Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1939 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tyka Rahman
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang konsumsi simbolis yang dilakukan oleh kelas menengah
dalam pemilikan rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk
menjelaskan bagaimana kelas menengah memaknai kelas sosial mereka melalui
pemilikan rumah. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan subjek
penelitian penghuni Greenland Forest Park Residence. Penelitian dilakukan sejak
bulan April hingga Juli 2015. Penelitian ini berangkat dari argumen Gerke (2000)
yang menjelaskan tentang lifestyling atau konsumsi simbolis kelas menengah
Indonesia. Pada saat itu, konsumsi simbolis dilakukan karena mereka tidak mampu
melakukan konsumsi riil untuk menandai kelas sosialnya. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan dalam tesis ini, kelas menengah (penghuni Greenland Residence) juga
melakukan konsumsi riil dan konsumsi simbolis untuk menandai kelas sosialnya. Hal
ini terlihat dari konsumsi rumah.

ABSTRACT
The thesis study about symbolic consumption of middle class in homeownership. The
qualitative approach is choosen because the purpose of study is to explain how
middle class give a meaning to their dwelling. Observation and depth interview used
as strategies of inquairy. Dweller of Greenland Forest Park Residence is the subject
of inquiry. Research was conducted from April to July 2015. Gerke (2002) explained
that lifestyling was Indonesian middle class strategy to show their social class without
real consumption. Based on the research homeownership show two aspects of middle
class (Greenland dweller) consumption. It reveals real and symbolic consumption at
the same time demonstrating their social class., The thesis study about symbolic consumption of middle class in homeownership. The
qualitative approach is choosen because the purpose of study is to explain how
middle class give a meaning to their dwelling. Observation and depth interview used
as strategies of inquairy. Dweller of Greenland Forest Park Residence is the subject
of inquiry. Research was conducted from April to July 2015. Gerke (2002) explained
that lifestyling was Indonesian middle class strategy to show their social class without
real consumption. Based on the research homeownership show two aspects of middle
class (Greenland dweller) consumption. It reveals real and symbolic consumption at
the same time demonstrating their social class.]"
2016
T45261
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Fauzi Saleh
"ABSTRAK
Penelitian ini memotret bagaimana implementasi program community development yang terjadi di Kabupaten Sampang Pulau Madura, memang Implementasi program community development dan relasi sosial antar daerah tidak bisa disamaratakan. Permasalahan yang sering muncul adalah upaya resistensi dari masyarakat kepada korporasi. Hubungan keduanya yang terjadi tidak menunjukkan sebaliknya atau kooperatif. Sikap apatis yang ditunjukkan oleh masyarakat adalah keunikan tersendiri. Namun fluktuasi konflik tetap ada, hanya saja penyebabnya karena tidak meratanya bantuan dan beragamnya jenis program yang diterima. Dalam penelitian ini, penulis mengkaji bagaimana implementasi program tersebut dan relasi sosial yang terlihat kooperatif malah menimbulkan konflik horisontal sebagai dampaknya. Hasil studi ini menunjukkan adanya penyebab konflik dikarenakan bukan karena keberadaan korporasi namun berhubungan dengan program yang digulirkan.

ABSTRACT
The focus study was implementation of community development programs that occurred in Sampang, Madura Island, indeed Implementation of community development and social relations between regions can not be generalized. The problem that often arises is the resistance efforts of the community to the corporation. Their relationship is happening does not indicate otherwise or cooperative. The apathy shown by the community is unique. But fluctuations in the conflict remain, just cause because of the unequal distribution of aid and various types of programs are acceptable. In this study, the authors examine how the implementation of these programs and cooperative social relations are visible even cause horizontal conflict as a result. Results of this study indicate a cause of conflict because it were not for the existence of the corporation but relates to programs initiated.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45095
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Prima Danu
"ABSTRAK
Penelitian ini fokus pada pola kerjasama interorganisasional KPK - ICW dalam agenda pemberantasan korupsi politik di Indonesia melalui pendekatan teori New Institusionalisme Victor Nee. Pola kerjasama interorganisasional KPK ? ICW terbangun karena adanya kesamaan visi dan konsen terhadap agenda pemberantasan korupsi, serta interaksi antar aktor - aktor anti korupsi KPK - ICW. Pola kerjasama interorganisasional KPK - ICW menuai dukungan dan tantangan.Dukungan secara moril maupun materil datang dari masyarakat sipil serta dunia internasional. Sedangkan tantangan popular dikenal dengan istilah?Corruptor Fight Back. Terdapat dinamika diantara aparatur hukum negara, bahkan diantara KPK - ICW juga terdapatdinamika, walaupun mereka masih tetap konsisten sebagai aktor anti korupsi.

ABSTRACT
This study focuses on the pattern of interorganizational cooperation KPK - ICW in the agenda of political corruption eradication in Indonesia by theoretical approaches New institutionalism Victor Nee. Interorganizational cooperation pattern Commission - ICW woke up because of the similarity of vision and concern about the anticorruption agenda, as well as the interaction between actors of anti -corruption between KPK - ICW. Interorganizational cooperation between KPK - ICW getting support and challenge. Moral and material supporting come from the civil society and the international community. In the other side the challenge popularly known by the term "Corruptor Fight Back". There is a dynamic between the legal apparatus of the state, even among KPK - ICW also found dynamics, although they still remain consistent as anti -corruption actors."
2016
T45572
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Prima Danu
"ABSTRAK
Penelitian ini fokus pada pola kerjasama interorganisasional KPK ? ICW dalam
agenda pemberantasan korupsi politik di Indonesia melalui pendekatan teori New
Institusionalisme Victor Nee. Pola kerjasama interorganisasional KPK ? ICW
terbangun karena adanya kesamaan visi dan konsen terhadap agenda pemberantasan
korupsi, serta interaksi antar aktor ? aktor anti korupsi KPK ? ICW. Pola kerjasama
interorganisasional KPK ? ICW menuai dukungan dan tantangan.Dukungan secara
moril maupun materil datang dari masyarakat sipil serta dunia internasional.
Sedangkan tantangan popular dikenal dengan istilah?Corruptor Fight Back?.
Terdapat dinamika diantara aparatur hukum negara, bahkan diantara KPK ? ICW
juga terdapatdinamika, walaupun mereka masih tetap konsisten sebagai aktor anti
korupsi

ABSTRACT
This study focuses on the pattern of interorganizational cooperation KPK - ICW in
the agenda of political corruption eradication in Indonesia by theoretical approaches
New institutionalism Victor Nee. Interorganizational cooperation pattern Commission
- ICW woke up because of the similarity of vision and concern about the anticorruption
agenda, as well as the interaction between actors of anti -corruption
between KPK - ICW. Interorganizational cooperation between KPK - ICW getting
support and challenge. Moral and material supporting come from the civil society and
the international community. In the other side the challenge popularly known by the
term "Corruptor Fight Back". There is a dynamic between the legal apparatus of the
state, even among KPK - ICW also found dynamics, although they still remain
consistent as anti -corruption actors"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Retno Pertiwi
"ABSTRAK
Tesis ini menulis sebuah penelitian yang didasarkan pada isu konsumsi dan budaya material di kalangan polisi muda Brimob. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menggambarkan peranan konsumsi budaya material dalam kerangka pemikiran Miller yang diwujudkan melalui berbagai produk bermotif loreng.Produk loreng diposisikan sebagai sistem komunikasi dan strategi pembentuk identitas kemiliteran bagi polisi muda Brimob. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Tulisan ini menemukan bahwa konsumsi pada berbagai produk bermotif loreng merupakan sebuah proses aktif yang dilakukan dan direproduksi maknanya oleh polisi muda sebagai pengungkapan eksistensi dan ekspresi di dalam diri.Adanya ekspresi seperti rasa kecemasan, kekhawatiran terhadap posisinya yang tidak aman dari ancaman pihak luar dan citra negatif yang berkembang. Kondisi tersebut menjadi landasan bahwa polisi muda Brimob tidak dapat merepresentasikan dirinya sebagai seorang polisi. Data penelitian menemukan bahwa konsumsi dapat berperan untuk memperkuat pembentukan identitas dan citra sebagai seorang militer dengan menidentifikasi citra barang dengan citra diri yang ingin ditampilkan. Hasilnya, konsumsi pada berbagai produk bercorak loreng mampu mengekspresikan dan memperkuat citra militeristik sebagai mekanisme keamanan diri dan penghargaan sosial di masyarakat di Semarang. Hal ini dapat terjadi karena polisi muda Brimob didukung oleh pengetahuan dan tradisi kemiliteran di lingkungan kerjanya.

ABSTRACT
This thesis is a research based on the issue of consumption and material culture among Brimob young police. The objectives of this writing is to describe the role of material culture of consumption within the framework Miller are realized through a variety of camouflage-patterned products as communication systems and military identity-forming strategies for Brimob young police with qualitative methods. This research argues that the consumption of the various products patterned camouflage is an active process that is performed and reproduced its meaning by young policeman as the disclosure of the existence and expression within such a sense of anxiety, worries about their position from external threats and a negative image. Such conditions are the basis that Brimob young police can?t represent himself as a policeman. The research data also reveals that consumption can contribute to strengthen the identity and image formation as a military man to identify the image of the goods with the self-image you want to show. As a result, the consumption of the various products patterned camouflage able to express and strengthen its image as a security mechanism self militaristic and social respect in the community in Semarang. This can happen because the young policeman Mobile Brigade supported by the knowledge and traditions of the military nuances in the work environment."
2016
T45602
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Afriani
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan sosiologis mengenai
kewirausahaan pedagang muda di Pasar Santa yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Kewirausahaan sendiri merupakan pengambilan resiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.Argumen utama peneliti adalah salah satu hal yang membuat para pedagang muda Pasar Santa mampu bertahan dalam menjalankan kegiatan wirausahanya saat hingga saat ini tidak hanya disebabkan oleh karakteristik atau semangat berwirausaha mereka yang terkesan tidak mengikuti tren saja, tetapi juga karena kemampuan mereka dalam mengelola dan menerapkan strategi marketing untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih mendalam, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap lima orang pedagang muda di Pasar Santa. Peneliti juga melakukan wawancara dengan pihak pengelola pasar untuk mengetahui bagaimana sejarah Pasar Santa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang melatarbelakangi keputusan para pedagang muda untuk membuka kios di Pasar Santa adalah adanya hasrat ingin bebas dan peluang yang terdapat di dalam pasar mulai dari harga sewa kios yang relatif murah yakni berkisar 3-3,5 juta per tahun dan lokasi pasar yang terbilang strategis.Strategi marketing yang mereka gunakan untuk mempertahankan usahanya terdiri dari penyelenggaraan event, penggunaan media sosial dan pemanfaatan jaringan pertemananan maupun keluarga.Fenomena kewirausahaan pedagang muda Pasar
Santa merupakan sebuah bukti bahwa entrepreneur Indonesia tidak hanya didominasi oleh entrepreneur yang hanya ikut-ikutan tren saja, tapi merupakan sekelompok orang yang memiliki spirit atau jiwa entrepreneur.Fenomena ini ternyata menghasilkan suatu kerjasama yang baik yang tercermin lewat kegiatan duduk barengbaik antar pedagang maupun antar pedagang dengan pihak pengelola pasar.

ABSTRACT
This thesis aims to determine how the sociological perspective regarding
young entrepreneurship in Pasar Santa, Kebayoran Baru, South Jakarta.
Entrepreneurship itself is taking a risk to run own business by taking advantage of
opportunities to create new businesses or with an innovative approach to develop the
business into major and independent in facing the challenges of competition. The
main argument of this thesis is one of the things that makes the young entrepreneur
Pasar Santa is able to survive in running entrepreneurial moment until today not only
due to the characteristics or the spirit of entrepreneurship they were impressed not
follow trends, but also because of their ability to manage and implement strategies
marketing to attract and retain their consumer. To explore these issues deeply,
researchers used a qualitative approach to observation and in-depth interviews of five
young entrepreneur in Pasar Santa. Researchers also conducted interviews with the
manager of the market to see how the history of Pasar Santa itself. The results
showed that the matters underlying the decision of the young entrepreneur to open a
store in Pasar Santa is their desire to be free and the opportunities present in the
market ranging from stall rental prices are relatively cheap which ranges from 3-3.5
million per year, and the location is fairly strategic. Marketing strategies that they use
to defend their business is organizing events, employing social media and utilization
network. This phenomenon is a proof that the Indonesian entrepreneur is not only
dominated by entrepreneurs who just went along with the trend, but a group of people
who have the entrepreneurial spirit or soul. This phenomenon turned out toproduce a
good cooperation that shown by the activity of duduk bareng (sit together to discuss
their business)."
2016
T46307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Estu Putri Wilujeng
"Tesis ini bertujuan untuk memahami cara yang dilakukan oleh buruh untuk mewujudkan imaji serta hasrat dalam berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengonsumsi simbol kebendaan atas dorongan hasrat untuk mencapai imaji. Penulis berargumen, buruh sebagai bagian dari masyarakat konsumen juga memiliki imaji, hasrat dan fantasi dalam mengonsumsi. Konsumsi yang mereka lakukan bukan lagi konsumsi atas dasar nilai guna barang atau pertimbangan rasional lainnya, melainkan konsumsi simbolik. Hal tersebut disebabkan oleh adanya dorongan dari media dan godaan dari komoditas industri fesyen yang dihasilkan pada tempat mereka bekerja. Dorongan media dan godaan tersebut mempengaruhi imaji buruh dalam menentukan barang konsumsi. Namun, dengan adanya imaji, bukan berarti buruh dapat langsung berperilaku konsumtif, melainkan perlu cara lain untuk mendapatkan akses dalam mewujudkan imaji.
Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih dalam, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buruh memiliki imaji untuk mengonsumsi simbol kebendaan yang dipicu oleh media dan godaan produk fesyen tempat ia bekerja. Untuk mewujudkannya, mereka menggunakan kombinasi industri dan serikat. Industri memberi akses berupa produk fesyen dan serikat berfungsi untuk melakukan kontrol agar pihak industri tetap memberikan akses kepada buruh. Tesis ini juga menyertakan diskusi teoritik tentang perbedaan perspektif dalam memahami permasalahan konsumerisme yang terjadi pada buruh.

This thesis aims to understand how the labours consume products or services to make their dreams and desires come true. In the age of consumerism, everybody consumes symbols based on their desire to achieve their imagination.The author argues that the labours as part of consumer society, also have images, desires, and fantasies to consume. Consumption that they is not based on the value of goods or other rational judgment, instead symbolic consumption. It was caused by the encouragement of the media and the seduction of commodities that was produced in the fashion industry where they work. Media encouragement and the seduction from the production of goods affect the labour imagination in determining consumer goods. However, by having the imagination, it does not mean labours could immediately being consumptive, but they need another way to get access in realizing their imagination.
To explore these issues deeply, the author used qualitative research methods. The results showed that labours have imaginations and desires to consume symbols of consumer goods triggered by the media, namely TV series and social media, and the seduction of fashion products in where they worked. To make their imaginations and desires come true, they combined industry and unions. Industry gives access in the form of fashion products and labour unions play a control role in the industry. Consequently, the industry still provides access to the labours. This thesis also includes a theoretical discussion about different perspectives in understanding the problems that occur in the labours consumerism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46778
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wilfridus Valiance
"ABSTRAK
Sejauh ini belum ada kajian tentang hubungan Majelis Ulama Indonesia (MUI)
dan negara dari pendekatan inklusi. Studi-studi yang ada lebih memberi fokus
pada hubungan MUI dan negara dari perspektif kooptasi, restriksi ketat dan
akomodasi transaksional. Studi ini berargumentasi bahwa sejak meluasnya
radikalisme dimana sejumlah ormas radikal ikut bergabung dalam insitusi MUI,
pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka ruang inklusi dan
menjadikan MUI agen moderasi Islam radikal.

ABSTRACT
There is no study yet about the relationship between the Majelis Ulama Indonesia
(MUI) and the state from inclusion perspective. The studies already made focused
on the relationship between MUI and the state concerning in the cooptation
perspective, restrictions and transactional accommodation. This study argues that
since radicalism has spread and some radical organizations have joined in the
MUI institution, the government of SBY has opened the inclusion space and
made MUI becomes agen for moderating radical Islam"
2016
T46785
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syiqqil Arofat
"Dukungan penduduk lokal terhadap industri tambang cenderung digeneralisasi dalam berbagai kajian sebelumnya sebagai kalangan yang hanya berorientasi keuntungan ekonomi, sementara kelindan trajektori praktik diskursif, yang melatari pemosisian aktor dan melegitimasi eksklusi sosial, belum banyak dibahas. Melalui studi kasus terhadap kolaborasi kuasa antara PT SI dan penduduk lokal di Rembang, penelitian ini menelusuri proses reproduksi beragam diskursus dominan, perluasan legitimasi PT SI, pemosisian dan pembentukan relasi kuasa, serta berbagai konsekuensinya. Dengan menggunakan pendekatan poststrukturalis, penelitian ini juga mengungkap berbagai kontradiksi dan kontestasi kuasa dari kalangan yang dirugikan, baik dari penolak maupun pendukung PT SI, yang justru dipandang sebagai patologi sosial dalam diskursus dominan pembangunan.

The current agrarian studies tend to generalize and reduce supportive collaboration of local people with mining corporations in the sole economic interests, while ignoring intertwined trajectories of varied discursive practices, positioning, and legitimizing social exclusion. Through case study of PT SI collaboration with local people on succeeding the mining project, this research traces the interrelationship of the politically discursive alliances, producing wide-reaching legitimacy and forming power relations. Appying poststructuralist approach, this research elaborates the contradictory consequences within power relations contested by local people in a disadvantageous position, which are naturalized or presumed pathologies by dominant development discourses."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jauharul Anwar
"Tesis ini membahas praktik pengemasan media sebagai suatu bentuk dialektika terhadap arena politik Indonesia pasca-Orde Baru, khususnya arena pemilihan presiden (Pilpres) 2014. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi kasus Harian Kompas, tesis ini menunjukkan bahwa praktik pengemasan itu tidak dapat dilepaskan dari posisi dan peran pemilik sekaligus pendiri Harian Kompas melalui nilai dan gaya pemberitaan yang dibangunnya sebagai pedoman dalam melakukan praktik pengemasan di arena Pilpres 2014. Hal itu tidak lain untuk mempertahankan posisi dominan Harian Kompas di arena jurnalistik pasca-Orde Baru yang semakin kompetitif dan padat modal ekonomi sekaligus untuk membentuk opini publik mengenai kontestan Pilpres 2014 yang layak menjadi presiden Indonesia. Akan tetapi, kondisi demikian membuat dukungan terhadap Jokowi-JK yang dianggap sebagai figur yang humanis dan sejalan dengan nilai humanisme sebagai nilai pemberitaan Harian Kompas dilakukan secara implisit melalui strategi pengenaan simbolik yang memperkuat opini publik terhadap figur tersebut sebagai kandidat yang layak menjadi presiden dan wakil presiden.

This thesis describes the packaging practice of media as a dialectical form to the political field of post-New Order in Indonesia, particularly in the Presidential Election 2014's Field. Using the qualitative method, through a case study of Kompas Daily, this thesis show that the packaging practice of Kompas Daily cannot be separated from the position and role of both the owner and the founder through his news value and news style that he build up as a news guidance for packaging practice in Presidential Election 2014?s Field. The purpose was to maintain Kompas dominant position in the journalism industry in post-New Order era which was very competitive and capital-intensive, and also to shape public opinion about candidates of presidential election 2014 who deserves to be the next president of Indonesia. However, these conditions make support for Jokowi-JK which was regarded as a humanist figure and in line with the Kompas?s news value implicitly declared by the symbolic strategies that strengthening public opinion about these figures as appropriate president and vice president canditates.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45836
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>