Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Fahsha Harfiqurainida
Abstrak :
Skripsi ini membahas pembentukan nama panggilan orang Rusia. Nama dalam penelitian ini diambil dari contoh-contoh yang terdapat dalam buku kumpulan karya untuk anak-anak Rusia. Data yang dianalisis dalam penelitian ini bersumber dari buku Хрестоматия Для Маленьких (Xrestomatija Dlja Malen'kix) "Buku Bacaan Untuk Anak-anak". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan studi pustaka, dengan analisis nama panggilan orang Rusia menggunakan teori pembentukan nama panggilan dan teori diminutif oleh V.V.Vinogradov. Terdapat dua jenis nama panggilan orang Rusia yang dipaparkan dalam skripsi ini, yaitu nama panggilan tanpa sufiks diminutif dan nama panggilan dengan sufiks diminutif.
......This thesis discusses the formation of Russian Nicknames names. The names which are analyzed here is from a book of collected works for children entitled Хрестоматия Для Маленьких (Xrestomatija Dlja Malen'kix) "Reading Book for Children". This research uses the descriptive method and library research, and observed by using the theory about formation of nicknames names and theory of diminutive by V.V.Vinogradov. There are two types of Russian nicknames names explained in this thesis, which are Russian nicknames names without diminutive suffixes and Russian nicknames names with diminutive suffixes.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42153
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Riga Adhitya Ramadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang makna iklan dalam majalah Playboy
Rusia yang dikaji secara semiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
makna iklan yang terdapat dalam iklan yang berada di majalah Playboy Rusia
dengan mengidentifikasikan tanda-tanda dan fungsi bahasa apa saja yang terdapat
dalam desain iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
analitis dengan pendekatan teori semiotik Pierce, yaitu sintaktika, semantika,
pragmatika dan fungsi bahasa menurut Roman Jakobson. Penelitian dilakukan
dengan menganalisis data berupa 30 iklan yang terdapat dalam majalah Playboy
Rusia edisi Oktober 2005, Juli 2006 dan Mei 2007. Dari hasil penelitian
ditemukan tanda verbal berupa teks, tanda nonverbal berupa gambar dan fungsi
bahasa yang membentuk satu kesatuan wacana informasi yang bersifat persuasif.
ABSTRACT
This research talks about meanings of advertisements in Russian playboy
that is being analyzed semiotically. The purpose of this research is to know the
meaning of the advertisement in the Russian playboy by identifying signs and
language function that is shown in the advertisement?s design. The method that is
used in this research is descriptive-analytic with Pierce?s semiotic theory which
are syntactic, semantic, pragmatic and Roman Jakobson?s language function. This
research is done by analyzing 30 advertisements that is published in October
2005, July 2006, and May 2007 of Russian playboy?s advertisement, there are
verbal sign in a form of text, nonverbal sign in a form of pictorial, and language
function that form a one whole persuasive discourse of information.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42258
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Andhini Fath
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini memaparkan simbol-simbol femininitas dalam iklan rokok perempuan
di Rusia. Iklan rokok telah sekian lama terkonstruksi ke dalam area maskulin.
Namun, hal ini nampaknya telah berubah. Telah terjadi perubahan makna dalam
iklan rokok perempuan di Rusia disebabkan oleh masuknya Transnational
Tobacco Companies pada tahun 1990-an. Metode yang digunakan dalam skripsi
ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk
menganalisis ketigabelas iklan rokok perempuan di Rusia digunakan teori
semiotika Roland Barthes dan teori gender sebagai konstruksi sosial milik Oakley
dan Connell. Dengan menganalisis struktur yang membangun masing-masing
iklan, disimpulkan bahwa perubahan makna simbol-simbol femininitas dalam
iklan rokok perempuan di Rusia merupakan sebuah bentuk market feminism.
Abstract
This thesis describes the symbols of femininity in female cigarette advertisings in
Russia. Cigarette advertising have long been constructed into a masculine area.
However, the construction seems to change. A change of meaning in female
cigarette advertising in Russia is caused by the influx of Transnational Tobacco
Companies in the 1990s. The method used in this thesis is a qualitative research
method with a case study approach. Semiotics theory of Roland Barthes and
gender theory as a social construction of Oakley and Connell are used to analyze
the thirteenth female cigarette advertisings in Russia. By analyzing the structure
that construct each advertising, it is concluded that the changes of meaning in
femininity symbols in female cigarette advertisings in Russia is a form of market
feminism.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42756
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library