Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fahsha Harfiqurainida
Abstrak :
Skripsi ini membahas pembentukan nama panggilan orang Rusia. Nama dalam penelitian ini diambil dari contoh-contoh yang terdapat dalam buku kumpulan karya untuk anak-anak Rusia. Data yang dianalisis dalam penelitian ini bersumber dari buku Хрестоматия Для Маленьких (Xrestomatija Dlja Malen'kix) "Buku Bacaan Untuk Anak-anak". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan studi pustaka, dengan analisis nama panggilan orang Rusia menggunakan teori pembentukan nama panggilan dan teori diminutif oleh V.V.Vinogradov. Terdapat dua jenis nama panggilan orang Rusia yang dipaparkan dalam skripsi ini, yaitu nama panggilan tanpa sufiks diminutif dan nama panggilan dengan sufiks diminutif. ......This thesis discusses the formation of Russian Nicknames names. The names which are analyzed here is from a book of collected works for children entitled Хрестоматия Для Маленьких (Xrestomatija Dlja Malen'kix) "Reading Book for Children". This research uses the descriptive method and library research, and observed by using the theory about formation of nicknames names and theory of diminutive by V.V.Vinogradov. There are two types of Russian nicknames names explained in this thesis, which are Russian nicknames names without diminutive suffixes and Russian nicknames names with diminutive suffixes.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42153
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Riga Adhitya Ramadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang makna iklan dalam majalah Playboy Rusia yang dikaji secara semiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna iklan yang terdapat dalam iklan yang berada di majalah Playboy Rusia dengan mengidentifikasikan tanda-tanda dan fungsi bahasa apa saja yang terdapat dalam desain iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan teori semiotik Pierce, yaitu sintaktika, semantika, pragmatika dan fungsi bahasa menurut Roman Jakobson. Penelitian dilakukan dengan menganalisis data berupa 30 iklan yang terdapat dalam majalah Playboy Rusia edisi Oktober 2005, Juli 2006 dan Mei 2007. Dari hasil penelitian ditemukan tanda verbal berupa teks, tanda nonverbal berupa gambar dan fungsi bahasa yang membentuk satu kesatuan wacana informasi yang bersifat persuasif.
ABSTRACT
This research talks about meanings of advertisements in Russian playboy that is being analyzed semiotically. The purpose of this research is to know the meaning of the advertisement in the Russian playboy by identifying signs and language function that is shown in the advertisement?s design. The method that is used in this research is descriptive-analytic with Pierce?s semiotic theory which are syntactic, semantic, pragmatic and Roman Jakobson?s language function. This research is done by analyzing 30 advertisements that is published in October 2005, July 2006, and May 2007 of Russian playboy?s advertisement, there are verbal sign in a form of text, nonverbal sign in a form of pictorial, and language function that form a one whole persuasive discourse of information.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42258
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andhini Fath
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini memaparkan simbol-simbol femininitas dalam iklan rokok perempuan di Rusia. Iklan rokok telah sekian lama terkonstruksi ke dalam area maskulin. Namun, hal ini nampaknya telah berubah. Telah terjadi perubahan makna dalam iklan rokok perempuan di Rusia disebabkan oleh masuknya Transnational Tobacco Companies pada tahun 1990-an. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk menganalisis ketigabelas iklan rokok perempuan di Rusia digunakan teori semiotika Roland Barthes dan teori gender sebagai konstruksi sosial milik Oakley dan Connell. Dengan menganalisis struktur yang membangun masing-masing iklan, disimpulkan bahwa perubahan makna simbol-simbol femininitas dalam iklan rokok perempuan di Rusia merupakan sebuah bentuk market feminism.
Abstract
This thesis describes the symbols of femininity in female cigarette advertisings in Russia. Cigarette advertising have long been constructed into a masculine area. However, the construction seems to change. A change of meaning in female cigarette advertising in Russia is caused by the influx of Transnational Tobacco Companies in the 1990s. The method used in this thesis is a qualitative research method with a case study approach. Semiotics theory of Roland Barthes and gender theory as a social construction of Oakley and Connell are used to analyze the thirteenth female cigarette advertisings in Russia. By analyzing the structure that construct each advertising, it is concluded that the changes of meaning in femininity symbols in female cigarette advertisings in Russia is a form of market feminism.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42756
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library