Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sukarmiati
Abstrak :
Kepuasan konsumen selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan masyarakat yang ada. Perusahaan muu tidak mau hares selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Dalam hal minuman coklat kesehatan ovaltine telah hadir di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu, sekitar tahun 1980 an sempat menjadi market leader bagi minuman coklat untuk kesehatan di Indonesia, seiring berjalannya waktu dan terjadinya perpindahan kepemilikan saham perusahaan beberapa kali ovaltine `lupa" berkomunikasi dengan konsumennya sehingga konsumen tidak peas dan beralih ke produk !competitor yang gencar berkomunikasi dan dinilai dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari situ penulis mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi siapa sajakah konsumen ovaltine selama ini dan berusaha mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi pembeda kepuasan konsumen serta mengetahui harapan konsumen ovaltine terhadap produk ini dimasa mendatang. Dan bahwa cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan atau konsumen adalah terus menerus mencari jalan 'intuk memberi kepada mereka lebib dari yang mereka bayar atau selalu berusaha memuaskan konsumen sehingga konsumen akan tetap loyal dan setia terhadap produk tersebut (Kotler, 2002.442). Dan menurut Michael Hamlin penulis Asias Best bahwa fokus dan kompetensi inti suatu produk terletak pada daya saing suatu perusahaan dan bagaimana perusahaan dapat memuaskan konsumennya. Dan menurut Myers, 1996 persepsi konsumen terhadap suatu produk memegang peran penting dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen sehingga akhirnya konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur basil penelitian yang berhubungan dengan kepuasan konsumen dilingkungan Departemen Komunikasi Fisip UI dan juga berguna bagi perusahaan pemilik merek ovaltine saat ini yaitu PT ABF (Associated British Foods and Beverages) maupun di masa mendatang bila saham ovaltine dijual ke perusahaan lainnya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang berangkat dari hipotesis deduktif terhadap sekelompok individu pembeli atau konsumen ovaltine di salah satu toko makanan dan minuman didaerah Jakarta Selatan yang menurut data dari PT ABF merupakan daerah yang terbesar memberikan kontribusi penjualan di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu cross sectional survey yaitu pengumpulan data variabel bebas dan terikat dilakukan dalam satu waktu yang sama. Karena keterbatasan waktu dan biaya, dengan teknik penarikan sampel acak sederhana, maka dari 250 pembeli yang tercatat oleh pemilik toko selama periode April - Juli 2005 ditarik 124 orang sampel dengan tingkat presisi 95% dan kesalahan penarikan sarnpel 5% dengan teknik pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner secara langsung kecalon responden yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa konsumen ovaltine yang puas dan tidak puas pada umumnya adalah ibu rumah tangga yang masih mengenal merek atau brand ovaltine akan tetapi mereka tidak puas dengan pelayanan perusahaan dan mutu produk yang dalam hal ini diterjemahkan kedalam bentuk kurang atau tidak adanya komunikasi yang cukup signifikan mengenai merek ovaltine selama jangka waktu yang cukup lama dan mengenai mutu produk diterjemahkan tidak adanya kegiatan komunikasi dan promosi yang cukup menarik sebagai bentuk pelayanan perusahaan kepada konsumen ovaltine. Dari hat tersebut konsumen ovaltine berangsur berkurang dan dengan sendirinya konsumen yang tidak puas akan beralih ke produk lain yang lebih memperhatikan konsumennya dan komunikasinya lebih baik ke konsumen. Kesimpulan dari basil penelitian ovaltine yang merupakan faktor pembeda kepuasan konsumennya adalah kualitas produk yang diterjemahkan pada tidak adanya varian baru dan kemasan yang terkesan "tua" atau stagnan serta kepercayaan konsumen yang diterjemahkan pada keraguan konsumen apakah produk ini akan tetap ada dan apakah perusahaan benar-benar memperhatikan konsumen dan produknya. Faktor-faktor tersebut dapat diatasi dengan melakukan berbagai program komunikasi dan promosi pemasaran secara serentak dan terus menerus dengan dukungan dan komitrnen kuat dari perusahaan. Dan sesuai dengan Kotler bila perusahaan tidak tens menerus berusaha memberikan kepada konsumennya sesuatu yang lebih daripada yang mereka telah mereka bayar maka akan segera ditinggalkan oleh konsumennya, sesuai dengan hasii penelitian mengenai produk ovaltine dan sesuai dengan hipotesis deduktif yang digunakan sebagai basis penelitian ini.
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T19921
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukarmiati
Abstrak :
Orang Cina menganggap Manchuria sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Cina. Manchuria terdiri dari beberapa propinsi yang terletak di sebelah timur laut Cina yaitu propinsi Jilin, Heilungjiang dan Liaoning. Propinsi-propinsi tersebut oleh orang barat lebih dikenal dengan nama Manchuria dan merupakan daerah tapal batas antara Cina, Korea (saat itu diduduki oleh Jepang), Jepang dan Rusia sehingga memiliki kedudukan yang sangat strategis. Manchuria memiliki arti yang sangat panting bagi Cina yaitu sebagai garis depan pertahanan Cina terhadap invasi asing yang berasal dari sebelah utara. Sejarah telah menunjukkan bahwa jatuhnya daerah ini dapat membawa akibat yang fatal bagi Cina. Seperti pada jaman dinasti Sung (960 - 1279) Cina diserang oleh bangsa Mongol yang berasal dari sebelah utara,demikian pula pada masa pemerintahan kaisar Rang Xi (1661-1722)dari dinasti tiling Cina diserang oleh Rusia dari sebelah utara. Selain itu negara-negara tetangga Cina di sebelah utara yaitu Jepang dan Rusia merupakan dua negara yang kuat dan agresif pada waktu itu. Kedua Negara itu memiliki kepentingan yang berbeda di Manchuria. Selain itu masing-masing negara ingin memiliki daerah yang subur dan kaya seperti Manchuria, sehingga dapat mengancam keberadaan Cina di daerah Manchuria dan juga mengancam kedudukan Cina sebagai suatu negara yang merdeka. Manchuria merupakan daerah yang subur dan kaya akan mineral sehingga menarik minat bangsa lain untuk menguasainya. Bagi Cina sendiri kesuburan dan kekayaan alam Manchuria merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah kelebihan penduduk di Cina. Karena kekayaan dan kesuburan tanahnya itu Manchuria diminati oleh banyak negara dan salah satu diantaranya adalah Jepang. Tujuan dan arti invasi Jepang atas Manchuria berkaitan erat dengan tujuan kebijaksanaan ekspansi tradisional Jepang yang dikenal dengan sebutan _Kebijaksanaan Kontinental yaitu kebijaksanaan ekspansi di daratan Asia dengan tujuan kearah utara untuk menaklukkan Manchuria dan daerah utara Cina melalui Korea, kearah selatan dengan tujuan daerah selatan dan tengah Cina dengan basis operasi di Formosa atau Taiwan. Setelah Jepang menganeksasi Korea pada tahun 1910 maka sasaran aneksasi berikutnya adalah Manchuria. Tahun 1912, 1916 dan 1928 Jepang berusaha membangkitkan gerakan otonomi Manchuria - Mongolia, meskipun usaha Jepang itu gagal tetapi ide untuk menguasai Cina dengan jalan menguasai Manchuria dan Mongolia lebih dahulu terus tumbuh. Dan akhirnya apabila Cina berhasil ditaklukkan, Jepang bermaksud menguasai seluruh dunia. Pada saat yang sama keadaan di dalam negeri Cina sedang mengalami kekacauan. Pengaruh komunis semakin meluas sementara pemerintah nasionalis juga harus menghadapi bencana alam banjirnya sungai Yangzi dan sungai Huai yang menimbulkan korban sebanyak 140.000 orang tenggelam dan 250.000 orang kehilangan tempat tinggalnya. Oleh karena keadaan di dalam negeri Cina yang sedang kacau itulah maka Jepang berkesempatan melancarkan serangan untuk menguasai Manchuria. Pada tanggal .18 September 1931 Jepang melakukan invasi ke Manchuria, kejadian itu dikenal sebagai Peristiua Manchuria. Jepang berdalih bahwa tentara Cina telah menghancurkan beberapa meter rel jalan kereta api, Manchuria selatan sebagaimana dinyatakan dalam buku Yearbook of Manchukuo tahun 1934, hal. 30...
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1991
S12987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library