Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Widya Andini
Abstrak :
Dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada, bank XYZ perlu meningkatkan kinerja organisasinya saat ini yang salah satunya dipengaruhi oleh pengelolaan SDM. Penelitian ini dilakukan pada Direktorat A Bank XYZ dan terdiri dari dua studi, yaitu studi korelasi dan studi intervensi. Studi korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen afektif dan perilaku kewargaan antarpribadi. Penelitian dilakukan kepada 40 karyawan direktorat A dengan menggunakan TCM Employee Commitment Survey oleh Mayer dan Allen (2004) dan Interpersonal Citizenship Scale oleh Settoon & Mossholder (2002). Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen afektif dan perilaku kewargaan antarpribadi (r= 0,38, r2= 0,14, p< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dilakukan studi kedua, yaitu studi intervensi berupa pelatihan untuk meningkatkan komitmen afektif kepada 5 orang karyawan Direktorat A Bank XYZ. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan (Z= -2,03, p< 0,05) pada karyawan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil evaluasi level tiga yang dilakukan setelah 2 bulan pelatihan belum menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada komitmen afektif (Z = -0,85, p > 0,05) dan perilaku kewargaan antarpribadi yang dimiliki karyawan (Z= -1,34, p> 0,05), meskipun penilaian perilaku dari rekan dan atasan langsung menunjukkan bahwa karyawan memenuhi lebih dari 90 persen perilaku yang ditentukan. ......To deal with existing business competition, Bank XYZ need to improve the performance of their organizations today, one of which is influenced by HR management. This research was conducted at Directorate A of Bank XYZ and consisted of two studies, namely correlation studies and intervention studies. The correlation study aims to determine the relationship between affective commitment and interpersonal citizenship behavior. The first study conducted on 40 employees of directorate A using the TCM Employee Commitment Survey by Mayer and Allen (2004) and the Interpersonal Citizenship Scale by Settoon & Mossholder (2002). The results of this study indicated that there was a significant relationship between affective commitment and interpersonal citizenship behavior (r = 0.38, r2 = 0.14, p <0.05). Based on these results, an intervention study was conducted in the form of a training program to increase affective commitment to 5 employees of Directorate A, Bank XYZ. The evaluation results showed a significant increase in employees' knowledge (Z = -2.03, p <0.05) before and after training. The results of level three evaluation, which was conducted after two months of training have not shown a significant increase in affective commitment (Z = -0.85, p> 0.05) nor interpersonal citizenship behavior owned by employees (Z = -1.34, p> 0,05), although behavioral assessments from colleagues and direct supervisors indicate that employees fulfill more than 90 percent of the specified behavior.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53983
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susilo
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh work engagement dan resistensi perubahan (resistance to change) dengan komitmen afektif untuk perubahan (affective commitment to change) dan intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan komitmen afektif untuk perubahan. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak di layanan kebandaraan dengan partisipan dikhususkan pada karyawan operasional yang melibatkan sebanyak 260 karyawan. Pengambilan data partisipan dilakukan melalui kuesioner daring dengan kuesioner yang terdiri atas komitmen afektif untuk perubahan, resistensi perubahan dan work engagement. hasil analisis data menunjukkan bahwa resistensi perubahan memiliki hubungan negatif dan signifikan dengan komitmen afektif untuk perubahan. Work engagement juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan komitmen afektif terhadap perubahan. Dari hasil regresi didapatkan bahwa pada penelitian ini, pengaruh resistensi perubahan dengan komitmen afektif untuk perubahan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh work engagement. Pada penelitian ini, intervensi pelatihan komunikasi perubahan telah dilakukan pada karyawan operasional (22 orang) dengan hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan perubahan organisasi secara signifikan melalui evaluasi level 2.
This study was aimed to determine the influence of work engagement and resistance to change on affective commitment to change and training intervention design to enhance affective commitment to change. The research was conducted at airport services company with participants of operational employees as 260 employees. The data was collected by online questionnaire with a questionnaire consisting of affective commitment to change, resistance to change and work engagement. The results showed resistance to change has a significant negative relationship with affective commitment to change. Work engagement also has a significant positive relationship with affective commitment to change. In this study, the result using regression show that resistance to change was better effect on affective commitment to change than work engagement. Following this study the intervention was done for operational employees (22 peoples) on change communication, and the results showed that change communication intervention increased knowledge of organizational change significantly through evaluation level 2.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53166
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chichester: John Wiley & Sons, 1988
616.8 COG
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Maudy Putri
Abstrak :
Untuk dapat merasa bahagia, kemampuan individu dalam melakukan inhibitory control terhadap informasi negatif yang tidak relevan sangatlah penting. Namun, kondisi emosional yang bersifat sementara seperti mood dan perubahan afek positif dikenal dapat memengaruhi performa fungsi kognitif ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara inhibitory control dan tingkat kebahagiaan dengan mood dan perubahan afek positif sebagai moderator. Sebanyak 119 partisipan yang sehat mental berusia 18 - 35 tahun (M = 21,5 tahun) berpartisipasi dalam penelitian ini. Sejumlah 59 partisipan menerima induksi mood positif dan 60 orang menerima induksi mood netral. Tingkat kebahagiaan diukur menggunakan Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood diukur menggunakan The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), sedangkan perubahan afek positif diukur dari selisih penilaian afek positif sebelum (Pre PA) dan setelah (Post PA) induksi mood dilakukan. Performa inhibitory control untuk informasi negatif diukur menggunakan tugas Negative Affective Priming. Hasil analisis moderasi dengan PROCESS model 2 menunjukkan bahwa performa inhibitory control untuk informasi negatif adalah prediktor positif dan signifikan untuk tingkat kebahagiaan. Mood memoderasi secara signifikan hubungan antara performa inhibitory control terhadap informasi negatif dan tingkat kebahagiaan, tetapi perubahan afek positif tidak memoderasi hubungan ini. Selain itu, berdasarkan analisis moderasi PROCESS model 1, pada kondisi mood netral, terdapat korelasi positif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Sebaliknya, pada kondisi mood positif, terdapat korelasi negatif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika hubungan antara performa inhibitory control dalam menghambat informasi negatif dan tingkat kebahagiaan dipengaruhi oleh mood partisipan. ......Largely influenced by moodIn order to be happy, it is important to hone the ability to inhibit irrelevant negative information. However, temporary emotional states such as mood and changes in positive affect are known to affect the performance of inhibitory control. The current study aimed to examine the moderating roles of mood and changes in positive affect on the relationship between inhibitory control and happiness. A total of 119 mentally healthy participants aged 18-35 years (M = 21.5 years) participated in this study. Fifty-nine participants received positive mood induction and 60 participants received neutral mood induction. Happiness was measured using the Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood was measured using The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), while changes in positive affect was measured by calculating the difference between the levels of positive affect before (Pre PA) and after (Post PA) the mood induction procedure. Inhibitory control performance for irrelevant negative information was measured using Negative Affective Priming Task. The results of the moderation analysis using PROCESS model 2 showed that inhibitory control performance for negative information was a significant and positive predictor for happiness. Interestingly, mood significantly moderated the relationship between inhibitory control for negative information and happiness, but changes in positive affect did not moderate this relationship. Based on analysis using PROCESS model 1, in neutral mood condition, there was a positive correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Conversely, in positive mood condition, there was a negative correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Thus, the findings of this study suggest that the relationship between inhibitory control for irrelevant negative information and happiness is largely influenced by mood.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novianthi Dian Purnamawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek mediasi komitmen afektif pada hubungan persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi dan intensi meninggalkan organisasi. Sampel penelitian melibatkan 96 Customer Service Officer CSO inbound Contact Center X Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan kebutuhan daya listrik. Data dianalisa dengan menggunakan Hayes rsquo;s PROCESS macro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif terbukti memediasi hubungan antar kedua variabel tersebut. Dengan demikian, intervensi terhadap peningkatan persepsi terhadap dukungan organisasi perlu dilakukan agar dapat meningkatkan komitmen afektif dan menurunkan intensi meninggalkan organisasi. Bentuk rancangan yang disusun berupa peningkatan keterampilan atasan dalam memberikan umpan balik kinerja efektif untuk CSO inbound.
This study aims to investigate the mediating effect of affective commitment in the relationship between perceived organizational support and turnover intention. Data were collected from inbound Customer Service Officer CSO Contact Center X Jakarta which operating in service of electricity needs N 96 . Data were analyzed using Hayes PROCESS macro. Results showed that affective commitment mediated the relationship on that two variables so one practice to increase perceived organizational support is offered in order to increase affective commitment and reduce turnover intention. The intervention was designed to increase supervisor skill in giving effective performance feedback for inbound CSOs.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48001
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baltimore: The Williams & Willkins, 1971
616.898 2 BIO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library