Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zikrina
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang realisasi hasil multimaterial scaffold yang menggunakan bahan dua buah Polimer PLA (Polylactic acid) yang belum diketahui mekanikal propertinya, dengan variasi volume tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan sifat dan struktur mekanikal yang sesuai sebagai scaffold yang akan di aplikasikan dalam bone block. Variasi pengujian dilakukan dengan memberikan perbedaan volume PLA dan PLA ini bertujuan untuk membandingkan mechanical properties multimaterial scaffold yang akan dibentuk. Variasi parameter tersebut akan menghasilkan scaffold dengan porositas dan nilai elastic modulus (Em) yang di dapat melalui uji tekan (compressive test). Fabrikasi yang dilakukan menggunakan FDM (Fuse Deposition Modelling) tricolour dibantu dengan CAD software dalam proses perancangannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, single material scaffold dan multi material scaffold memiliki porositas berkisar 25-75%. Dan modulus elastisitas yang didapat dari pengujian tekan pada single material scaffold menujukkan untuk scaffold PLA a sebesar 62,02 Mpa dan scaffold PLA b sebesar 31,01 Mpa. Dan untuk multimaterial scaffold didapat modulus elastisitas dari 48 – 59 Mpa. ...... This study discusses the realization of multi scaffold material using two polymer material PLA (Poly(lactic) acid) is not known mechanical properties, with a variation of a certain volume in order to obtain mechanical properties and structure suitable as a scaffold that will be applied in the bone block. Variations testing is done by giving the difference volume PLA α and β PLA aims to compare the mechanical properties multi material scaffold to be formed. Variations of these parameters will result in scaffold porosity and elastic modulus value (Em) in the can through the pressure test (compressive test). Fabrication is carried out using FDM (Fuse Deposition Modeling) tricolor aided by CAD software in the design process. Based on the research conducted, single and multi material scaffold material scaffold material has a porosity ranging from 25-75%. And modulus of elasticity are obtained from the test tap on single scaffold material for PLA scaffold shows amounted to 62.02 Mpa and a PLA scaffold b amounted to 31.01 Mpa. And for multi material obtained scaffold modulus of elasticity of 48-59 Mpa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59241
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadifa Zikrina
Abstrak :
Penyakit diare di Kota Tegal, berdasarkan profil kesehatan Kota Tegal tahun 2016 setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi sanitasi lingkungan dan perilaku higiene masyarakat yang buruk salah satunya yaitu perilaku buang air besar sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku buang air besar sembarangan dengan kejadian diare di Kota Tegal. Faktor lainnya yang diduga terkait dengan kejadian diare pada rumah tangga antara lain karakteristik yang meliputi usia, tingkat Pendidikan, tingkat ekonomi, dan sanitasi lingkungan yang meliputi kepemilikan jamban, ketersediaan sumber air, jarak Penampung akhir tinja ke sumber air, serta keberadaan vektor lalat. Uji statistik yang digunakan adalah Uji chi-square dan regresi logistik. Sebanyak 5,85% rumah tangga ditemukan masih berperilaku buang air besar sembarangan, dan 36,6% rumah tangga mengalami diare. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku buang air besar sembarangan dengan kejadian diare (p value=0,044). Selain itu, pada penelitian ini ditemukan faktor yang paling dominan yang dapat menyebabkan diare adalah usia, kepemilikan jamban, dan jarak penampung akhir tinja ke sumber air. ......Based on the Health Profile of Tegal City in 2016, diarrhea disease in Tegal, tends to increase every year. This is caused by the condition of environmental sanitation and poor hygiene behavior, one of which is the behaviour of open defecation. This study aims to determine the relationship between open defecation behaviour and the incidence of diarrhea in Tegal. Other factors that are thought to be related to the incidence of diarrhea in households include characteristics such as age, education level, economic level, and environmental sanitation which include latrine ownership, availability of water sources, distance of septic tank to the water sources, and the presence of fly as vector. The statistical test used was the chi-square test and logistic regression. As many as 5.85% of households were found to have open defecation, and 36.6% of households had diarrhea. The results showed that there was a significant relationship between open defecation behavior and the incidence of diarrhea (p value = 0.044). In this study, it was found that the most dominant factors that can cause diarrhea are age, ownership of a latrine, and the distance of septic tank to the water source.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Masayu Nadiya Zikrina
Abstrak :
ABSTRAK
Penggunaan sampah sebagai sumber energi dapat menjadi solusi untuk mengatasi peningkatan kebutuhan energi di Indonesia. Akan tetapi, penggunaan sampah organik sebagai energi dibatasi oleh tingginya kadar air sampah. Biodrying merupakan suatu metode pengurangan kadar air sampah dengan menggunakan proses biologis. Studi ini menginvestigasi pengaruh variasi ukuran sampah dalam metode biodrying. Eksperimen dilakukan pada 3 buah reaktor skala lab dengan spesifikasi yang sama. Feedstock reaktor merupakan sampah organik dengan komposisi 50 sampah sayuran dan 50 sampah halaman. Feedstock dicacah secara manual menjadi 3 variasi ukuran, yaitu 10 ndash; 40 mm, 50 ndash; 80 mm, dan 100 ndash; 300 mm. Eksperimen dilakukan selama 21 hari. Setelah 21 hari, ditemukan bahwa feedstock dengan ukuran 100 ndash; 300 mm memiliki kadar air paling rendah, yaitu sekitar 51 , dan kadar volatile solid sekitar 74,29 . Hal ini kemungkinan disebabkan oleh free air space yang lebih tinggi. Nilai kalor akhir didapatkan sebesar 3286,67 kkal/kg.
ABSTRACT
The use of municipal solid waste as energy source can be a solution for Indonesia rsquo s increasing energy demand. However, its high moisture content limits the use of organic waste as energy. Biodrying is a method of lowering wastes rsquo moisture content using biological process. This study investigated the effect of wastes rsquo particle size variations on biodrying method. The experiment was performed on 3 lab scale reactors with the same specifications. Organic wastes with the composition of 50 vegetable wastes and 50 garden wastes were used as substrates. The feedstock was manually shredded into 3 size variations, which were 10 ndash 40 mm, 50 ndash 80 mm, and 100 ndash 300 mm. The experiment lasted for 21 days. After 21 days, it was shown that the waste with the size of 100 ndash 300 mm has the lowest moisture content, which is 50.99 , and the volatile solids content is still 74,29 . This may be caused by the higher free air space of the reactor with the bigger sized substrate. The output NHV is 3286,67 kcal kg.
2017
S67809
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfah Zikrina
Abstrak :
Pentamaran atau kapal lima lambung merupakan inovasi lambung terbaru dalam penelitian kapal multihull yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kecepatan tinggi dan konfigurasi tertentu, kapal pentamaran memiliki hambatan yang sangat rendah. Pada penelitian ini dilakukan analisis hambatan kapal kepada lima kapal pentamaran dengan S/L 0.19 yang memiliki variasi peletakkan lambung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan metode CFD menggunakan Ansys Fluent 17.2 software package. Pada penelitian ini dihasilkan bahwa konfigurasi yang memiliki koefisien hambatan terkecil di seluruh Froude Number adalah konfigurasi Inboard Outer. Hal ini dikarenakan adanya interaksi gelombang yang menguntungkan antara lambung-lambung pada kapal pentamaran Inboard Outer.
Pentamaran or five hulls design is new innovation in multihull research to decrease fuel consumption. The previous research declared that the pentamaran hull has very low resistance at high speed for certain configuration of hull which is determined by configuration and form of each hull. This research is aim to find the effect of asymmetric hull placement on pentamaran ship S L 0.19. CFD Computational Fluid Dynamics method and experimental method are used for validation process. The result of this research is the Inboard Outer asymmetric hull configuration has the lowest resistance coefficient due to the benefits of interaction of waves between each hull of pentamaran.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67750
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library