Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Remigius Saptono
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan dunia bisnis yang penuh dengan persaingan yang kompleks
merupakan satu tantangan tersendiri PT GYI untuk senantiasa melakukan inovasi
produk dan proses secara menyeluruh. Terlebih lagi pada industri yang digeluti oleh PT
GYI, yakni sebagai produsen ban, banyak bertumbuh pesaing baru yang memiliki
banyak kesempatan untuk meraih simpati pasar mengakibatkan menurunnya permintaan
produk PT GYI.
Melalui penerapan strategi Human Resources Management yang berlandaskan
pada konsep Knowledge Management (KM) PT GYI dapat melihat kemungkinan
penambahan kompetensi kepada manajer di bidang produksi, khususnya kompetensi
teamwork sehingga perusahaan dapat memaksimalkan pencapaian tujuan dengan cara
yang lebih efektif dan efisien.
Dalam tahapan pembentukan knowledge, yakni dengan menggunakan SECI
Model, Organizational Knowledge Création, Leaming Organization dan
Organizational Learning, diharapkan terjadi perubahan dalam penerapan KM
khususnya yang dapat membantu meningkatnya komptensi teamwork bagi manajer di
bidang produksi dan pada akhirnya merujuk pada kineija perusahaan secara
menyeluruh.
Dengan melalui tahapan-tahapan tersebut, diharapkan pencapaian target pada
bagian produksi dapat dimaksimalkan untuk memenuhi keinginan pasar. Kendala yang
dihadapi oleh perusahaan telah dipetakan sedemikian rupa, sehingga perusahaan dapat
memilih alternatif pemecahan masalah yang dapat diaplikasikan di dalam perusahaan
sesuai dengan ketentuan dan kemampuan perusahaan.
2010
T38125
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Liza Anggraeni
2008
T38293
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
M. Ichsan Arif
Abstrak :
Bank PQR merupakan bank hasil penggabungan dari 5 bank. Salah satu strategi di bidang sumber daya manusia yang dilaksanakan oleh Bank PQR pasca merger adalah pelaksanaan outsourcing. Secara struktur organisasi manajemen outsourcing pada Bank PQR saat ini dikelola oleh Dircktorat Human Resources dan Direktorat Corporate Services. Saat ini pembagian tersebut hanya berdasarkan level dan fugsi saja, belum berdasarkan sistem. Dalam pelaksanaannya seharusnya sesuai dengan konsep outsourcing itu sendiri. Namun dalam pelaksanaannya kemungkinan terjadi pergeseran dari yang diharapkan. Disadari bahwa pelaksanaan outsourcing pada tiap negara berbeda. Untuk itu tolak ukur pelaksanaan outsourcing pada Bank PQR ini berosarkan Undang-Undang Tcenaga Kerja yang berlaku di Negara Indonesia dan secara internal perusahaan mengacu kepada visi dan misi Bank PQR itu sendiri. Sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan outsourcing pada Bank PQR yang meliputi evaluasi terhadap Undang-Undang Tenaga Kerja serta evaluasi terhadap visi dan misi Bank PQR. Evaluasi merupakan cara untuk melihat kenyataan yang ada dengan harapan yang ingin diperoleh. Antara kenyataan yang ada dan harapan yang ideal terdapat gap. Dari gap tersebut dicari suatu tolak ukur dalam memecahkan persoalan yang ada. Sehingga berdasarkan hasil tolak ukur tersebut akan memberikan beberapa alternatif dalam menentukan standarisasi sistem pengelolaan outsourcing di Bank PQR. Kemudian dari altematif yang dipilih akan dibuatkan standarisasi proses internal, standarisasi jabatan, standarisasi uraian kerja, dan standarisasi skema biaya ousource sehingga diharapkan tercipta kepuasan kerja bagi karyawan outsource maupun karyawan Bank PQR itu sendiri.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T38316
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library