Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tegar Septyan Hidayat
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada aspek ergonomis desain pintu tol dan performa
operator berbasis lingkungan virtual. Pengambilan data dibagi menjadi data postur
kerja dan waktu pelayanan. Postur rangkaian kerja dianalisis melalui Posture
Evaluation Index (PEI). Sementara data waktu dianalisis dengan pendekatan
simulasi antrian. Setelah melakukan evaluasi dari desain aktual, kemudian dibuat
rekonfigurasi baik untuk desain yang berjumlah 36 jenis, maupun perubahan
metode kerja. Hasil analisis desain menunjukkan konfigurasi optimal yang
memilki nilai PEI terkecil adalah desain dengan tinggi dudukan sebesar 51 cm,
tinggi meja 80 cm, tinggi sandaran kaki 5 cm, dan tinggi jendela dari tanah 78 cm.
Untuk kombinasi konfigurasi desain dan metode kerja rekomendasi, berdasarkan
simulasi yang dilakukan dapat mengurangi rata-rata waktu antrian sebesar 82%
dari 35,31 detik menjadi 6,4 detik.

Abstract
This research studies the ergonomic aspect from toll booth and operators
performance. It focused on two main areas, working posture and service time of
operators. The analysis of working posture based on Posture Evaluation Index,
meanwhile service time using the queuing theory. The output of the study can be
divided into ergonomic design and method reengineering. The results suggest
that the most ergonomic design which has the lowest value of PEI is with 51 cm
in seat height, 5 cm in foot rest height, and 80 cm in table height. For the queuing
simulation, the implementation of new configuration and method can reduce the
average time of costumer spend in the queue until 82%.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43602
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tegar Septyan Hidayat
"ABSTRAK,br>
Selama ini perhitungan tingkat kelelahan masih sulit dilakukan secara matematis
sehingga dibutuhkan pendekatan yang bisa mengatasi hal tersebut. Penelitian ini
berusaha mengembangkan model perhitungan tingkat kelelahan dengan variabel
independen faktor-faktor biomekanika menggunakan metode regresi berganda
pada kasus operator gardu tol. Model perhitungan yang dihasilkan dari penelitian
ini terbagi menjadi dua bagian yaitu model operator laki-laki dan perempuan.
Model operator laki-laki yang dihasilkan memilki formula sebagai berikut Y =
0.392*BMI + 3.913*MomentRshAbd + 2.812*MomentRightElbow +
0.958*AngleTrunkFlexion + 0.303*AngleLshFwbk + 0.183*AngleRshFwbk +
0.312*StrengthRightKnee ? 39.561 dengan koefisien determinasi sebesar 0.97.
Sedangkan model operator perempuan yang dihasilkan memiliki formula Y =
1.646 *AngleTrunkFlexion + 0.675*BMI + 3.172*AngleTrunkBend +
8.519*MomentRightElbow + 0.569*AngleRshFwbk ? 108.834 dengan koefisien
determinasi 0.967.

ABSTRACT
This research focus on developing mathematical model formulation for measuring
fatigue level based on biomechanics factors using multiple regression method. It
yields formulation for toll booth operators both for men and women. Based on
result, for men operators, the fatigue level can be estimated by this formula, Y =
0.392*BMI + 3.913*MomentRshAbd + 2.812*MomentRightElbow +
0.958*AngleTrunkFlexion + 0.303*AngleLshFwbk + 0.183*AngleRshFwbk +
0.312*StrengthRightKnee ? 39.561 with coefficient of determination 0.97.
Meanwhile, for women operators, the fatigue level can be estimated by this
formula, Y = 1.646 *AngleTrunkFlexion + 0.675*BMI + 3.172*AngleTrunkBend
+ 8.519*MomentRightElbow + 0.569*AngleRshFwbk ? 108.834 with coefficient
determination 0.967"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42606
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library