Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Rizky Agustina Wulantari
"Mahasiswa profesi keperawatan yang merupakan calon praktisi keperawatan sudah seharusnya mempunyai kemampuan dalam mendukung pemberian ASI kepada bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap mengenai ASI dan menyusui pada mahasiswa profesi ilmu keperawatan.
Desain penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan sampel sebesar 112 responden dari mahasiswa profesi keperawatan di Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dipilih dengan teknik sampel acak. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner hasil modifikasi dari kuesioner Marzalik.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan cukup dengan jumlah sebesar 56,3% dan sikap yang positif dengan jumlah sebesar 52,7%. Evaluasi pembelajaran di kelas maupun klinis mengenai ASI dan meyusui perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam praktik pemberian ASI.
In the future, clinical nursing students are nursing practitioners who supposed to have the ability to support breastfeeding. This study aimed to describe the level of knowledge and attitudes of breastfeeding among clinical student nursing. This research design was simple descriptive with 112 participants from the clinical nursing students of Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, and Universitas Muhammadiyah Jakarta. Participants were selected by random sampling technique. The instrument used was a modified version of Marzalik's questionnaire. The results showed the majority of participants have sufficient knowledge level (56.3%) and a positive attitude (52.7%). Evaluation of clinical and classroom learning about breastfeeding is needed to improve the ability of students in the practice of breastfeeding."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46252
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizky Agustina Wulantari
"Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh merupakan salah satu masalah yang masih menjadi perhatian pada anak usia sekolah di masyarakat daerah perkotaan. Karya ilmiah ini menggambarkan penggunaan media pembelajaran dalam edukasi kesehatan untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh di Kota Depok. Asuhan keperawatan telah diberikan kepada keluarga Bapak N dengan pendekatan lima tugas kesehatan keluarga. Media pembelajaran yang digunakan pada edukasi keluarga Bapak N adalah lembar balik; video; food model; dan bahan makanan asli. Sehingga; keluarga Bapak N dapat mencapai tingkatan pembelajaran kognitif dan psikomotor dalam melakukan perawatan untuk masalah nutrisi kurang setelah enam kali kunjungan rumah. Pengembangan media pembelajaran terkait nutrisi sangat diperlukan untuk meningkatkan efektifitas edukasi kesehatan pada anak usia sekolah.
Undernutrition is one of concerns among school-aged children in urban communities. This paper describes the use of health education media to solve the problem of undernutrition. Nursing interventions have been delivered to Mr. N's family that based on five tasks of family health. The medias of health education for Mr. N’s family were flip chart; video; food models; and authentic food materials. By the end of the nursing intervention; the family reached cognitive and psychomotor domain for performing treatment in undernutrition problem after six times of home visit. The developments of education medias for nutrition are necessary to improve the effectiveness of health education in school-aged children."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library