Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yanuar Jinu Satiti
Abstrak :
ABSTRAK
Pada tesis ini dibahas mengenai pengembangan model slot time untuk mengatur penggunaan runway dan gate seefisien mungkin dengan memperhatikan kepentingan maskapai penerbangan yaitu dengan meminimalisir waktu taxi, waktu tunggu di udara, waktu tunggu di darat. Metode yang digunakan adalah Network Representative yaitu merepresentasikan masalah penggunaan Runway dan Gate ke dalam bentuk masalah arus jaringan menggunakan Minimum Cost Flow (MCF) Problem. Bandara yang dijadikan objek penelitian adalah Bandara Ngurah Rai Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan permodelan ini maka penggunaan slot time di runway dan di gate lebih optimal.
Abstract
This thesis is aimed to develop model to set the time slot of using runway and gate as efficiently as possible by consider the objective of the airlines to minimize taxi time, waiting time in the air, and waiting time on the ground. The method used is the Network Representative. This method represent, the problem of Runway and Gate assignment into the form of a network flow problem, namely a Minimum Cost Flow (MCF) problem. Ngurah Rai Airport is used as the object of case study of this research. The results of this model shows that both the runway time slot and gate time slot could be optimized in term that the capacity of the runway and gate are utilized more efficiently.
2012
T30902
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library