Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5517 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edyanto Rachman
"ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, mempunyai dampak
berupa peningkatan investasi. Permintaan modal investasi yang
sangat besar dihadapkan pada kendala berupa keterbatasan
penyediaan modal di dalam negeri untuk pembiayaan proyek .
Sejalan dengan era globalisasi, sistem perekonomian
Indonesia yang terbuka dan dianutnya rezim devisa bebas,
pemanfaatan fund di pasar internasional adalah salah satu
alternatif yang dapat dipergunakan bagi pembiayaafl proyek. Telah
dimakiumi bahwa pembiayaan proyek mempunyai resiko tínggi,
mengingat jangka waktu proyek bersifat jangka paniang. Disamping
memerlukan sumber dana pembiayaan yang besar, dana murah dan
berjangka waktu panjang seperti mísalnya obligasi semakin sulit
diperoleh. Besarnya mmnat investor asing untuk menanamkan
portfolionya di Indonesia karena adanya oportunitas perolehan
return yang menarik perlu dimanfaatkan dengan baik misalnya
melalui kredit sindikasi internasional.
Walaupun demikian, dalam upaya memanfaatkan sumber dana
off-shore yang mempunyai cost of fund yang relatip murah, pihak
Bank menghadapí berbagal kendala seperti adanya batasan net open
position, meníngkatnya country risk Indonesia serta
diberlakukannya faktor kecukupan modal menurut Bank for
International Settlement (BIS).
Kendala lainnya yang perlU disadari adalah adanya f aktor
foreign exchange risk serta inflasi, sehinyga proyek yang
dibiayai seyogyanya menghasilkan pendapatan dalam valuta asing.
Disamping itu perIu diperhatikan jangka waktu pinjaman off?
shore, sehingga dapat dihindarkan adanya ?maturity mismatch?
antara segi pembiayaan dan pendanaan.
"
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Riyanto
"ABSTRAK
Adanya persaingan yang ketat dalarn lingkungan bisnis pada
saat ini memaksa setiap perusahaan untuk mengambil langkah
langkah stratejik yang dapat menjamin kelangeungan pertumbu
hannya jangka Panjang.
Indonesia dengan jumlah, penduduk yang semakin meningkat daya
beiinya merupakan suatu pasar yang sangat potensiai utUk
barang?barang konsumsi. Bagi PT.PCS, yang merupakan anak
perusahaan kelompok DMH, pasar ini membuka peluang untuk
produk-produk yang teknoioginya dibeli dan counter part
AustraHanya. Produk barang-barang konsumsi sehari?hai
merupakan bisnis baru untuk PT.PCS maupun kelompoknya. Upaya
diversifikasi ke luar bisnis yang sudah ada selama ini
(sebagiari dalarn bentuk barang industrl) akan membantu menja
min daya saing kelompok ini pada masa yang akan datang.
Salah satu jenis produk yang direncanakan urituk diluncurkan
adalah shampoo. Sebagal produk konsuinsi seharl-hari, shampoo
memiliki tempat khusus daim kehidupan rumah tangga di Indo
nesia. Hampir semua penduduk menggunakan produk ini untuk
merawat kebersihan dan kesehatan rambutnya, namun walaupun
demikian berdasarkan peneiltian yang dflakukan oleh CIC
(1990) terdapat hanya sekitar duabelas merk shampoo yang
miiiki pangsa lebih dari satu perserta dari total pasar. Hal
ini berarti peluang sekaligus kendala, peluang karena pasar
yang demikian besar, yang pasti masih terbuka untuk produk
baru, kendala karena sedikitnya Perusahaan yang marnpu meraih
paflgsa pasar yang berarti merupaka,, cerminan persaingan yang
ketat, yang membutuhkan suatu kombinasi bauran pemasaran
yang unggul.
Dibalik ketatnya Persaingan dalam industri shampoo Indonesia
masih terbuka kesempat kepada pendatang baru, tanpa terda
pat rintangan yang berarti dan pemasok dan konsumen Indus
tri. Namun dengar, karaktenlstjk konsumen Indonesia yang
unik, dibutuhkan strateji yang tepat untuk dapat dengan
segera memperoleh pangsa pasar yang diinginkan.
Bagi PT. PCS, produk yang akan diluncurkan sudah memiliki
keuriggulan yang dibutuhkan untuk menerobos pasar yaitu
karakteristik multiguna yang belum pernah ditawarkan oleh
produk lain. Dengan strateji harga dan strateji distnibusi
yang diarahkan untuk meliput masyarakat golongan ekonomi
menengah ke bawah dan strateji promosi yang merionjolkan
karakteristik nu1tiguna, PT.PCS akan mampu membangun posisi
baru dan unlk di benak konsumen sasarannya. Hal ini akan
menghasilkafl pangsa pasar yang diharapkan, untuk mendukung
kelangsungafl kebijakan stratejik kelompok DMH."
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indrastuti
"Dalam melakukan penelitian terhadap hubungan antara biaya, volume serta laba pada suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, khususnya asuransi mempunyai perbedaan dengan perusahaan ialnnya Perbedaan tersebut terletak pada struktur blaya dan unit volumenya Pada sebuah perusahcian asufcinsi kerugian, biaya variabel langsung merupakan blaya yang timbul akibat adanya keglatan penerlmaan preml. Besarnya blaya-blaya variabel tersebut merupakan proporsi terhadap total penerlmaan preml setelah dikurangi dengan reasuransl. Perbedaan Ialnnya terletak pada unit volume. Oalam sebuah perusahaan asuransi unit volume dinyatakan dengan unit exposure yaltu besaran reslko yang harus ditanggung oleh perusahaan tersebut Pengukuran unit exposure Inl sangat tergantung pada 'personal judgment' serta tersedlanya data-data statlstik tahun-tahun sebelumnya.
PT. Asuransi X, adalah sebuah perusahaan asuransi swasta yang mengkhususkan pada jenis kerugian. Penerlmaan preml terbesar pada perusahaan Inl terletak pada jenis pertanggungan kebakaran, walaupun jika dihltung dari total unit exposure, jenis pertanggungan kendaraan bermotor merupakan yang terbesar.
Pembahasan dalam karya akhir ini adalah mellhat hubungan antara blaya. volume dan laba pada PT. Asuransi X untuk jenis pertanggungan kendaraan bermotor. Perhitungan tersebut akan menunjukkan bagaimana aplikasi analisis tersebut dalam perusahaan asuransi yang biaya-biayanya mempunyai ciri-clrl khusus.
Hasil perhitungan analisis CVP disini menunjukkan bahwa jenis pertanggungan kendaraan bermotor {motor vehicle Insurance) untuk kategori 1, yaitu kendaraan sedan, jeep dan sejenlsnya yang tidak disewakan adalah jenis pertanggungan yang 'totai sales rupiah to breakeven' paling besar.
Bagi sebuah perusahaan asuransi, pengeiolaan dana membutuhkan perhatlan yang cukup besar. Bentuk dari pengeiolaan tersebut dapat berupa pencadangan premi dan pencadangan klaim, selain bentuk investasi seperti deposito, saham dll."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudy Sabur
"Tingginya pertumbuhan ekonomi dikawasan Pasifik dan Timur jauh yang diperkirakan 5,8% pada tahun 1991, telah memacu la ju mobilisasi yang ada di kawasan ini, baik yang bergerak dalarn didalarn kawasan itu sendiri maupun yang keluar masuk dari dan ke kawasan ini. Jasa angkutan udara yang amat penting peranannya dalam menunjang kelancaran mobilisasi yang terjadi di kawasan ini, telah memancing perusahaan-perusahaan penerbangan terutarna yang berdomisili dikawasan Pasif ik dan Timur Jauh untuk meraup bisnis sesuai dengan peluang yang muncul.
Stabilnya perekonomian di Eropa Barat, realokasi pabrik-pabrik besar, kecenderungan pergeseran type perjalan wisata dari wisata perkotaan menjadi wisata pantai dan liberalisasi di Cina yang akan memberikan dampak pada perdagangan & Industri di Asia Timur adalah f aktor-f aktor utama yang menjadikan kawasan ini akan dikunjungi tidak kurang dari 72 juta pengunjung pada tahun 2000 ke 14 negara utama termasuk Indonesia dan 33 negara kecil lainnya di kawasan ini. Perjalanan wisata tetap merupakan jumlah terbesar dari seluruh perjalanan yang ada di kawasan ini, paling tidak dari data 10 tahun terakhir menunjukan bahwa lebih dari 50% jumlah perjalanan di kawasan Pasifik dan Timur Jauh adalah perjalanan wisata.
Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan yang berdomisili dikawasan Pasif ik dan Timur Jauh tidak ingin melewatkan begitu saja kesempatan yang muncul ini, paling tidak tercermin dalam corporate strategynya dimana dalam 5 tahun yang akan datang kawasan Asia dan Pasif ik menjadi perhatian yang utama untuk mendapatkan revenue, ini bisa dimengerti karena kawasan ini memberikan kontribusi lebih dari 50% pada revenue yang diperoleh Garuda pada tahun 1990 yang baru lalu.
Kerasnya persaingan di kawasan ini terlihat dari jumlah perusahaan penerbangan yang masuk dalam 20 besar dunia, dimana kawasan ini menyumbangkan 7 perusahaan penerbagan pada tahun 1990 yang baru lalu, apalagi hadirnya Mega Carrier yang dikawasan ini diwakili oleh Singapore Airlines telah menambah semaraknya persaingan bisnis jasa angkutan udara dikawasan Pasifik dan Timur Jauh.
Garuda Indonesia yang pada tahun 1989 yang baru lalu di kawasan Asia Pasifik hanya mengangkut 2.493.000 pax atau 3,42% dari seluruh penumpang yang ada (menurut dara statistic resmi IATA tahun 1990), tentunya ingin meningkatkan pangsa pasarnya sesuai dengan tumbuhnya pasar tersebut dikawasan ini. Strategi bersaing yang tepat haruslah didasarkan pada kondisi yang ada (market), lingkungan usaha (pesaing) dan ancaman yang mungkin timbul( pesaing baru) yang menurut Michael Porter salah seorang pakar dalam strategi bersaing harus dianalisa secara komprehensif karena satu dan lainnya saling berhubungan.
Dari hasil study yang dilakukan oleh badan-badan International untuk melihat prospek perjalan dikawasan Pasifik dan Timur jauh, ternyata bahwa perjalanan wisata tetap merupakan bagian terbesar dari perjalanan di kawasan Pasifik dan Timur Jauh ini( rata-rata 60% untuk setiap destination) paling tidak sampai dengan tahun 2000 yang akan datang, apalagi terjadinya kecenderungan perjalanan wisata kota telah bergeser ke perjalanan wisata - pantai bagi wisatawan baik yang berasal dari kawasan Eropa maupun yang berasal dari kawasan Amerika Utara menambah tingginya tingkat pertumbuhan perjalanan wisata di kawasan ini karena sebagian besar negara dikawasan ini memiliki pantai-pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi.
Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan yang berdomisili di negara yang mempunyai banyak daerah tujuan wisata pantai tentunya ingin memamf aatkan kelebihan yang dipunyainya, untuk itu cost leadership sebagai salah satu generik strategi didalam persaingan mungkin cocok untuk diterapkan dalam menggarap penumpang yang melakukan perjalana?n wisata, karena biasanya sebagian besar wisatawan selalu menggunakan low fare airline ticket. Untuk menjaga pertumbuhan dari perusahaan, maka profit margin dari perusahaan ( Profit margin Garuda pada tahun 1990 sebesar 5% ) harus ditingkatkan, dan ini hanya bisa dilakukan dengan dua macam car a yai tu mengeffisienkan chain value dan meningkatkan intensitas pada route-route yang telah ada untuk memperkecil fixed cost. Sebagai perusahaan penerbangan yang memperoleh revenue lebih dari 50% dari kawasan Pasifik dan Timur Jauh, wajar bila perhatian perusahaan ditujukan ke kawasan ini. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Johanes
"ABSTRAK
Pada saat nilai tukar Rupiah cenderung mengalami
depresiasi, tingkat suku bunga deposito Rupiah yang relatif
tinggi dibanding dalam valas belum memberikan kepastian
bahwa masyarakat akan memilih deposito Rupiah. Pilihan ini
masih dipengaruhi oleh ekspektasi masyarakat terhadap
perkembangan nilai tukar tersebut. Jika ekspektasi tersebut
menyimpulkan bahwa tingkat depresiasi Rupiah ternyata lebih
tinggi dibanding dengan selisih antara tingkat suku bunga
deposito Rupiah dengan valas maka bagi masyarakat akan lebih
menguntungkan memilih deposito valas. Jika ekspektasi
tersebut menyimpulkan sebaliknya maka bagi masyarakat akan
lebih menguntungkan memilih deposito Rupiah.
Dalam sistem nilai tukar Rupiah yang tetap (fixed
exchange rate system) spekulasi deposito tersebut tetap
berlangsung, namun sifatnya sangat diskrit. Kai tan
perkembangan sebelumnya dengan sekarang dan masa datang
seakan tidak ada. Keadaan ini tak ubahnya seperti sebuah
grafik fungsi yang terputus-putus - namun erratic. Hal ini
dimungkinkan karena begitu besarnya intervensi Pemerintah
terhadap pengendalian nilai tukar Rupiah terhadap valuta
asing. Perilaku Pemerintah merupakan indikator pokok untuk
memperkirakan perkembangan nilai tukar Rupiah di masa yang
akan datang. Dalam sistim ini, peran mekanisme pasar tidak
dominan dalam menentukan tingkat harga Rupiah terhadap satu
satuan valuta asing tertentu.
Dalam sistem nilai tukar yang mengambang (managed
floating), intervensi Pemerintah jauh dikurangi. Oleh karena
itu mekanisme pasar semakin besar peranannya dalam
menentukan harga Rupiah. Spekulasi yang melibatkan nilai
tukar menjadi lebih dinamik dan lebih dapat digambarkan
adanya saling keterkaitan antara perkembangan periode
sebelumnya dengan sekarang dan yang akan datang. Dalam
memperkirakan nilai tukar Rupiah terhadap valuta asing
tertentu, telah dapat dimanfaatkan berbagai variabel yang
kepekaannya terhadap perkembangan pasar sangat besar seperti
tingkat perubahan nilai tukar itu sendiri, tingkat suku
bunga Rupiah, tingkat suku bunga valas, laju inflasi
domestik dan luar negeri. Jika semua variabel ini dinyatakan
dalam sebuah persamaan matematik maka akan diperoleh
hubungan berikut :
it= (iFx + d +INFd) - (iRp + INFf)
Seandainya laju inflasi domestik (INFd) dianggap sama
atau mungkin tidak dapat dibandingkan dengan laju inflasi di
luar negeri tempat valas berasal (INFf), maka akan diperoleh
kondisi berikut: IT= (iFx + d - iRp) dengan pola interaksi
Variabel IT disebut juga differensial tingkat suku
bunga. Masyarakat akan cenderung memilih deposito valas
bilamana angka IT positif. Oleh karena itu kondisi nilai IT
merupakan indikator langsung bagi masyarakat untuk
menentukan pilihan apakah mendepositokan uangnya dalam valas
atau Rupiah.
Jika nilai IT cenderung meningkat maka akan
meningkatkan jumlah deposito valas masyarakat dalam bank.
Sebaliknya, jika nilai IT mengecil maka insentif dari
deposito valas akan turut mengecil sehingga mengalihkan
pilihan masyarakat kepada deposito dalam Rupiah.
Pada Kondisi I digambarkan bahwa dalam keadaan dimana
tingkat suku bunga deposito Rupiah lebih tinggi dibanding
tingkat suku bunga deposito dalam salah satu valas dan pada
saat yang sama ni lai tukar Rupiah terhadap valas tersebut
cenderung mengalami apresiasi, maka deposito Rupiah akan
lebih menguntungkan dibanding dalam valas.
Akan tetapi jika pada saat yang sama justru ter jadi
depresiasi terhadap Rupiah, disini masyarakat menghadapi dua
pi l ihan deposito Rupiah atau val as tersebut. Deposito
Rupiah dipilih jika selisih tingkat suku bunga deposito
Rupiah dan valas tersebut jauh lebih tinggi dibanding
tingkat depresiasi Rupiah. Sebaliknya, masyarakat akan
cenderung memilih deposito dalam valas jika selisih antar
tingkat suku bunga tersebut lebih kecil dari tingkat
depresiasi Rupiah. Dalam keadaan ini, depresiasi Rupiah
merupakan disinsentif terhadap investasi deposito dalam
Rupiah.
Sementara itu Kondisi II menggambarkan keadaan tingkat
suku bunga yang berlawanan dengan Kondisi I di atas.
Bi lamana tingkat suku bunga deposito Rupiah lebih rendah
dibanding tingkat suku bunga dalam valas, dan pada saat yang
sama nilai tukar Rupiah terhadap valas tersebut cenderung
meningkat
deposito
(apresiasi),
dalam valas
maka masyarakat cenderung memilih
jika selisih tingkat suku bunga
dibanding tingkat apresiasi Rupiah.
tingkat bunga tersebut lebih rendah
tersebut lebih besar
Namun jika selisih
dibanding tingkat apresiasi Rupiah maka pilihan masyarakat
cenderung jatuh pada deposito Rupiah. Bilamana terjadi
depresiasi Rupiah dalam Kondisi II ini terhadap valas
tersebut maka deposito yang dipilih adalah deposito dalam
Rupiah.
Secara umum disimpulkan bahwa tiap pi l ihan jatuh pada
deposito Rupiah, maka tanda variabel IT senantiasa negatif.
Jika tanda IT adalah positif ini merupakan indikasi adanya
insentif yang lebih besar yang bisa diperoleh masyarakat
jika melakukan investasi dalam deposito valas.
Kondisi I lebih relevan bagi perekonomian Indonesia
sebagaimana dijelaskan berikut ini. Mengingat tingkat
ketidakpastian (uncertainty) dalam perekonomian Indonesia
secara umum masih lebih tinggi dibanding negara pembanding
dalam studi ini, maka tingkat resiko investasi di Indonesia
pun menjadi relatif lebih tinggi. Karena tingkat suku bunga
merupakan cermin sebagian dari tingkat resiko tersebut (high
risk-high return, low risk-low return) maka otomatis tingkat
suku bunga di Indonesia senantiasa cenderung lebih tinggi
"
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rataoelam Paul Siantur
"ABSTRAK
Pada sistem ekonomi terbuka seperti di Indonesia, barang,
jasa dan aset finansial (financial assets) dengan mudah mengalir
masuk ataupun keluar negara. Dengan .demikian ekonomi mempunyai
alternatif resourcing secara global dengan memanfaatkan kondisikondisi
disparitas. Sebaliknya, ekonomi menjadi terkait dengan
ekonomi dunia sehingga risiko meningkat dan persaingan juga
menjadi lebih berat.
Seperti negara sedang berkembang lainnya Indonesia harus
mengandalkan capital inflow untuk menutup Saving-Investment gap
dan gap neraca pembayaran. Perekonomian Indonesia cukup menarik
terjadinya capital inflow karena : disparitas tingkat suku bunga
luar negeri dengan dalam negeri, inflasi yang rendah (purchasing
power parity), regime devisa bebas, kebijaksanaan managed floating
rates yang mengakibatkan rupiah menjadi convertible currency,
dan kondisi politik yang stabil. Capital inflow ini dapat melalui
pinjaman pemerintah, pinjaman swasta nasional yang besar, maupun
melalui pinjaman Bank nasional yang disalurkan menjadi kredit
bagi swasta dalam negeri.
Perbankan Indonesia, dengan meminjam dana luar negeri dan
menyalurkan ke dalam negeri mendapat opportunity arbitrage kondisi-
kondisi disparitas diatas, meskipun juga menambah risiko
dalam Asset dan Liability Managementnya (ALM). Untuk itu diperlukan
perhatian khusus dalam mengelola dana yang sumbernya dari
pinjaman luar negeri.
Penyaluran dana offshore untuk menbiayai kredit dalam negeri
yang generated incomenya dalam bentuk valuta asing . (produknya
berorientasi ekspor) akan mengamankan posisi finansial Bank.
Dalam penggalian dana offshore ini, bonafiditas dan credit
worthiness bank komersial dalam negeri sangat diperhatikan investor
luar negeri. Dalam penyaluran dana offshore tersebut bank
komersial harus menghadapi kendala-kendala di dalam negeri yaitu
berupa peraturan-peraturan pemerintah, antara lain : capital
adequacy ratio (CAR), net open position (NOP) dan penggunaannya
untuk kegiatan produksi yang ber-orientasi ekspor. Dengan demikian
bank tidak bebas dalam menyalurkan dana offshore. Untuk itu
para bankers harus menggunakan tehnik-tehnik analisa yang akurat
dan memadai agar bank tersebut dapat memperoleh kinerja (performance)
yang baik dari pengelolaan dana offshore serta tetap mempertahankan
tingkat kepercayaan yang diberikan pihak investor.
"
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Hebron
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Petrus Maruli Tua
"Era deregulasi dalam sistem perekenomian Indonesia Tercermin dari berbagai paket kebijaksanaan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah dalam berbagai bidang, baik ekonomi, perdagangan, maupun moneter. Kondisi ini telah menciptakan berbagai peluang dan sekaligus tantangan baru yang harus dihadapi oleh setiap unit usaha.
Kebijaksanaan dalam sektor usaha yang berkaitan dengan industri asuransi dapat terlihat dalam Paket Kebijaksanaan 20 Desember 1988 (Pakdes 20- 1988). Paket kebijaksanaan ini antara lain berisi tentang penyederhanaan izin pendirian perusahaan asuransi, pengaturan kembali jumlah modal setor dan tingkat 'solvency margin', serta beberapa ketentuan lainnya yang berkaitan dengan industri asuransi.
Dengan adanya Pakdes 20 - 1988 ini diharapkan akan terjadi peningkatan profesionalisme dalam pengelolaan perusahaan asuransi, kemudahan dalam pembinaan dan pengawasan kegiatan perusahaan oleh Pemerintah, serta peningkatan peran industri asuransi dalam perekonomian nasional.
Peluang yang tercipta dengan adanya paket-paket kebijaksanaan ini tercermin dari makin banyaknya jumlah perusahaan yang bergerak dalam kegiatan usaha yang berkaitan dengan bisnis asuransi pad a umumnya dan bidang asuransi kerugian pad a khususnya. Pad a tahun 1987 (setahun sebelum diberlakukannya Pakdes 20 - 1988) qaru tercatat sejumlah 68 perusahaan asuransi kerugian, sedangkan di tahun 1989 (setahun setelah diberlakukannya Pakdes 20 - 1988) telah tercatat sebanyak 78 perusahaan.
Disamping menciptakan peluang, paket-paket kebijaksanaan deregulasi juga telah menimbulkan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Tingkat persaingan dalam kondisi deregulasi ini terlihat menjadi semakin tajam. Disamping makin bertambah banyaknya perusahaan yang berlomoa meraih dan menguasai pangsa pasar dalam bisnis asuransi kerugian, tajamnya persaingan juga dapat terlihat dari makin gencarnya kegiatan iklan dan promosi yang dilakukan serta makin tajamnya persaingan dalam tingkat harga.
PT. AJI sebagai salah satu pelaku didalam industri asuransi kerugian juga tidak luput dari berbagai masalah yang timbul dalam kondisi industri yang semakin kompetitif dan turbulen ini. Hal ini antara lain dapat terlihat dari kecenderungan .makin kecilnya pangsa pasar yang dapat diraih dan dikuasai oleh PT. AJI dari tahun ketahun.
Untuk dapat tetap bertahan, tumbuh, dan berkembang kondisi seperti ini dibutuhkan adanya suatu strategi tepat, dalam hal ini adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran memegang peranan paling penting didalam kegiatan usaha asuransi kerugian, mengingat sifat produknya yang unik dan masih belum memasyarakat. Penerapan dari paduan komponen strategi pemasaran yang tepat merupakan syarat utama bagi keberhasilan perusahaan. Komponen-komponen ini antara lain adalah : strategi pasar, strategi produk, strategi harga, strategi saluran distribusi, dan strategi promosi.
Untuk dapat merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, PT. AJI perlu melakukan penelitian pasar secara lebih mendalam, melakukan revisi terhadap produk yang dihasilkan, serta memaksimumkan penggunaan saluran yang dimiliki. Hasil yang dapat diperoleh dengan penerapan strategi ini adalah peningkatkan mutu pelayanan yang dapat diberikan oleh perusahaan; baik pada waktu proses penutupan, selama masa pertanggungan, dan terutama dalam proses penyelesaian tuntutan ganti rugi. Hal tersebut dapat menjadi kunci keberhasilan PT. AJI sebagai satu perusahaan yang bergerak dalam.bisnis jasa asuransi kerugian."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Soelaksono
"Sejak tahun 1983 :Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan serangkaian kebijakan deregulasi dibidang moneter, keuangan dan perbankan. Paket deregulasi Juni 1983 telah membebaskan bank-bank dari ketentuan pagu kredit dan tingkat suku bunga, serta pengurangan kredit likuiditas, sehingga kegiatan perbankan semakin berorientasi kepada mekanisme pasar.
Kebijakan diatas dilanjutkan.dengan Pakto 27, Pakdes 20 tahun 1988, Pakmar 1989, Pakjan 1990 serta Pakfeb 1991 yang membuka barrier to' entry dibidang perbankan serta meningkatkan peranan dari lembaga-lembaga keuangan dengan kegiatan leasing, modal ventura, perdagangan surat berharga, anjak piutang, kartu kredit dan pembiayaan. konsumen. Reserve requirement bank diturunkan dari. 15% menjadi 2% .dan peminjaman offshore loan sekarang tidak lagi dibatasi. Dampak yang segera dirasakan adalah jumlah bank dan kantor bank tumbuh dengan cepat, yang kemudian diimbangi dengan penciptaan produk-produk baru dan pelayanan. Dan ini menyebabkan tingkat persaingan antar bank menjadi semakin tajam.
Dengan adanya deregulasi tersebut maka lingkungan makro dan mikro industri telah berubah. Perkembangan yang nyaris serentak yang dialami oleh lembaga-lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank menyebabkan posisi dan kekuatan tawar menawar dari nasabah, pemasok dana, produk atau jasa pengganti semakin kuat, yang memaksa bank untuk mengurangi tingkat margin yang diperoleh serta melakukan efisiensi .Yang ketat. Hal ini menyebabkan perusahaan-perusahaan dalam industri perlu mengevaluasi kembali kebijakan strategis yang telah diambilnya selama ini.
Dari evaluasi terhadap kegiatan perbankan di Indonesia, terlihat bahwa pangsa pasar kredit bank pemerint~h telah mengalami penurunan dari 72,5% pada tahun 1985 menjadi 67,8% pada tahun 1988 dan menurun lagi menjadi 55,2% pada tahun 1990, dan untuk pengerahan dana menurun dari 64,3% menjadi 61,4% pada tahun 1988 dan kemudian turun lebih drastis menjadi 41,4% pada tahun 1990. Ini menunjukkan bahwa dalam hal pengerahan dana, bank-bank pemerintah kalah gesit dibanding bank-bank swasta serta kalah dalam kemampuan menciptakan produk baru yang kompetitif dan memenuhi selera konsumen.
Posisi BRI dalam persaingan relatif lebih baik dibanding bank-bank pemerintah : lainnya. Data usaha BRI menunjukkan perkembangan usaha yang cukup baik, tetapi dilihat dalam pangsa pasarnya mengalami sedikit penurunan. Setelah Pakto 27 tahun 1988 proporsi aktiva BRI terhadap total bank turun dari 13,3% menjadi 12,4%, pen9erahan dana turun dari 15,6% menjadi 13,5% dan laba perusahaan mengecil dari 10,2% menjadi 9,2%. Akan tetapi untuk kredit yang diberikan justru mengalami kenaikan dari 14,2% menjadi 14,7%."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Subagio
"ABSTRAK
PT Lintasarta merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi
informatika, dengan tujuan mengimplementasikan teknologi informatika, yang merupakan
penggabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, dalam ap¥Jcasi perbankan.
Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh yayasan dana pensiun dan koperasi pegawai dari
Bank Indonesia, PT Indosat, Perumtel, bank-bank pemerintah dan swasta, PT Lintasarta
mempunyai kekuatan dalam hubungan industri perbankan dan telekomunikasi, sehingga
memudahkan perusahaan ini dalam mencapai tujuannya, yaitu mengembangkan sistem perbankan
elektronis di Indonesia. Salah satu aspek dalam sistem perbankan elektronis adalah
penggunaan automatic teller machine (ATM) sebagai suatu jalur marketing elektronis bagi
perbankan dalam menjangkau nasabahnya.
PT Lintasarta menawarkan layanan ATM Bersama sebagai salah satu produknya yang
ditawarkan kepada perbankan, dimana dalam hal ini PT Lintasarta bertindak sebagai
fasilitator dalam layanan ATM Bersama ini.
Berbagai tantangan yang dihadapi perbankan dalam mengembangkan layanan ATM
ini, termasuk dalam penguasaan teknologi informatika, perilaku nasabah yang masih belum
siap menerima layanan ATM dan lain-lain. Tantangan dan resiko ini memberikan peluang
bagi PT Lintasarta untuk mengembangkan ATM Bersama, karena ATM Bersama ini
merupakan alternatif bagi perbankan dalam memberikan layanan kepada nasabah. Manfaat
dari ATM Bersama ini adalah untuk mengurangi resiko investasi, dapat segera meluncurkan
layanan ATM (speed of entry), skala ekonomis karena nasabah dari bank peserta dapat
langsung menikmati layanan A TM Bersama di beberapa tempat, memungkinkan memperoleh
pendapatan dari transaksi bank lain pada mesin ATM 'milik bank peserta tersebut.
Dalam pengembangan strateji marketing dari A TM Bersama, maka dirumuskan bahwa
PT Lintasarta menerapkan serangkaian strateji marketing dengan tahapan sebagai berikut:
1. Strateji pengembangan pasar dengan cara menarik permintaan (demand pull
strategy), dengan tujuan mengembangkan pasar dimana layanan ATM merupakan layanan
standar yang dituntut oleh nasabah perbankan retail. Strateji ini dapat dilaksanakan dengan
iklan yang intensif, undian atau hadiah dan lain-lain. Tujuan strateji ini adalah meningkatkan
pemakai (user) dan pemakaian (usage).
2. Strateji pengembangan pasar dengan cara mendorong penawaran (supply push
strategy), dengan tujuan mengembangkan pasar melalui penyediaan mesin ATM sehingga
tercapai skala ekonomi dan cakupan layanan yang luas. Strateji ini dapat dilaksanakan dengan
memberikan insentif tambahan kepada perbankan yang memasang mesin ATM lebih banyak
atau bahkan melibatkan PT Lintasarta dalam mengadakan mesin ATM.
3. Strateji penetrasi pasar, dengan tujuan meningkatkan skala ekonomi yangjauh lebih
besar dan jangkauan a tau cakupan geografis yangjauh lebih luas, dengan melakukan integrasi
dengan bank yang memilik jaringan ATM sendiri. Pada tahap ini jurnlah mesin ATM Bersama
telah cukup banyak sehingga PT Lintasarta mempunyai bargaining position yang cukup baik
dalam melakukan penetrasi pasar dengan cara melakukan integrasi jaringan yang lebih luas.
Strateji penetrasi pasar ini perlu dibarengi dengan memberikan insentifharga dan tariff kepada
bank yang telah memiliki jaringan yang luas.
4. Strateji manajemen market driven. Dengan bergabungnya bank yang memiliki jaringan
ATM sendiri ke dalam ATM Bersama, maka konfigurasi ATM Bersama yang semula
menggunakan konsep front end berubah menjadi konsep hybrid, dimana dalam konsep hybrid
ini sebagian layanan ATM Bersama bersifat on-line. Situasi ini akan mendorong bank peserta
yang cukup besar untuk menghubungkan jaringan ATM Bersama ini dengan komputer
mainframe pendukung sehingga mampu memberikan layanan yang bersifat on-line.
Dilihat dari sudut perbankan, telah diadakan analisis perbandingan antara mendirikan
jaringan ATM sendiri a tau bergabung dalam ATM Bersama dengan menggunakan net present
value (NPV). Dalam analisis tersebut didapatkan bahwa pada dasarnya layanan ATM ini tidak
menghasilkan pendapatan apapun, hanya diperoleh manfaat tidak langsung yaitu meningkatnya
saldo rata-rata nasabah retail dan menarik nasabah retail. Sedangkan dengan
menggunakan layanan ATM Bersama, maka bank peserta akan memperoleh tambahan pendapatan
dari transaksi dan biaya tetap bulanan bank lain pada mesin ATM miliknya.
Meskipun pada akhirnya bank peserta ATM tersebut hams mengeluarkan investasi
yang sama besarnya untuk komputer main frame pendukung, tetapi dengan me nunda investasi
tersebut sambil melihat situasi perkembangan layanan ATM ini, maka bank peserta menghemat
sekitar 78,45% dari total biaya dibandingkan dengan membangun jaringan ATM sendiri
berpatokan pada net present value."
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>