Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Tri Sudrajat
"Lambung kapal biasanya terbuat dari baja HSLA (High Strength Low Alloy). Baja ini sangat potensial untuk ditingkatkan sesuai dengan spesifikasi untuk lambung kapal perang, khususnya ketangguhan. Oleh karena itu, penelitian ini mempelajari proses perlakuan panas untuk meningkatkan sifat mekanis baja HSLA grade AH36. Baja ini diproduksi oleh PT. Krakatau Steel, yang memiliki kandungan karbon 0.062 %. Perlakuan panas yang dilakukan adalah austenisasi pada 900 oC selama 10 menit, diikuti dengan pendinginan dengan media air, oli, dan udara. Perlakuan panas selanjutnya adalah tempering, yang dilakukan pada 200 oC selama 20 menit diikuti dengan pendinginan air. Karakterisasi meliputi uji kekerasan, pengujian impak, dan pengujian tarik, serta pengamatan struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optik dan SEM (Scanning Electron Microscope) - EDX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek dari perlakuan panas quenching tempering meningkatkan kekuatan dan ketangguhan, khususnya material as-quenching tempering menggunakan media air. Dengan meningkatnya kekuatan dan ketangguhan baja HSLA grade AH36, material ini berada dalam range nilai kekuatan dan ketangguhan material baja HSLA grade AH40.

Ship hull is usually made by HSLA (High Strength Low Alloy) steel. This steel is potential to be improved to suit the specification for warship hull, which is required to be toughness. Therefore, this research studied the heat treatment process to increase the properties of AH36 grade HSLA steel. The steel was produced by PT. Krakatau Steel, which has a carbon content of 0.062%. Heat treatment was heated by austenization at 900 oC for 10 minutes, followed by quenching in water, oil, and air. Further heat treatment was tempering, which was performed at 200 oC for 20 minutes followed by water quenching. Characterrization included hardness, impact testing, and tensile testing, as well as microstructure observations by using optical microscope and SEM (Scanning Microscope Electron) - EDX. The results show effect of heat treatment quenching tempering increases strength and toughness, especially as-quenching tempering material using water media.With the increase of strength and toughness of AH36 grade HSLA steel, this material is in the range of values the strength and toughness of AH40 grade HSLA steel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44651
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Dwisunu Aji Ibrahim, auhtor
"Lambung kapal terbuat dari baja ABS grade A dengan spesifikasi ABS (American Bureau of Shipping), dengan persyaratan kekuatan dan ketangguhan yang tinggi. Dalam penelitian ini, perlakuan panas Quenching dan Tempering (QT) dilakukan untuk pelat baja ABS grade A yang dibuat oleh PT. Krakatau Steel, untuk mendapatkan kekuatan dan ketangguhan yang tinggi. Setelah austenisasi pada temperatur 900 °C selama 10 menit diikuti dengan Quenching dalam air, oli dan udara. Tempering dilakukan pada temperatur 200 °C selama 20 menit. Laju pendinginan direkam oleh data akuisisi. Dilakukan pengujian tarik, impak (pada temperatur 0 °C, -20 °C dan -40 °C), Kekerasan dan pengamatan struktur mikro.
Penelitian menunjukkan bahwa perlakuan panas Quenching dan Tempering (QT) dapat meningkatkan kekuatan dan ketangguhan pelat baja ABS grade A. Kuat tarik baja ABS grade A dengan media quenching air dan oli temper /as-QT (626 N/mm² dan 548 N/mm²) memiliki kekuatan tarik yang lebih tinggi dibandingkan sampel as-rolled ( 515 N/mm²). Nilai kekerasan sampel ABS A as-QT air (314 BHN) mengalami kenaikan 182 % dari ABS A as-rolled (173 BHN) pada posisi transversal. Namun mengalami penurunan nilai kekerasan setelah proses tempering sebesar 29,37 % dari nilai Quenched. Nilai impak untuk baja as-QT air (319 Joule) meningkat 10 kali dari nilai impak as-rolled (31 Joule) pada temperatur impak -40 °C. Perlakuan panas Quenching-Tempering dapat merubah mikro struktur dari ABS A as-rolled (ferit dan perlit ) menjadi ABS as-QT (ferit, bainit dan sisa austenit). Perlakuan panas QT air dapat meningkatkan kekuatan tarik, kekerasan dan ketangguhan pada baja ABS A as-rolled.

Hull ship are made of ABS steel plate with the ABS (American Bureau of shipping) grade A specification’s and high strength and toughness requirement. In this research the ABS grade A steel made by PT. Krakatau Steel, has been heat treated by quenching and tempering (QT) process to obtain the high strength and toughness requirement. After austenization process at 900 °C with the holding time of 10 minutes, the steel was quenched in water,oil and air media. Tempering treatment has been done at temperature of 200 °C with the holding time of 20 minutes. Cooling rate were recorded by data aquisition. Moreover, tensile testing, impact (at temperature of 0 °C, -20 °C and -40 °C), hardness test and microstructure observations has been conducted.
The research shown that Quenching and Tempering (QT) heat treatment can improve ABS’s-grade A steel plate strength and toughness. Tensile strength ABS grade A steel with water and oil quenching media tempered / as-QT (626 N/mm ² and 548 N/mm ²) has a higher tensile strength compared to as-rolled samples (515 N/mm ² ). Value hardness as-QT water (314 BHN) increased 182% from ABS A as-rolled (173 BHN) in transverse position. But hardness has decreased values after tempering at 29.37% of the value of quenched. Impact values for the as-QT water (319 Joule) increased 10 times of the value of impact as-rolled (31 Joule) impact on the temperature of -40 ° C. Improvement in the microstructure of the as-rolled ABS A (ferrite and pearlite) into ABS as-QT (ferrite, bainite and residual austenite). QT-water heat treatment can improve the tensile strength, hardness and toughness of the steel ABS A as-rolled.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S55852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library