Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Saryono
Yogyakarta: Muha medika, 2011
616.12 SAR b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Saryono
"Tingkat kesukaran soal pada tes prestasi belajar dapat dipilih oleh penyusun tes. Tes tersebut dapat dibuat mudah, sedang, atau sukar tergantung pada tujuan diadakannya tes. Guru saat menyusun tes mengharapkan memiliki pendapat yang sama dengan siswa terhadap tingkat kesukaran soal, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya dapat tercapai. Tingkat kesukaran soal melalui data empirik hasil jawaban siswa dapat diketahui dengan menggunakan teori klasik maupun modem. Taksiran tingkat kesukaran soal beberapa orang guru diberikan dalam kategori sedang, mudah, atau sulit. Kedua nilai tersebut dibandingkan dan dikorelasikan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kesukaran soal antara guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pendapat tentang tingkat kesukaran soal antara taksiran guru dengan hasil tes siswa yang tidak terlalu besar dan korelasi tidak signifikan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T37811
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library