Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Derwin Suhartono
Abstrak :
ABSTRAK
Argumentation mining merupakan bidang penelitian yang berfokus pada kalimat dengan tipe argumentasi. Kalimat argumentasi sering digunakan pada komunikasi sehari-hari serta memiliki peran penting pada setiap proses pengambilan keputusan atau kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan observasi mengenai pemanfaatan deep learning dengan mekanisme atensi pada anotasi dan analisa kalimat argumentasi.Anotasi argumentasi merupakan pengelompokan komponen argumen dari sebuah wacana ke dalam beberapa kelas. Kelas didefinisikan menjadi 4, yaitu major claim, claim, premise dan non-argumentative. Analisa argumentasi mengarah kepada karakteristik dan validitas argumentasi yang tersusun pada topik tertentu. Salah satu bentuk analisa adalah penilaian apakah argumentasi yang dibentuk sudah terkategori sufficient atau belum. Dataset yang digunakan untuk anotasi dan analisa argumentasi adalah 402 esai persuasif. Dataset ini juga ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia untuk memberikan gambaran bagaimana model bekerja pada bahasa lain.Beberapa model deep learning, diantaranya CNN Convolutional Neural Network , LSTM Long Short-Term Memory , dan GRU Gated Recurrent Unit digunakan untuk anotasi dan analisa argumentasi sedangkan HAN Hierarchical Attention Network hanya digunakan untuk analisa argumentasi. Mekanisme atensi ditambahkan pada model sebagai pemberi weighted access untuk performa yang lebih baik. Classifier yang digunakan adalah fully connected layer dan XGBoost.Dari eksperimen yang dilakukan, integrasi deep learning dengan mekanisme atensi untuk anotasi dan analisa kalimat memberikan hasil yang lebih baik dari penelitian sebelumnya.
ABSTRACT
Argumentation mining is a research field which focuses on sentences in type of argumentation. Argumentative sentences are often used in daily communication and have important role in each decision or conclusion making process. The research objective is to do observation in deep learning utilization combined with attention mechanism for argument annotation and analysis.Argument annotation is argument component classification from discourse to several classes. Classes include major claim, claim, premise and non-argumentative. Argument analysis points to argumentation characteristics and validity which are arranged in one topic. One of the analysis is how to assess whether an established argument is categorized as sufficient or insufficient. Datased used for argument annotation and analysis is 402 persuasive essays. This data is translated to Bahasa as well to give overview about how does it work with other language.Several deep learning models such as CNN Convolutional Neural Network , LSTM Long Short-Term Memory , and GRU Gated Recurrent Unit are utilized for argument annotation and analysis while HAN Hierarchical Attention Network is utilized only for argument analysis. Attention mechanism is combined with the model as weighted access setter for a better performance. The classifiers are fully connected layer and XGBoost.From the whole experiments, deep learning and attention mechanism integration for argument annotation and analysis arrives in a better result compared with previous research.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
D2502
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feldman, Richard
New Jersey : Prentice-Hall, 1999
168 FEL r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Jung-il
Imprint Paju: Korea Research Information, 2010
KOR 495.782 LEE n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Cahyaningrum
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi dan keterampilan menulis argumentasi melalui penerapan model Think Pair Share dengan media audiovisual siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan indikator kinerja guru dan siswa. Pada prasiklus, nilai kinerja guru dan siswa masih berada di bawah indikator pencapaian. Siklus I, nilai kinerja guru meningkat menjadi 69,29% dan kinerja siswa sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II nilai kinerja guru menjadi 80,71% dan kinerja siswa menjadi 78,95%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas hanya 21 siswa yang artinya dianggap belum memenuhi indikator pencapaian. Penerapan Think Pair Share dengan media audiovisual pada siklus II, menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis argumentasi, yaitu skor 31 siswa melampaui KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses dan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Cahyaningrum
Abstrak :
This research aims to improve learning process quality of writing argumentationtext and argumentation writing skills through the Think Pair Share model with audiovisualmedia of students X-10 grade SMA Negeri Kebakkramat. This research was a ClassroomAction Research (CAR) with two cycles. Data sources include events, informants, anddocuments. Data collection through interviews, observation, and document analysis. Datavalidity by triangulation method technique, triangulation of data source and informant review.Data analysis technique using comparative descriptive analysis technique. Think Pair Sharemodel with audiovisual is able to improve the quality of learning process of argumentationwriting skill indicated by teacher and student performance. In pre-cycles, the teacher andstudent performance values were still below the achievement indicator. In cycle I, thevalue of teacher performance increased to 69.29 and the percentage of student performanceof 47.22%. Meanwhile, in cycle II the teacher performance value became 80.71 and thepercentage of student performance became 78.95%. After the action done on the firstcycle, there were only 21 students who achieved the value of KKM (minimum completenesscriteria) which means it did not meet the achievement indicators. Implementation of ThinkPair Share with audiovisual media in cycle II showed a significant improvement inargumentation writing skill, that is, score of 31 students exceeded KKM. In conclusion, theapplication of Think Pair Share model with audiovisual media is able to improve learningprocess quality and argumentation writing skill for the tenth grade students of SMA Negeri Kebakkramat.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book attempts to consolidate contemporary thinking and research on the role of scientific argumentation in education. Perspectives on scientific argumentation brings together prominent scholars in the field to share the sum of their knowledge about the place of scientific argumentation in teaching and learning. Chapters explore scientific argumentation as a means of addressing and solving problems in conceptual change, reasoning, knowledge-building and the promotion of scientific literacy. Others interrogate topics such as the importance of language, discursive practice, social interactions and culture in the classroom. The material in this book, which features intervention studies, discourse analyses, classroom-based experiments, anthropological observations, and design-based research, will inform theoretical frameworks and changing pedagogical practices as well as encourage new avenues of research.
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400552
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Aminah Nur Habibah
Abstrak :
ABSTRAK
Pelanggaran terhadap prinsip kerja sama Grice 1975 dianggap menjadi penunjang kelucuan dalam wacana humor. Penelitian-penelitian terkait hal itu telah dilakukan, tetapi hanya didasari pada pandangan peneliti. Padahal, hal yang dianggap lucu oleh peneliti belum tentu dianggap lucu oleh pembaca. Skripsi ini membahas kelucuan menurut pembaca dalam kartun komik Tahilalats serta mengaitkannya dengan pelanggaran prinsip kerja sama dan konteks. Karena itu, sumber data yang digunakan adalah episode kartun yang memuat pelanggaran prinsip kerja sama. Penelitian ini menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner daring dan wawancara. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa Tahilalats dianggap tidak terlalu lucu oleh pembaca. Walaupun terdapat pelanggaran maksim kualitas dan kuantitas, menurut pembaca, dibutuhkan beberapa pembentuk kelucuan dan konteks yang sesuai. Pelanggaran maksim kuantitas dengan mengurangi kontribusi dinilai berpotensi untuk menghasilkan ketakterdugaan.
ABSTRACT
The violation of the cooperative principle Grice 1975 is considered to be a supporting element to create humor in discourse. Related studies is only based on the researchers rsquo point of views. In fact, things that are considered funny by researchers are not necessarily considered as funny by the readers. The present thesis discusses humor according to the readers in Tahilalats cartoon comic as well as links them with violations of cooperative principles and context. Therefore, the data source used is a cartoon episode that contains violations of the cooperative principle. This research combines quantitative and qualitative approach. The data are obtained from questionnaires and interviews. It is found that Tahilalats considered as ldquo not too funny rdquo by the readers. Although there are violations in principle of quality and quantity, some triggers and context are needed. The lack of information is considered potential to create unpredictability.
2017
S69723
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library