Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Supiyan
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : profil tenaga kerja estimator yang diperlukan; profit pekerjaan estimasi bangunan; pelaksanaan sistem evaluasi penampilan kinerja estimator di PT.Pembangunan Perumahan (Persero), Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengambilan sampel dengan purposive dan snowball sampling, pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, adapun analisis yang digunakan adalah model interaktif.
Penelitian ini berkesimpulan : Pertama, profit tenaga kerja estimator yang diperlukan adalah tenaga kerja yang berkemampuan dalam: membaca gambar dan RKS, menghitung volume tiap jenis pekerjaan, menetapkan harga bahan dan upah tenaga kerja, menghitung satuan harga tiap jenis pekerjaan, menghitung harga bangunan secara keseluruhan dan memahami konstruksi bangunan, serta mengestimasi anggaran biaya dengan menggunakan komputer. Kedua, profil pekerjaan mengestimasi bangunan dikerjakan dengan metode perhitungan secara kasar ( taksiran) dan secara teliti serta sistematis, sedangkan teknik pengetjaannya dilakukan dengan dua cara, yaitu cara manual dan komputerisasi. Ketiga, pelaksanaan sitem evaluasi penampilan kinerja estimator didasarkan atas: kualitas basil eslimasi; kecepatan kerja; proses kerja. Dari kriteria evaluasi tersebut, penampilan kinerja yang paling baik adalah hasil estimasi yang memenuhi standar, sesuai ketentuan perusahaan dan dapat diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat dari waktu standar.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan, tingkat kegagalan hasil eslimasi dari kerja tim estimator di PT.PP adalah cukup baik (rendah), yang memerlukan revisi sebesar 2,5%-5%, sedangkan di perusahaan yang sejenis umumnya hasil estimasi yang direvisi sebesar 5%, namun dari sebagian estimator yang bekerja di PT.PP dan berlatar belakang pendidikan SMK Bangunan masih ditemukan kelemahan kemampuannya dalam melaksanakan estimasi, terutama dari mereka yang mempunyai masa kerja yang relatif rendah, hal ini disebabkan karena kesulitan untuk memahami: membaca gambar, menghitung, mengoperasikan komputer dan kurang dapat bekerja secara kelompok serta etos kerja yang masih rendah.
Sebagai saran dalam penelitian ini adalah, bagi estimator yang bekerja di PT.PP, yang berlatar belakang pendidikan SMK Bangunan yang masih mempunyai kelemahan dalam menjalankan tugasnya, maka pihak perusahaan sebaiknya dapat meningkatkan kemampuan mereka dengan melalui pelatihan pelatihan yang diperlukan perusahaan. Hal ini apabila tidak segera diantisipasi, maka akan ada kesulitan untuk dapat memenuhi kualifikasi tenaga kerja estimator yang dipersyaratkan oleh PT.Pembangunan Perumahan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supiyan
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisa perilaku kunjungan berulang ke science center sebagai indikator ketertarikan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan perilaku seperti aspek sosiodemografi / sosioekonomi, perilaku kunjungan di masa lalu, dan motivasi dan persepsi pengunjung digunakan untuk memprediksi peluang untuk berkunjung ulang dan memprediksi jumlah rata-rata kunjungan berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa science center perlu memberikan perhatian yang lebih besar kepada pengunjung rombongan atau keluarga yang datang di akhir pekan / hari libur, dengan cara meningkatkan kualitas content dan kemasan produk yang up to date, menarik dan menyenangkan terutama bagi anak kecil dan menerapkan strategi bundling untuk meningkatkan jumlah partisipasi pengunjung loyal ke science center.

ABSTRACT
This study analyzes the behaviour of repeat visitation to science center as an indication of community rsquo s interest in science and technology. Behavioural approaches such as sociodemographic socioeconomic aspects, past visit behaviour, and visitor 39 s motivation and perception are used to predict the chances for a repeat visit and the average number of repeat visits. The result shows that the science center needs to give more attention to visitors who visit as a group or family, that come on weekends or holidays by improving the content quality and product packaging to make them up to date, more interesting and fun especially for children, and applying bundling strategy to increase the number of loyal visitor rsquo s participation in the science center. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T47628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library