Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diana Ekanurnia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas data pada laporan Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF) program akreditasi laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) yang diperoleh dari aplikasi E-Renggar. Pada evaluasi DAK-NF Program Akreditasi Labkesda TA 2018 yang disampaikan Kementerian Kesehatan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR, ditemukan fakta bahwa terdapat ketidaksesuaian data realisasi fisik dan realisasi anggaran yang disampaikan sebagai bahan evaluasi dengan data realisasi fisik yang diperoleh pemegang program berdasarkan wawancara awal. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penentuan kriteria kualitas data dilakukan berdasarkan tinjauan literatur dan kajian terhadap peraturan guna memperoleh kualitas data yang sesuai dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kriteria kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ketepatan Waktu, Kelengkapan dan Akurasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria ketepatan waktu, kelengkapan laporan, dan akurasi tidak dipenuhi pada laporan DAK-NF Program Akreditasi Labkesda TA 2018 sehingga laporan pertanggungjawaban DAK-NF program akreditasi labkesda tidak dapat memenuhi tujuan pelaporan terutama dalam digunakan sebagai bahan evaluasi

This study aims to analyze the data's quality on the DAK-NF report on the regional health laboratory accreditation program (Labkesda) obtained from the E-Renggar application. In the 2018 DAK-NF evaluation of the Labkesda Accreditation Program for Fiscal Year (TA) 2018, which was delivered by the Ministry of Health during the Hearing Meeting (RDP) with Commission IX of the DPR, it was found that there was a mismatch of data on physical realization and budget realization which was submitted as evaluation material with physical realization data obtained by program holders based on initial interviews. The research strategy used in this research is a case study with a qualitative and quantitative approach. Determination of data quality criteria is carried out based on literature review and review of regulations to obtain data quality by the needs in decision making within health budget. The data quality criteria used in this study were timeliness, completeness, and accuracy. The results showed that the criteria for timeliness, report completeness, and accuracy were not fulfilled in the DAK-NF report for the 2018 Labkesda Accreditation Program. The DAK-NF accountability report for the Labkesda accreditation program could not meet the reporting objectives, primarily when used as evaluation material"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esti Rachmawati
"Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya tingkat kepuasan pelanggan pelayananakreditasi dan sertifikasi pelatihan di Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Tahun 2017serta kendala dalam pelayanan akreditasi dan sertifikasi pelatihan sebagai upayaperbaikan mutu pelayanan akreditasi dan sertifikasi pelatihan. Penelitian inidilakukan dengan dua tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitiankuantitatif menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan pelayanan akreditasi dansertifikasi pelatihan dengan cut off point 90 sebesar 50,6 sedangkan tingkatkesesuaian harapan dan kenyataan sebesar 85,37 , pelanggan yang berasal dariinstansi swasta lebih puas 65,7 dibandingkan dengan pelanggan yang berasal dariinstansi pemerintah 40,0 , tidak ada perbedaan antara kepuasan pelanggan denganlama waktu penilaian P value 0,231.
Dari analisis multivariat didapatkan hasilbahwa variabel yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan adalah jenis kelamindengan P value 0,001 dan OR= 6,7 artinya pelanggan yang berjenis kelamin laki-laki7 kali lebih puas dibandingkan pelanggan yang berjenis kelamin perempuan setelahdikontrol oleh variabel jenis instansi dan pekerjaan. Analisis diagram kartesiusmenunjukan terdapat 9 masalah yang menjadi prioritas utama untuk dilakukanperbaikan Kuadran A.
Dari tahap kualitatif didapatkan informasi bahwa kendalayang dihadapi oleh Pusat Pelatihan dalam pelayanan akreditasi dan sertifikasipelatihan adalah kurangnya SDM sebagai tim penilai akreditasi pelatihan, petugassekertariat/ administrasi dan petugas sertifikat pelatihan; kurangnya pemahamanpenyelenggara pelatihan dalam hal komponen kurikulum akreditasi pelatihan; sertakurang optimalnya jaringan internet sebagi pendukung pelaksanaan pelayananakreditasi pelatihan.
Dari hasil penelitian disarankan agar Pusat Pelatihan SDMKesehatan dapat menambah tim penilai akreditasi pelatihan, membuat komiteakreditasi pelatihan, memperbaharui pedoman akreditasi, melakukan pembinaansecara berkala kepada tim penilai dan penyelenggara pelatihan, mengoptimalkanjaringan internet, serta membuat aplikasi pengajuan akreditasi berbasis online. Selainitu perlu dilakukan sosialisasi pedoman sertifikasi yang baru, melakukan uji cobaaplikasi penomoran sertifikat serta memberikan pelatihan kepada petugas sertifikattentang aplikasi pemberian nomor sertifikat.
The purpose of this study is to know the level of customer satisfaction toaccreditation and certification service of training in Pusat Pelatihan SDM Kesehatanyear 2017 and its problem as an effort to improve the quality of accreditation andcertification services of training. This study consist of quantitative and qualitativestages. The result on quantitative stage shows that level of customer satisfaction toaccreditation and certification service of training with 90 cut off point is 50.6 while suitability of expectations agains reality is 85.37 , customers from privateinstitutions more satisfied 65,7 than those from government agencies 40,0 ,there was no difference between customer satisfaction and the duration of assessment P value 0.231.
Based on multivariate analysis, it is shows that variables related tocustomer satisfaction were gender with P value 0,001 and OR 6,7. It means thatmale customers are more satisfied 7 times than female customers after beingcontrolled by institution type variable and job variable. Cartesian diagram analysisshows that there are 9 issues that are classified as top priority for improvement Quadrant A.
The result on qualitative stage shows that the problems faced inaccreditation and certification service of training are lack of human resources ontraining accreditation assessment team, secretariat administrative officers and trainingcertificate officers lack of understanding from training providers in component oftraining accreditation curriculum also internet network is less than optimal as asupporting on implementation accreditation services of training.
From this study it issuggested to adding training assessment accreditation team, create trainingaccreditation committees, update accreditation guidelines, conduct regular coachingto assessment team and training providers, optimizing the internet network, and alsocreate application for online accreditation submission. It is also necessary to socializethe new certification guidelines, trial on certificate numbering application and providetraining to certificate officer about the certificate numbering application.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2018
T50143
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library