Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 299 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajar Dimar Habibi
"Tanda tangan elektronik merupakan inovasi untuk menjawab tantangan keamanan dan keabsahan dokumen di dunia digital. Tanda tangan elektronik merupakan metode persandian menggunakan algoritma kriptografi Infrastruktur Kunci Publik. Penerapan tanda tangan elektronik pada dokumen akan membantu mempercepat, mempermudah, memberi fleksibilitas kepada pengguna untuk mengesahkan dokumen - dokumen strategis berbagai sektor. Tanda tangan elektronik tersertifikasi menggunakan metode algoritma kriptografi mampu menjamin keamanan dokumen dan validasi data yang ditransaksikan. Saat ini tanda tangan elektronik menjadi salah satu kunci dalam menjalankan inovasi pelayanan publik pada sektor pemerintahan berbasis digital. Dengan menerapkan tanda tangan elektronik mampu meningkatkan efisiensi, performa layanan dan transparansi layanan publik. Implementasi tanda tangan elektronik yang lazim berjalan adalah model Client Signing. Metode ini menjamin privasi dokumen tetapi kurang memiliki aksesibilitas untuk melakukan tanda tangan elektronik dimanapun. Model selanjutnya adalah Cloud Signing. Metode ini memiliki aksesibilitas yang baik untuk tanda tangan elektronik dimanapun tetapi tidak cukup menjamin privasi dokumen yang dikirimkan ke server Cloud Signing. Oleh karena itu dipilihlah model tanda tangan elektronik Remote signature untuk mendapatkan keamanan privasi dan aksesibilitas tanda tangan elektronik yang dapat diimplementasikan pada perangkat mobile. Pada penelitian ini bertujuan mengembangkan implementasi tanda tangan elektronik pada perangkat mobile menggunakan proses rekayasa keinsinyuran profesional. Kemudahan dan aksesibilas tanda tangan elektronik secara langsung dirasakan melalui genggaman pengguna. Pendekatan implementasi yang digunakan, yaitu teknologi Remote signature untuk menjamin privasi dokumen pengguna, sehingga tanpa perlu mengirimkan dokumen secara utuh kepada pihak ketiga penyedia layanan tanda tangan elektronik. Dari pengembangan didapatkan hasil akhir berupa modul tanda tangan elektronik berbasis mobile dengan mengedepankan aspek profesionalisme, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan serta kode etik insinyur.

Digital signatures are an innovation to answer the challenges of document security and validity in the digital world. Digital signature is an encoding method using the Public Key Infrastructure cryptographic algorithm. Implementing digital signatures on documents will help speed up, simplify, and provide flexibility for users to ratify strategic documents in various sectors. Certified digital signatures using cryptographic algorithm methods can guarantee document security and validation of transacted data. Currently, digital signatures are one of the keys to implementing digital-based public service innovation in the government sector. By implementing digital signatures can improve the efficiency, service performance, and transparency of public services. The most common implementation of digital signatures is the client-signing model. This method guarantees document privacy but lacks the accessibility to perform digital signatures anywhere. The next model is Cloud Signing, this method has good accessibility for digital signatures anywhere but does not sufficiently guarantee the privacy of documents sent to the Cloud Signing server. Therefore, the Remote signature model was chosen to obtain privacy security and digital signature accessibility that can be implemented on mobile devices. This research aims to develop the implementation of digital signatures on mobile devices using professional engineering processes. The convenience and accessibility of digital signatures can be felt directly in the user's hand. The implementation approach used is Remote signature technology to ensure the privacy of user documents. So, there is no need to send the complete document to a third-party digital signature service provider. From the development, the final result is a mobile-based electronic signature module that prioritizes aspects of professionalism, occupational safety, health and environment as well as the engineer's code of ethics.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Auzi Faiz Bahtiar
"Di dalam sebuah kendaraan terdapat beberapa komponen penunjang yang berfungsi untuk menggerakan kendaraan tersebut atau biasa disebut sebagai drive train, diantaranya adalah komponen engine, kompen transmisi, dan komponen gardan. Dimana dari masing-masing komponen tersebut memiliki kendala dan cara penyelesaian yang berbeda.
Ketika ditemukan problem pada mekanisme tersebut, maka supaya solusi yang diberikan dapat komprehensif diperlukan salah satu metode untuk menentukan akan masalah yang menyebabkan problem itu terjadi yaitu dengan menggunakan metode failure tree analysis (FTA). Dalam hal ini, penulis mengambil tema yaitu terkait analisa kerusakan pada mekanisme gardan dengan menggunakan metode Failure tree analysis (FTA).
Dari hasil pengecekan dilapangan potensi kerusakan yang terjadi pada garadan ini merujuk ke bebera kondisi diataranya adalah pengaruh operational yang dilakukan oleh driver, dimana dimungkinkan ketika unit dioperasionalkan secara terus menerus kondisi viscositas oli menjadi turun, akibatnya kualitas oli berkurang dan menjadi encer, pada kondisi ini oli sebagai pelumas tidak dapat melakukan fungsi pelumasan secara maksimal sehingga ketika pada titik tertentu myebabkan gardan pada kendaraan tersebut menjadi rusak.

In a vehicle there are several supporting components that function to move the vehicle or commonly referred to as a drive train, including engine components, transmission components, and axle components. Where each of these components has different constraints and solutions.
When a problem is found in the mechanism, so that the solution provided can be comprehensive, one method is needed to determine the problem that causes the problem to occur, namely by using the Failure tree analysis (FTA) method. In this case, the author takes the theme, which is related to the analysis of damage to the axle mechanism using the Failure tree analysis (FTA) method.
From the results of field checks, the potential damage that occurs to the axle refers to several conditions, including the operational influence carried out by the driver, which is possible when the unit is operated continuously, the oil viscosity condition decreases, as a result the quality of the oil decreases and becomes runny, in this condition the oil as a lubricant, it cannot perform its lubrication function optimally so that at a certain point it causes the axle of the vehicle to be damaged.
"
Depok: Fakultas Teknik, 2021
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Catur Wibowo
"Pemilihan umum (Pemilu) merupakan sarana demokrasi yang langsung berhubungan dengan
rakyat. Di Indonesia, rakyat menggunakan hak pilihnya untuk memilih Kepala Daerah,
baik tingkat I maupun tingkat II, anggota dewan perwakilan rakyat daerah, baik
tingkat I maupun tingkat II, anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan
Daerah, atau Presiden.
Dalam berbagai pelaksanaan Pemilu yang telah dilaksanakan, terdapat kendala dalam
proses penghitungan suara yang diwarnai dengan ketidakakuratan atau manipulasi suara.
Laporan ini mengungkapkan bagaimana penulis bergabung membantu Komisi Pemilihan
Umum dalam proses penghitungan suara pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden
pada tahun 2014. Bentuk karya yang dilakukan penulis adalah dengan membangun aplikasi
penghitungan suara (Situng). Aplikasi sudah digunakan dalam Pemilu Legislatip
dan Pemilu Presiden pada tahun 2014. Aplikasi telah terbukti dengan sukses membantu
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dalam melakukan publikasi hasil suara secara
transparant dan dalam proses penghitungan suara.

Election is a democratic event that directly involves voters participation. In Indonesia, the
election will vote for district legislatives, province legislatives, head of district, governor,
parliaments members, or presidents.
Ballot counting in an election has been a problem in Election in Indonesia. Innaccuracy
and manipulation were the most chalenging problems to overcome. This report contains
the effort we did for applying information technology in Indonesia election in 2014.
We developed applications for recapitulation and counting. The applications have been
used during Legislative and Presidential Election in 2014. The applications successfully
helped the Indonesia Commission for Election in publishing vote results transparently and in vote counting.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ciptono Setyobudi
"ABSTRAK
Sejak pandemi Covid 19 mengancam dunia termasuk Indonesia, maka tindakan preventif dan antisipasi dilakukan oleh beberapa dunia industri.  Baik dalam pengeloaan Sumber Daya Manusia maupun proses produksi usahanya agar tidak terganggu. Tidak terkecuali Industri media televisi. Indosiar dan Surya Citra Televisi (SCTV) adalah dua Stasiun Televisi Swasta Nasional yang sudah melakukan langkah-langkah mitigasi teknis operasional penyiarannya. Dimana jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan menyebabkan Sumber Daya Manusianya harus dikarantina, pada salah satu Stasiun TV tersebut, maka proses penyiaran tidak boleh terhenti dan salah satu harus mampu stasiun televisi yang lain. Migitasi meliputi banyak hal teknis seperti Sinkronisasi Data Server, Jaringan internet, Jaringan Sistem Penyiaran, Sistem Grafis, Sistem Komunikasi serta Sistem Pengiriman sinyal ke Transmisi. Akan tetapi mitigasi terkendala oleh lokasi Control Room Siaran dari dua stasiun televisi tersebut, dimana SCTV berada di Senayan City Jalan Asia Afrika Jakarta Pusat sedangkan Indosiar berada di Jalan Damai, Daan Mogot Jakarta Barat. Maka dalam Praktik keinsinyuran diharapkan mampu menjawab tantangan untuk menjaga eksistensi kedua Stasiun Televisi serta kepuasan para pemangku kepentingan.

ABSTRACT
Since the Covid 19 pandemic threatened the world, including Indonesia, preventive and anticipatory actions were taken by several industries. Both in the management of Human Resources and the production process so that the business is not disrupted. The television media industry is no exception. Indosiar and Surya Citra Televisi (SCTV) are two National Private Television Stations that have taken technical operational mitigation measures. Where if something unexpected happens and causes its Human Resources to be quarantined, at one of the TV Stations, the broadcasting process must not be stopped and one must be able to backup the other television stations. Migration covers many technical matters such as Server Data Synchronization, Internet Network, Broadcasting System Network, Graphic System, Communication System and Signal to Transmission System. However, mitigation is constrained by the location of the Broadcast Control Room of the two television stations, where SCTV is in Senayan City, Jalan Asia Afrika Central Jakarta while Indosiar is on Jalan Damai, Daan Mogot, West Jakarta. So the engineering practice is expected to be able to answer the challenges to maintain the existence of both Television Stations and the satisfaction of stakeholders (stakeholders)"
2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Arif Wardana
"Pengelolaan pegawai secara individu dalam ekosistem organisasi pembelajar dan pengelolaan pengetahuan untuk pencapaian karakter unggul berbasis teknologi informasi sangat penting dilakukan di sebuah perusahaan. Pada PT Semen Indonesia perlu dibuat aplikasi Sidilearn dan E-LSP yang dibangun untuk mengembangkan kompetensi karyawan agar mampu bersaing dengan kompetitor baik lokal maupun global. Berdasarkan hasil kajian dan evaluasi aplikasi membutuhkan fitur yang meliputi pengembangan user interface/user experience, informasi yang dapat ditampilkan pada sistem, informasi dashboard individu dan konfigurasi. Peningkatan pada kedua aplikasi tersebut bertujuan agar kedua aplikasi tersebut memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Oleh karena itu pada praktek keinsinyuran ini bertujuan untuk mengerjakan project pengerjaan aplikasi Sidilearn dan E-LSP pada PT Semen Indonesia. Posisi penulis pada proyek ini adalah sebagai project manager. Hasil dari praktek keinsinyuran ini adalah terciptanya aplikasi Sidilearn dan E-LSP yang telah diterapkan pada lingkungan PT Semen Indonesia untuk proses pembelajaran dan sertifikasi secara online.

Individual employee management in the learning organization ecosystem and knowledge management for achieving superior character based on information technology are very important in a company. At PT Semen Indonesia, it is necessary to make Sidilearn and E-LSP applications that are built to develop employee competencies so that they are able to compete with competitors both locally and globally. Based on the results of the study and evaluation, the application requires features that include the development of a user interface / user experience, information that can be displayed on the system, individual dashboard information and configuration. The increase in both applications is intended so that both applications provide benefits for employees and the company. Therefore, in this engineering practice, the aim is to work on a project to work on the Sidilearn and E-LSP application at PT Semen Indonesia. The author's position on this project is as a project manager. The result of this engineering practice is the creation of the Sidilearn and E-LSP applications which have been applied to the PT Semen Indonesia environment for the online learning and certification process."
Depok: Fakultas Teknik, 2021
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gemelfour Ardiatus Sudrajad
"Transformator daya merupakan bagian penting dalam sistem ketenagalistrikan terutama di area tambang. Kegagalan transformator dapat menyebabkan kerugian materi, produksi, lingkungan, hingga korban nyawa. Diperlukan pengoperasian dan pemeliharaan yang tepat untuk menghindari kegagalan tersebut. Dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan transformator diperlukan pertimbangan aspek teknis dan non teknis. Aspek lingkungan, keselamatan kerja, manajemen proyek, hingga kode etik dan profesionalisme insinyur. Laporan keinsinyuran ini berisi tentang studi kasus kegagalan transformator di area tambang. Pada proyek ini diindikasikan bahwa transformator tersebut telah mengalami short circuit. Proyek pemeliharaan dan perbaikan ini telah memenuhi aspek profesionalisme, kode etik keinsinyuran, dan K3L. Segala pekerjaan dilakukan sesuai standar – standar keprofesian yang berlaku, mengikuti proses alur kebijakan K3 yang berlaku di nternal perusahaan, limbah pekerjaan ditangani seusai peraturan yang berlaku, dan segala pekerjaan dikomunikasikan terhadap pihak – pihak terkait.

Power transformers are an important part of the electricity system, especially in mining areas. Transformer failure can cause material, production, environmental losses and even loss of life. Proper operation and maintenance is required to avoid such failures. When carrying out maintenance and repair of transformers, technical and non-technical aspects are required to be considered. Environmental aspects, work safety, project management, to the code of ethics and professionalism of engineers. This engineering report contains case studies of transformer failures in mining areas. In this project it is indicated that the transformer has experienced a short circuit. This maintenance and repair project has fulfilled the aspects of professionalism, engineering code of ethics and K3L. All work is carried out in accordance with applicable professional standards, following the K3 policy flow process that applies internally to the company, work waste is handled in accordance with applicable regulations, and all work is communicated to related parties.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Bagus Made Putra Jandhana
"Penerapan prinsip-prinsip Teknik Industri tidak hanya berada di sektor manufaktur saja. Melalui Laporan Praktik Keinsinyuran (LPK) ini dijelaskan bagaimana prinsip-prinsip tersebut digunakan untuk menyusun tim pengoperasian, perawatan, serta turn around Kilang CO2 Removal milik PT. Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) yang berlokasi di Subang, Jawa Barat. Kontrak pekerjaan tersebut dilakukan sejak tahun 2013 dan berakhir di tahun 2016. Dalam LPK ini akan dijelaskan peranan seorang engineer Teknik Industri dalam mendesain proses kerja dari awal hingga selesai. Dalam LPK terdapat Struktur Organisasi pelaksanaan kontrak kerja dengan lampiran berupa Kontrak Kerja; Instruksi Kepada Peserta Pengadaan (IKPP); Syarat Teknis dan Komersial (STK); Process Flow Diagram Kilang CO2 Removal; Piping and Instrument Diagram; Hasil Berita Acara Penjelasan Lelang Kontrak Pengoperasian, Perawatan, dan turn around Kilang CO2 Removal; Laporan Harian Operasional dan Perawatan Kilang CO2 Removal; dan Laporan Keselamatan Kerja, Kesehatan, Lindung Lingkungan (Laporan K3LL). Dengan memahami lingkungan kerja yang ada dan perhatian terhadap risiko tercemarnya lingkungan akibat gas CO2, maka tim manajemen dapat menyelesaikan program dengan baik. Di masa yang akan datang, permintaan akan jasa pelayanan manajemen pengoperasian dan perawatan suatu kilang atau instalasi kilang pemrosesan melalui pola alih daya. Oleh karenanya, peranan seorang engineer Teknik Industri akan lebih dibutuhkan dengan meningkatnya pemahaman terhadap manajemen pengoperasian dan perawatan kilang atau isntalasi proses produksi lainnya.

The application of the Industrial Engineering principles is not only in the manufacturing sector. This Engineering Practice Report explains how these principles are employed to manage the operation, maintenance, and turn around the CO2 Removal Plant, owned by P.T. Pertamina Exploration and Production (PEP), located in Subang, West Java, Indonesia. The service contract was carried out between 2013 to 2016. This report explains the roles of an Industrial Engineer in designing of process management from start to finish. The report covers the organization structures for implementing the contract of work which is followed by several copies of document, such as the Contract of Work; Instructions to Procurement Participants; Technical and Commercial Requirement; Process Flow Diagram of the CO2 Removal Plant; Piping and Instrument Diagram (P&ID); Minutes of Meeting during Auction for the Contract of Work for the operation, maintenance, and turn around the CO2 Removal Plant; Daily Report of Operation and Maintenance; and the Report of Health, Safety, Security, and Environment (HSSE). By understanding the work environment and paying attention to the risk of environmental pollution due to CO2 gas, the management team were able to finish the work as stated on the Contract of Work. In the future, the demand for the outsource service for operation and maintenance management for the chemical processing plants or other processing plants will increase significantly. Therefore, there will be a strong global demand for the Industrial Engineer who understand the management aspect of operation and maintenance of the processing plants.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Himawan Kunto Dewoto Aji
"PT XYZ mengoperasikan tambang batubara di Kalimantan Timur dan merupakan salah satu tambang batubara ekspor terbesar di dunia. Perusahaan memiliki conveyor belt sebagai salah satu peralatan utama untuk menangani material pertambangan. PT XYZ bermaksud untuk melibatkan Kontraktor yang memenuhi syarat (PT ABC) untuk melaksanakan C26 conveyor belt change out. Pekerjaan tersebut meliputi the work management and preparation, provision of special equipment, trial splicing, stacking and pre-splicing, change out, dan commissioning. PT ABC harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang terbukti dalam pekerjaan ini yang didukung dengan teknisi terampil, pekerja dan peralatan yang baik. PT ABC juga harus mematuhi seluruh kebijakan, prosedur dan peraturan perusahaan khususnya Kualitas, Keselamatan, kesehatan, dan Lingkungan saat melakukan pekerjaan tersebut di lokasi PT XYZ. Untuk memenuhi target proyek yang diharapkan oleh PT XYZ, PT ABC merancang ruang lingkup pekerjaan, metodologi, tenaga kerja, peralatan dan jadwal untuk melaksanakan change out pada conveyor belt overland C-26. Dalam proyek ini, penulis berperan sebagai project sponsor/champion. Jabatan ini merupakan pimpinan tertinggi yang mewakili manajemen PT ABC dalam proyek ini dan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberikan segala dukungan dan persetujuan dari manajemen puncak yang diperlukan baik mengenai aspek teknis maupun non teknis, misalnya rencana anggaran biaya (RAB), keselamatan-kesehatan-lingkungan (SHE), manajemen proyek, desain teknik, dan lain-lain untuk keberhasilan proyek. Metode yang disiapkan adalah dengan fokus pada measuring conveyor belts, belt disassembly, belt installation, and hot splicing, serta testing belt splicing results menggunakan the splicing inspection test procedure dan pull-out test.  Hasil akhir yang dicapai penulis dan PT ABC adalah pekerjaan dapat selesai seluruhnya dalam waktu 18 hari kalender, atau lebih cepat tiga hari dari waktu yang ditentukan. Hasil penyambungan belt adalah diameter kabel 5,0 mm, jumlah kabel sebanyak 81 kabel, penutup atas 7 mm, penutup bawah 5 mm, dan ketebalan total 16,8 mm (+1,8/-1,00 mm). Hasil akhir tersebut sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Sedangkan untuk hasil uji tarik diperoleh nilai kekuatan tarik sebesar 104,33 N/mm; nilai tersebut telah memenuhi target yaitu minimal 90 N/mm. Seluruh proses pekerjaan dari awal hingga akhir telah mengikuti peraturan yang berlaku baik di PT XYZ maupun pemerintah daerah. Hingga proyek selesai, tidak terjadi insiden atau penalti akibat pelanggaran kode etik atau peraturan yang berlaku.

PT XYZ operates a coal mine in East Kalimantan and is one of the largest exports coal mines in the world. The company owned conveyor belt as one of its main equipment to handle mining materials. PT XYZ intends to engage qualified Contractor (PT ABC) to carry out the change out of C26’s Belt. The work comprises the work management and preparation, provision of special equipment, trial splicing, stacking and pre-splicing, change out, and commissioning. PT ABC shall have capability and proven experience in this work that are well supported with skillful technicians, laborers and good equipment. PT ABC shall also comply with all policies, procedures and regulations of the company particularly Quality, Safety and Environment while conducting such work in the premises of PT XYZ. In order to meet the project target was expected by PT XYZ, PT ABC designed a scope of work, methodology, manpower, equipment and schedule to carry out partial belt change-out of the C-26 overland conveyor. In this project, the author has the role of project sponsor/champion. This position is the highest leader representing PT ABC management in this project and has the duty and responsibility to provide all support and approval from top management that is needed both regarding technical and non-technical aspects, for example, cost budget plans (RAB), safety-health-environment (SHE), project management, design for engineering, and others for the success of the project. The method prepared was to focus on measuring conveyor belts, belt disassembly, belt installation, and hot splicing, as well as testing belt splicing results using the splicing inspection test procedure and pull-out test. The final result achieved by the author and PT ABC is that the work can be completed completely within 18 calendar days, or three days faster than the specified time. The results of belt splicing are a cord diameter of 5.0 mm, a total of 81 cords, a top cover of 7 mm, a bottom cover of 5 mm, and a total thickness of 16.8 mm (+1.8/-1.00 mm). The final result was in accordance with the specified specifications. Meanwhile, for the pull-out test results, the pull-out strength value was 104.33 N/mm; this value has met the target, namely a minimum of 90 N/mm. The entire work process, from start to finish, has followed the regulations in force both at PT XYZ and local government. Until the project was completed, no incidents or penalties occur due to violations of the code of ethics or applicable regulations.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Putranto
"Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan piala dunia bola basket tahun 2023, maka dilakukan pembangunan stadion indoor guna menjadi venue acara tersebut. Stadion dengan kapasitas 16.300 penonton dibangun di di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada luas tapak bangunan 20.904 m2 dengan jenis stadium tertutup (indoor) tentu memerlukan sebuah rangka struktur penyangga atap bangunan dengan lebar.
PT. Adhi Karya (Persero) menjadi bagian dari kontraktor pelaksana pekerjaan proyek dengan nama paket Pekerjaan Pembangunan Indoor Multifunction Stadium dalam rangka piala dunia basket tahun 2023. Dalam laporan praktik insinyur ini bermaksud untuk mengkaji dan menganalisa proses perancangan, pelaksanaan pekerjaan dan pengawasan dari pekerjaan rangka atap Pembangunan Indoor Multifunction Stadium dengan menggunakan sistem space frame.
Proses kajian dan Analisa menggunakan metode perbandingan design antara space frame dengan truss profile sebagai alternatif design struktur. Berdasarkan hasil Analisa perbandingan diperoleh bahwa sistem rangka space frame memiliki keunggulan pada keandalan bangunan, kemudahan pelaksanaan, aspek keselamatan konstruksi, durasi pekerjaan, volume pekerjaan, dan biaya pekerjaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sistem truss profile yang merupakan rancangan pada saat Basic Design.

Indonesia was appointed as the host of the 2023 basketball world cup, so the construction of an indoor stadium was carried out to be the venue for the event. The stadium with a capacity of 16,300 spectators was built in the Gelora Karno area, Senayan, Jakarta on a building footprint of 20,904 m2 with a closed stadium type (indoor) certainly requires a frame of a building roof support structure.
PT. Adhi Karya (Persero) is part of the contractor implementing the project work under the name of the Indoor Multifunction Stadium Construction Work package in the framework of the basketball world cup in 2023. In the practice report, this engineer intends to review and analyze the process of designing, carrying out work and supervising the roof truss work of the Indoor Multifunction Stadium Construction using a space frame system.
The study and analysis process uses the design comparison method between the space frame and the truss profile as an alternative to structural design. Based on the results of the comparative analysis, it was obtained that the space frame frame system has advantages in building reliability, ease of execution, construction safety aspects, duration of work, volume of work, and work costs that are better when compared to the truss profile system which was designed at the time of Basic Design.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lathif Prasetyo Wibisana
"Kondisi ekonomi di awal tahun 2020 yang terdampak akibat pandemi penyebaran wabah COVID-19 mempengaruhi turun nya pendapatan bagi berbagai sektor bisnis, pemerintah dan berdampak pada kegiatan konstruksi infrastruktur. Ide maupun dorongan untuk melakukan mengurangi biaya pada proyek muncul akibat pertimbangan efisiensi biaya, sehingga peneliti dengan cermat melihat kondisi proyek dan mempertimbangkan semua alternatif yang memungkinkan di tahap desain untuk menciptakan optimalisasi biaya proyek ditengah kondisi pandemi. Pada studi kali ini bagaimana prinsip Value Engineering diterapkan pada proyek dilakukan dimana proyek pembangunan stadion internasional Jakarta menjadi contoh proyek yang akan diteliti. Tingkat keberhasilan implementasi Value Engineering dilakukan pada proses setelah detail engineering design. Hasil yang didadapatkan dalam Value Engineering proyek dapat melakukan efisiensi biaya dan mampu mengurangi biaya proyek.

In early 2020, the current economic condition is affected by the pandemic of the spread of the COVID-19 outbreak affected the decline in income for various business sectors and impacted on infrastructure construction activities. Ideas and encouragement to make cost efficiency on the project arise, so researchers carefully look at project conditions and consider all possible alternatives at the design stage to optimize project costs amid pandemic conditions. In this study how the principle of Value Engineering is applied to projects where the Jakarta international stadium construction project is an example of a project that will be examined. The success rate of the implementation of Value Engineering is carried out in the process after the detailed engineering design. The results obtained in the project Value Engineering can be cost efficient and able to reduce project."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>