita Hanifa Zarazita Syafril
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi kebijakan audit kepatuhan kepada penyedia barang dan jasa oleh PPATK. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi audit kepatuhan sudah dilakukan sesuai dengan Peraturan Kepala PPATK Nomor PER-10/1.02.2/PPATK/09/12, mulai dari pra audit, pelaksanaan audit, sampai pasca audit. Namun, masih ditemui beberapa hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusi, kurangnya data dan informasi yang dimiliki mengenai profil seluruh pihak pelapor, dan ketidaktepatan waktu dalam menyampaikan laporan hasil audit kepatuhan. ......This research aims to understand the implementation of the compliance audit in Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)/ Indonesian Financial Transaction Reports and Analysis Center (INTRAC). The researcher used a qualitative approach by doing some in-depth interviews and litereature research. The result showed that the implementation of the compliance audit has been implemented well, starting from pra audit to pasca audit. However, there were some obstacles to implementing the compliance audit such as limited human resources, the lack of data of all the reporting party?s profiles, and the delay of submitting compliance audit report.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61031
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Zaky
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modified audit opinion terhadapkontrak perjanjian utang. Kontrak perjanjian utang terdiri dari tingkat suku bunga,financial covenant, general covenant, jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman dankebutuhan jaminan. Dalam pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan sampel 660fasilitas kredit perusahaan publik di Indonesia yang mendapat minimal satu kalimodified audit opinion pada rentang waktu penelitian yaitu tahun 2013 sampai 2016.Perhitungan dilakukan dengan menggunakan metode regresi. Hasil penelitian menunjukkan modified audit opinion cenderung tidak berpengaruh terhadap kontrakperjanjian utang. Modified audit opinion khususnya yang disebabkan oleh penyajiankembali, berpengaruh negatif terhadap tingkat suku bunga. Selain itu modified auditopinion yang disebabkan oleh ketidakpastian material dari aktivitas perusahaan dapatmenyebabkan financial covenant yang diterima perusahaan berkurang dan generalcovenant yang harus dipatuhi bertambah. Modified audit opinion yang disebabkan olehkeberlangsungan usaha menyebabkan jangka waktu pinjaman yang diterima lebihpendek. ......This research aims to determine the effect of modified audit opinion on debt contracts.The contract of debt agreement consists of interest rate, financial covenant, generalcovenant, loan size, maturity of loan and collateral. In hypothesis testing, this researchis conducted by using 660 credit facilities of public companies in Indonesia thatreceived at least one modified audit opinion as sampling data in the period 2013 2016.Calculation is done by using regression method. The results of this research show that modified audit opinion is not likely to affect the debt contracts. Modified audit opinionespecially those caused by restatement, negatively affects the interest rate. Modifiedaudit opinion caused by the material uncertainty of the company 39 s activities can affectthe financial covenant received by the company decreases and the general covenant thatmust be obeyed increases. Modified audit opinion caused by the going concern causesthe shorter loan period to be received.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faradilla Novadina
Abstrak :
ABSTRAK Laporan magang ini bertujuan untuk memaparkan evaluasi pelaksanaan prosedur audit atas utang usaha di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa konstruksi. Prosedur audit atas utang usaha ini merupakan bagian dari audit atas laporan keuangan PT SIM untuk periode yang berakhir pada 31 Juli 2019 oleh KAP CEP Indonesia. Pelaksanaan prosedur audit atas utang usaha tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengujian substantif atas transaksi. Pengujian substantif dilakukan untuk memastikan tercapainyanya asersi manajemen terkait kejadian, akurasi, dan kelengkapan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prosedur audit atas utang usaha PT SIM telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Profesi Akuntan Publik dan penyajian akun utang usaha telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia dan asersi yang ditetapkan telah tercapai.
ABSTRACT This internship report aims to provide an evaluation of the implementation of audit procedures of account payable of a company engaged in the construction services business. The audit procedure is part of the audit of the financial statements of PT SIM for the period ended July 31, 2019 by KAP CEP Indonesia. The implementation of audit procedure for the account payable is carried out by conducting substantive tests of transactions. Substantive tests are conducted to ensure that proper management assertions are related to occurrence, accuracy and completeness. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the audit of PT SIM's account payable has been carried out in accordance with Indonesian Public Accounting Profession Standards and the account payables is presented in accordance with Indonesian Financial Accounting Standards and the management assertions have been achieved.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jonathan Christian
Abstrak :
Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap prosedur audit pencarian liabilitas belum tercatat yang dilakukan oleh KAP Chaldea kepada salah satu kliennya yaitu PT Laterano berdasarkan standar audit dan akuntansi yang berlaku di Indonesia. Evaluasi dilakukan untuk menguji ketepatan asersi yang digunakan oleh auditor, kesesuaian dengan tahapan umum prosedur audit pencarian liabilitas belum tercatat berdasarkan dasar teori relevan, serta pengujian terhadap kesesuaian perlakuan dalam prosedur audit berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit pencarian liabilitas belum tercatat yang dilakukan oleh KAP Chaldea telah sesuai dengan standar yang berlaku serta mampu memenuhi berbagai asersi yang relevan berkaitan dengan akun liabilitas. Laporan magang ini diakhiri dengan refleksi diri terhadap pengalaman magang yang dijalani di KAP Chaldea. ......This internship report was prepared in purpose to evaluate the audit procedure of search for unrecorded liabilities that was performed by KAP Chaldea on one of its clients PT Laterano in accordance with Indonesia auditing and financial reporting standards. The evaluation is done to test the relevancy in the assertions used, the conformity with the general search for unrecorded liabilities procedure using some relevant theories, and tests related to the procedure done in accordance to the Indonesian Financial Accounting Standards (SAK). The result of these evaluations shows that the search for unrecorded liabilities done by KAP Chaldea is in accordance with the relevant standards and fulfills the relevant assertions related to the liabilities account. This internship report ends with a self-reflection on the experience of the internship in KAP Chaldea.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Evanggelia Anugerah Tri Putri
Abstrak :
Laporan magang ini membahas evaluasi atas proses pemantauan dan inspeksi internal KAP ABC terhadap perikatan audit PT XYZ untuk tahun buku 31 Desember 2019. Pada laporan magang ini membahas proses kegiatan pemantauan yang terdiri dari pemantauan bulanan dan inspeksi internal yang dilakukan oleh divisi Quality Control. Proses tersebut dievaluasi berdasarkan Audit Quality Framework dan SPM 01. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KAP ABC telah menetapkan kebijakan sesuai dengan Audit Quality Framework dan SPM 01, kecuali untuk pemantauan sumber daya manusia. Dalam proses pemantauan dan inspeksi pada perikatan PT XYZ menunjukan masih ada pelaksanaan perikatan yang tidak efektif dalam menggunakan EQCR (Engagement Quality Control Reviewer). Laporan magang ini juga membahas bagaimana pelaksanaan magang tersebut menjadi sebuah proses pembelajaran dan refleksi diri ......This internship report discusses the evaluation of KAP ABC's internal monitoring and inspection process of PT XYZ's audit engagement for the financial year December 31, 2019. This internship report discusses the process of monitoring activities consisting of monthly monitoring and internal inspections carried out by the Quality Control division. The process is evaluated based on the Audit Quality Framework and SPM 01. The results of the evaluation show that KAP ABC has established policies in accordance with the Audit Quality Framework and SPM 01, except for monitoring human resources. In the process of monitoring and inspection of the engagement, PT XYZ shows that there is still an ineffective engagement implementation in using the EQCR (Engagement Quality Control Reviewer). This internship report also discusses how the implementation of the internship becomes a process of learning and self-reflection.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Heriawati
Abstrak :
Dalam rangka memastikan bahwa kegiatan audit telah dilaksanakan sesuai denganstandar audit dan kode etik, pemerintah menetapkan kebijakan melalui Permen-PAN RBNomor 19 Tahun 2009 sebagai pedoman pengendalian mutu audit. Itjen Kemenkes RItelah membangun sistem pengendalian mutu audit, namun berdasarkan hasil penilaiantingkat kapablitas APIP melalui penilaian IACM menunjukkan hasil bahwa kegiatanaudit belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan standar audit. Untuk itu penelitimerasa perlu untuk melakukan analisis implementasi pengendalian mutu audit untukmemperoleh gambaran dan informasi mendalam terkait bagaimana implementasipengendalian mutu audit di Itjen Kemenkes RI. Penelitian menggunakan metodekualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam , FGD dantelaah dokumen, sehingga triangulasi dilakukan dengan membandingkan informasi yangdiperoleh dari beberapa informan yang berbeda dan membandingkan dengan hasil telaahdokumen. Hasil penelitian diperoleh bahwa Itjen Kemenkes telah membangun sistemkendali mutu audit namun prosedur pengendalian mutu audit belum sepenuhnyadilaksanakan sesuai langkah-langkah pengendalian mutu audit dalam Permen-PAN RBNomor 19 Tahun 2009 dan ouput yang dihasilkan belum sepenuhnya sesuai denganstandar audit. Selain itu belum memiliki rancangan dan belum menetapkan programpenjaminan dan peningkatan kualitas sehingga belum adanya mekanisme untukevaluasi/reviu dan penilaian atas kesesuaian kegiatan audit intern dengan standar auditserta evaluasi terhadap penerapan kode etik oleh auditor. Faktor penghambat belumoptimalnya pelaksanaan pengendalian mutu audit ini adalah dari aspek komunikasi masihbelum optimal sehingga perlu ditingkatkan terutama komunikasi pada tingkat pelaksanakebijakan. Pelaksanaan pengendalian mutu audit melekat pada bagian yangmelaksanakan tugas pokok fungsinya sehingga perlu adanya bagian/tim yangmengkoordinasikan untuk melakukan monitoring, evaluasi dan penilaian secara berkaladan berkelanjutan terhadap pelaksanaan pengendalian mutu audit, disamping itu perlumelengkapi pedoman/SOP yang mengatur mekanisme pengendalian dan penjaminanmutu audit. Sumber daya baik SDM, fasilitas dan anggaran masih perlu mendapatperhatian guna mendukung pelaksanaan kebijakan dan yang tidak kalah penting adalahperlunya meningkatkan komitmen dari seluruh pelaksana kebijakan. ......In order to ensure that audit activities have been carried out in accordance with auditingstandards and codes of conduct, the government sets the policy through Permen PANRB Number 19 of 2009 as a guideline for audit quality control. Itjen Kemenkes RI hasestablished an audit quality control system, but based on the assessment of APIPcapability level through IACM assessment shows that audit activities have not been fullyimplemented in accordance with audit standards. For that researchers feel the need toperform analysis of audit quality control implementation to obtain an overview and indepthinformation related to how the implementation of quality control audit in ItjenKemenkes RI. The study used qualitative methods with data collection techniquesthrough in depth interviews, FGD and document review, so triangulation was done bycomparing the information obtained from several different informants and comparing theresults of the document review. The result of the research shows that Itjen Kemenkes hasbuilt an audit quality control system but audit quality control procedure has not been fullyimplemented according to audit quality control measures in PER PAN RB Number 19 of2009 and the resultant output is not fully in accordance with audit standard. Besides, ithas not yet designed and has not established the quality assurance and improvementprogramme so that there is no mechanism for evaluation review and assessment on theconformity of internal audit activities with audit standards and evaluation on theapplication of code of ethics by the auditor. The inhibiting factor is not optimal theimplementation of audit quality control is from the aspect of communication is still notoptimal so it needs to be improved especially communication at the level of implementingthe policy. Implementation of audit quality control attached to the part that performs themain task of its function so that the need for a section team that coordinate to conductmonitoring, evaluation and assessment periodically and continuously to theimplementation of quality control of audit, besides need to complete guidance SOPwhich arrange mechanism of quality control and quality assurance of audit. Resources of human resources, facilities and budgets still need attention to support the implementation of the policy and no less important is the need to increase the commitmentof all policy implementers.Key words Audit quality control Inspectorate General Regulation of Minister of Empowerment of State Apparatus number 19 of 2009 PKMA.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T51056
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library