Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arif Maskur
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang persepsi masyarakat yang bermukim di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhadap tingkat kebisingan yang berasal dari aktivitas bandara. Persepsi tersebut merupakan gangguan nonauditory yang meliputi gangguan komunikasi, gangguan psikologis, dan gangguan fisiologis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2012 di Kelurahan Neglasari dan Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan proporsi kejadian mengalami gangguan non-auditory antara responden yang tempat tinggalnya bising dengan responden yang tempat tinggalnya tidak bising (p value=0,007). Terdapat pula perbedaan proporsi kejadian mengalami gangguan non-auditory antara responden yang berumur ≤12 tahun, 13 sampai 18 tahun, dan ≥19 tahun (p value=0,027). Variabel lain yang bermakna adalah perbedaan proporsi kejadian mengalami gangguan non-auditory antara responden yang sedang menjalani pendidikan baik SD, SMP/ SMA, PT, ataupun bekerja (p value=0,039) dan terdapat perbedaan proporsi kejadian mengalami gangguan non-auditory antara responden yang bekerja dengan pajanan bising dari pekerjaannya dengan responden yang tidak terpajan bising dari pekerjaannya (p value=0,009). Akan tetapi untuk variabel status kesehatan tidak ada perbedaan proporsi kejadian mengalami gangguan nonauditory antara responden yang berstatus kesehatan sehat, anak sakit, bapak/ ibu sakit, dan ibu hamil (p value=0,205). ...... This study discusses the perception of the community living around the Soekarno-Hatta International Airport to the level of noise coming from the airport activity. Perception is a non-auditory disorders that include communication disorders, psychological disorders, and physiological disorders. This study was a quantitative study with cross-sectional study design. The research was conducted in May 2012 in the Neglasari and Selapajang Jaya, Tangerang. The results of this study indicate there are differences in the proportion of the incidence of nonauditory disorders among respondents noisy residence where he lived with the respondent that no noise (p value = 0.007). There are also differences in the proportion of the incidence of non-auditory disorders among respondents aged ≤ 12 years, 13 to 18 years, and ≥ 19 years (p value = 0.027). Another significant variable is the difference in the proportion of the incidence of non-auditory disorders among respondents who are on a good education elementary, junior high / high school, collage, or work (p value = 0.039) and there are differences in the proportion of the incidence of non-auditory disorders among respondents who worked with exposure to noise from his job with the respondent that his job is not exposed to noise (p value = 0.009). However, for health status variables there was no difference in the proportion of the incidence of impaired non-auditory health status among respondents that healthy, sick child, father / mother is sick, and pregnant women (p value = 0.205).
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jermanto Setia Kurniawan
Abstrak :
Emisi polusi dan kebisingan pesawat merupakan bagian penting dari sumber polusi di sekitar bandara, yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi resiko bahaya bagi kesehatan manusia dan ekosistem. Efek suara pesawat dan emisi pada populasi di sekitar bandara berkaitan dengan gangguan yang terkadang sangat berbahaya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan model yang mengintegrasikan emisi pesawat dari kebisingan dan polutan dengan menggabungkan efek dari kedua emisi tersebut dengan menggunakan Artificial Neural Network (ANN) untuk menentukan indeks resiko kesehatan di sekitar bandara. Pengukuran emisi pesawat baik kebisingan maupun polutan di Bandara Internasional Soekarno Hatta - Cengkareng Indonesia digunakan untuk memvalidasi model yang dikembangkan sebagai data masukan. Hasil yang telah diperoleh dalam penelitian ini adalah arsitektur model ANN yang terbaik yang terdiri dari 4 (empat) variabel input (CO, NOx, SOx, Noise level), 10 (sepuluh) untuk proses layer tersembunyi (hidden layer) dan satu variabel output (indeks risiko kesehatan) atau dapat ditulis model 4-10-1. Berdasarkan kriteria validasi ANN, kinerja validasi terbaik dicapai pada epochs 15 dari 21 epochs dengan Mean Squared Error (MSE) yang bernilai 0,035062. Korelasi antara target dan output divalidasi dengan R = 0,98823, yang berarti bahwa ada hubungan erat antara target dan output. Jaringan nilai output kesalahan mendekati nol, yang ...... Aircraft noise and pollutant emissions are an important part of the sources of pollution around airport that directly or indirectly will affect harmful to human health and ecosystems. The effects of aircraft noise and pollutant emissions on the populations around airport deal with annoying and sometimes dangerous. In order to address this issue, this research proposes an integrating model of aircraft noise and pollutant emissions by combining effects of both noise and pollutant emissions using Artificial Neural Network (ANN) to determine the healthy risk level around the airport. Measurement of aircraft noise and pollutant emissions at Soekarno Hatta International Airport - Cengkareng Indonesia is used to validate the developed model as input data. The results obtained in this research are the best ANN architecture model is 4 (four) variable input (CO, NOx, SOx, Noise Level), 10 for variable process (hidden layer) and one for output variable (healthy risk level) that can be written as 4-10-1 model. Based on ANN validation criteria, the best validation performance is achieved at epoch 15 from 21 epochs with the Mean Squared Error (MSE) of 0.035062. The correlation between targets and outputs are validated with R = 0.98823, which means that there is a close relationship between targets and outputs. The value of network output errors approaches to zero, ranging from -0.6 to 0.6.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D1903
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library