Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kamelia Dewi Muliani
"Salah satu tujuan dari Program Peningkatan Perilaku Disiplin Guru adalah menciptakan suasana yang nyaman dan tertib dalam sekolah. SDN Krukut 3 terletak diperbatasan desa dan kota, dengan fasilitas sekolah yang belum memadai. Fasilitas yang kurang memadai tidak akan menjadi masalah jika diimbangi dengan ketertiban dalam kegiatan belajar mengajarnya. Guru merupakan ujung tombak pendidikan, salah satu perannya adalah menjadi penegak kedisiplinan sekolah. Sebagai penegak kedisiplinan guru harus mentaati peraturan yang ada, agar dapat menjadi contoh yang baik. Situasi yang dapat diamati di SDN Krukut 3 adalah guru sering keluar kelas saat jam pelajaran hanya untuk membaca koran, berbincang-bincang dengan sesama guru bahkan merokok.
Tujuan utama dari program intervensi adalah meningkatkan perilaku disiplin guru dalam mentaati peraturan. Program Peningkatan perilaku disiplin guru dilakukan melalui pendekatan appréciative inquiry. Appréciative Inquiry diharapkan menjadi alternatif baru dalam melakukan perubahan suatu orgànisasiAppreciative Inquiry berusaha menemukan hal-hal terbaik yang terdapat pada guru, sekolah dan lingkungan sekitarnya. Sebuah seni bertanya positif untuk memahami, mengantisipasi dan memperkuat potensi positif yang dimiliki guru. Sebagai ganti dari mencari sumber permasalahan dilalaikan afirmasi tentang topik perubahan. Perubahan melalui Appréciative Inquiry melalui tahapan discovery, dream, design dan destiny.
Membutuhkan waktu 3 bulan untuk mengevaluasi keberhasilannya program intervensi ini. Meski demikian telah dibuat suatu kesepakatan bersama untuk mencapai "perilaku guru taat peraturan" Tahapan lanjutan dari program intervensi peningkatan perilaku disiplin guru masih diperlukan dilanjutkan melalui pelatihan,, workshop dan diskusi sesuai dengan kebutuhan guru."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T37888
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Riyan Tamara
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T37957
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Husnul Fitri
"ABSTRAK
Indonesia merupakan negara yang sangat rawan terhadap bencana. Hal ini terjadi
hampir di semua wilayah termasuk Jakarta. Salah satu bencana yang sering teijadi
di Jakarta adalah kebakaran. Walaupun seringkali dianggap sebagai faktor
kelalaian dan bersifat insidental namun kebakaran telah menjadi bencana akibat
dampak yang ditimbulkannya. Dalam kenyataannya, kebakaran umumnya teijadi
di lingkungan padat dengan penduduk yang memiliki status ekonomi dan sosial
rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dimasudkan untuk melakukan intervensi
terhadap komunitas rawan kebakaran di Jakarta agar tercipta ketahanan
lingkungan terhadap bahaya kebakaran. Studi ini dilakukan di RW 04 Kelurahan
Manggarai, Jakarta Selatan karena wilayah tersebut termasuk kategori daerah
rawan kebakaran di Jakarta.
Dengan memperhatikan rumitnya permasalahan kebakaran, maka penelitian
difokuskan pada aspek kesiapsiagaan (preparedness). Untuk itu, digunakan
model kognitif-sosial terhadap faktor-faktor intention to préparé. Hal ini
dimaksudkan agar dapat diperoleh bentuk komunikasi risiko yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat. Pendekatan terhadap masyarakat dilakukan dengan
menggunakan metode community capacity enhancement yang bertujuan mencari
kapasitas masyarakat agar dapat digunakan dan dikembangkan dalam aktivitas
intervensi. Dalam hal ini, kapasitas yang dikembangkan adalah organisasi lokal.
Sementara itu, metode baseline yang dilakukan bersifat kualitatif melalui teknik
vulnerability and capacity assessment untuk memperoleh gambaran yang utuh
tentang kerentanan dan kapasitas komunitas.
Berdasarkan berbagai proses dan aktivitas intervensi yang dilakukan maka
diperoleh hasil : 1 ) adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap
kesiapsiagaan kebakaran; 2) adanya peningkatan outcome expectancy melalui
perubahan prilaku kesiapsiagaan spesifik; 3) terbentuknya format tim siaga lokal;
4) adanya aktivitas penyebaran informasi nonformal di masyarakat. Hasil tersebut
memperkuat penelitian yang menyatakan bahwa keberhasilan program intervensi
kesiapsiagaan kebakaran berbasis komunitas perlu memperhatikan aspek lokalitas
masalah sehingga tidak ada satu bentuk komunikasi risiko yang efektif
menjangkau semua kelompok sebagaimana diterapkan oleh instansi pemerintah
saat ini. Oleh karena itu, asesmen mendalam tentang komunitas merupakan hal
yang harus diutamakan sebelum menjalankan program intervensi terkait
permasalahan kebakaran."
2007
T37981
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
RR Mindo Poetri Permata
"ABSTRAK
Faktor ekonomi kerap dijadikan permasalahan tunggal pada kasus “anak putus
sekolah” di Indonesia. Ada sebuah temuan 3000 anak putus sekolah di kota Depok
dan mereka memilih mengikuti ujian Paket C untuk mendapatkan ijazah ketimbang
belajar di sekolah. Hal ini menunjukkan adanya keengganan siswa didik untuk
mengikuti pelajaran di sekolah. Sikap enggan mengikuti pelajaran sekolah dapat
diterjemahkan sebagai menurunnya motivasi anak belajar di sekolah.
Kegiatan bercerita untuk anak usia 6 -7 tahun adalah sebuah kegiatan intervensi yang
bersifat preventif untuk mempersiapkan anak menghadapi pendidikan ke jenjang
yang lebih tinggi. Media bercerita sangat efektif untuk dijadikan khasanah
pemaparan permasalahan sekaligus pemecahan permasalahan dengan cara yang
mudah dicerna oleh anak. Pemilihan anak usia 6 - 7 tahun berdasarkan kemampuan
tugas perkembangan anak dimana anak telah memiliki kemampuan mengolah
informasi berdasarkan stimulasi lingkungan. Yang dimaksud dengan kegiatan
bercerita ialah bercerita dengan muatan penanaman motivasi belajar anak sehingga
dorongan dan semangat belajar tetap terjaga utuh hingga anak menyelesaikan
pendidikan.
Lembaga yang dijadikan partner kerja dalam kegiatan intervensi ini ialah Taman
Pendidikan Al Qur’an dan Ngaji Lekar, sebagai dua lembaga yang dipercaya oleh
warga RW 20 Kampung Lio sebagai tempat mereka menitipkan anak untuk belajar
membaca Al Qur’an, baca latih, tulis, hitung dan pendidikan anak usia dini."
2007
T38050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Arum Witasari Humani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan empat aspek kunci interaksi untuk mengembangkan interaksi antara ibu dan anak usia kanak-kanak awal melalui kegiatan bermain studi pada anak usia 3-6- tahun. Empat aspek kunci dalam interaksi ibu-anak tersebut meliputi, affection, responsiveness, encouragement, dan teaching Roggman, dkk., 2013. Penelitian ini menggunakan reversal design, merupakan penelitian experimental satu-subjek kelompok dengan jumlah partisipan 11 pasangan ibu-anak. Pelatihan diberikan kepada ibu dengan total jumlah waktu 15 jam dan diselenggarakan selama empat hari berturut-turut. Materi yang diberikan dalam pelatihan mencakup, karakteristik anak usia kanak-kanak awal, bermain, dan interaksi ibu-anak.
Analisis data yang digunakan merupakan gabungan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan t-test. Interaksi ibu-anak diobservasi dan diukur menggunakan Parenting Interactions with Children: Checklist of Observations Linked to Outcomes PICCOLO , untuk mengidentifikasi aspek-aspek kunci interaksi orang tua-anak Roggman, dkk., 2013. Hasil perhitungan statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor interaksi ibu-anak yang diukur menggunakan PICCOLO melalui aktivitas bermain ibu-anak antara sebelum dan sesudah pemberian pelatihan empat aspek kunci interaksi ibu-anak pada ibu t = -3.339, p = 0,008 le; 0,05 , artinya pelatihan empat aspek kunci interaksi efektif mengembangkan interaksi ibu dan anak usia kanak-kanak awal.

The aim of this research is to understand the effectiveness of training on four interaction's key aspects to develop interaction between mother and early childhood children through playing study on children with 3 6 years of age. The four key aspects of mother children interaction are affection, responsiveness, encouragement, and teaching Roggman, et.all, 2013. This research using reversal design, a single subject experimental research with number of participants 11 couples mother and child. The 4 days training with total 15 hours is given to mother. The training materials covers characteristic of early childhood children, play, and mother child interaction.
The data analysis used is a combination of qualitative and quantitative methods, using t test statistics. The mother child interaction is observed and measured using Parenting Interactions with Children Checklist of Observations Linked to Outcomes PICCOLO Roggman, et.all, 2013. The statistical result demonstrates that there is a significant difference between mother child interaction score before and after the training on four interaction's key aspects t 3.339, p 0,008 le 0,05. It means that the training on four interaction's key aspects is effectively develop interaction between mother and early childhood children.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48803
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yosephine Dian Indraswari
"ABSTRAK
Program Intervensi ini bertujuan untuk mendorong perubahan kebiasaan yang mencemari
sumber air pada anak-anak komunitas Al Bahar. Komunitas Al Bahar adalah sekelompok
masyarakat marginal yang menempati lahan kosong di RT 09/RW 02 Kelurahan Abadi
Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kotamadya Depok, Jawa Barat dengan sistem sewa.
Sebagian besar berprofesi sebagai pedagang kaki lima dan pemulung. Pada wilayah ini
terdapat 7 (tujuh) buah sumur namun warga membeli air untuk konsumsi. Dalam
pandangan mereka, sumur yang ada tidak layak dikonsumsi, salah satunya disebabkan
perilaku anak-anak yang membuang sampah sembarangan dan mengotori sumur.
Metode teater rakyat dipilih karena terbukti efektif dalam melakukan penyadaran untuk
berperilaku lebih baik. Teater rakyat dilahirkan oleh seorang seniman Brasilia bernama
Augusto Boal. Salah satu teater anak-anak yang cukup berhasil adalah Children 's Theatre
Collective (CTC) di Filipina. Berdasarkan pengalaman CTC, teater merupakan proses
yang memberikan ruang untuk anak-anak mengeksplorasi, memahami realitas dan
menemukan solusi atas masalah yang teijadi. Teater juga melatih anak-anak untuk mau
mendengarkan dan berani mengkomunikasikan pengalamannya kepada orang lain.
Pelaksanaan program intervensi beijalan kurang lebih selama 2 (dua) bulan dan diikuti
oleh 11 (sebelas) anak. Metode yang digunakan selain teater, juga permainan yang
menyenangkan bagi anak-anak. Target group dalam intervensi ini yaitu anak usia 6-11
tahun atau tahap operational concrete berdasarkan Jean Piaget. Landasan teori utama
adalah Contextualism dari Lev Semyonovich Vygotsky. Teori ini menempatkan anak
bukan sebagai subyek yang menerima pengaruh dari lingkungan, namun sebaliknya anak
dipandang sebagai aktor yang mampu mempengaruhi lingkungannya {agent o f social
changes). Teori lain yang digunakan adalah individual changes process yang
dikemukakan Martindale (Zaltman, 1972). Martindale menyebutkan dalam tahapan
perubahan perilaku, pertama kali harus muncul kesadaran (awareness). Jika kesadaran
telah muncul, maka akan timbul ketertarikan (interest) yang akan mengarah pada
perubahan perilaku (behavior). Teater menjadi stimulus yang merangsang kesadaran
yang akan mendorong perubahan perilaku anak-anak komunitas Al Bahar.
Intervensi melalui Teater Rakyat telah menyadarkan anak-anak Al Bahar untuk tidak
mencemari sumur dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Metode ini
juga mampu membongkar budaya bisu dan membuat komunikasi lebih baik antara anak
dengan orangtuanya. Anak-anak Al Bahar menjadi lebih bertanggungjawab, kreatif dan
bahkan mulai berani mengingatkan para orangtuanya untuk menjaga kebersihan. Dalam
intervensi ini juga diketemukan bahwa internalisasi nilai dan perubahan perilaku lebih
efektif dan lebih cepat terjadi pada anak perempuan dibandingkan laki-laki.
Selain untuk anak-anak, Teater Rakyat dapat juga dimanfaatkan dalam intervensi yang
melibatkan remaja dan para orangtua. Teater Rakyat juga relevan untuk permasalahan
sosial yang terjadi di Indonesia seperti pengungkapan pelanggaran HAM masa lalu,
trauma healing akibat bencana dan konflik, penyadaran untuk isu korupsi dan lingkungan
hidup serta metode yang efektif untuk menggali permasalahan secara partisipatif dalam
program pendampingan masyarakat."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T37646
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elvie Tresya
"ABSTRAK
Kanker adalah suatu gangguan pertumbuhan, yang disertai dengan pembelahan sel
abnormal dimana sel yang membelah secara abnormal menyerang jaringan sel
normal, dan menurunkan fungsi pada jaringan tersebut atau organ yang terserang.
Pasien kanker mengalami berbagai macam hal yang mempengaruhi kondisi fisik,
psikologis, dan psikososial. Hal yang dapat terlihat dengan jelas pada reaksi fisik ini
adalah rasa sakit.. Keluhan fisik lainnya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit
kanker, antara lain keluhan mual, muntah dan anoreksia, susah berkonsentrasi,
fatigue, susah tidur, konstipasi, kurangnya nafsu makan, disfungsi seksual, serta
kurangnya penglihatan dan pendengaran. Reaksi psikologis yang mungkin terjadi
pada pasien kanker adalah ancaman terhadap citra diri, kehilangan integritas
ketubuhan, hilangnya kemandirian, ketakutan, gangguan dalam pekerjaan dan masa
depan yang tidak pasti. Sedangkan reaksi psikososial yang mungkin terjadi pada
pasien kanker adalah hubungan yang tegang dan menarik diri. Hal tersebut
memperlihatkan bahwa betapa pentingnya memahami kondisi pasien kanker dalam
upaya memberikan perawatan secara menyeluruh yang dinamakan pendekatan
perawatan multidisipliner terpadu (integrated multidisciplinary approach to care),
yang dikenal dengan perawatan paliatif.
Perawatan paliatif adalah sistem perawatan terpadu yang bersifat aktif dan
menyeluruh, dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi, yang bertujuan
untuk mengurangi penderitaan pasien, meningkatkan kualitas hidup yang optimal,
juga memberikan dukungan kepada keluarganya.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai langkah awal untuk menggali pengetahuan
dan pemahaman pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais dan keluarganya.
Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif untuk menggali bagaimana
pengalaman hidup pasien kanker. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak
empat orang, yaitu dua orang pasien dan dua orang anggota keluarga pasien di
Rumah Sakit Kanker Dharmais.
Penemuan dalam penelitian ini adalah pasien dan keliarga tidak memiliki cukup
pengertian tentang konsep dari perawatan paliatif. Konsep mengenai perawatan
sangat diasosiasikan dengan satu dokter. Bagaimana pun juga, mereka mendapatkan
keuntungan dengan adanya perawatan paliatuf. Jadi pasien dan keluarga memerlukan suatu metode langsung yang berguna dalam pemberian informasi
mengenai perawatan paliatif. Hal menarik yang ditemukan dalam penelitian ini ada
pengalaman emosi yang ditemukan pada anggota keluarga, yang merupakan hal
penting dalam mendukung perawatan. Hal menarik lainnya yang ditemukan adalah
caring attitude yang di berikan oleh tim kesehatan merupakan faktor yang penting
dalam merawat pasien dan keluarga
Pada akhirnya, rekomendasi diberikan tentang perlunya pertimbangan perbedaan
diagnosis medis, proses adaptasi atau tahapan berduka dan harapan dan kepuasan
pasien dan keluarga dalam perawatan paliatif."
2009
T37911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>