Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Soetarlinah Soekadji
Depok: LPSP3- Fak. Psikologi-UI, 2000
370.15 SOE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soetarlinah Soekadji
Jakarta: UI-Press, 2000
001.4 SOE m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soetarlinah Soekadji
Jakarta: UI-Press, 1998
PGB 0390
UI - Pidato Universitas Indonesia Library
Soetarlinah Soekadji
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan usaha pendahuluan untuk mendapatkan suatu tes yang dapat digunakan untuk mengarahkan ataupun menyeleksi lulusan SMP yang cocok kemampuannya untuk meneruskan ke SMU. Langkah pertama adalah menyusun Tes Bakat Sekolah, yang diharapkan dapat berfungsi sejajar dengan Scholastic Aptitude Tests (SAT), tetapi pada jenjang pendidikan yang lebih rendah (SLTA). Setelah tes tersebut tersusun, terbukti bahwa dengan tes yang belum sempurna, validitas kriterion menggunakan kriteria NEM dan TIKI-M, cukup memadai. Reliabilitas berdasar perhitungan belah dua dan bentuk paralel, menghasilkan angka yang kurang memadai, baik bagian tes yang disebut Tes Verbal maupun Tes Matematika, tetapi cukup memadai untuk keputusan kelompok (seperti dalam penelitian). Rendahnya reliabilitas belah dua bagian-bagian yang seharusnya paralel ini disebabkan lebih banyaknya item yang gugur pada bagian yang disajikan lebih belakangan. Item-item yang sulit disusun (yang banyak gugur dalam perhitungan konsistensi internal) terutama adalah item-item pemahaman verbal.
Saran-saran dipusatkan pada usaha penyempurnaan item-item tes, terutama item-item verbal, penyusunan norma dan penyusunan versi-versi yang selalu diperbaharui, dan menggunakan item-item jangkar untuk mendapatkan skor yang disamakan (equated score).
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1997
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Soetarlinah Soekadji
Abstrak :
ABSTRAK
Hasil analisis faktor dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang diperoleh tetap konsisten dengan hasil analisis subtes-subtes WPPSI aslinya. Ekstraksi menggunakan Principle Component, menghasilkan satu faktor utama dan satu faktor minor yang didukung oleh tiga subtes (Mazes, Geometric Design, dan Block Design), yang kemungkinan adalah faktor g dan faktor Organisasi Persepsi. Rotasi menggunakan varimax, menghasilkan dua faktor, yang dapat disebut sebagai faktor Verbal dan Performansi.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1995
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Soetarlinah Soekadji
2000
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library