Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 666 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kurzweil, Ray
Cambridge, UK: MIT Press, 1990
006.3 KUR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Winston, Patrick Henry
Reading: Addison-Wesley, 1993
006.3 WIN a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: Cambridge Univ. Press, 1989
006.3 FOU
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tresna Priyana Soemardi
"ABSTRAK
Laporan Akhir tahap-II Penelitian Rekayasa Sendi Lutut Suatan ini merupakan kelanjutan Penelitian Tahap-I. Dalam Tahap-I dilaporkan Perancangan, Simulasi Siomekanik dan Prototyping melalui Rapid Prototyping. Pada tahap-ll dilaporkan Perancangan Proses Manufaktur dan Pembuatan Prototip Manufaktur.
Perancangan proses manufaktur yang baik didefinisikan sebagai implementasi perancangan proses (pabrikasi), yang dapat menghasilkan produk (sendi lutut buatan) yang sesuai dengan rancangan yang diharapkan (geometri, material dan finishing nya) serta fenomena dalam proses manufaktur, seperti faktor penyusutan material untuk suatu proses manufaktur. Perancangan proses manufaktur juga harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti: sifat mekanik, keakuratan dimensi dan kehalusan permukaan produk yang dihasilkan. Selain kriteria tersebut, faktor fungsi dan persyaratan khusus terhadap material yang digunakan seperti tidak mengandung racun dan tidak menimbulkan efek alergi terhadap tubuh juga harus dipertimbangkan dalam pemilihan material untuk sendi lutut buatan.
Pada implementasinya proses manufaktur yang digunakan untuk memproduksi komponen sendi lutut buatan adalah pengecoran invesmen (investment casting). Pengecoran invesmen adalah salah satu proses pengecoran presisi yang mampu menghasilkan produk dengan toleransi + 0,002 in setiap 1 in, dan + 0,004 in setiap 6 in, kehalusan permukaan yang bisa dicapai sekilar 63 - 25 mikro in dan kandungan karbon 0,03 %.
Setelah proses pengecoran selesai, spesimen produk diuji dengan beberapa pengujian diantaranya: uji komposisi, uji tarik, uji tekan dan uji kekerasan dengan tujuan untuk memastikan bahwa sifat makanik dari produk sesuai dengan sifat mekanik dari spek material standar yang digunakan yaitu stainless steel 316 L

ABSTRACT
A good manufacturing process design defined as an implementation of process design (fabrication), which able to produce knee joint prostheses product that meet previous product design (geometry, material and product finish) manufacturing process phenomenon such as material shrinkage factor in relation with a selected process. Design of manufacturing process should consider the following factors: mechanical properties, dimensional accuracy, and surface roughness of the product. In addition to the above mentioned criteria's, function factor and special requirements(toxic and allergy) should be also considered in selecting the material for knee joint prostheses.
Manufacturing process applied for the implementation process of knee joint prostheses is investment casting. Investment casting is one of precision casting processes which could produce castings that have tolerance ± 0.002 inch per 1 inch, and ± 0.004 inch per 6 inch, surface roughness about 63 up to 25 pinch and carbon content 0.03 In.
After completion the casting process, the product specimen is subject to several testing procedures as follow: composition test, tensile test, compression test, and hardness test to ensure that the mechanical properties of the product meet all the mechanical properties required for stainless steel 316 L.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ambulagan
"Artikel ini akan mencoba membahas pemecahan masalah penjadwal kuliah dengan pendekatan ilmu Intelegensia Semu (Artificial Intelligence), yakni dengan menggunakan Constrain Satisfaction Problem. Penulis telah merancang dan menguji sebuah teknik baru pencarian solusi dengan intelligent search yang dikombinasikan dengan algoritma Smart Backtracking.
Algoritma yang kami kembangkan ini telah dicoba dengan sejumlah studi kasus berskala kecil (7 dosen 7 matakuliah 23 kelas 2 ruang 35 jam perkulaiahan tiap minggu dan lebih dari 1380 mahasiswa) dan menghasilkan output yang diinginkan dalam waktu yang sangat singkat.
Percobaan dengan real data (1198 dosen, 1457 matakuliah, 2311 kelas, 122 ruang, 40 jam perkuliahan tiap minggu dan lebih dari 20000 mahasiswa) telah menghasilkan solusi yang baik meskipun tidak dapat mencapai solusi 100% lengkap. Sejumlah constraint terutama yang berkaitan dengan dosesn dan mahasiswa kelas paket seringkali sulit dipenuhi karena adanya sejumlah kelas yang merupakan gabungan beberapa paker (dapat mencapai 12)"
2002
JIKT-2-1-Mei2002-34
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rahmah Syakira
"Glaze adalah platform bertenaga AI yang membantu wanita mengumpulkan inspirasi estetika dan berbelanja produk berdasarkan gambar yang mereka kirim melalui teks, sehingga memecahkan masalah dalam menemukan item fesyen yang terlihat di media sosial. Menargetkan wanita muda berusia 18 hingga 34 tahun, Glaze menargetkan pasar penggemar mode yang signifikan. Namun, fokusnya saat ini hanya pada perempuan dan terbatasnya pengoperasian di AS membatasi jangkauan pasarnya. Berekspansi secara global dan melibatkan laki-laki dapat meningkatkan potensinya.
Glaze melibatkan pelanggan melalui media sosial tetapi mengalami penurunan lalu lintas web. Didirikan oleh lulusan MIT dengan keterampilan teknis yang kuat namun pengalaman profesional yang terbatas, perusahaan ini dapat menghadapi tantangan dalam menarik investasi eksternal. Perusahaan ini bersaing dengan beberapa platform mapan dan menghadapi hambatan seperti kebutuhan akan AI tingkat lanjut, akses data, dan kemitraan dengan merek fesyen. Tren seperti meningkatnya belanja online, pengaruh media sosial, dan permintaan akan fesyen berkelanjutan mendukung pertumbuhan Glaze.
Model pendapatan Glaze yang belum teruji dapat mencakup komisi afiliasi, biaya layanan, dan langganan. Metode diskriminasi harga seperti diskon pelajar mungkin menarik pengguna tetapi mempersulit administrasi. Pasar e-commerce ritel fesyen AS, yang diproyeksikan melebihi 145 miliar dolar AS pada tahun 2024, menawarkan peluang pendapatan yang signifikan. Jika Glaze menjangkau 10% perempuan yang ingin mempercepat belanja dan memonetisasi 1% pasar ini, maka Glaze dapat menghasilkan sekitar 8,439 juta dolar AS setiap tahunnya. Meskipun terdapat peluang yang menjanjikan, ketidakpastian profitabilitas Glaze dan persaingan dari perusahaan besar menimbulkan beberapa risiko investasi. Investasi awal sebesar 4,5 juta dolar AS untuk sekitar 10,7% ekuitas direkomendasikan untuk membantu Glaze meningkatkan skala operasi, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat model pendapatannya, sehingga mengamankan saham dalam pertumbuhannya di masa depan.

Glaze is an AI-powered platform that helps women curate aesthetic inspirations and shop products based on images they send via text, solving the problem of locating fashion items seen on social media. Targeting young women aged 18 to 34, Glaze addresses a significant market of fashion enthusiasts. However, its current focus solely on women and limited U.S. operability restricts its market reach. Expanding globally and including men could enhance its potential.
Glaze engages customers through social media but has seen a decline in web traffic. Founded by MIT graduates with strong technical skills but limited professional experience, the company could face challenges attracting external investment. It competes with several established platforms and encounters barriers such as the need for advanced AI, data access, and partnerships with fashion brands. Trends like increased online shopping, social media influence, and demand for sustainable fashion support Glaze’s growth.
Glaze’s untested revenue model could include affiliate commissions, service fees, and subscriptions. Price discrimination methods like student discounts might attract users but complicate administration. The U.S. retail e-commerce market for fashion, projected to exceed 145 billion U.S. dollars in 2024, offers significant revenue opportunities. If Glaze captures 10% of women seeking to expedite shopping and monetizes 1% of this market, it could generate about 8.439 million U.S. dollars annually. Despite promising opportunities, the uncertainty of Glaze’s profitability and competition from larger companies present some investment risks. An initial investment of 4.5 million U.S. dollars for approximately 10.7% equity is recommended to help Glaze scale operations, expand market reach, and solidify its revenue model, securing a stake in its future growth.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"This paper will review atomic -like phenomena in a semiconductor quantum dot which their size ,shape and interactions can be precisely controlled through the use of nanofabrication technology
"
IPTEKAB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Leak detection is always interesting research topic,where leak location and leak rate are two pipeline leaking parameters that should be detewrmined...."
ITJOICT
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Nurwidyaningrum
"Batik tulis sebagai warisan budaya Indonesia telah diakui oleh UNESCO. Pengakuan ini telah meningkatkan popularitas Batik Tulis di dunia internasional. Saat ini, batik tulis menjadi salah satu dari produk industri kreatif Indonesia. Dukungan kepada para pembatik Indonesia adalah sangat penting supaya mereka dapat meningkatkan kinerja dalam membatik. Memberi kenyamanan penglihatan kepada pembatik dengan pencahayaan buatan adalah salah satu bentuk dukungan kepada para pembatik. Tesis ini membahas faktor-faktor ruang dan pencahayaan buatan yang mempengaruhi kualitas bidang kerja dalam menulis batik. Teori performansi visual pada bidang kerja pencahayaan menekankan pada keseimbangan kontras warna, ukuran detail, kecepatan kerja, renderasi warna, kontras terang, reflektansi ruang dan kombinasi pencahayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rentang iluminasi pada bidang kerja penulisan lilin batik dan memperoleh desain pencahayaan untuk ruang membatik batik tulis. Penelitian ini adalah penelitian problem solving menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data survey dan data eksperimen. Deskripsi ruang dianalisis dengan program simulasi Autocad 2008 dan Relux Professional 2007. Sedangkan deskripsi kontras warna dianalisis dengan Color Contrast Analyzer 1.1. Variabel-variabel yang diteliti adalah silau, bayangan, kontras warna, ukuran detail, kecepatan kerja, renderasi warna, kontras terang, reflektansi ruang dan kombinasi pencahayaan. Disimpulkan bahwa kualitas bidang kerja membatik dipengaruhi oleh posisi luminer, photometri, reflektansi ruang, warna kain bidang verja, intensitas cahaya dan kombinasi pencahayaan. Reflektansi pembatas ruang berpengaruh besar terhadap terang ruang dan kontras bidang kerja membatik. Reflektansi dinding berpengaruh sebesar 65 % dibandingkan plafond dan lantai. Sehingga, perubahan warna dinding akan sangat mempengaruhi terang ruang dan kualitas bidang kerja membatik.

Batik tulis is Indonesian cultural heritage has been recognized by UNESCO. This recognition improves the popularity of batik tulis in the world. Now, batik tulis becomes one of creative industry products in Indonesia. Supporting for batik writer is very important in order to improve their performance in writing batik. Giving visual comfort for batik writer with artificial lighting is one of the supports. This thesis discusses space and lighting factors that influence to visual task quality in writing batik. Visual performance theory of task lighting focuses on balances of color contrast, detail size, work speed, color rendering, brightness contrast, room reflectance and combined illumination. The aims of this research are identifying illumination range on task in writing lilin batik and getting lighting design characteristics for space in writing batik tulis. This research is problem solving research with quantitative method and description design. Quantitative method is used to analyze survey and experiment data. Space description is analyzed by Autocad 2008 and Relux Professional 2007 simulation program. Color contrast description is analyzed by Color Contrast Analyzer 1.1. Variables that are analyzed are glare, shadow, color contrast, detail size, work speed, color rendering, brightness contrast, room reflectance and combined illumination. This study concludes that quality task in writing batik is affected by luminary position, photometry, room reflectance, task textile color, light intensity and combined illumination. Room reflectance influences brightness space and task contrast. Wall reflectance influences 65% than plafond and floor. So, the change of wall color controls over brightness space and task contrast in writing batik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T 27619
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>