Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Boyke Iskandar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S40805
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rahadian Dwi Putra
"Pada penelitian ini dilakukan penyambungan alumunium paduan AA 1100 dengan menggunakan lasan Tungsten Inert Gas TIG pada sambungan tumpul butt joint. Metode pengumpanan logam pengisi secara berselang intermittent digunakan untuk mencari pengaruhnya terhadap porositas dan kekuatan tarik hasil pengelasan. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu panjang 12 mm, lebar 5 mm serta ketebalan 3 mm. Pengelasan dilakukan dengan kecepatan dan arus yang tetap, yaitu 2 mm/s dan 160 A. Rasio yang digunakan yaitu konfigurasi dari waktu pengumpanan dan waktu diam. Rasio yang divariasikan yaitu dari rasio 1 hingga 6.
Dari hasil penelitian didapatkan, lebar manik berbanding terbalik dengan rasio kecepatan pengumpanan logam pengisi. Kemudian untuk mendeteksi porositas menggunakan X-Ray Radiografi, didapati bahwa bertambahnya porositas berbnading lurus dengan bertambahnya rasio kecepatan pengumpanan logam pengisi. Untuk kekuatan tarik terdapat faktor annealing yang dapat memengaruhi nilai dari kekuatan tarik hasil pengelasan.
In this research, 1100 aluminum alloys were welded by using Tungsten Inert Gas TIG weld on square butt joint. The intermittent filler feed method was proposed to find the corelations between the effect of porosity and tensile strength of weld product. The dimension of base material was 12 mm x 5 mm x 3 mm. The welding process was performed with fixed speed of weld and current, 2 mm s and 160 A respectively. The used of ratio is the configuration of the filler time and delay time and was varied from the ratio 1 to ratio 6. From the results obtained, the bead width is inversely proportional to the ratio of feeding metal filler speed. Then to detect porosity using X Ray Radiography, it was found that the increase in porosity was directly proportional to the increase in the ratio of the feeding rate of the fill metal. For tensile strength there are annealing factors that can affect the value of the tensile strength of welding result."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kania Gladys Clarissa Zain
"Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) adalah proses pengelasan yang menggunakan alat putar yang ditelan pada titik sambungan antara dua plat tipis dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh gesekan material yang dihasilkan oleh putaran alat. Proses pengelasan dengan menggunakan FSSW dipilih karena kelebihannya yaitu tidak adanya panas yang ditimbulkan sehingga cocok untuk mengelas banyak material. Pada penelitian ini, material yang digunakan adalah material AA 1100 dan CuZn30. Dengan menggunakan proses ini, hasil lasan yang akan didapat memiliki kekuatan sambungan yang tinggi, distorsi yang rendah serta minimnya lelehan terkait kecacatan pada hasil las. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apabila jumlah spot las akan mempengaruhi sifat mekanik yang dihasilkan dari proses pengelasan menggunakan teknik mFSS dengan menggunakan pelat tipis Aluminium A1100 dan pelat tipis CuZn30. Dalam penelitian ini parameter yang divariasikan adalah jumlah spot yang bervariasi dari 1,2 dan 3 spot. Pengujian yang dilakukan berupa uji tarik untuk mengetahui kekuatan sambungan, uji makro & mikro untuk mengetahui sifat geometri lasan. Dari hasil pengujian tarik, dapat dikatakan adanya kenaikan lap shear load yang signifikan ketika jumlah spot meningkat. Namun, pada pengelasan dissimilar material, nilai displacement dan lap shear load yang dihasilkan cenderung lebih kecil dibandingkan pengelasan similar material. Dari hasil pengamatan struktur makro dan mikro, terdapat cacat berupa Hook pada pengelasan dua lembaran AA1100. Sedangkan, pada pengelasan dua lembaran CuZn30, terdapat cacat berupa Flash dan Microvoids. Butiran pada Stir Zone pada pengelasan similar material terlihat lebih halus dibandingkan oleh HAZ, TMAZ dan BM.
Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) is a welding process that employs a rotating tool that is consumed at one point of connection between two thin plates by using heat generated by material friction caused by the tools' rotation.The benefits of using the FSSW process, such as the fact that it does not produce heat that is ideal for welding two separate materials, promote its use. AA 1100 and CuZn30 materials were used to weld the materials. This process has the advantage of being a solid-state process with low distortion, no melt due to defects, and high joint strength, even in alloys that are difficult to weld (non-weldable) by conventional methods. The purpose of this study is to determine the effect of the amount of the spot on the mechanical properties produced in the Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) welding technique using A1100 aluminum thin plate and CuZn30 thin plate. In this study, the varied parameters were the amount of the spot, which varied from 1, 2 and 3 spots. Tests are carried out in the form of a tensile test to determine the strength of the weld, macro & micro test to determine the geometric properties of the weld. From the tensile test results, it can be said that there is a significant increase in lap shear load when the number of spots increases. However, in dissimilar material welding, the result of displacement and lap shear load values tend to be smaller than similar material welding. From the observation of the macro and micro structures, there is a defect in the form of a hook in the welding of two AA1100 sheets. Meanwhile, in the welding of two CuZn30 sheets, there are defects in the form of Flash and Microvoids. The grain in the Stir Zone in similar material welding looks finer than grains in HAZ, TMAZ and BM."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Punta Singga Parasdya
"Pada penelitian ini, dilakukan pengelasan aluminium paduan AA1100 dengan menggunakan pengelasan Tungsten Inert Gas (TIG) otomatis. Digunakan beberapa variasi kenaikan kecepatan pengelasan yang digunakan untuk mencari pengaruhnya terhadap temperature, dan lebar manik atas. Dimensi spesimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu panjang 14 cm, lebar 7 cm serta ketebalan 3,8 mm. Pengelasan dilakukan dengan arus yang tetap, yaitu 120A. Penelitian dilakukan dengan 2 metode pengumpanan logam pengisi (filler) ER5356 dan juga metode autogenous. Pada metode menggunakan filler digunakan kecepatan pengumpanan, waktu pengumpanan, dan delay pengumpanan yang konstan, yaitu 10 mm/s, 0,75 s, dan 0,75 s. Terdapat 3 variasi kenaikan kecepatan pengelasan yang digunakan. Dari hasil penelitian didapatkan, pemberian kenaikan kecepatan tidak berpengaruh banyak terhadap temperature daerah pengelasannya. Sebaliknya, pada geometri lebar manik atas daerah pengelasan terdapat perbedaan yang dapat dilihat dari tiga varian kenaikan kecepatan yang diujikan, baik yang menggunakan filler atau autogenous. Terdapat faktor kecepatan penyebaran panas yang dapat memengaruhi hal tersebut.
In this research, Aluminium alloys AA1100 were welded by using Tungsten Inert Gas (TIG). Several variations of the step increase in welding speed are used to determine the effect on temperature, and the width of the top weld bead. The dimensions of the specimens used in this study were 14 cm long, 7 cm wide and 3.8 mm thick. Welding is done with a constant current, which is 120A. The research was conducted using the intermittent filler feed method using Aluminium ER5356, and also the autogenous method. In the intermittent filler feed method, the filler feed speed, filler time, and delay time are constant, namely 10 mm/s, 0.75 s, and 0.75 s. There are 3 variations of the increase in welding speed used. Based on the result, it was found that increasing the speed did not have much effect on the temperature of the welding area. On the other hand, in the geometry of the top bead width in the welding area, there are differences that can be seen from the three variants of speed increase tested, in both method using filler or autogenous."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Indra Milyardi
"Pada penelitian ini dilakukan pengelasan Tungsten Inert Gas TIG tanpa logam pengisi autogenous pada aplikasi sambungan tumpul aluminium paduan AA 1100. Dimensi dari material uji adalah 12 mm panjang, 5 mm lebar dan 3 mm tebal. Pengelasan dilakukan untuk mengetahui pengaruh arus dan kecepatan pengelasan terhadap lebar manik las, porositas, sifat mekanik serta mikrostruktur pada sambungannya. Parameter arus pengelasan yang dilakukan adalah 160; 165; dan 170 A, sedangkan parameter kecepatan pengelasan adalah 1; 1,1; 1,2 mm/detik.
Dari hasil penelitian didapatkan lebar manik las berbanding lurus dengan peningkatan arus dan berbanding terbalik dengan peningkatan kecepatan. Kemudian untuk pengujian porositas menggunakan X-Ray radiografi, tidak didapati adanya porositas berukuran besar pada semua variable pengelasan. Untuk kekuatan mekanik didapatkan penurunan kekuatan tarik sebesar 40 - 45 dibandingkan dengan logam dasar. Untuk uji kekerasan mikro dengan metode vickers, penurunan kekerasan pada daerah Heat Affected Zone HAZ adalah 26 dan penurunan kekerasan pada daerah pengelasan adalah 18.
Tahap terakhir pada pengujian dipenelitian ini adalah pengamatan struktur mikro. Pada arus 160 -170A didapati adanya porositas berukuran mikro pada daerah pengelasan yang dapat mengurangi kekuatan dari material.
In this research, Tungsten Inert Gas TIG welding without metal filler autogenous in the butt joint application of aluminum alloy AA 1100 was performed. The dimensions of the test material were 12 mm long, 5 mm wide and 3 mm in thickness. The welding was conducted to determine the effect of current and welding speed to the weld bead width, porosity, mechanical properties and microstructure on the joint. The welding current parameters were 160 165 and 170 A, while the welding speed parameters were 1 1,1 1.2 mm sec. From the research results obtained the weld bead width was directly proportional to the increase in current and inversely proportional to the increase in speed. Subsequently for porosity testing using X Ray radiography, there was no large porosity in all welding variables. For mechanical properties, the tensile strength reduced by 40 45 and the hardness decrease in the Heat Affected Zone HAZ area was 26 and the hardness decrease in the welding area was 18. The final stage of this research was observed of microstructure. In the current 160 165 and 170A, micro porosity was found in the welding area which reduced the strength of the material."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51583
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library