Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinambela, Sondang Juwita
Abstrak :
ABSTRAK
Proses pembentukan identitas diri yang merupakan isu penting usia remaja tidak dapat dipisahkan dengan sejauh mana pemahaman remaja mengenai dirinya sendiri (konsep diri). Selanjutnya konsep diri remaja mempengaruhi bagaimana perasaannya tentang dirinya dan perilakunya. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri yang terbentuk dalam individu adalah peran orang tua (Fitts, 1971). Perilaku orang tua yang penuh penghargaan dan memberikan standar perilaku yang jelas, serta diberikan pengharapan-pengharapan yang realistis memudahkan terbentuknya konsep diri positif dalam diri individu. Sebaliknya jika orang tuatidak memberikan informasi yang akurat mengenai dirinya maka hal ini berdampak terhadap munculnya konsep diri negatif dalam diri individu Subjek dalam penelitian ini, yakni F, merupakan seorang remaja putri yang memiliki konsep diri negatif. Hal ini terjadi karena ibu F kerap memberi penilaian negatif mengenai dirinya sehingga F pun pada akhirnya juga cenderung menilai dirinya secara negatif. Penelitian ini bertujuan mengatasi konsep diri negatif yang dialami F. Teknik intervensi yang dipergunakan adalah teknik coaching dengan teori asimilasi dan akomodasi yang dikemukakan oleh Piaget (1950) dijadikan dasar teori penyusunan intervensi. Intervensi juga melibatkan ibu F dengan tujuan meningkatkan pemahaman ibu F mengenai konsep diri F sehingga memungkinkan ibu F memberi informasi yang tepat bagi individu dalam rangka membentuk konsep diri yang lebih positif.
ABSTRACT
Process of identity formation is an important issue teens can not be separated by the extent to which adolescent understanding of itself (self-concept). Furthermore adolescent self-concept affects how he feels about him and his behavior. One of the factors that influence self concept formed in the individual is the role of parents (Fitts, 1971). Behavior of parents who respect and provide clear standards of behavior, and given realistic expectations facilitates the formation of a positive self-concept within the individual. Conversely, if the parents do not give accurate information about him then this affects the appearance of negative self-concept in individuals. Subjects in this study, ie, F, is a teenager who has a negative self-concept. This happens because her mother has often given a negative assessment of her so that F was in the end also tend to judge herself negatively. This study aims to overcome negative self-concept experienced by F. Intervention techniques that are used coaching techniques with the theory of assimilation and accommodation proposed by Piaget (1950) form the basis of the theory of development interventions. Intervention also involves her mother with the aim of improving understanding of mother of F concerning self concept of F so that enable mother of F to give appropriate information to F in order to form a more positive selfconcept.
2013
T35009
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library