Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vandi Ahmad Juliansyah
"Skripsi Terapan ini membahas mengenai faktor–faktor yang mempengaruhi adopsi Robotic Process Automation (RPA) menggunakan platform UiPath berdasarkan kerangka kerja Technology-Organization-Environment (TOE), serta dampak implementasinya pada proses analisis kompetitif terhadap produktivitas kerja di PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan survei terhadap 106 karyawan yang dianalisis menggunakan SEM-PLS dan didukung wawancara kualitatif sebagai data pendukung. Implementasi UiPath dilakukan melalui otomasi proses pengumpulan, pengolahan, dan visualisasi data benchmarking untuk memungkinkan pekerjaan diselesaikan lebih cepat, akurat, dan efisien, sekaligus mengurangi kesalahan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima dari ketujuh faktor TOE, yakni keunggulan relatif, kompatibilitas, dukungan manajemen puncak, kesiapan organisasi, dan tekanan kompetitif berpengaruh signifikan terhadap adopsi UiPath, sedangkan kompleksitas dan tekanan mitra bisnis tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, implementasi UiPath terbukti meningkatkan produktivitas kerja yang diukur dari kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu pekerjaan. Penelitian ini menegaskan bahwa adopsi teknologi otomasi berbasis TOE dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas kerja perusahaan di industri telekomunikasi.

This study examines the factors influencing the adoption of Robotic Process Automation (RPA) using the UiPath platform based on the Technology-Organization-Environment (TOE) framework, as well as the impact of its implementation on competitive analysis processes and work productivity at PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). The research uses a mixed-method approach, involving a survey of 106 employees analyzed using SEM-PLS, supported by qualitative interviews for additional data. UiPath implementation is carried out through the automation of data collection, processing, and benchmarking visualization processes, enabling tasks to be completed faster, more accurately, and efficiently while reducing manual errors. The results show that five out of the seven TOE factors: relative advantage, compatibility, top management support, organizational readiness, and competitive pressure significantly influence the adoption of UiPath, while complexity and business partner pressure do not have a significant impact. Additionally, UiPath implementation has proven to enhance work productivity, measured by the quantity, quality, and timeliness of tasks. This study highlights that the adoption of automation technology based on the TOE framework can be an effective strategy for improving competitiveness and work productivity in the telecommunications industry. "
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Syakur
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Product-Market Fit (PMF) produk gim video Visual Novel yang dikembangkan oleh startup NusaEdufy, dengan fokus pada perilaku konsumen orang tua anak usia dini (0-6 tahun) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Penelitian menggunakan pendekatan Explanatory Sequential Design, yang menggabungkan analisis kuantitatif untuk mengevaluasi aspek Usability dan Desirability serta analisis kualitatif untuk meninjau aspek Feasibility dan iterasi dari produk. Data dikumpulkan melalui survei kepada 95 orang tua dan wawancara dengan tim pengembang NusaEdufy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Desirability memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, sementara aspek Usability tidak signifikan, menunjukkan perlunya peningkatan pada User Experience dan fitur produk. Iterasi produk direncanakan berdasarkan masukan dari responden, termasuk penyederhanaan antarmuka, peningkatan visual, sinkronisasi audio, dan pengembangan nilai budaya. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi NusaEdufy untuk mengoptimalkan produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mendukung pendidikan budaya anak usia dini.

This study aims to analyze the Product-Market Fit (PMF) of a Visual Novel video game developed by the startup NusaEdufy, focusing on the consumer behavior of parents with early childhood-aged children (0–6 years old) in the Greater Jakarta area. The research employs an Explanatory Sequential Design approach, combining quantitative analysis to evaluate aspects of Usability and Desirability, and qualitative analysis to assess the product’s Feasibility and iteration plan. Data was collected through a survey of 95 parents and interviews with the NusaEdufy development team. The findings indicate that Desirability significantly influences consumer behavior, whereas Usability does not show a significant effect, highlighting the need to improve the product’s User Experience and features. Product iteration is planned based on respondent feedback, including interface simplification, visual enhancements, audio synchronization, and the development of cultural value content. This research provides strategic recommendations for NusaEdufy to optimize the product to better meet market needs and support cultural education for early childhood development."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsali Pritasari Putri
"Skripsi Terapan ini membahas mengenai analisis dan pengembangan strategi digital marketing menggunakan metode RACE Framework dalam meningkatkan brand awareness pada kasus Mirza MS Dental Care. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden dan kualitatif melalui wawancara dengan penanggung jawab marketing dan staff marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang sudah di jalani selama 2 tahun terakhir melalui metode RACE Framework yang terdiri dari tahapan Reach, Act, Convert dan Engage memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap peningkatan brand awareness melalui responden followers dan non followers. Mengenai strategi pengembangan melalui metode RACE Framework, pada tahap Reach, Mirza MS Dental Care memanfaatkan berbagai platform digital seperti Instagram, TikTok, Facebook, Google Business Profile, dan YouTube untuk memperluas jangkauan audiens. Tahap Act dilakukan dengan fokus pada konten edukatif yang menarik serta kolaborasi dengan Key Opinion Leader(KOL) untuk meningkatkan engagement. Pada tahap Convert, menggunakan berbagai strategi seperti program promosi bulanan, Blessed Friday, dan cicilan tanpa bunga untuk mendorong audiens digital menjadi pasien. Sedangkan pada tahap Engage, klinik berfokus pada membangun loyalitas pasien melalui pendekatan personal seperti pengingat kontrol, ucapan ulang tahun dan program loyalitas lainnya. Dengan strategi yang sudah terstruktur tentunya akan membantu Mirza MS Dental Care fokus dan terarah melalui masing-masing tahapan sehingga brand awareness meningkat dan dapat bersaing dengan klinik/industri kesehatan gigi lainnya.

This study examines the analysis and development of digital marketing strategies using the RACE Framework to increase brand awareness case study of Mirza MS Dental Care. The research method used is a mixed-method approach, combining quantitative data from questionnaires distributed to 200 respondents and qualitative insights from interviews with marketing manager and marketing staff. The results indicate that the digital marketing strategies implemented over the past two years using the RACE Framework, which consists of the stages Reach, Act, Convert, and Engage, have had a significant impact on brand awareness, as reflected in responses from both followers and non-followers.For the strategy development using the RACE Framework, in the Reach stage, Mirza MS Dental Care utilizes various digital platforms such as Instagram, TikTok, Facebook, Google Business Profile, and YouTube to expand audience reach. The Act stage focuses on creating engaging educational content and collaborating with Key Opinion Leaders (KOLs) to boost audience engagement. In the Convert stage, the clinic implements strategies like monthly promotions, the "Blessed Friday" program, and interest-free installment plans to encourage digital audiences to become patients. Meanwhile, in the Engage stage, the clinic emphasizes building patient loyalty through personalized approaches such as control reminders, birthday greetings, and loyalty programs. With these structured strategies, Mirza MS Dental Care is better positioned to stay focused and organized through each stage of the RACE Framework, enhancing brand awareness and effectively competing with other dental clinics and healthcare providers."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdullah Al Ghifary
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan menggunakan model SERVQUAL pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Universitas Indonesia (UI) Depok. Dalam konteks persaingan perbankan yang semakin ketat dan kebutuhan nasabah yang beragam, terutama di lingkungan akademik, kualitas pelayanan menjadi faktor kunci dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data melalui kuesioner berbasis lima dimensi SERVQUAL: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Sampel terdiri dari 100 nasabah aktif BNI Cabang UI Depok yang dipilih secara random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dimensi SERVQUAL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan dimensi Responsiveness sebagai yang paling dominan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen BNI dalam merancang strategi peningkatan kualitas layanan yang lebih responsif dan adaptif sesuai kebutuhan nasabah di lingkungan kampus. Secara teoritis, penelitian ini memperkaya literatur terkait aplikasi model SERVQUAL dalam konteks layanan perbankan di lingkungan pendidikan tinggi.

This study aims to analyze the influence of service quality on customer satisfaction using the SERVQUAL model at Bank Negara Indonesia (BNI) Branch of Universitas Indonesia (UI) Depok. In the face of increasing competition in the banking sector and diverse customer needs, especially within an academic environment, service quality is a critical factor in maintaining customer loyalty. This quantitative research employs a survey method with data collected through questionnaires based on the five SERVQUAL dimensions: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy. The sample consists of 100 active customers of the BNI UI Depok branch selected via random sampling. Data were analyzed using multiple linear regression to examine the effect of each service quality dimension on customer satisfaction. The results indicate that all SERVQUAL dimensions have a positive and significant impact on customer satisfaction, with Responsiveness being the most dominant dimension. These findings provide practical implications for BNI management to design more responsive and adaptive service quality improvement strategies tailored to campus customer needs. Theoretically, this research contributes to the literature on applying the SERVQUAL model in banking services within higher education settings."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabil Arsyril Nuha
"Penelitian ini menganalisi pengaruh Self-Congruity dan Perceived Congruence terhadap Brand Equity Kopi Nako Daur Baur Bogor, dimediasi oleh Brand Identification dan Brand Credibility. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei dengan skala likert tujuh poin yang disebarkan kepada 107 responden berusia 13-44 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan pernah mengunjungi outlet Kopi Nako Daur Baur Bogor. Analisis dilakukan menggunakan PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa Self-Congruity dan Perceived Congruence masing-masing memiliki pengaruh kecil kepada Brand Equity secara langsung dan berpengaruh besar melalui mediator Brand Identification dan Brand Credibility (nilai T-statistics > 1.976 dan p-value < 0.05). Temuan ini menegaskan bahwa konsep ramah lingkungan pada coffee shop dapat meningkatkan Brand Equity melalui variabel Self-Congruity dan Perceived Congruence yang dimediasi oleh Brand Identification dan Brand Credibility.

This study analyzes the influence of Self-Congruity and Perceived Congruence on the Brand Equity of Kopi Nako Daur Baur Bogor, mediated by Brand Identification and Brand Credibility. This quantitative research employed a survey method using a seven-point Likert scale, distributed to 107 respondents aged 13–44 years who reside in the Greater Jakarta area (Jabodetabek) and have visited the Kopi Nako Daur Baur Bogor outlet. The analysis was conducted using PLS-SEM. The results show that both Self-Congruity and Perceived Congruence have a small direct effect on Brand Equity but a significant indirect effect through the mediators Brand Identification and Brand Credibility (T-statistics > 1.976 and p-value < 0.05). These findings highlight that the environmentally friendly concept of the coffee shop can enhance Brand Equity through Self-Congruity and Perceived Congruence mediated by Brand Identification and Brand Credibility."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewa Putu Tubagus Adi Sanjaya
"Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran digital melalui TikTok terhadap minat beli konsumen produk parfum Ascentsia dengan pendekatan stimulus - organism - response (SOR). Dua strategi utama yang diuji adalah live streaming commerce dan short video marketing, dengan emotional engagement dan customer trust sebagai mediator. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei kepada 100 responden yang pernah menonton konten video pendek dan live streaming TikTok dari Ascentsia. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa live streaming commerce dan short video marketing berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap purchase intention (nilai t-statistics > 1.976 dan p-value < 0.05). Selain itu, emotional engagement dan customer trust juga berperan sebagai mediator yang signifikan dengan emotional engagement terbukti menjadi mediator paling kuat, terutama pada jalur live streaming commerce - emotional engagement - purchase intention (original sample = 0.172; t-statistics = 4.262; p-value = 0.000). Temuan ini menegaskan bahwa efektivitas strategi pemasaran digital di TikTok bergantung pada kemampuannya dalam membangun keterlibatan emosional dan kepercayaan konsumen sebagai jalur utama dalam meningkatkan minat beli yang berujung kepada peningkatan penjualan.

This study analyzes digital marketing strategies through TikTok on consumer purchase intention of Ascentsia perfume products, using the stimulus–organism–response (SOR) approach. The two main strategies examined are live streaming commerce and short video marketing, with emotional engagement and customer trust as mediating variables. A quantitative approach was employed using a survey method distributed to 100 respondents who had previously watched Ascentsia’s short video and live streaming content on TikTok. The data were analyzed using PLS-SEM. The results indicate that both live streaming commerce and short video marketing have a positive and significant direct effect on purchase intention (t-statistics>1.976 and p-value < 0.05). Additionally, emotional engagement and customer trust serve as significant mediators, with emotional engagement proven to be the strongest mediator, especially in the pathway live streaming commerce - emotional engagement - purchase intention (original sample = 0.172; t-statistics = 4.262; p-value = 0.000). These findings confirm that the effectiveness of digital marketing strategies on TikTok depends on the platform's ability to build emotional engagement and consumer trust, which are key pathways in increasing purchase intention and ultimately driving sales."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khanza Salsabila Yusuf
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan Studio Blackbox berteknologi XR di PT Produksi Film Negara (PFN) dengan menggunakan pendekatan Commitment-Trust Model. Penelitian ini juga mengevaluasi peran trust dan commitment sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Kualitas layanan diukur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan pendekatan explanatory sequential design. Data kuantitatif diperoleh dari 54 responden melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara mendalam dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust (β = 0.722; p < 0.05) dan commitment (β = 0.685; p < 0.05). Namun, kualitas layanan tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas, commitment terbukti memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas secara signifikan, sedangkan trust tidak berperan sebagai mediator yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan harus disertai dengan strategi yang dapat menumbuhkan kepercayaan dan komitmen terlebih dahulu.

This study aims to analyze the effect of service quality on customer loyalty of the XR-based Blackbox Studio at PT Produksi Film Negara (PFN) using the Commitment-Trust Model approach. The study also evaluates the mediating roles of trust and commitment in this relationship. Service quality is measured based on the five SERVQUAL dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The research adopts a mixed methods approach with an explanatory sequential design. Quantitative data were collected from 54 respondents through questionnaires and analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), while qualitative data were obtained through in-depth interviews and analyzed thematically. The results show that service quality has a positive and significant effect on trust (β = 0.722; p < 0.05) and commitment (β = 0.685; p < 0.05). However, service quality does not have a direct effect on loyalty. Commitment is proven to significantly mediate the effect of service quality on loyalty, while trust does not play a significant mediating role. These findings indicate that in order to enhance customer loyalty, strategies must first foster both trust and commitment."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library