Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sisilia Setiawati Halimi
Abstrak :
Kurangnya informasi yang dapat dijadikan petunjuk guna. memilih kamus ekabahasa Inggris yang baik dari antara ka_mus ekabahasa Inggris yang dijumpai di negara kita, mendorong penulis untuk membandingkan Longman Dictionary of Contemporary English (LD) dan Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English (OD). Skripsi ini bertujuan membandingkan tehnik penyajian satuan leksikal dan makna leksikal dalam kedua kamus ter_sebut di atas sehingga dapat diketahui kelebihan dan keku_rangan masing-masing kamus tersebut ditinjau dari segi penggunaannya untuk mendapatkan informasi makna le1sikal istilah-istilah olahraga.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pedoman-pedo man yang terdapat dalam buku Manual of Lexicography oleh Ladislav Zgusta serta pedoman-pedoman yang terdapat dalam artikel A.P. Cowie 0n Specifying Grammatical Form and Function dan English Dictionaries for the Foreign Learn_er. Selain itu, penulis memperhatikan pula ketentuan-ke-tentuan penyusunan definisi yang baik sebagaimana dikemu_kakan oleh Hermanoe Maulana dalam artikelnya Prosedur Penyusunan Definisi dalam Penyusunan Kamus Ekabahasa.Dari penelitian ini ternyata bahwa tehnik penyajian satuan leksikal dan makna leksikal dalam LD dan OD tidak_lah tepat sama.Satuan-satuan leksikal dalam LD hampir seluruhnya di_sajikan sebagai entri utama sementara OD cukup banyak me_nyajikan satuan-satuan leksikalnya bukan sebagai entri u_tama.Dengan tehnik penyajian semacam ini dapat dipastikan bahwa urutan alfabetis dalam LI] lebih ketat bila dibandingkan OD, dan karenanya pemakai kamus akan lebih mudah menjumpai satuan leksikal yang dicari maknanya dalam LD daripada dalam OD.LD menyajikan banyak uraian makna satuan leksikalnya dengan lebih jelas dan lengkap atau lebih baik dan tepat daripada OD.LD menyajikan catatan penjelas yang sangat bermanfaat yaitu catatan penjelas yang didahului kata USAGE sementara OD tidak menyajikannya.Dari catatan penjelas ini pemakai kamus dapat mempero_leh petunjuk pada entri satuan leksikal mana lagi ia dapat memperoleh informasi tambahan yang sangat berkaitan dengan makna satuan leksikal yang dicarinya di dalam kamus.Dari hasil penelitian ini jelas bahwa pemakai kamus yang hendak mencari makna istilah-istilah olahraga lebih baik menggunakan LD daripada OD.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S14032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sisilia Setiawati Halimi
Abstrak :
Walaupun hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat koreksi kesalahan pada tulisan siswa bertentangan satu dengan yang lain, pengajar bahasa tidak dapat berhenti mengoreksi kesalahan-keslahan karena siswa sendiri menginginkan pengajar mengoreksi kesalahan-kesalahan mereka (Walz 1982). Masalahnya adalah harapan siswa kerap kali berbeda dengan keyakinan pengajar tentang koreksi kesalahan (Diab 2006). Kajian ini ingin mengetahui keinginan para mahasiswa dan pengajar di Universitas di Indonesia tentang koreksi kesalahan tulisan mahasiswa. Sebuah kuesioner yang disusun berdasarkan kuesioner yang digunakan Leki (1991) dan kuesioner yang digunakan Diab (2006) digunakan untuk mengetahui keinginan pengajar dan mahasiswa tentang teknik koreksi dan keyakinan mereka tentang koreksi kesalahan tulisan yang effektif. Kuesioner ini dibagikan kepada mahasiswa dan pengajar di Indonesia. Jawaban pengajar dibandingkan dengan jawaban mahasiswa. Bila pengajar dan mahasiswa memahami tujuan dari teknik koreksi kesalahan tertentu dan setuju dengan penggunaannya, koreksi kesalahan diyakini akan sangat bermanfaat. Berdasarkan hasil kajian ini, beberapa implikasi bagi pengajaran bahasa di kelas dibahas.
University of Indonesia, Faculty of Humanities, 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library