Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wike Wijayanti
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas pesan persuasif Iklan Layanan Masyarakat dalam program sosialisasi pembangunan PLTN di Indonesia. Rencana pembangunan PLTN merupakan sebuah program yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat, meskipun dipersuasikan dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough melalui tiga level analisis. Pada tataran teks menggunakan analisa framing Robert N Entman. Pada tataran produksi, dengan wawancara mendalam dan pada praktek sosial-budaya peneliti melakukan kajian literatur. Kesimpulan penelitian menemukan fakta bahawa BATAN mencoba meyakinkan masyarakat untuk mengubah sikap atas isu nuklir melalui pengiriman pesan yang ditayangkan dalam ILM PLTN. Pesan nuklir yang ditonjolkan dalam iklan merupakan isu-isu yang selalu dipertanyakan oleh masyarakat yaitu aspek kesiapan, aspek keamanan, aspek ekonomi dan aspek lingkungan. Penggambaran pesan nuklir dalam ILM PLTN dari tahun ke tahun tidak terlepas dari situasi yang terjadi pada waktu iklan tersebut diproduksi
ABSTRACT
This thesis discusses the persuasive message in the socialization Public Service Programe of The Nuclear Power Plant in Indonesia. The Plan of The Nuclear Power Plant is a program that is scary for most people, although in the form of public service announcements (PSA) persuasively. This study is a qualitative research with a critical discourse analysis Norman Fairclough through three levels of analysis. At the level of the text using the framing analysis Robert N Entman. At the production level, with in-depth interviews and on socio-cultural practices investigation conducted within literature review. The study found the fact that BATAN trying to convince people to change attitudes on the nuclear issue through the delivery of messages that display in the PSA. Nuclear message highlighted in the advertisements are issues that have always been questioned by the public, namely aspects of preparedness, security aspects, economic aspects and environmental aspects. Depictions of nuclear message in PSA from year to year can not be separated from the situation that occurred at the time the advertisement was produced.
2015
T44546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melizza Purnama Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Penayangan iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada khalayak luas idealnya ditayangkan melalui media televisi. Dengan penggabungan elemen gerak, warna, suasana, dan demonstrasi secara bersamaan pada televisi, pesan iklan layanan masyarakat dapat sampai kepada khalayak secara luas dengan penetrasi tinggi. Data yang diperoleh menggunakan metode angket dengan teknik accidental sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Depok yang merupakan khalayak sasaran program GenRe BKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" terhadap sikap khalayak mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Depok. Iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" juga cenderung efektif mengubah sikap khalayakmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Depok, khususnya pada dimensi pesan.
ABSTRACT
Publicserviceadverstisementaimed ata broad audienceideallybroadcasted on televisionso thatthrough the incorporation ofelementsof motion, color, atmosphere, andat the samedemonstrationontelevision, publicserviceadvertising messagescan beconveyed to theaudienceextensively withhighpenetration. The studyuses the concept ofexposure toadvertisingandpublicattitudes. The studyusesquantitative approachandisexplanative. Dataobtainedusingthe questionnaire withaccidentalsamplingtechniquesinthe Faculty of Socialand Political Sciences, University of Indonesia Depokwhich is thetargetaudienceBKKBN Genreprogram. The analysis showedthat there issignificant influenceofpublic serviceadvertisement BKKBN version "Do Not Rush" topublicattitudes. It also tends toto effectivelychangepublicattitudes, particulalrly through the dimensions ofthe message.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S43762
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Perancangan komunikasi visual ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja yang tinggal di kota Surabaya akan pentingnya mengucapkan terima kasih. Hal ini dilatarbelakangi karena melihat adanya penurunan sikap dan budi pekerti dalam masyarakat. Mengucapkan terimakasih yang seharusnya menjadi hal yang mudah dilakukan, namun pada kenyataannya kata ini semakin jarang di dengar. Padahal merupakan suatu hal yang penting untuk selalu menghargai setiap jasa yang telah didapatkan selama hidup ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Yaitu dengan cara mencari data-data di lapangan, dan kemudian melakukan analisa. Dari data di lapangan didapat hasil bahwa remaja saat ini merasa bahwa untuk sekedar mengucapkan terimakasih bukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena ini termasuk dalam permasalahan sosial maka diharapkan melalui pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) ini mampu menjadi solusi atas permasalahan yang ada. ILM akan dibuat menggunakan media-media yang efektif dalam menyampaikan pesan. Dan dari perancangan ini diharapkan akan terjadi perubahan sikap yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
JDKVN 11:2 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library