Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Novriyansyah Karnainta
Abstrak :
The purpose of this study was to analyze procedures for EFB use in airlines in Indonesia and the benefits obtained from the use of the EFB. It is an electronic device inside the cockpit of an aircraft used by pilots to carry out analysis and technical calculations during flight. Performance calculation is a process of aircraft technical calculation to determine the limits of each flight from takeoff to landing. For airlines in Indonesia, EFB is still an aircraft technology that is not too familiar, both from the airline side and the government as a regulator. However, there are already many in this country that run this program. The method used to analyze the use of EFB is to conduct a survey of the pilots who have run this program, both before implementation and after the program is running. In addition, other benefits such as the efficiency value obtained from this program will be seen and compared to before the program was implemented. In the first part of the paper, the concept of efficiency is determined and requirements of flight operations planning procedures are investigated with literature review. In the second part, electronic flight bag is defined with the properties, types, services, and usage conditions. In the last part, the efficiency of EFB usage is estimated with the data which is collected by survey method and descriptive analysis. The efficiency produced from EFB use is also taken into account. The research was completed with Garuda Indonesia as an airlines companies in Indonesia. In this research, it will be seen how the use of EFB software can provide benefits from the operational and efficiency aspects that are produced. ......Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prosedur penggunaan EFB pada maskapai penerbangan di Indonesia dan manfaat yang diperoleh dari penggunaan EFB tersebut. Ini adalah perangkat elektronik di dalam kokpit pesawat yang digunakan oleh pilot untuk melakukan analisis dan perhitungan teknis selama penerbangan. Perhitungan kinerja merupakan proses perhitungan teknis pesawat untuk menentukan batasan setiap penerbangan dari lepas landas hingga mendarat. Bagi maskapai di Indonesia, EFB masih merupakan teknologi pesawat yang belum terlalu familiar, baik dari pihak maskapai maupun pemerintah sebagai regulator. Namun, di negara ini sudah banyak yang menjalankan program ini. Metode yang digunakan untuk menganalisis pemanfaatan TKKS adalah dengan melakukan survei terhadap para percontohan yang telah menjalankan program ini, baik sebelum pelaksanaan maupun setelah program berjalan. Selain itu, manfaat lain seperti nilai efisiensi yang diperoleh dari program ini akan dilihat dan dibandingkan dengan sebelum program dilaksanakan. Pada bagian pertama makalah ini, konsep efisiensi ditentukan dan persyaratan prosedur perencanaan operasi penerbangan diselidiki dengan tinjauan pustaka. Pada bagian kedua, tas penerbangan elektronik didefinisikan dengan properti, jenis, layanan, dan kondisi penggunaan. Pada bagian terakhir, efisiensi penggunaan TKKS diperkirakan dengan data yang dikumpulkan dengan metode survei dan analisis deskriptif. Efisiensi yang dihasilkan dari penggunaan EFB juga diperhitungkan. Penelitian ini diselesaikan dengan Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana penggunaan software EFB dapat memberikan manfaat dari aspek operasional dan efisiensi yang dihasilkan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayundha Evanthi
Abstrak :
Industri penerbangan di Indonesia saat ini berada pada kondisi persaingan yang sangat kompetitif di mana pada era open sky policy , tidak hanya maskapai nasional namun juga maskapai asing melebarkan sayapnya di Indonesia. Industri penerbangan menghadapi tantangan ketidakpastian lingkungan dengan perolehan margin yang tipis. Penelitian mengenai pemilihan strategi bisnis yang paling sesuai bagi maskapai penerbangan di tengah kondisi ketidakpastian lingkungan untuk menentukan bagaimana desain organisasi dan proses pengambilan keputusan dibuat guna mencapai kinerja organisasi yang diharapkan belum pernah diteliti di Indonesia. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketidakpastian lingkungan mempengaruhi secara positif strategi bisnis yang diterapkan oleh perusahaan baik pilihan strategi cost leadership, focus orientation, maupun differentiation. Namun hanya strategi differentiation yang berpengaruh positif terhadap penentuan desain organisasi yang nantinya berpengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan dan pada akhirnya juga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Kesimpulan dari hasil pengujian adalah bahwa maskapai penerbangan di Indonesia di tengah lingkungan yang sangat dinamis dituntut untuk dapat menawarkan produk atau layanan yang unik dan berbeda dari pesaing dan memberi nilai lebih bagi pelanggan serta mampu menerapkan desain organisasi yang bersifat organizational learning guna mencapai kinerja perusahaan yang baik.
Nowadays, arline industry in Indonesia are facing highly competitive condition where both domestic and international airlines have growing their business in Indonesia since open sky policy had announced. Airline industry have to deal with uncertainty environment with a very tight margin. There is a lack of research in Indonesia about the most fit business strategy choosen for airline in uncertainty condition for deciding organizational design and decision making process to reach the best performance. Our research give result that uncertainty environment positively influence airline business strategy either cost leadership, focus orientation, or differentiation. Although, business strategy – differentiation that only can give positive influence to organizational design and decision making process for reaching the best organizational performance. It is concluded that airlines in Indonesia in highly uncertainty environment are suggested to offer unique product or service that different from competitor and give added value for customer and also to use organizational learning – organizational design for getting the best performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T52900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handrita Darda
Abstrak :
Airline business takes its important position as supporting part in economic growth and tourism sectors which requires safety, security and fast movement. In its daily operation, the airline company cannot be separated from its supplier. One supplier for the airline is the airport operator. In Indonesia, the airport operators are managed by PT Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura 2 and the other airport operators under the Ministry of Transportation. However, the decision from PT Angkasa Pura 2 to increase airport tariff in 2017 and PT Angkasa Pura 1 in 2018 have given pressure in the airline cost structure. In this research, writer evaluates the influence of airport landing charge to the airfare and market share. Mancova method is used since the dependent variables are more than one variable (airfare and market share) and the existence of covariate variable, the landing cost per route. The result showed that the landing charge has a significant effect on the airfare while it has no significant effect on the market share for the full-service carrier. A different result was showed up for low-cost carrier when the landing charge has a significant effect on both the airfare and market share.
Bisnis maskapai memiliki posisi yang penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dalam sektor perdagangan dan pariwisata yang mengedepankan keselamatan, keamanan dan kecepatan transportasi. Dalam kegiatan operasnya, perusahaan maskapai tidak bisa dipisahkan dari pemasok. Salah satu pemasok utama maskapai adalah pengelola bandara. Di Indonesia pengelola atau operator bandara diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura 2 dan operator bandara dalam naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Namun, peningkatan tarif bandara pada tahun 2017 dari PT Angkasa Pura 2 dan dari PT Angkasa Pura 1 pada tahun 2018 telah memberikan tekanan besar dalam struktur pembiayaan maskapai. Dalam penelitian ini penulis melakukan evaluasi terhadap pengaruh biaya pendaratan pesawat terhadap keputusan perusahaan maskapai untuk meningkatkan tarif tiket penerbangan dan dampaknya terhadap market share. Metode Mancova dipilih dengan mempertimbangkan bahwa variable terikat yang lebih dari satu variable (airfare dan market share) dan adanya variable covariate yaitu biaya perndaratan per masing-masing rute. Hasil menunjukkan bahwa pada maskapai full-service biaya pendaratan memiliki pengaruh yang signifikan terhadadap airfare sedangkan terhadap market share tidak ada pengaruh yang signifikan. Hasil yang berbeda ditunjukkan pada maskapai low-cost dimana landing charge memiliki pengaruh signifikan terhadap tarif penerbangan maupun market share.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53446
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Pramono
Abstrak :
The homogeneity of services offered by airlines contributes toward fierce competition among them. Airlines need to make different services, thus providing a competitive advantage for the airline. Online review websites provide a great opportunity for customers to write reviews in evaluating products or services online. Airlines could strategically use online reviews to achieve competitive advantages by extracting insights regarding service attributes contained in the reviews. The aims of the research are to extract service attributes from online reviews, calculate customer sentiment, and to infer positioning of airlines in Indonesia based on service attributes mentioned in reviews. We collected approximately 6000 online reviews from traveler review website (www.tripadvisor.com). Text mining was used for preprocessing, sentiment analysis was used to reveal customer sentiment, and correspondence analysis was used to describe the position of airlines in Indonesia. We found that several keywords as services attributes were consistently evident in online reviews. Some of the service attributes were: flight, time, service, food, and entertainment. We also found that all airlines got more positive sentiments from their customers. From the position map derived from online reviews, we conclude that Garuda Indonesia, Batik, Sriwijaya, Lion, Wings, Air Asia, and Citilink have their own characteristics inherent in the minds of customers.
Homogenitas layanan yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan berkontribusi terhadap persaingan yang ketat di antara mereka. Maskapai perlu membuat layanan yang berbeda, sehingga memberikan keunggulan kompetitif bagi maskapai. Situs web tinjauan online memberikan peluang besar bagi pelanggan untuk menulis ulasan dalam mengevaluasi produk atau layanan secara online. Maskapai dapat menggunakan ulasan online secara strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan mengekstraksi wawasan mengenai atribut layanan yang terkandung dalam ulasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekstraksi atribut layanan dari ulasan online, menghitung sentimen pelanggan, dan menyimpulkan posisi maskapai di Indonesia berdasarkan atribut layanan yang disebutkan dalam ulasan. Kami mengumpulkan sekitar 6000 ulasan online dari situs web ulasan wisatawan (www.tripadvisor.com). Text-mining digunakan untuk proses preprocessing, analisis sentimen digunakan untuk mengungkapkan sentimen pelanggan, dan analisis korespondensi digunakan untuk menggambarkan posisi maskapai penerbangan di Indonesia. Kami menemukan bahwa beberapa kata kunci sebagai atribut layanan secara konsisten terbukti dalam ulasan online. Beberapa atribut layanan adalah: flight, time, service, food, dan entertainment. Kami juga menemukan bahwa semua maskapai mendapat lebih banyak sentimen positif dari pelanggan mereka. Dari peta posisi yang berasal dari ulasan online, kami menyimpulkan bahwa Garuda Indonesia, Batik, Sriwijaya, Lion, Wings, Air Asia, dan Citilink memiliki karakteristik mereka sendiri yang melekat dalam benak pelanggan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53701
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadan Iskandar
Abstrak :
Airlines are challenged to manage their performance and internal operations with an operating strategy to maintain their business existence in the COVID-19 pandemic. It is essential to identify the most suitable indicators for the airline’s performance and internal operations during a pandemic and also investigate the relationship COVID-19 pandemic on airline performance and internal operations outcomes. The previous literature has limited examination on performance and internal operation in a pandemic condition. Therefore, we try to fill the existing literature gap with three main objectives. First, we attempt to explore indicators using a systematic literature review to identify performance and internal operation indicators. Second, the twenty-three-aviation expert perspective is involved to select and rank the appropriate indicators during the pandemic and their categorization using the Delphi method. Finally, structural equation modeling was used to investigate the relationship between the COVID-19 pandemic on performance and internal operations using selected indicators. Twenty performance and internal operations indicators are identified and redefined from the review. The Delphi method’s result suggests eight indicators categorized in airline performance indicators and seven indicators categorized in internal operation indicators. We investigate the relationship of COVID-19 pandemic on the selected indicators using SmartPLS based on fifty-two weeks performance and operation report of Garuda Indonesia started from 08 March 2020 until 28 February 2021. It can be deduced that the COVID-19 pandemic has significant and negative influence on performance and internal operation of the airline. Finally, this study fills the literature gap by synthesizing and developing relevant and more complete performance and internal operation indicators of airlines in the pandemic context and provides an invaluable starting point for examining the aviation industry’s dynamic. ......Maskapai ditantang untuk mengelola kinerja dan internal operasinya dengan strategi operasional untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya di tengah pandemi COVID-19. Sangat penting untuk mengidentifikasi indikator yang paling cocok untuk kinerja maskapai dan internal operasi selama pandemi dan juga menyelidiki hubungan pandemi COVID-19 pada kinerja maskapai dan internal operasi. Literatur sebelumnya memiliki keterbatasan pemeriksaan kinerja dan internal operasi dalam kondisi pandemi. Oleh karena itu, kami mencoba mengisi kesenjangan literatur yang ada dengan tiga tujuan utama. Pertama, kami mencoba untuk mengeksplorasi indikator menggunakan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi indikator kinerja dan internal operasi. Kedua, dua puluh tiga perspektif pakar penerbangan dilibatkan untuk memilih dan memeringkat indikator yang sesuai selama pandemi dan kategorisasinya menggunakan metode Delphi. Akhirnya, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menyelidiki hubungan antara pandemi COVID-19 pada kinerja dan operasi internal menggunakan indikator terpilih. Dua puluh indikator kinerja dan operasi internal diidentifikasi dan didefinisikan ulang dari tinjauan. Hasil metode Delphi menunjukkan delapan indikator dikategorikan dalam indikator kinerja maskapai dan tujuh indikator yang dikategorikan dalam indikator internal operasi. Kami menyelidiki hubungan pandemi COVID-19 pada indikator yang dipilih menggunakan SmartPLS berdasarkan data laporan kinerja dan operasi Garuda Indonesia selama lima puluh dua minggu mulai dari 08 Maret 2020 hingga 28 Februari 2021. Dapat disimpulkan bahwa pandemi COVID-19 memiliki dampak yang signifikan dan pengaruh negatif terhadap kinerja dan operasional internal maskapai. Terakhir, studi ini mengisi kesenjangan literatur dengan mensintesis dan mengembangkan indikator kinerja dan operasi internal maskapai penerbangan yang relevan dan lebih lengkap dalam konteks pandemi dan hubungannya denga pandemic COVID-19 memberikan titik awal yang sangat berharga untuk mengkaji dinamika industri penerbangan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deydeandy Luckymirdajuba Iztighfari
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis penyebab terbentuknya struktur pasar duopoli di bisnis maskapai penerbangan di Indonesia berikut relasi strategis antara negara dan korporasi di sektor bisnis tersebut. Penelitian ini menggunakan teori relasi negara dengan ekonomi Bob Jessop (2010) dan Christopher Pierson (2005) serta didukung oleh konsep negara dalam ekonomi pasar Przeworski (1996). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya struktur pasar yang hanya dikuasai oleh dua pemain besar (duopoli) yang kemudian menciptakan persaingan tidak sempurna di sektor bisnis ini disebabkan oleh, pertama adanya kalkulasi strategis negara dalam mendorong agenda kepentingan untuk menyelamatkan iklim bisnis yang menguntungkan di sektor bisnis ini yang berfokus pada pembenahan aspek keselamatan dan keamaanan serta pembangunan infrastruktur fisik penunjang transportasi angkutan udara. Kedua, terkait adanya relasi strategis berupa pertautan kepentingan antara negara dengan korporasi dalam peristiwa bergabungnya Sriwijaya Grup dan Garuda Grup serta hubungan negara dengan Lion Air Grup selaku korporasi yang mendominasi pangsa pasar bisnis maskapai penerbangan di Indonesia. Kedua hal tersebut kemudian tidak hanya memperlihatkan campur tangan negara untuk menjaga iklim bisnis yang menguntungkan di sektor ini melainkan juga berkonsekuensi terhadap struktur pasar persaingan usaha di sektor bisnis ini
This study analyzes the causes of the formation of a duopoly market structure in the airline business in Indonesia and the strategic relations between the state and corporations in the business sector. This study uses the theory of state-economic relations by Bob Jessop (2010) and Christopher Pierson (2005) and is supported by the concept of the state in market economy Przeworski's (1996). This study uses a qualitative method with a case study design. The findings of this study indicate that the formation of a market structure controlled by only two big players (duopoly) which then creates imperfect competition in the business sector is caused by, first, the existence of strategic calculations of the state in pushing the agenda of interests to save a favorable business climate in this business sector. which focuses on improving safety and security aspects as well as building physical infrastructure to support air transportation. Second, related to a strategic relationship in the form of a linkage of interests between the state and corporations in the joining of the Sriwijaya Group and the Garuda Group as well as the state's relationship with the Lion Air Group as a corporation that dominates the market share of the airline business in Indonesia. These two things then show not only state interference to maintain a favorable business climate in this sector but also have consequences on the market structure of business competition in this business sector
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Ayu Rahmawati
Abstrak :
Tingginya tingkat persaingan di industri penerbangan saat ini mengakibatkan maskapai penerbangan harus berusaha untuk bisa tetap bertahan. Pemberian pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu hal yang dapat menjadi daya saing bagi perusahaan maskapai penerbangan Indonesia untuk tetap dapat bersaing. Pramugari merupakan rekan strategis bagi perusahaan maskapai penerbangan karena merupakan pelaku utama dalam pemberian pelayanan yang berkualitas dan penanganan terhadap keluhan serta masalah penumpang secara efektif. Pramugari berpotensi menghadapi stres dalam melakukan pekerjaannya yang dapat mengakibatkan perilaku kasar dalam melayani penumpang. Oleh sebab itu, perusahaan maskapai penerbangan harus dapat memotivasi pramugari untuk melakukan pekerjaannya dengan sukses. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menerapkan high-performance work practices. Penerapan high-performance work practices di perusahaan diharapkan akan dapat meningkatkan career satisfaction dan work engagement yang selanjutnya akan mempengaruhi kinerja pramugari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh high-performance work practices, terhadap job performance dan service recovery performance dengan career satisfaction dan work engagement sebagai mediasi menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline terhadap 180 pramugari maskapai penerbangan Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa high-performance work practices memiliki pengaruh tidak langsung terhadap job performance dan service recovery performance. Hasil-hasil tersebut dibahas lebih jauh dalam penelitian ini.
The high level of competition in the aviation industry currently results in airlines having to try to survive. Providing quality services is one of the things that can be a competitiveness of Indonesian airline companies to remain competitive. Flight attendants are strategic partners for airlines because they are the main actors in providing quality services and handling passenger complaints and problems effectively. Flight attendants have the potential to deal with stress in carrying out their work which can lead to abusive behavior in serving passengers. Therefore, airline companies must be able to motivate flight attendants to do their jobs successfully. One of the things that can be done by companies is implementing high-performance work practices. The implementation of high-performance work practices in the company is expected to be able to improve career satisfaction and work engagement which will further affect the performance of flight attendants. This study aims to determine the effect of high-performance work practices, on job performance and recovery performance services with career satisfaction and work engagement as mediation using Structural Equation Modeling (SEM). The research data was obtained by distributing questionnaires online and offline to 180 Indonesian airline flight attendants. The results show that high-performance work practices have an indirect influence on job performance and service recovery performance. These results are discussed further in this study.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Affan Fauzi
Abstrak :
Persaingan dari maskapai penerbangan semakin tinggi dengan adanya konsep penerbangan murah atau lebih dikenal sebagai low cost carrier. Penerbangan domestik antara Jakarta-Surabaya merupakan salah satu rute penerbangan dengan jumlah perjalanan terbanyak dalam satu hari. Tesis ini membahas bagaimana Company Reputation memberikan pengaruh terhadap Purchase Intention. Selain itu penelitian dilakukan dengan melihat pengaruh Company Reputation terhadap Customer Identification, Customer Trust, dan Customer Commitment untuk menentukan Purchase Intention dan Willingness-to-pay. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. ......Competition from airlines are more higher with the concept of low cost or better known as a low cost carrier. Domestic flights between Jakarta Surabaya is one of the most number of trips in a single day. This thesis describes how the Company Reputation influence on Purchase Intention. In addition, research conducted by the influence of the Company Reputation toward Customer Identification, Customer Trust and Customer Commitment to determine the Purchase Intention and Willingness to pay. The study was conducted using Structural Equation Modeling SEM.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library