Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Surya Kencana
Abstrak :
Pada penelitian ini, nanokomposit clay-epoxy menggunakan Organo clay Nanomer I30E, epoxy resin DER 331 dan curing agent Versamid 125 disintesa dengan metode in situ polimerization. Sebagai pembanding, komposit serat gelas-epoxy menggunakan serat gelas komersial dan epoxy resin dan curing agent yang sama disintesa dengan metode wet laminating. Karakterisasi struktur internal dan permukaan fracture, yang masing-masing menggunakan XRD (X-Ray Diffraction) dan SEM (Scanning Electron Microscope), menunjukkan bahwa nanokomposit telah berhasil disintesa. Nanokomposit memiliki struktur eksfoliasi pada komposisi clay <7.34 (% berat) dan struktur eksfoliasi dan interkalasi pada komposisi clay ≥ 7.34 (% berat). Nanokomposit dengan komposisi clay 2.10 (% berat) terdiri dari fasa epoxy dan fasa aglomerasi clay dan memiliki tanda fracture berbentuk kerucut. Hasil uji tarik, tekan dan kekerasan menunjukkan bahwa nanokomposit, yang disintesa dengan teknik pencampuran DM (Direct Mixing), tidak layak digunakan untuk aplikasi struktural pada pesawat terbang menggantikan komposit serat gelas-epoxy. Hasil uji tarik menunjukkan nanokomposit yang terbentuk memiliki perilaku yang sama dengan komposit particulate epoxy, yaitu tensile strength yang mengalami penurunan seiring dengan penambahan komposisi clay. Hasil uji tekan dan kekerasan masing-masing menunjukkan yield compression strength yang tidak mengalami perubahan dan kekerasan mengalami sedikit peningkatan, yang tidak tergantung pada komposisi clay, seiring dengan penambahan komposisi clay. ......In this observation, clay-epoxy nanocomposites using Nanomer I30E organo clay, DER 331 epoxy resin and Versamid 125 curing agent were synthesized with an in-situ polimerization method. As comparison, fiberglass-epoxy composites using commercial fiber glass and the same epoxy resin and curing agent were synthesized with wet laminating method. Characterization of internal structure and fracture morphology, using XRD (X-Ray Diffraction) and SEM (Scanning Electron Microscope) respectively, showed that nanocomposites had been successfully synthesized. Nanocomposites owned an exfoliated structure at clay composition <7.34 (% weight) and a mixture of exfoliated and intercalated structure at clay composition >7.34 (% weight). The nanocomposite with clay composition 2.10 (% weight) consisted of epoxy fase and clay agglomerates fase and owned cone shape fracture markings. The results of tensile, compression and hardness testings showed that nanocomposites, synthesized using DM (Direct Mixing) dispersion technique, was found not suitable for structural application in aircraft replacing fiberglass-epoxy composite. The result of tensile testing showed nanocomposite formed owned similar behavior to particulateepoxy composite, where the tensile strength experienced decrease as clay composition was increased. The results of compression and hardness testings showed that yield compression strength didn’t experience change and hardness experienced few increases, which was not affected by clay’s composition, as clay's composition increased.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
T21365
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Christian Surya Kencana
Abstrak :
Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk di kota Jakarta untuk setiap tahunnya, maka hal ini berdampak langsung terhadap semakin banyaknya zone-zone rawan kemacetan di pusat kota Jakarta tersebut, salah satu contohnya adalah daerah stasiun Kota. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, maka pemerintah daerah kota Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan mengusulkan untuk membangun sarana penyeberangan bagi pejalan kaki. Terdapat dua pilihan mengenai tempat penyeberangan ini, yaitu dibangun di atas level permukaan jalan atau di bawah permukaan jalan. Berhubung daerah stasiun Kota tersebut merupakan daerah kota tua yang mempunyai nilai sejarah, maka pilihan untuk membangun tempat penyeberangan untuk pejalan kaki ini adalah berada di bawah level permukaan jalan atau bi bawah tanah. Permasalahan muncul bersamaan dengan ditentukannya metode pelaksanaan pembangunan terowongan tersebut dengan cara mendorong box beton precast yang telah dicor di tempat pelaksanaan dengan menggunakan alat dorong hidraulik. Dari segi teknis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dimana hal tersebut sangat berhubungan dengan penyaluran gaya dorong terhadap box. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk melakukan suatu analisa atau verifikasi mengenai gaya-gaya yang menghambat pergerakan box tersebut. Gaya-gaya hambatan yang akan dibahas tersebut meliputi, gaya tahanan akibat friksi antara pelat baja dengan casting yard, gaya tahanan tanah akibat friksi pada dinding box yang berinteraksi dengan tanah, gaya tahanan tanah akibat friksi tanah dengan bagian bawah box dan gaya tahanan ujung pada saat box telah memasuki tanah. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kombinasi antara pendekatan empiris (trend line) dan pedekatan secara teoritis yang kemudian dioperasikan secara aljabar linear. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengestimasikan besarnya gaya dorong yang diperlukan untuk mendorong box ke arah stasiun Kota. ......As the increasing number of population in Jakarta city each year, therefore it cause the zones of the traffic jam become increasing in the center of Jakarta city, one of the zones is at the area of Kota station. For solving this problem, the governor of Jakarta co-operate with the ministry of public transportation suggest to construct the pedestrian way. There are two options for constructing the pedestrian way, the first is to build it at the above of the road surface and the second is to build it below the road surface. Due to the area of Kota station is located at the old city of Jakarta and it has a precious historical value, that have to be prevented so it will not be perish as time goes by, so the choice which was decided was to build the pedestrian way below the road surface or at the underground level. As the construction method for constructing the tunnel, had been chosen by pushing the massive precast concrete box into the soil, problems had been appeared. Technically, there are a lot of things that have to be fully considered which is about the jacking force transfer from the hydraulic device to the box. The main purposed of this thesis is to do the analysis or the verification of the restrained force that inhibit the movement of the box. Those restrained forces, that will be discussed in this thesis, consist of the restrained force caused by friction between the steel plate and the casting yard, the restrained force caused by friction between the wall side of the box which has been interacted with the soil, the restrained force caused by friction between soil and the bottom of concrete and also the end bearing. The method of analysis which be done in this research is using the combination of empirical approached (by using the trend line approached) and the theoretical approached then the equation wil be solved by the operation of linear algebra. The result of this research can be used to estimated the jacking force that will be needed for pushing the box into the Kota station.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S35096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library