Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizki Amelia Syafarina
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas intervensi dengan pendekatan proyek kelompok untuk meningkatkan perilaku kerjasama pada anak usia 5-6 tahun. Dilakukan pengukuran berulang pada kelompok intervensi ( 8 murid TK) dan kelompok kontrol (8 murid TK). Pada kelompok intervensi (KI) diberikan program pendekatan proyek kelompok untuk meningkatkan perilaku kerjasama, sedangkan kelompok kontrol (KK) mengikuti kegiatan TK seperti biasanya. Peneliti merancang program intervensi dengan pendekatan proyek. Perilaku kerjasama diukur melalui observasi dengan menghitung frekuensi tingkah laku yang terdapat pada senarai perilaku kerja sama yang disusun oleh peneliti. Alat ukur perilaku kerja sama berupa senarai terdiri atas 15 item perilaku kerjasama dengan reliabilitas yang tinggi (Kappa Cohen = 0.73). Efektivitas intervensi akan ditunjukkan oleh perbedaan skor rata-rata frekuensi perilaku kerja sama antara KI dan KK. Selain itu perbedaan frekuensi perilaku kerja sama antar setiap pengukuran ( pada KI ) juga akan memperkuat gambaran mengenai efektivitas intervensi. Sebelum intervensi tidak terdapat perbedaan frekuensi perilaku kerjasama antara KI dan KK. Pada pengukuran ketiga (setelah 7 sesi intervensi) terdapat peningkatan perilaku kerja sama pada KI, peningkatan terus terjadi pada pengukuran keempat. Kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan frekuensi perilaku kerja sama pada pengukuran 1 dan terakhir
ABSTRACT
This research aimed at exploring the effectiveness of an intervention using project approach in increasing cooperative behavior among preschoolers. Repeated measurement were conducted to monitor changes in cooperative behavior in intervention-group (IG: 8 preschoolers were given intervention) and control-group (CG: 8 preschoolers were given usual kindergarten activities). An intervention program to increase cooperative behavior using project approach was designed by the researcher. A checklist of 15 items of cooperative behavior was used to count the frequency of cooperative behavior conducted by the participants in each group. The researcher devised the checklist and in the current research has high reliability (Kappa Cohen = 0.73). The effectiveness of the program was indicated by the existence of a significance difference between scores attained by IG and CG. Comparison between scores of each measurement showed increasing frequency of cooperative behavior among children in IG, whereas CG showed no significant changes. IG showed increased frequency of cooperative behavior after 7 sessions of intervention and keep increasing at the last measurement. CG did not show significant changes of cooperative behavior
2016
T46555
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library