Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tazkya Amany
Abstrak :
Oi Indonesia, kondisi status gizi anak usia sekolah tergolong buruk sehingga menempatkan lndonesia sebagai negara dengan peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah. Masalah status gizi yang sering terjadi pad a anak usia sekolah di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti asupan nutrisi dan aktivitas fisiko Status gizi merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan an tara status gizi dengan prestasi belajar siswa SON 03 Pondok Cina, Oepok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 20 15 sampai dengan September 2016 dengan desain potong lintang analitik dan jumlah subjek penelitian sebesar 179 siswa (7-12 tahun). Pengambilan data dilakukan melalui pengukuran BB dan TB, pengisian kuesioner faktor sosiodemografi, dan pendataan niJai rapor. Hasilnya menunjukkan bahwa berdasarkan indeks BBrrB, sebagian besar siswa memiliki status gizi normal (46,40%), dilanjutkan dengan obesitas (21 ,20%), gizi kurang (20,10%), dan gizi lebih (12,30%). Terdapat lebih banyak siswa dengan prestasi belajar yang rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (50,80%), Matematika (53,60%), dan IPA (50,30%). Oengan menggunakan uji Chi-Square, status gizi (dibagi menjadi normal dan tidak normal) menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik dengan prestasi belajar Bahasa lndonesia (p=0,0 19) dan IP A (p=0,029), semen tara tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik dengan prestasi belajar matematika (p=O,051). Pendapatan ayah menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia (p=O,028), Matematika (p=O,032), dan IPA (p=O,003). Oapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara status gizi dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia dan IPA pada siswa SON 03 Pondok Cina.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
S70385
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library