Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Bagaskoro Sugoto
Abstrak :
Indonesia dengan penduduk kurang lebih 202 juta merupakan salah satu pasar yang potensial di dunia. Hasil pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru mempunyai peran dalam mengubah gaya hidup masyarakat. Jakarta sebagai Ibukota negara saat ini memiliki jumlah penduduk sekitar 9 juta. Dan di siang hari jumlah ini dapat meningkat menjadi 11 juta penduduk. Berdasarkan data di atas sebenarnya pengusaha dalam negeri mempunyai pasar domestik yang cukup besar untuk memasarkan produk-produknya.

Industri peritelan omsetnya pada tahun 1996 mencapai angka Rp. 7 triliun, dengan pertumbuhan rata-rata per tahun 20% (bila tingkat pertumbuhan ini dapat dipertahankan) maka pada tahun 2003 omset industri ini akan mencapai Rp. 16 triliun. Bidang usaha yang semula hanya dianggap mainan, kini menjadi bidang usaha yang layak diperhitungkan karena mempunyai prospek yang menjanjikan. Bila suatu pusat perbelanjaan mampu menguasai 25% pangsa pasar maka omset yang mampu diraihnya adalah Rp. 4 triliun (angka yang cukup besar tentunya). Selain itu mulai PELITA VII nanti, Presiden Soeharto mentargetkan sektor pariwisata menjadi penghasil devisa terbesar di luar minyak bumi dan gas alam.

Penelitian ini mencoba untuk menganalisis posisi PASARAYA dalam menangkap peluang pasar yang ada. Di samping harus menghadapi sejumlah tantangan seperti kekurangkonsistenan para birokrat dalam mengimplementasikan peraturan yang telah dibuatnya. Kendala lain yang lebih besar akan dihadapi adalah era perdagangan bebas AFTA (ASEAN Free Trade Area) pada tahun 2003. Pada era ini hambatan yang sifatnya tariff terutama maupun non-tariff harus dihapuskan. Jalannya era perdagangan bebas (terutama barang dan jasa) ini akan diawasi dengan ketat oleh WTO (World Trade Organization) suatu badan yang dibentuk bersama oleh 117 negara.

PASARAYA yang sudah 24 tahun memiliki pengalaman dalam mengelola usaha peritelan, saat ini mempunyai aset sekitar Rp. 1,5 triliun dan memperkerjakan pegawai sekurang-kurangnya 5.000 pegawai. Dari data kinerja, tampak prestasinya tidak sejalan dengan usia yang ada. Untuk itu dalam penelitian ini akan memotret faktor-faktor yang kiranya memperlambat pertumbuhan Pusat Perbelanjaan ini. Analisisnya akan menggunakan pendekatan McKinsey General Electric, pendekatan ini sekaligus dapat memvisualisasikan posisi Pusat Perbelanjaan PASARAYA sekarang dan pada masa yang akan datang. Selain itu untuk mendukung penelitian ini, dilakukan juga riset ke para pembelanja yang sering datang ke pusat-pusat perbelanjaan. Dari mereka yang ingin didapat adalah pengalaman yang mereka pernah alami dan harapan yang ada terhadap Pusat Perbelanjaan ini.

Strategi yang digunakan adalah membenahi kembali arah usaha dan investasi SDM, sehingga segala yang berkaitan dengan usaha peritelan dapat ditangani oleh pegawai yang menjiwai dan kompeten di bidangnya. Di samping itu keunggulan yang selama ini ada yakni mengelola kerajinan dan batik perlu diberdayakan kembali.
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antony Anilo Sugoto
Abstrak :
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah adalah instansi pemerintah yang mempunyai fungsi pembinaan, pengaturan, dan fasilitasi penyelenggaraan pembangunan fisik di bidang jalan raya, jembatan, pengairan, permukiman, dan penataan ruang. Permasalahan yang menjadi sorotan masyarakat selama ini adalah secara umum kinerja Pegawai Negeri Sipil Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah dianggap belum memenuhi harapan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan pertanyaan penelitian, yaitu : bagaimana gaanbaran kondisi manajemen kinerja, kualitas pegawai, motivasi kerja, dan strategi apa yang perlu dilakukan oleh Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai. Teori tentang manajemen klnerja, motivasi, perencanaan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan, serta manajemen strategi, digunakan sebagai dasar atau rujukan -dalam melakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Analisis data menggunakan teknik statistik uji tanda positif dan negatif terhadap aspek-aspek manajemen kinerja, kualitas pegawai dan motivasi kerja. Hasil analisis mengindikasikan bahwa kondisi ketiga aspek tersebut masiih rendah, belum memenuhi harapan pegawai. Dan ketiga aspek yang kondisinya cukup memprihatinkan adalah aspek motivasi pegawai, yang perlu mendapat perhatian khusus dari pimpinan Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. Formulasi strategi untuk peningkatan kinerja pegawai, dimaksudkan agar dapat mencapai kualitas Pegawai Negeri Sipil yang prima di dalam melakukan pelayanan terhadap publik di era reformasi dan era globalisasi, dengan melakukan upaya pembenahan dan perbaikan-perbaikan terhadap aspek-aspek kritis yang berkaitan dengan kinerja Pegawai Negeri Sipil tersebut. Dalam melakukan strategi untuk meningkatkan kinerja pegawai, yang hares dilakukan Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah terlebih dahulu adalah membenahi dan meningkatkan motivasi Pegawai Negeri Sipil, agar timbul gairah kerja. Selanjutnya melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap kondisi manajemen kinei a dan kualitas pegawai, sehingga diharapkan kinerja Pegawai Negeri Sipil meningkat secara optimal sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang prima.
The Ministry of Settlement and Regional Infrastructure is an Government Institution than has a function of Building (Guiding), Arrangement and Facilitating the implementation of Physical Construction such as constructing Main Road, Bridge, Irrigation, Settlement, and Spatial Planning. Problem that becomes the public exposed along this time is generally the performance Government Official of The Ministry of Settlement and Regional Infrastructure assumed has not been fulfilling the public expectation. The goals of this research to answer the formulation of research question, which are how is the condition picture of performance management, employee quality, working motivation, and what strategy that has to done by The Ministry of Settlement and Regional Infrastructure so they can increase the employee performance. Theory about Performance Management, Motivation, Human Resource Planning, Training and Development, also the Strategy Management used as the basic or reference in conducting the research. The Research Method that used is the Descriptive Research Method, with gathering data through questionnaire. The sample determined by using stratified random sampling technique. The data analysis using the statistical technique that used positive sign and negative sign on the performance management aspect, employee quality aspect and work motivation aspect. The analysis result indicating that the third condition aspect mentioned still very low, and it has not been fulfilling the employee expectation. From the three aspects that has a critical enough condition is the employee motivation aspect, which still has to get special attention from the leader of The Ministry of Settlement and Regional Infrastructure. The strategy formulation for employee performance improvement, intended to achieve the prime Government Officials Quality status in implementing service to the public in the reformation era and globalization era, with conducting efforts such as correction and improvements to the critical aspects that related with the Government Officers mentioned. In conducting the strategy, which to improve the employee performance, the thing that has to be done by The Ministry of Settlement and Regional Infrastructure at fist time is to rearrangement and improving the motivation of Official Government, in order to generating the working enthusiasm. Here in after conducting the rearrangement and improvement to the condition of performance management and employee quality, so it expected that the Government Official performance improving optimally as a prime State Servant and Society Servant.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14229
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library