Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sandi Billy
"ABSTRAK
Pemberian pelayanan purna jual yang termasuk di dalamnya jaminan
garansi dan penyediaan suku cadang merupakan hak yang dimiliki konsumen dan
kewajiban bagi pelaku usaha.Dengan adanya jaminan garansi dan penyediaan
suku cadang yang diberikan oleh pelaku usaha dimaksudkan untuk melindungi
konsumen yang membeli dan menggunakan produk yang dijual oleh pelaku
usaha.Di samping hal tersebut, pemberian layanan purna jual yang berupa jaminan
garansi dan penyediaan suku cadang ini dimaksudkan pula untuk memberikan
manfaat bagi pelaku usaha agar dapat meningkatkan reputasinya di mata
konsumen sehingga konsumen menjadi lebih percaya dengan pelaku usaha
tersebut.
Dalam salah satu ketentuan pasal dari Undang-Undang No. 8 tahun 1999
tentang Perlindungan Konsumen, disebutkan bahwa untuk barang yang
pemakaiannya berkelanjutan dalam batas waktu sekurang-kurangnya satu (1)
tahun, maka pelaku usaha wajib memberikan jaminan garansi, penyediaan suku
cadang dan/atau layanan purna jual lainnya.Namun dalam kenyataannya, masih
ada pelanggaran atas praktik terkait pemenuhan layanan purna jual yang
merugikan konsumen.
Berdasarkan kenyataan tersebut, maka selanjutnya dalam penulisan ini
akan dibahas mengenai kewajiban dan tanggung jawab dari pelaku usaha dan
perlindungan yang dapat diberikan bagi konsumen terkait fakta dan praktik dalam
hal pelanggaran atas pemberian pelayanan purna jual.

ABSTRACT
The provision of after-sales services including warranty and supply of
spare parts is consumer-owned rights and obligations for seller. With the warranty
and the provision of spare parts supplied by the seller, it intended to protect
consumers who buy and use the products sold by seller.In addition to this, the
provision of after-sales services such as warranty and supply of spare parts is also
intended to provide benefits to seller in order to improve its reputation in the eyes
of consumers so that consumers become more confident with the business
actors/seller.
In one of the provisions of article of Law No. 8 of 1999 on Consumer
Protection, stated that “Seller who produce goods which can be used for at least 1
year or more are obligated to provide spare parts and/or after sales facilities and
are obligated to honor the guarantee or warranty based on the agreed contract.”
But in reality, there are still violationon practices related to the fulfillment of
after-sales service that possibly harm the consumers.
Based on this fact, will later be discussed regarding the obligations and
responsibilities of seller and protection that can be given to consumers related to
the facts and practices in violation of the provision of after-sales service."
2015
S58552
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandi Billy
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang menjadi fenomena di Indonesia saat ini, yaitu menurunnya jumlah anggota serikat pekerja yang diketahui telah terjadi beberapa tahun ke belakang. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 149 orang. Responden dalam penelitian ini adalah pekerja kerah putih yang juga merupakan mahasiswa atau mahasiswi program studi Magister Manajemen, Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh perceived organizational support dan job insecurity terhadap intention to join union dengan variabel mediasi job satisfaction. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling untuk mengetahui hasil dari pengumpulan data yang dilakukan peneliti terhadap responden yang telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived organizational support, job insecurity, dan job satisfaction tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to join union pekerja kerah putih.

This research is to find the solution for the phenomenon in Indonesia recently. The phenomenon is the decline of membership on union, the data consist the summary of total member of trade union from the past few years. Total respondents in this research are 149 people. The respondents are white collar workers which are also students at Magister Management, Universitas Indonesia.This research purpose is to find about the influence of perceived organizational support and job insecurity to intention to join union with job satisfaction as a mediator. This research use the method of structural equation modelling to know the result from the data collected from the respondents that have been explained before. The result of this research shows that perceived organizational support, job insecurity, and job satisfaction are not significantly influence intention to join union white collar workers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library