Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6851 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anna Christina
Abstrak :
Di Indonesia, masih ada kesenjangan dalam akses telekomunikasi, dengan sebagian besar daerah rural mengalami "tidak ada sinyal". Sebaliknya, daerah urban menikmati teknologi modern dan bermanfaat bagi masyarakat. Framework yang komprehensif diperlukan untuk mengatasi kesenjangan akses telekomunikasi antara kelompok "kaya" dan "miskin" di daerah urban dan rural. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah framework yang dapat menjadi acuan pemberian akses universal yang dapat menembus batasan isolasi geografis dan sosial dalam konteks ke-Indonesia-an. Disertasi ini mengembangkan suatu framework grid telekomunikasi khas Indonesia berbentuk poligon kecamatan yang dibentuk dari jaringan telekomunikasi dan sosial ekonomi. Setiap grid dibangun melalui formulasi dari 55 indikator empiris berdasarkan penilaian kualitatif yang kemudian diolah secara kuantitatif melalui pemodelan multi-stage statistical approach dengan pendekatan 5 opsi skenario. Selanjutnya, model menghasilkan 4 kategori grid per-unit wilayah administratif tingkat kecamatan, yaitu grid #1: kecamatan “binaan”, grid #2: kecamatan “berkembang”, grid #3: kecamatan “maju”, dan grid #4: kecamatan “mandiri”. Framework grid yang dikembangkan diuji melalui Proof of Concept pada kasus Provinsi DKI Jakarta dan random sampling 1% populasi Indonesia. Hasilnya menunjukkan range: akurasi antara 72,7% sampai dengan 95,5% dan tingkat kesalahan (error rate) 84% sampai dengan 95%. Framework ini dapat menjawab bagaimana penetrasi teknologi telekomunikasi terkini yaitu 5G dapat dimulai dari wilayah yang tergolong grid #4: kecamatan “mandiri” dan dengan analisis separasi geografis dapat hidup berdampingan dengan layanan satelit pada pita 3.5 GHz. Framework grid poligon ini dapat menjadi salah satu opsi mengurangi disparitas akses telekomunikasi yang dapat menaikkan potensi ekonomi digital Indonesia. ......In Indonesia, there is still a disparity in telecommunications access, with most rural areas experiencing “no signal” or “blank spots.” In contrast, urban areas enjoy modern and societally-beneficial technologies. A comprehensive framework is needed to address the disparity in telecommunications access between “rich” and “poor” groups in urban and rural/remote areas, respectively. Therefore, a framework is needed that can be a reference for providing universal access that can break the boundaries of geographical and social isolation in the context of Indonesia. This dissertation develops a typical Indonesian telecommunications grid framework in the form of a subdistrict polygon formed from telecommunications and socio-economic networks. Each grid is constructed through the formulation of 55 empirical indicators based on qualitative assessment which is then quantitatively processed through multi-stage statistical approach modeling with a 5-option scenario approach. Furthermore, the model produces 4 grid categories per unit of district administrative regions, namely grid #1: "fostered" districts, grid #2: "developing" districts, grid #3: "advanced" districts, and grid #4: "independent advanced" districts. The grid framework developed was tested through Proof of Concept in the case of DKI Jakarta Province and random sampling of 1% of the Indonesian population. The results show a range: accuracy between 72.7% to 95.5% and error rate of 84% to 95%. This framework can answer how the penetration of the latest telecommunications technology, namely 5G, can be started from areas classified as grid #4: "independent advanced" districts and with geographical separation analysis can coexist with satellite services in the 3.5 GHz band.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuwardi
Abstrak :
Keadaan peralihan merupakan hal yang tidak kalah penting dibandingkan dengan keadaan tunak pada sistem tenaga listrik. Hal ini dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu pensaklaran terhadap sistem dan sambaran petir pada suatu sistem tenaga listrik. Keadaan peralihan dapat menyebabkan nilai tegangan dan arus menjadi berkali-kali lipat dibandingkan nilai normalnya. Hal ini tentu saja merugikan dan dapat merusak sistem. Pada sistem resistif murni tidak ada keadaan peralihan, namun dalam kenyataannya suatu sistem pasti mengandung elemen penyimpan energi, yaitu induktor dan kapasitor. Oleh karena itu analisis keadaan peralihan sangatlah penting dalam menjaga keberlangsungan dari sistem tenaga listrik, baik besar maupun kecil. Analisis yang dilakukan pada skripsi ini adalah pengaruh pensaklaran kapasitor bank dan beban resistif terhadap sistem tenaga listrik, dalam hal ini ada tiga titik observasi yaitu sumber tegangan bolak-balik, kapasitor bank dan beban kombinasi resistif dan induktif. Untuk mendapatkan data bentuk gelombang tegangan dan arus, digunakan simulasi menggunakan perangkat lunak SIMULINK dari MATLAB. Terdapat empat rangkaian simulasi, yaitu kapasitor bank dipasang permanen, pensaklaran kapasitor bank satu langkah, pensaklaran kapasitor bank tiga langkah, dan pensaklaran kapasitor bank dua langkah dan beban kombinasi resistif dan induktif dua langkah. Pada simulasi yang menggunakan pensaklaran, terdapat waktu pensaklaran yang divariasikan sehingga dapat dilihat hubungan waktu pensaklaran dengan nilai tegangan dan arus peralihan. Hasil simulasi pada skripsi ini menunjukkan bahwa tegangan dan arus peralihan yang diakibatkan oleh adanya pensaklaran kapasitor bank dan beban kombinasi resistif induktif berbanding lurus dengan nilai sesaat gelombang sinosoidal.
Transient-state is not less important than steady-state in electrical power system. This can be caused by two things, switching to the system and lightning stroke to the system. Transient-state can result the magnitude of voltage and current to be several times than normal operation. This is undesirable and can cause damage to the system. In pure resistive circuit, there is no transient-state, but in reality, every electrical circuit must contain energy storage elements, those are inductor dan capasitor. Thus, analysis of transient-state must be concidered important to maintain the operation of electrical power system, complex or simple. This paper describe a study of how capasitor bank and resistive-inductive load switching can affect the elecrical power system. There are three obsevation point,which are AC voltage supplier, capasitor bank itself, and resistive-inductive load. To get the data of voltage and current wave, simulation by software is used, in this paper is SIMULINK from MATLAB. There are four simulation circuit in this paper, permanent capasitor, one step capasitor bank switching, three step capasitor bank pensaklaran, and two step capasitor bank switching with two step inductive-resistive load switching. In simulations that contain swithing, there is time variabel, so we can see the relationship beetween switching time and magnitude of voltage and current. The simulation's result shows that transient voltage and current magnitudes caused by capasitor bank and resistive-inductive load switching follows the momentary magnitude of sinosoid wave.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40375
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Yuda Kristiawan
Abstrak :
ABSTRAK
Pada sistem kendali konvensional, batasan-batasan seperti amplitudo dan slew rate sinyal kendali tidak diperhitungkan pada proses pengendalian. Hal ini tentu dapat menyebabkan hasil kendali menjadi kurang baik, terutama jika terjadi pemotongan paksa terhadap sinyal kendali sebelum masuk ke plant. Untuk mengatasi hal tersebut dirancanglah suatu pengendali MPC. Dengan MPC, keluaran proses yang akan datang dapat diprediksi dan batasan-batasan yang ada tidak diabaikan sehingga keluaran sistem menjadi bagus. Selain keluaran sistem menjadi bagus, adanya batasan juga dapat membuat kinerja alat menjadi optimal.

Pada skripsi ini, sistem yang akan dikendalikan dengan metode MPC dengan constraints adalah Coupled-Tank Control Apparatus PP-100. Model yang digunakan pada perancangan pengendali berbentuk ruang keadaan yang didapat dengan menggunakan metode Kuadrat Terkecil berdasarkan pada data masukan dan data variabel keadaan alat. Masukan sistem adalah tegangan pompa pada tangki pertama dan keluaran yang akan dikendalikan adalah ketinggian air pada tangki kedua.

Dari uji eksperimen terbukti bahwa metode pengendali MPC dengan constraints memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode Aturan Kendali Kenaikan. Hal tersebut dapat terlihat dari tanggapan sistem, dimana tanggapan sistem dengan menggunakan metode MPC lebih cepat serta tidak adanya overshoot maupun undershoot pada keluaran sistem saat terjadi perubahan nilai trayektori acuan.
ABSTRACT
In conventional control system, constraints, such as amplitude and slew rate of input signal are not computed in control process. This matter of course can make the control result become worst, especially when force cutting occur to input signal before it enters to the plant. To solve those problems, a MPC controller is designed. With MPC, process output can be predicted and the existence of constraints will not be ignored and, as the result, it makes output system become well. Besides improve output system quality, the existence of the constraints can also make the device works at optimum condition everytime.

In this following final thesis, system that will be controlled with MPC with constraints method is Coupled-Tank Control Apparatus PP-100. Model that is used in controller design has state space form. This model is got by use Least Squares method based on input and state variable data. Input system is pump in first tank and output that will be controlled is water level in second tank.

Experiments prove that MPC with constriants give better result than Incremental Control method. With MPC, system response become faster and there are no overshoot nor undershoot when the set point change.
2007
S40377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reza Vahlefi
Abstrak :
Motor Induksi tiga fasa merupakan salah satu jenis motor listrik, yang membutuhkan sumber tegangan listrik tiga fasa secara seimbang dalam pengoperasiannya. Tegangan suplai tiga fasa yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kinerja dari motor induksi tiga fasa pada saat beroperasi. untuk menganalisis pengaruh ketidakseimbangan tegangan terhadap daya motor induksi, dilakukan pengukuran data tegangan dan besar sudut fasanya. Dari data tersebut akan dianalisis daya disipasi yang hilang berdasarkan komponen urutan simetris Fortesque. Komponen simetris Fortesque akan memberikan nilai tegangan urutan positif dan negatif. Kemudian dari nilai tegangan urutan positif dan negatif tersebut akan dianalisis performa motor induksi yang diuji, terkait dengan parameter daya disipasi, dan efisiensi motor. Berdasarkan data sampling tegangan antar fasa yang diambil secara acak, besar efisiensi motor yang menggunakan parameter ketidakseimbangan tegangan selalu lebih rendah dari efisiensi motor yang hanya menggunakan parameter tegangan antar fasa, arus, dan faktor daya. Besar selisih efisiensi tersebut sebesar 2.87% pada pompa DR-2, 4.78% untuk motor pompa DR-3, dan sebesar 9.3% untuk motor pompa Intake. ......Three Phase Induction Motor is a kind of electric motors which is need to be supplied by balanced electrical voltage source for its operation. Unbalanced three phase input voltage can affect induction motor performance when it operate. To analyze unbalanced voltage correlation with induction motor's power, input voltage and its phase are measured. From that data, we will analyze dissipation power / power losses by Fortesque's Symmetrical Component. Fortesque Symmetrical Component will give a value of positive sequence voltage and negative sequence voltage. Thus, Induction motor performance in terms of dissipated power and efficiency will be analyzed by positive and negative sequence voltage value. Value of Motor's efficiency which use unbalanced voltage as a main parameter always smaller than motor's efficiency that calculated by three-phase power parameter, such as line voltage, current voltage, and power factor. Motor's efficiency margin on each motor are 2.87% for DR-2 Motor, 4.78% for DR-3 Motor, and 9.3% for Intake Motor.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S54606
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gausul Furida Firdaus
Abstrak :
Didalam skripsi ini dijelaskan tentang konsep Least Square Support Vector Machines (LS-SVM) untuk pengembangan sistem pengenalan tanda nomor kendaraan bermotor. Sistem akan mengenali plat nomor kendaraan untuk keperluan proses identifikasi secara otomatis. Pengenalan karakter merupakan modul inti dalam sistem yang mengenali tanda nomor kendaraan dari video. Yang menjadi fokus penelitian ini ialah ketepatan dalam mengenali setiap karakter, kecepatan proses, tingkat ketelitian hasil pengenalan akibat kondisi blur, posisi plat nomor yang miring, kecepatan perekaman video, suasana pengambilan video, resolusi video, dan jumlah data latih. Metode Least Square Support Vector Machine (LS-SVM) digunakan untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan komputasi dengan kernel linier serta one against one untuk metode multiclass. Metode deteksi garis tepi dan morphology digunakan pada proses lokalisasi plat nomor. Untuk mengenali karakter secara akurat proses training dipisah antara karakter angka dan huruf. Hasil penelitian menunjukan tingkat ketelitian pengenalan tanda nomor kendaraan mencapai maksimal 98.66% untuk resolusi 1280x720p dan jumlah data latih sebanyak 15. Akurasi minimal yang diujikan pada resolusi 320x240 dan jumlah data latih sebanyak 3 diperoleh sebesar 25.50%.
In this paper, we review the use of least square support vector machines (LS-SVM) concept in development system of license plate recognition. License plate of vehicle will recognize by system for identification process automatically. Charackter recognition is a core of system which is essentially multi-classification problem. The major focus of research is identification each character accurately and rapidly in case of blurs, tilt, noise, video resolution, video capturing atmosphere and amount of training set. LS-SVM with linier kernel and one against one for multiclass problem use to further improve recognition accuracy and speed of LPR system. Edge detection and morphology use in license plate localization process of system LPR. In other to recognize a number plate more accurately we separate trained model with number and English character. Our method got a maximum recognition rate 98.66% in resolution 1280x720p with 15 training set. Minimum recognitoin rate that have tested is 25.50% for resolution 320x240 with 3 training set.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S54470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryo Bodroseno
Abstrak :
[ ABSTRAK
Motor listrik merupakan sebuah mesin yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Ada banyak jenis motor, salah satunya adalah PMSM (Permanent Magnet Synchronous Motor). PMSM merupakan motor listrik yang menggunakan permanen magnet sebagai penghasil medan magnet di rotor, sehingga medan magnet yang ada di rotor pun cenderung konstan. Salah satu ukuran kinerja dari PMSM adalah efisiensi. Efisiensi PMSM dapat digambarkan dalam bentuk map effisiensi. Ada beberapa cara untuk membuat map effisiensi motor. Dalam penelitian ini akan digunakan metode quasi statik. Penggunaan metode ini didasarkan pada alasan kemudahannya. Hasil map efisiensi yang didapat dari metode quasi statik akan dibandingkan dengan map efisiensi yang didapat dengan perangka lunak FEM. Hasil dari kedua metode ini akan dibandingkan dengan map efisiensi yang didapat dari pengujian motor. Untuk membuktikan efektivitas metode quasi statik akan diambil contoh PMSM yang digunakan di mobil Toyota Prius. Dari map efisiensi yang didapat metode quasi statik memiliki tingkat akurasi yang tidak berbeda dengan FEM.
ABSTRACTElectric motor is a machine to convert electric energy become mechanic energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity. Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi static method has not be different accuracy than FEM.;Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity. Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi static method has not be different accuracy than FEM.;Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity. Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi static method has not be different accuracy than FEM., Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity. Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi static method has not be different accuracy than FEM.]
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S61883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Raihan Fakhar Arifin
Abstrak :
Kendaraan listrik (EV) telah menjadi solusi yang semakin populer untuk mengurangi emisi gas kendaraan bermotor dan mengatasi masalah lingkungan. Meningkatnya penggunaan EV menimbulkan tantangan baru terkait manajemen daya di stasiun pengisian daya. Masalahnya adalah kurangnya efisiensi dalam mengalokasikan daya saat kendaraan sedang mengisi daya di stasiun pengisian daya, yang dapat menyebabkan permintaan daya yang melebihi beban maksimum stasiun dan mengakibatkan lonjakan harga yang harus dibayar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengontrol manajemen daya yang efisien untuk stasiun pengisian daya kendaraan listrik berbasis deep reinforcement learning (DRL). DRL diterapkan karena kemampuannya untuk menyelesaikan sistem kontrol tanpa model yang akurat (free-based-model), terutama untuk stasiun pengisian daya EV yang memiliki faktor stokastik. Sistem akan secara otomatis mengontrol alokasi daya untuk pengisian daya kendaraan berdasarkan informasi dari setiap kendaraan yang terhubung ke stasiun pengisian daya dan variabel lainnya agar tidak melebihi batas daya maksimum stasiun pengisian daya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma DRL, terutama DDPG dengan pendekatan actor-critic, dapat mengalokasikan daya pengisian daya secara optimal untuk setiap EV dan secara signifikan memaksimalkan keuntungan stasiun dibandingkan dengan algoritma lainnya. ......Electric vehicles (EVs) have become an increasingly popular solution to reduce motor vehicle gas emissions and address environmental concerns. The increasing use of EVs poses new challenges regarding power management at charging stations. The problem is the lack of efficiency in allocating power while vehicles are charging at charging stations, which can lead to power demand that exceeds the maximum load of the station and results in a spike in the price to be paid. The main objective of this research is to develop an efficient power management controller for electric vehicle charging stations based on deep reinforcement learning (DRL). DRL is applied because of its ability to solve the control system without an accurate model (free-based-model), especially for EV charging stations that have stochastic factors. The system will automatically control the power allocation for vehicle charging based on information from each vehicle connected to the charging station and other variables so as not to exceed the charging station's maximum power limit. The results of this study show that the use of DRL algorithms, especially DDPG using actor-critic approach, can optimally allocate charging power for each EV and significantly maximize the station's profit compared to the other algorithms. 
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Ali Subhan
Abstrak :
Unjuk kerja GSM Cluster dapat diketalui i dengan pengukurun parameter unjuk kerja meialui OMC (Operation Maintenance Centre). Pada penulisan skripsi ini penulis melakukan pengukuran unjuk kerja jaringan GSM di area Cluster 98 meialui titik pandang pelanggan. yaitu metode drive test. Pengukuran hanya dibatasi pada pelayanan voice atau CS64. Hasil penaukuran dengan drive test dianalisis parameter-parameter unjuk kerjanya dan dibandingkan dengan data statistik OSS. Penurunan perforinansi dan kelemahan yang timbul pada jaringan GSM cluster ini dapat diketaluii dari hasil analisa pengukuran sehingga dapat dioptimasi agar unjuk kerjanya tetap terpelihara dengan baik. Hasil pengukuran unjuk kerja GSM cluster 98 digunakan sebagai masukan bagi operator mengantisipasi pertumbuhan pelanggan dan menentukan kebijakan-kebijakan dalam operasional, perencanaan, dan peningkatkan kualitas pelayanan. ......GSM cluster performance can be determined with measuremeni of pei rornumee parameters through OMC (Operation Maintenance Centre). On this final project the authors performed measurements of the performance of the GSM network in the area of Cluster 98 through the customer's point of view; the method of drive test. Measurement is only limited to voice services or CS64. results of measurements with drive test parameters were analyzed and compared their performance statistics OSS. Decrease in performance and the resulting weakness in the GSM network can be known from this cluster analysis so that measurements can be optimized so that their performance is maintained properly. The results of performancc ineasurement GSM cluster 98 is used as insert for GSM operators to subscriber growth anticipated performance and determine the operational policies, planninu. and improvement quality of service.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S68722
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiryanata Sunardi
Abstrak :
Quadcopter atau Quadrotor adalah sebuah jenis helikopter tanpa awak yang memiliki empat rotor yang terpasang dengan propeller. Pada quadcopter memiliki 2 buah rotor yang berputar searah jarum jam dan 2 buah rotor yang berputar berlawanan arah jarum jam. Pada sebuah quadcopter memiliki keseimbangan yang tidak stabil secara aerodinamis sehingga memerlukan komputer untuk mengkonversi perintah input menjadi perintah yang dapat mengganti kecepatan rotasi dari propeller sehingga menghasilkan gerakan yang diinginkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya Artificial Intelligence dan Machine Learning, teknologi telah menjadi bagian penting serta berpengaruh secara signifikan dalam kehidupan manusia. Pengaplikassian Artificcial Intelligence seperti Neural Network juga tidak luput pengaplikasiannya di bidang Quadcopter Unmanned Aerial Vehicles (UAV). Dalam hal ini Neural Network digunakan sebagai basis dari metode pengendalian yang hendak diaplikasikan pada Quadcopter Unmanned Aerial Vehicles (UAV) yang disebut sebagai Pengendali Neural Network. Metode pengendalian Neural Network merupakan metode pengendalian yang memiliki model matematika yang disusun oleh Artificial Neural Network (ANN) dimana pengendali Neural Network terdiri dari dua buah komponen dasar yakni komponen inverse dan komponen identifikasi. Jenis pengendali yang digunakan untuk menstabilisasi manuver pada pergerakan Quadcopter UAV kemudian diuji dan diverifikasi melalui simulasi yang dilakukan dengan bahasa pemrograman MATLAB serta dilakukan perbandingan dengan pengendali Single Neuron Adaptive PID sebagai pembanding dalam hal performa pengendali. ......A quadcopter, or quadrotor, is an unmanned helicopter with four rotors equipped with propellers. In a quadcopter, two rotors spin clockwise, and two rotors spin counterclockwise. A quadcopter has an aerodynamically unstable balance, which requires a computer to convert input commands into instructions that can change the rotation speed of the propellers to produce the desired movements. With the advancement of technology, especially Artificial Intelligence and Machine Learning, technology has become an integral and influential part of human life. Artificial Intelligence, such as Neural Networks, is also applied in the field of Quadcopter Autonomous Aerial Vehicles (UAV). In this context, Neural Networks are used as the basis for control methods to be applied to Quadcopter Unmanned Aerial Vehicles (UAV), referred to as Neural Network Controllers. The Neural Network Controller method is a control method with a mathematical model constructed by an Artificial Neural Network (ANN) consisting of two primary components: the inverse component and the identification component. The type of controller used to stabilize the maneuvers in the movement of the Quadcopter UAV is then tested and verified through simulations conducted in the MATLAB programming language and compared with Single Neuron Adaptive PID (SNAPID) controllers regarding controller performance.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>