Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 200 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Nurhayati
Abstrak :
ABSTRAK
Penulisan skripsi ini untuk menggambarkan perubahan i sosial dan budaya yang ada pada empat cerpen Arab.

Metode penulisan yang digunakan adal.ah metode riptif analitis berdasarkan penelitian yang dilakukan dap empat cerpen tersebut.

Hasil analisamengungkapkan bahwa gambaran ahan nilai-nilai sosial dan budaya yang terjadi pada cerpen Arab tersebut memperlihatkan perubahan nilai dan budaya yang terjadi pada empat negara asal tersebut, yaitu Lebanon, Kuwait, Irak dan sia. Perubahan-perubahan yang terjadi dikarenakan nih Barat. Pengaruh yang dibawa oleh barat tersebut modernisasi dan westernisasi.
2001
S13403
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Wahyu Hidayati
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang Tarekat Syadziliyah di Pondok Pesantren Al-Kahfi yakni Pondok Pesantren yang telah berusia sekitar lima abad di wilayah Kebumen, Jawa Tengah. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang melibatkan empat jenis strategi pengumpulan data yakni observasi kualitatif, wawancara kualitatif, pengumpulan dokumen-dokumen kualitatif, dan pengumpulan data dari materi audio dan visual. Skripsi ini membahas tentang sejarah dan profil Pondok Pesantren Al-Kahfi, kemudian membahas tentang sejarah dan perkembangan Tarekat Syadziliyah berserta ajaran dan tradisi yang berlaku, serta membahas dampak spiritual jamaah Tarekat Syadziliyah. Zikir yang menjadi pola keseharian jamaah Tarekat Syadziliyah ternyata memiliki dampak terhadap pola kehidupan sehari-hari. Pembiasaan yang dilakukan secara kontinuitas, akhirnya dapat membentuk cara berlaku dan cara berfikir manusia. ......This thesis discusses on Thariqa Syadziliyah in Pondok Pesantren Al-Kahfi. This place has existing more than five hundred years ago in Kebumen, Central Java. The method which was used in in this research is qualitative method which involved four data collection strategies, observations, interviews, collecting qualitative documents, and collecting audio and visual based data. This thesis focuses on the history of Pondok Pesantren Al-Kahfi, and its profile as well. Furthermore on the history and the development of Thariqa Syadziliyah, including the basic rules and the tradition, as well as the spiritual influences of Thariqa Syadziliyah‟s to the followers. Dhikr which has became daily obligation to them proved that it has a positive influence toward daily life. The research proves that practicing dhikr could help people to have a good behavior and way of thinking.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53395
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fairuz
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang proses lahirnya Al-Irsyad Bogor dan upaya realisasi program kerja lembaga Al-Irsyad Bogor, khususnya dalam bidang pendidikan pada tahun 1928-1966. Dalam upaya mencari fakta dan data sejarah, metode penelitian sejarah dengan empat tahap digunakan dalam skripsi ini, yaitu heuristik, kritik sumber sejarah, eksplanasi dan kausalitas, dan historiografi. Penemuanpenemuan dalam skripsi ini membuktikan bahwa madrasah Al-Irsyad Bogor tetap dapat memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Islam di Bogor, meskipun sekolah tersebut telah mengalami berbagai tekanan, seperti pencabutan subsidi pendidikan oleh pemerintah kolonial, baik pada masa pemerintahan Belanda maupun Jepang. Masa kemerdekaan Indonesia menjadi pintu gerbang utama bagi Al-Irsyad Bogor untuk mengembangkan sekolah Islam dengan mendirikan SMP Al-Irsyad Bogor.
ABSTRACT
This thesis discusses about the establishment of Al-Irsyad Bogor and the efforts as a means of realizing its frameworks and programs, particularly in educational aspects during the year of 1928-1966. In the efforts of thoroughly finding the historical evidences and data, four steps of historical research method had completely been used in this thesis, they are heuristic, historical sources criticism, explanation and causality, and historiography. The results of this research show that the madrasah of Al-Irsyad Bogor could still be able to fill the Islamic society education needs, although the madrasah had been in pressures arised by colonial government, either Dutch or Japan. The time right after the independence day, then, had been a main gate for Al-Irsyad Bogor to develop the Islamic school through several ways, such as establishing Al-Irsyad Bogor Junior High School.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haniatur Rosyidah
Abstrak :
Kata علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ secara leksikal memiliki kesamaan makna yakni 'mengetahui', tetapi, keduanya juga memiliki perbedaan makna. Dalam penelitian ini akan dilakukan kajian kontrastif dua kata tersebut dalam Al-Qur'an Al-Karim dari sudut pandang analisis semantik-leksikal. Kajian Kontrastif tersebut mencakup persamaan dan perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim. Tujuan penulis adalah menjelaskan persamaan serta perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif dengan studi pustaka. Analisis dilakukan dengan mencari persamaan serta perbedaan makna علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim yakni dengan mengkontraskan antarderivasi dua kata tersebut yang memiliki kesamaan pola. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kata علم /'alima/ dan عرف /'arafa/ dalam Al-Qur'an Al-Karim dengan pola sama secara kontrastif memiliki perbedaan dan persamaan makna masing-masing, baik secara tekstual maupun kontekstual. ......Lexically, علم /'alima/ and عرف /'arafa/ words have the same meaning of 'know', but, they also have different meanings. In this study will discusses about the contrastive of علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Qur'an Al-Karim with semantic-lexical review. The contrasting include similarities and differences in the meaning of علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim. The author's purpose is to explain similarities and differences in the meaning علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim. The method used in this paper is a qualitative method with literature study. The analysis is done by looking for similarities and differences meaning علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Quran Al-Karim between derivative word which contrasts with the two words that have the same pattern. From this study, it can be concluded that contrastively, علم /'alima/ and عرف /'arafa/ in Al-Qur'an Al-Karim with same pattern have similarities and differences in their meaning, both textual and contextual.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61469
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gibran, Kahlil, 1883-1931
Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2001
892.708 GIB st
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
El Shirazy, Habiburrahman
Jakarta: Republika, 2007
892.7 SHI k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Azizy, Taufiqurrahman
Yogyakarta: Diva Press, 2007
892.7 ALA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Ibrashi, Muhammad Atiyah
Abstrak :
Buku ini merupakan sebuah saduran dari karya-karya Charles Dickens ke dalam bahasa Arab. Charles Dickens merupakan seorang penulis terkenal dari Inggris yang hidup pada abad ke-19.
Kairo: Dar al-Ma'arif , 1955
ARA 892.73 IBR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Hakim, Tawfiq
Abstrak :
Buku ini berisi tulisan-tulisan dari Tawfiq al-Hakim sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya. Hal-hal yang dijelaskan dalam tulisan ini di antaranya mengenai manusia dan kehidupan, pemikiran, kesusastraan, dan kesenian.
Kairo : Mahtabat al-'Adab , 1955
ARA 892.7 HAK t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Husain, Taha
Abstrak :
Buku ini berisi tentang sebuah kisah yang dikarang oleh sastrawan terkenal Mesir, Taha Husain. Kisah ini bercerita tentang seorang sahabatnya yang menderita dilema moral tentang kebudayaan di negaranya. Cerita ini banyak diisi dengan surat-surat yang dikirim oleh temannya. Kisah ini membawa pesan bahwa bahasa negara mereka tidak mampu mengakomodasi karya-karya besar para sastrawan.
Kairo: Dar al-Ma`arif, 1952
ARA 892.709 HUS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>