Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wisnu Pambudi
Abstrak :
Mulai 1 Januari 1984 sampai sekarang, sistem perpajakan di Indonesia menganut sistem self assessment. Sistem ini memberikan kebebasan bagi Wajib Pajak untuk melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakannya secara mandiri, sedangkan fiskus hanya bertugas mengawasi saja. Alat pengujian kepatuhan yang efektif adalah melalui pemeriksaan pajak yang dilakukan secara acak. Secara normatif, Hasil Pemeriksaan Pajak setidaknya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu pemeriksaan yang berakhir dengan closing conference yang berujung dengan penerbitan SKP dan apabila ditemukan adanya indikasi telah terjadi tindak pidana di bidang perpajakan tidak ditutup dengan closing conference melainkan dilanjutkan ke Pemeriksaan Bukti Permulaan sebagai Iangkah awal sebelum dilakukan Penyidikan. Dari data yang ada menunjukkan bahwa SKP atas hasil pemeriksaan tidak seluruhnya dibayar oleh Wajib Pajak, yang berarti Wajib Pajak melakukan upaya keberatan atas hasil pemeriksaan. Bertitik tokak dari permasalahan tersebut, dipandang perlu meningkatkan tindakan Penyidikan yang diakhiri dengan Proses Pengadilan sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Oleh karenanya, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan penyidikan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai tindak lanjut pemeriksaan, menganalisis pemeriksaan yang bagaimana yang bisa dilanjutkan ke tindakan penyidikan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan penyidikan, mengidentitikasi hambatan yang dihadapi, dan menganalisis cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data berupa Studi kepustakaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dari buku, jurnal, media masa, serta sumber-sumber lain yang relevan. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan, bahwa tindakan penyidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak perlu ditingkatkan dalam rangka meningkatkan tingkat kepatuhan Wajib- Pajak. Namun, mengingat proses penyidikan membutuhkan waktu yang relatif Iama dan biaya yang besar, hendaknya penyidikan dilakukan secara selektif, yaitu terhadap kasus-kasus yang besar atau terhadap Wajib Pajak yang menonjol apabila dianggap perlu, sehingga membawa deterrent efect yang cukup Iuas bagi Wajib Pajak.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22643
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Pambudi
Abstrak :
Pemerintah saat ini sedang menggalakkan Program Satu Juta Rumah (PSR) untuk mempercepat penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya penggunaan teknologi precast digunakan untuk meningkatkan kualitas bangunan dengan harga yang terjangkau, serta mempercepat proses pembangunan untuk meningkatkan persediaan unit. Namun pada pelaksanaanya, produksi precast menjadi kendala karena waktu delay antara aktivitas cukup besar dan menyebabkan keterlambatan konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas produksi, dan faktor apa saja yang mempengaruhi waktu delay serta tindakan perbaikan pada proses produksi façade rumah precast. Penelitian ini merupakan penelitian campuran karena menggunakan metode survey dan metode FGD dalam pengumpulan datanya. Penerapan metode six sigma yaitu Define, Measure, Analyze, dan Improve dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan produksi dan tindakan perbaikannya digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini ditemukan ada 11 aktivitas produksi yaitu, Pembersihan Area Mould & Casting Yard, Setting Dimensi Perimeter & Sudut, Setting Bekisting/Moulding Panel, Setting Pembesian Tulangan, Pemasangan Item Assesories (Embedded & Lifting Hook), Setting Sanitary & Electrical Inbow Façade, Pengecoran, Curing Beton, Release Clamp Moulding, Demoulding, Penempatan Produk pada Rak/Stock Yard. Kemudian ada 13 aspek yang mempengaruhi waktu delay pada setiap aktivitas produksi yaitu aspek sumber daya manusia, aspek material, aspek alat, aspek manajerial, aspek lokasi, aspek finansial, aspek fisik bangunan, aspek desain, aspek kebijakan pemerintah, aspek kelengkapan dokumen, aspek cuaca, aspek force majeur dan aspek keselamtan kerja. Tindakan-tindakan perbaikan juga disusun pada setiap aktivitas dan aspek yang menyebabkan waktu delay berdasarkan hasil penelitian. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk proyek-proyek sejenis di masa yang akan datang. ......The government is currently promoting the One Million Houses Program (PSR) to accelerate the provision of livable houses for the community. In practice, the use of precast technology is used to improve the quality of buildings at affordable prices, as well as speed up the development process to increase unit inventory. However, in practice, precast production becomes an obstacle because the delay time between activities is quite large and causes construction delays. The purpose of this study is to identify production activities, what factors affect the delay time and corrective actions in the production process of precast house facade. This research is a mixed research because it uses survey methods and FGD methods in collecting data. The application of the six sigma method, namely Define, Measure, Analyze, and Improve in identifying factors that affect production delays and their corrective actions used in this study. The results of this study found that there were 11 production activities, namely, Mold & Casting Yard Area Cleaning, Perimeter & Angle Dimension Settings, Formwork/Moulding Panel Settings, Reinforcement Steel Setting, Accessory Item Installation (Embedded & Lifting Hook), Sanitary & Electrical Inbow Façade Settings, Casting, Concrete Curing, Release Clamp Molding, Demoulding, Product Placement on Shelf/Stock Yard. Then there are 13 aspects that affect the delay time in each production activity, namely human resource aspects, material aspects, equipment aspects, managerial aspects, location aspects, financial aspects, physical aspects of buildings, design aspects, government policy aspects, document completeness aspects, weather aspects, force majeure aspects and work safety aspects. Corrective actions were also prepared for each activity and aspect that caused the time delay based on the results of the research. This research can be used as a reference for similar projects in the future.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library