Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rossy Hardiningsih Hasan
Abstrak :
Penelit·an ini bertujuan adanya pe rbedaan tingkat pengetahuan pende ngar sebagai akibat pengaruh j enis bahasa percakapan dalam i klan rad io dengan s ifat pesan dalam i klan radio. Perbedaa n t i ngkat penge tanuan di lakukan dengan cara m ena m~ ilkan iklan bahasa s l ang dan bahasa s t andar dengan dua variasi sifat iklan. Penelitian in i merupakan eks per 1men aboratorium. Obyek penelitian sebanyak 60 responden ya g diambil secara ra ndom dari Siswa kelas III Sosial SMA 17 Agutus Jakarta. Disain yang dipakai dal am pe nel itian ini adalah uji faktor ial 2 x 2. Pengolahan data menggunakan multi level (two way) anavar dengan mixed model. Pengujian Hip6tesa dilakukan de~gan analisa varians dengan perhitungan Ftes· Setelah itu. dilakukan pembandingan untuk melihat perbedaan-perbedaan yang nyata dari masing-masing kelompok eksperimen. Secara kesel uruhan hasi 1 pene 1 i tian menunj ukkan bahwa penggunaan bahasa slang sebagai pesa~ iklar radio l8bih efektif dalam mempengaruhi tingkat pengetahuan khalayak terhadap isi pesan daripada penggunaan bahasa Indonesia standar . Sedangkan sifat pesan i klan yaitu baik informatif maupun persuasi f, keduanya t i dak mempengaruhi ti ngkat pengetahuan khalayak pendengar da l am menyerap suatu pesan. Sebaiknya bagi para perancang pesan iklan r adio, wal aupun kata- kat a sla ng efekt i f t erhadap tingkat pe ngetahuan khalayak, namun perlu d iper hatikan pemilihan dan susunan kata-kata s lang nya. Hal in i untuk menghind ri kesalahan persepsi dan penonjo an kat a - kat a slang yang menjad i daya tarik iklan dibandingkan produknya sendiri
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4045
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library