Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elder, Randal J.
Boston: Pearson, 2010
657.45 ELD a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Citrakusuma
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas internal audit Bank X berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) dan Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan peran internal audit sehingga dapat meningkatkan kualitasnya serta memberikan value added, khususnya bagi internal audit di suatu perbankan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi kasus pada Bank X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas internal audit pada Bank X dapat diukur berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) dan review oleh tim Quality Assurance melalui pendekatan Risk Based Internal Audit, Key Performance Indicators (KPI) dan lima dimensi SPPIA. Penilaian kualitas internal audit Bank X pada pokoknya telah memenuhi standar IIA (substantially complies). Pada divisi internal audit Bank X, perlu dilakukan review lebih detail secara periodik dalam mengevaluasi kualitas internal audit. Profesionalitas internal audit dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui training dan pelatihan khusus bagi internal audit, seperti pada lembaga sertifikasi bagi internal audit yang berkualitas
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyse the quality of internal auditors in Bank X based on International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) and Quality Assurance. This study want to give a contribution for the development of internal audit?s role to increase their quality and provide some value added in bank. This study was a kind of case study in Bank X. This study used the descriptive analysis methodology and qualitative method by literature study and research in Bank X. This study shows that internal audit?s quality in Bank X can be measured based on International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) and reviewed by Quality Assurance through Risk Based Internal Audit Approach, Key Performance Indicators (KPI) and five dimensions of SPPIA. Internal audit?s quality in Bank X was substantially complies based on SPPIA. It is important for internal audit division in Bank X to increase their review and evaluation about quality of internal audit periodically. Their professionalism can be develop by any special trainings as sertification institute for qualified internal audit.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55453
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
June Anggraini
Abstrak :
ABSTRAK
The purpose of this thesis is to assess the applicability of the methodology Risk Based Audit ( RBA ) in the Assurance. The method used in this study is field and literature studies. Results of this study concluded that the application of the RBA methodology implemented in the assurance by Internal Audit activity has generally been in accordance with best practices. Tujuan tesis ini adalah untuk menilai penerapan metodologi Risk Based Audit (RBA) dalam Kegiatan Assurance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metodologi RBA yang dilaksanakan dalam kegiatan assurance oleh Internal Audit secara umum telah sesuai dengan praktik terbaik. Namun demikian, Manajemen Risiko masih belum matang sehingga tidak dapat digunakan sepenuhnya oleh Internal audit, tetapi hal ini sudah diantisipasi oleh Internal Audit dengan membuat risk control matrix (RCM) yang diupdate secara berkala dalam risk register dengan diskusi bersama dengan auditee melalui entry meeting dengan menggunakan audit memorandum. Dengan dilakukannya audit berbasis risiko pada kegiatan assurance, telah terbukti bahwa pemilihan objek audit berbasis risiko dapat memberikan nilai tambah kepada perusahaan. Dengan mengetahui area audit yang memiliki risiko tinggi, telah memfokuskan Internal Audit dalam melakukan kegiatan assurance pada objek audit yang tepat.
ABSTRACT
However, risk management is still immature and therefore can not be used fully by the Internal audit , but it is already anticipated by Internal Audit to make risk control matrix (RCM) in a regularly updated risk register with a discussion with the auditee entry through the meeting by using audit memorandum. The effect on the risk -based audit assurance activities , it has been proven that the risk -based audit selection of objects can provide added value to the company. By knowing the audit area that has a high risk has focused Internal Audit in conducting audit assurance on the right object .
2013
T53287
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhika Prabu Aprianto
Abstrak :
ABSTRAK Fidusia merupakan sebuah sistem penjaminan berdasarkan kepercayaan karena benda yang dijaminkan berada di tangan Debitur dan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh Debitur. Bank perlu adanya kepastian dalam hal pengembalian dana tersebut yaitu berupa jaminan. Fidusia merupakan sebuah sistem penjaminan berdasarkan kepercayaan karena benda yang dijaminkan berada di tangan Debitur dan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh Debitur. Bank perlu adanya kepastian dalam hal pengembalian dana tersebut yaitu berupa jaminan. Dalam hal pemberian kepastian hukum terhadap objek jaminan maka dalam Pasal 11 Undang Undang Jaminan Fidusia, mengharuskan dilakukannya pendaftaran atas objek jaminan tersebut. Namun hal ini juga dapat memberikan celah dimana Debitur dapat melakukan fidusia ulang terhadap benda yang telah dijaminan secara fidusia, karena secara fisik tidak ada bukti yang jelas di benda tersebut yang menyatakan bahwa benda ini sedang dalam jaminan fidusia. Hal inilah yang akan dikupas dalam bentuk sebuah penulisan tesis yang berjudul ?Perlindungan Hukum Bagi Kreditur Terhadap Debitur Yang Melakukan Fidusia Ganda? dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan dan proses pendaftaran fidusia juga perlindungan hukum bagi kreditur yang mendapat fidusia ganda. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris dan tipe penelitian yuridis-normatif, selain mengkaji hukum secara teoritik dan normatif. Hasil penelitian menyarankan agar adanya database mengenai subjek hukum yang baik perorangan maupun badan hukum yang melakukan jaminan fidusia berikut keterangan mengenai benda yang telah dijaminkan dan dapat diakses oleh Pihak Ketiga yang berkepentingan.
ABSTRACT Fiduciary is an assurance systems based on trust as collateral objects in the hands of the Borrower and may be used as well as possible by the Debtor. Banks need certainty in terms of the refund in the form of guarantees. Fiduciary is an assurance systems based on trust as collateral objects in the hands of the Borrower and may be used as well as possible by the Debtor. Banks need certainty in terms of the refund in the form of guarantees. In terms of providing legal certainty to the object of Article 11 guarantees the Undang Undang Jaminan Fidusia, required the registration of objects assurance tersebut. But it can also provide a gap where the debtor can carry out fiduciary re the objects have a fiduciary guarantee you, because physically there is no evidence that clearly stating that these object were in a fiduciary. This is what will be discussed in the form of a thesis entitled ?Creditor Law Protection Against The Debtor Double Fiduciary Performing? with the aim to identify the weaknesses and fiduciary registration process also legal protection for creditors who gets double fiduciary. Method of approach used in this study is an empirical method and type of juridical-normative juridical research, in addition to reviewing the theoretical and normative law. The results of the study suggest that the presence of a database on the subject of law, both individuals and legal entities that perform the following description of the fiduciary who has pledged object and can be accessed by interested third parties.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
T41743
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Riskandar
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini didasari terhadap fenomena yang timbul di industri jasa Independence Assurance yang bergerak di bidang jasa survei, inspeksi, dan konsultan di mana kinerja yang diperoleh terkait profitabilitas perusahaan terjadi fluktuasi. Penelitian dilakukan untuk merancang suatu strategi competitive advantage berdasarkan perspektif internal dan perspektif eksternal. Penelitian ini menggali berbagai variabel yang mempengaruhi competitive advantage industri jasa ini khususnya BUMN yang bergerak di bidang jasa survei, inspeksi, dan konsultan yang menghadapi persaingan dengan perusahaan swasta nasional maupun swasta asing.
ABSTRACT
This study is based on the phenomenon that arises in Independence Assurance Services Industry engaged in surveying services, inspection and consultancy where the company performance relates to its profitability occurre fluctuation. The study was conducted to devise a strategy of competitive advantage based on the internal and external perspective. The study explores many variables that affect the competitive advantage of this service industry, especially for The BUMN companies involving in the survey, inspection and consultant services and facing competition with national private and foreign company.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42793
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ricky Sanjaya
Abstrak :
Tesis ini membahas Mengenai Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia secara Elektronik yang dibentuk berdasarkan Surat Edaran Ditjen AHU No. AHU-06.OT.03.01 Tahun 2013 tentang Pemberlakuan Sistem Administrasi Pendaftaran Jaminan Fidusia Secara Elektronik sebagai pengganti sistem pendaftaran jaminan fidusia manual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan data sekunder. Terdapat beberapa perbedaan dalam prosedur, syarat, tempat pendaftaran, proses perubahan dan proses penghapusan pendaftaran jaminan fidusia apabila ditinjau dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia yang menimbulkan ketidakpastian hukum. Keabsahan dari sertifikat jaminan fidusia bentuk elektronik yang dapat telah diakui oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia namun perlu perbaikan agar kekuatan pembuktian terhadap dokumen elektronik menjadi nirsangkal.
This thesis discusses Concerning Fiduciary Registration System in Electronic established under Circular No. DG AHU AHU-06.OT.03.01 in 2013 on the Application of Registration Administration System Fiduciary Electronic lieu fiduciary guarantee registration system manually. The method used in this research is a normative juridical research, using secondary data. There are some differences in the procedures, conditions, place of registration, the process of change and the removal process fiduciary guarantee registration when viewed in Law No. 42 of 1999 on Fiduciary who create legal uncertainty. The validity of the certificate fiduciary electronic form that can be recognized by the laws and regulations in Indonesia but needs improvement so that the strength of evidence to be non-repudiation of electronic documents.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
T45288
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Hadie Irawan
Abstrak :
Dalam pengelolaan risiko, di Indonesia memiliki pedoman SNI ISO 31000:2018 tentang manajemen risiko. Manajemen risiko adalah suatu pendekatan proaktif untuk mengidentifkasi, menilai, dan menyusun prioritas risiko dengan tujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan dampaknya. Berdasarkan hasil analisis risiko, didapatkan sebanyak 56 potensi risiko selama kegiatan laboratorium berlangsung dengan 5 potensi risiko berlevel moderate, 50 potensi risiko berlevel high, dan 1 potensi risiko berlevel extreme dengan adanya respon dari masing – masing risiko. Risiko merupakan dampak dari ketidakpastian, yang mana dampak tersebut berupa penyimpangan negatif maupun positif. Adapun pendekatan dalam menganalisis risiko dengan mempertimbangkan frekuensi terjadinya suatu risiko, dampak risiko, dan kategori risiko, serta respon dari risiko tersebut. Berdasarkan hasil analisis risiko, didapatkan sebanyak 56 potensi risiko selama kegiatan laboratorium berlangsung dengan 5 potensi risiko berlevel moderate, 50 potensi risiko berlevel high, dan 1 potensi risiko berlevel extreme dengan adanya respon dari masing-masing risiko. Dalam penjaminan mutu khususnya di laboratorium, terdapat pedoman SNI ISO/IEC 17025:2017. Penjaminan mutu adalah kegiatan untuk memberikan kepastian bahwa mutu atau layanan yang dihasilkan selalu konsisten dalam memenuhi permintaan mutu yang telah disepakati. Adapun pendekatan penjaminan mutu dengan menganalisis keabsahan hasil uji banding eksternal dengan ruang lingkup kuat tekan beton silinder. Berdasarkan analisis menggunakan referensi ISO 13528:2015, menunjukkan bahwa nilai nilai Z score dari masing – masing laboratorium ≤ 2, maka kinerja dari kelima laboratorium dalam kategori memuaskan. Dari analisis itu pula, didapatkan metode alternatif berupa box plot sebagai metode uji banding dengan parameter uji kuat tekan dan uji UPV beton. Keunggulan dari metode box plot seperti persebaran data lebih akurat dan presisi walaupun data yang didapatkan sedikit dengan minimal lima sampel data. Peraturan baik SNI ISO 31000:2018 dan SNI ISO/IEC 17025:2017 menjadi standar baku di Indonesia, hal itu didasari dari UU No. 20 tahun 2014 serta didukung dengan PP. No. 34 tahun 2018, yang mana dalam perumusan SNI harus selaras dengan standar internasional yang berlaku. Manajemen risiko di Laboratorium Uji DTSL FTUI serta penjaminan keabsahan hasil uji banding eksternal dilakukan sebagai pemenuhan syarat sistem manajemen mutu dalam peningkatan kinerja laboratorium. ......In risk management, Indonesia has SNI ISO 31000:2018 guidelines on risk management. Risk management is a proactive approach to identify, assess, and prioritize risks with the aim of eliminating or minimizing their impact. Risk is the impact of uncertainty, where the impact is in the form of negative or positive deviations. The approach in analyzing risk takes into account the frequency of occurrence of a risk, the impact of the risk, and the risk category, as well as the response to the risk. Based on the results of the risk analysis, there were 56 potential risks during laboratory activities with 5 potential risks at moderate level, 50 potential risks at high level, and 1 potential risk at extreme level with a response from each risk. In quality assurance, especially in laboratories, there are guidelines for SNI ISO/IEC 17025:2017. Quality assurance is an activity to provide assurance that the quality or service produced is always consistent in meeting the agreed quality demands. The quality assurance approach is to analyze the validity of the external comparative test results with the scope of the cylinder concrete compressive strength. Based on the analysis using the ISO 13528:2015 reference, it shows that the Z score value of each laboratory is 2, then the performance of the five laboratories is in the satisfactory category. From that analysis, an alternative method was obtained in the form of a box plot as a comparative test method with the parameters of the compressive strength test and the UPV test of concrete. The advantages of the box plot method are that the distribution of data is more accurate and precise even though the data obtained is small with a minimum of five data samples. Regulations, both SNI ISO 31000:2018 and SNI ISO 17025:2017 become the standard in Indonesia, it is based on Law no. 20 of 2014 and supported by PP. No. 34 of 2018, which in the formulation of SNI must be in line with applicable international standards. Risk management in the FTUI DTSL Test Laboratory as well as guaranteeing the validity of the external comparative test results are carried out as a fulfillment of the requirements of the quality management system in improving laboratory performance.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Suryana Santosa
Abstrak :
Tugas Akhir (Skripsi) ini membahas tentang perhitungan tarip premi pada suatu program asuransi jiwa gabungan. Juga membahas perhitungan Asset Share untuk mengetahui perkembangan kekayaan (asset) perusahaan setiap tahunnya selama jangka asuransi. Status gabungan untuk dua orang dan peserta program asuransi ini adalah pasangan suami istri. Benefit asuransi yang diberikan adalah Dwiguna, Anuitas Janda dan Anuitas Duda.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1995
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prihandana Aditiyando Suprapto
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Quality Assurance yang dilakukan oleh Aparat Pengendali Internal Pemerintah BPK-RI pada audit atas laporan keuangan pemerintah. Analisis implementasi diperlukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Quality Assurance yang berguna untuk meyakinkan bahwa mutu pemeriksaan telah dilaksanakan sesuai dengan standar dan ketentuannya. Penelitian menggunakan data primer berupa wawancara dan menggunakan data sekunder berupa Laporan Hasil Quality Assurance Aparat Pengendali Internal Pemerintah yang dalam hal ini Inspektorat Utama BPK-RI. Metode analisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Quality Assurance telah dilaksanakan dengan cukup baik. Namun peneliti menyarankan kepada BPK agar lebih memberikan rekomendasi yang sifatnya lebih universal, sehingga rekomendasi berulang dapat dieliminasi. ...... This study aimed to analyze the implementation of the Quality Assurance conducted by Apparatus of Government Internal Controller at BPK-RI on the audit of government financial statements. Analysis of implementation is required to determine the extent of the application of Quality Assurance which is useful for assuring that quality checks have been carried out in accordance with the standards and provisions. The study used primary data in the form of interviews and the use of secondary data from the Quality Assurance Report of Apparatus of Government Internal Controller in this case Inspektorat Utama BPK-RI. The method of analysis using descriptive qualitative method. The results of this study indicate that the implementation of Quality Assurance has performed quite well. But the researchers suggest the BPK-RI to better provide recommendations that are more universal, so that repetitive recommendations can be eliminated.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Risqiantama
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Inspektorat Utama KPU dalam proses penjaminan kualitas atas maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di KPU berdasarkan Peraturan Kepala BPKP Nomor 5 Tahun 2021. Analisis dilakukan pada Inspektorat Utama KPU yang merupakan satuan pengendali intern di KPU yang memiliki wewenang untuk melakukan penjaminan kualitas dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Metode dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif berupa studi kasus dengan data diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara. Wawancara dilakukan terhadap narasumber dari Inspektorat Utama KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahap persiapan terdapat lima parameter yang sesuai dan dengan peraturan, dan satu parameter yang tidak sesuai dengan ketentuan. Pada tahap pelaksanaan, tiga parameter analisis menunjukan kesesuaian dengan ketentuan. Pada tahap pelaporan terdapat tiga parameter yang sesuai dengan ketentuan dan dua parameter yang tidak sepenuhnya sesuai dengan ketentuan. ......This research aims to analyze the role of the KPU Primary Inspectorate in the process quality assurance on the maturity of the Government Internal Control System (SPIP)’s implementation at the KPU based on BPKP Head Regulation Number 5 of 2021. The analysis carried out at the KPU Primary Inspectorate as an internal control unit at the KPU which has the authority to take quality assurance from the preparation, implementation, and reporting stages that represent all KPU offices. The research method used is descriptive analysis with case studies through data collection through documents analysis, field observations, and interviews. Interviews were conducted that obtained from KPU RI and KPU at provincial/city/district levels. The results of the analysis show that at the preparation stage there are five parameters in accordance with the regulation and there is one paramater that is not accordance with regulation. At the implementation stage, three parameters indicate the accordance with the regulation. At the reporting stage there are three parameters that accordance with the regulation and two parameters that is not fully accordance with the regulation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>