Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyudi Utomo
"Dengan semakin dianggap pentingnya nilai kepuasan kerja karyawan bagi suatu perusahaan, tentu saja perlu dikaji dilapangan. Disamping itu kepuasan kerja mempunyai peranan yang cukup besar secara langsung ataupun tidak langsung. Peningkatan kepuasan kerja karyawan juga akan berdampak positif pada peningkatan produktifitas perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja Karyawan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menurut faktor motivator dari teori dua faktor Herzberg. Faktor-faktor motivator tersebut meliputi faktor achievement, faktor recognition, faktor the work it self, faktor responsibility, faktor advancement, dan faktor possibility of growth. Subyek penelitian ini berjumlah 99 responden yang merupakan sampel dari populasi Karyawan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Pengukuran menggunakan skala sikap likert, dengan skala 1 (satu) sampai 6 (enam).
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukan bahwa kepuasan kerja Karyawan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menurut faktor prestasi, pengakuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab, kemajuan dan pertumbuhan keseluruhannya adalah cenderung puas. Berdasarkan prosentase, 50% kecenderungan responden menyatakan maksimal cenderung puas terhadap instrumen pertanyaan karena nilai modus 4 (cenderung puas). Dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja Karyawan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, maka Pimpinan disarankan untuk masih perlu mengambil langkah-langkah antara lain mengakui hasil kerja karyawan, meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan karyawan, memperhatikan pelaksanaan promosi, rotasi. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian yang serupa pada perusahaan yang berbeda, misalnya membandingkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja pada perusahan swasta dengan non swasta atau dengan membandingkan antara perusahaan swasta nasional dengan swasta asing.

As work satisfaction value is considered more and more important for companies., it surely needs some research in the field. Besides, work satisfaction has significant roles both directly and indirectly. The increase in employees? work satisfaction also will have positive effects in enhancing companies? productivity as whole. The research aims to identify how work satisfaction of employees of Tirta Pakuan Municipal Waterworks Bogor based on motivator factors of two factors theory of Herzberg. The motivator factors include achievement factor, recognition factor, the work factor it self, responsibility factor, advancement factor, and possibility of growth factor. The Subjects of this research is as much 99 respondents, that are samples from employee population of Tirta Pakuan Municipal Waterworks. The method applied to take the sampling is proportionate stratified random sampling. The measure uses likert behavior scale ranging from 1 (one) to 6 (six).
Based on the research result, it can be stated that work satisfaction of the employees of Tirta Pakuan Municpal Waterworks Bogor based on achievement factor, recognition factor, the work factor it self, responsibility factor, advancement factor, and possibility of growth factor tends to be satisfied. Based on the percentage, there is a tendency that 50% of the respondents state their maximum satisfaction toward the question instrument because the mode value is 4 (tend to be satisfied) In order to increase the work satisfaction of the employees of Tirta Pakuan Municipal Waterworks Bogor, then the management should take saome actions such as recognizing empoyees? work achievement, improving employees? knowledge and skills, giving serious attention in promotion and job rotation mechanism. For further research, it can be done similar research in different companies, for example comparing other factors which influence work satisfaction in private companies and non private companies or comparing national and multinational private companies."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T24435
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyudi Utomo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tata Kelola Kolaborasi Ekowisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Perhatian diberikan pada studi tentang tata kelola kolaborasi dianggap sebagai salah satu isu kunci keberhasilan dalam konteks pengembangan pariwisata Belitung sebagai bagian dari jaringan UNESCO Global Geopark. Kontribusi dan peran masing-masing aktor baik dari pemerintah, swasta, masyarakat atau komunitas telah memberikan kontribusi positif sebagai upaya membangun kualitas pariwisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative methods research eksploratori, dalam penelitian ini data diperoleh melalui wawancara mendalam, review dokumen dan survey sehingga proses triangulasi dapat dilakukan secara lebih lengkap. Informan penelitian terdiri dari unsur pemerintah, swasta, asosiasi, masyarakat dan komunitas. Sebanyak 13 orang informan telah diwawancarai dan 31 orang telah menunjukkan jawaban atas survei yang dilakukan. Hasil penelitian Praktik Tata Kelola Kolaborasi yang berlangsung di Kabupaten Belitung diinisiasi dengan adanya inovasi program dan kolaborasi yang berkembang dari proses bottom-up yang dipelopori oleh peran Komunitas Geosites dan Desa Wisata. Berikutnya Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kepercayaan, nilai-nilai dan jaringan sosial atau dipersepsikan sebagai modal sosial (social capital) telah menjadi perekat dan mengikat masing-masing aktor untuk bersinergi sehingga berfungsi sebagai elemen dasar untuk membentuk kolaborasi yang baik. Penelitian ini menegaskan dan melengkapi model collaborative governance yang telah digagas oleh Ansell dan Gash. Berdasarkan penelitian yang dilakukan telah menunjukkan peran modal sosial (social capital) merupakan faktor utama yang mendukung berjalannya tata kelola kolaboratif. Jika dalam model collaborative governance Ansell dan Gash tidak dengan tegas menyatakan modal sosial sebagai faktor utama berjalannya proses kolaborasi, penelitian ini telah menunjukkan peran modal sosial (social capital) sebagai landasan untuk inisiatif melakukan kolaborasi. Sebagai salah satu temuan dan novelty dalam penelitian ini, maka penulis menambahkan satu indikator pada dimensi Kondisi Awal (starting condition) pada proses kolaborasi dengan menambah latar belakang modal sosial (social capital) yang meliputi pengetahuan lokal (norma atau nilai-nilai budaya dan jaringan) yang berpengaruh pada pelaksanaan kolaborasi.

This research analyzes the Governance of Ecotourism Collaboration in Belitung Regency, Bangka Belitung Islands Province. Attention is paid to the study of collaborative governance which is considered one of the key issues for success in the context of Belitung tourism development as part of the UNESCO Global Geopark network. The contribution and role of each actor, whether from the government, private sector, society, or community, has made a positive contribution to build quality tourism that is sustainable and environmentally friendly. This research uses an qualitative methods research approach. In this research, data was obtained through in-depth interviews, document reviews, and surveys so the triangulation process could be carried out more completely. Research informants comprised elements from the government, private sector, associations, society, and community. A total of 13 informants were interviewed and 31 people provided answers to the survey conducted. The results of research on Collaborative Governance Practices that took place in Belitung Regency were initiated with program innovation and collaboration that developed from a bottom-up process spearheaded by the role of the Geosites Community and Tourism Village. Next, the results of this research have shown that trust, cultural values, and social networks perceived as social capital have become the glue and bind each actor to work together so that it functions as a basic element for forming good collaboration. This research confirms and complements the collaborative governance model initiated by Ansell and Gash. Based on research conducted, has shown that the role of social capital is the main factor that supports collaborative governance. If Ansell and Gash's collaborative governance model does not explicitly state social capital as the main factor in the collaboration process, this research has shown the role of social capital as a basis for collaborative initiatives. As one of the findings and novelty in this research, the author added one indicator to the dimensions of Initial Conditions and/or Collaborative Process by adding social capital background which includes norms or cultural values and social networks. which influences the implementation of collaboration."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library