Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pangalila, Ferlansius
"Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan AI oleh individu dan masyarakat telah membawa dampak ambivalensi dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya manfaat positif melainkan juga dampak viktimisasi terkait AI yang terus meningkat. Namun fenomena Viktimisasi AI (VAI) belum diteliti lebih dalam di luar cybercrime terkait AI. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dinamika interaksi antara pengguna dan struktur AI dalam praktik kehidupan sehari-hari, terutama implikasi VAI dalam praktik sosial, bisnis dan politik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan korban dan pakar terkait, serta analisis berbagai artikel terkait. Hasil analisis mengungkapkan bahwa VAI merupakan produk dari pola hubungan pengguna dan struktur AI yang dinamis dalam praktik kehidupan sehari-hari. Adanya faktor endogen dan faktor eksogen yang mempengaruhi antara lain meliputi ketergantungan terhadap teknologi AI, kerentanan data dan karakter personal, keterpaksaan situasional akibat kebijakan terkait AI, dan kewajiban sistem dalam berbagai model AI. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kebijakan hukum baru yang mendalam dalam hal pengembangan, implementasi dan penggunaan AI, serta kolaborasi lintas disiplin untuk mengatasi kompleksitas dan risiko yang terkait dengan pemanfaatan AI. Penelitian yang berkelanjutan di bidang viktimologi terkait VAI diharapkan dapat memberikan landasan etis dalam perlindungan dan pelayanan korban di era digital yang semakin maju.

The Industrial Revolution 4.0 which is marked using AI by individuals and society has brings ambivalence to everyday life, not only positive benefits but also the impact of victimization related to AI which continues to increase. However, the phenomenon of AI Victimization (VAI) has not been researched more deeply outside of AI- related cybercrime. This research aims to investigate the dynamics of interaction between users and AI structures in daily life practices, especially the implications of VAI in social, business, and political practices. Using a qualitative approach through interviews with victims and related experts, as well as analysis of various related articles. The analysis results reveal that VAI is a product of user relationship patterns and dynamic AI structures in daily life practices. The presence of endogenous and exogenous factors that influence include, among others, dependence on AI technology, vulnerability of data and personal characteristics, situational compulsions due to AI-related policies, and system obligations in various AI models. The implication of this research is the need for new, in-depth legal policies regarding the development, implementation, and use of AI, as well as cross-disciplinary collaboration to overcome the complexity and risks associated with the use of AI. It is hoped that ongoing research in the field of victimology related to VAI can provide an ethical basis for protecting and serving victims in the increasingly advanced digital era."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Shafwan Alim
"ChatGPT adalah sebuah generative AI yang dikembangkan oleh OpenAI dan telah memiliki pengguna yang banyak. Penggunaan ChatGPT di lingkungan akademik menjadi sebuah perhatian karena berpotensi untuk melanggar etika akademis yang ada. Pemahaman ethics khususnya dalam menggunakan AI menjadi penting untuk dipahami oleh mahasiswa agar dapat terhindar dari sanksi akademis dan dapat menggunakan AI tersebut dalam ranah yang wajar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penentu penggunaan AI secara etis oleh mahasiswa dalam pengerjaan tugas perkuliahan, menggunakan Health Belief Model untuk memprediksi sikap mahasiswa untuk berperilaku etis dan Theory of Planned Behavior untuk menjelaskan niat mahasiswa dalam berperilaku etis ketika menggunakan AI. Penelitian ini dilakukan dengan metode explanatory sequential mixed methods. Penelitian dimulai dengan melakukan wawancara dengan 12 mahasiswa untuk menyusun indikator variabel. Penelitian dilanjutkan dengan metode kuantitatif dengan menganalisis data kuesioner dari 394 mahasiswa Universitas Indonesia. Data kuantitatif dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan program SmartPLS 4. Penelitian ini dilanjutkan dengan metode kualitatif untuk memperdalam temuan dari metode kuantitatif, melalui wawancara dengan 10 responden, yang kemudian transkripnya dianalisis menggunakan metode thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefits, perceived barriers memiliki pengaruh terhadap attitude towards ethical use of AI. Selain itu, attitude towards ethical use of AI, subjective norms, perceived behavioral control , dan cues to action memiliki pengaruh terhadap ethical use of AI intention. Ethics curriculum hanya memberikan pengaruh moderasi terhadap hubungan attitude towards ethical use of AI dengan ethical use of AI intention saja, tetapi tidak memberikan pengaruh moderasi terhadap hubungan subjective norms maupun perceived behavioral control dengan ethical use of AI intention. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam penggunaan AI secara etis di bidang akademik.

ChatGPT is a generative AI developed by OpenAI and has gained a significant number of users. The use of ChatGPT in academic settings has raised concerns due to its potential to violate existing academic ethics. Understanding ethics, particularly in using AI, is crucial for students to avoid academic sanctions and to use AI appropriately. This study aims to identify the determinants of ethical AI usage by students in completing academic assignments, employing the Health Belief Model to predict students' attitudes toward ethical behavior and the Theory of Planned Behavior to explain students' intentions to behave ethically when using AI. This research was conducted using the explanatory sequential mixed methods approach. The study began with interviews involving 12 students to develop variable indicators. It was followed by a quantitative method, analyzing questionnaire data from 394 Universitas Indonesia students. The quantitative data were analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) with the help of SmartPLS 4 software. The research then proceeded with a qualitative method to deepen the findings from the quantitative method through interviews with 10 respondents, whose transcripts were analyzed using the thematic analysis method. The findings show that perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefits, and perceived barriers influence attitude towards ethical use of AI. Additionally, attitude towards ethical use of AI, subjective norms, perceived behavioral control, and cues to action influence ethical use of AI intention. The ethics curriculum was found to moderate only the relationship between attitude towards ethical use of AI and ethical use of AI intention, but not the relationships between subjective norms or perceived behavioral control and ethical use of AI intention. This study is expected to provide theoretical and practical contributions to promoting ethical AI usage in academic contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Shafwan Alim
"ChatGPT adalah sebuah generative AI yang dikembangkan oleh OpenAI dan telah memiliki pengguna yang banyak. Penggunaan ChatGPT di lingkungan akademik menjadi sebuah perhatian karena berpotensi untuk melanggar etika akademis yang ada. Pemahaman ethics khususnya dalam menggunakan AI menjadi penting untuk dipahami oleh mahasiswa agar dapat terhindar dari sanksi akademis dan dapat menggunakan AI tersebut dalam ranah yang wajar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penentu penggunaan AI secara etis oleh mahasiswa dalam pengerjaan tugas perkuliahan, menggunakan Health Belief Model untuk memprediksi sikap mahasiswa untuk berperilaku etis dan Theory of Planned Behavior untuk menjelaskan niat mahasiswa dalam berperilaku etis ketika menggunakan AI. Penelitian ini dilakukan dengan metode explanatory sequential mixed methods. Penelitian dimulai dengan melakukan wawancara dengan 12 mahasiswa untuk menyusun indikator variabel. Penelitian dilanjutkan dengan metode kuantitatif dengan menganalisis data kuesioner dari 394 mahasiswa Universitas Indonesia. Data kuantitatif dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan program SmartPLS 4. Penelitian ini dilanjutkan dengan metode kualitatif untuk memperdalam temuan dari metode kuantitatif, melalui wawancara dengan 10 responden, yang kemudian transkripnya dianalisis menggunakan metode thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefits, perceived barriers memiliki pengaruh terhadap attitude towards ethical use of AI. Selain itu, attitude towards ethical use of AI, subjective norms, perceived behavioral control , dan cues to action memiliki pengaruh terhadap ethical use of AI intention. Ethics curriculum hanya memberikan pengaruh moderasi terhadap hubungan attitude towards ethical use of AI dengan ethical use of AI intention saja, tetapi tidak memberikan pengaruh moderasi terhadap hubungan subjective norms maupun perceived behavioral control dengan ethical use of AI intention. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam penggunaan AI secara etis di bidang akademik.

ChatGPT is a generative AI developed by OpenAI and has gained a significant number of users. The use of ChatGPT in academic settings has raised concerns due to its potential to violate existing academic ethics. Understanding ethics, particularly in using AI, is crucial for students to avoid academic sanctions and to use AI appropriately. This study aims to identify the determinants of ethical AI usage by students in completing academic assignments, employing the Health Belief Model to predict students' attitudes toward ethical behavior and the Theory of Planned Behavior to explain students' intentions to behave ethically when using AI. This research was conducted using the explanatory sequential mixed methods approach. The study began with interviews involving 12 students to develop variable indicators. It was followed by a quantitative method, analyzing questionnaire data from 394 Universitas Indonesia students. The quantitative data were analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) with the help of SmartPLS 4 software. The research then proceeded with a qualitative method to deepen the findings from the quantitative method through interviews with 10 respondents, whose transcripts were analyzed using the thematic analysis method. The findings show that perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefits, and perceived barriers influence attitude towards ethical use of AI. Additionally, attitude towards ethical use of AI, subjective norms, perceived behavioral control, and cues to action influence ethical use of AI intention. The ethics curriculum was found to moderate only the relationship between attitude towards ethical use of AI and ethical use of AI intention, but not the relationships between subjective norms or perceived behavioral control and ethical use of AI intention. This study is expected to provide theoretical and practical contributions to promoting ethical AI usage in academic contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library