Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rediani Pramudita
"Penggunaan gas bumi yang merupakan non-renewable energy, perlu lebih diefisienkan. Hal tersebut menyebabkan segmentasi pelanggan gas di sektor industri penting untuk dilakukan, agar dapat dibentuk strategi pemasaran atau penetapan tarif yang tepat. Penelitian ini dilakukan di PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan menggunakan salah satu metode data mining, yaitu Self-Organizing Map (SOM), untuk dihasilkan klasterisasi pelanggan berdasarkan karakteristik penggunaannya, sebagai acuan dalam pembentukan segmentasi pelanggan gas bumi. Variabel area, jenis pelanggan, sektor industri, rata-rata penggunaan, standar deviasi penggunaan, dan total penyimpangan menjadi variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya adalah terdapat 37 klaster dan 9 segmen yang terbentuk, dari 838 data pelanggan yang digunakan dalam penelitian ini. Kesembilan segmen ini menggambarkan secara umum karakteristik pelanggan gas bumi di PT PGN.

The usage of the natural gas which is non-renewable energy, needs to be more efficient. It also results the customer segmentation is the necessary thing to do, in order to set up a marketing strategy or a determination of the appropriate tariff. This research was conducted at PT PGN using one of the methods of data mining, i.e. Self-Organizing Map (SOM), that resulted the clustering of customer based on the characteristic of its user, as a reference to create the customer segmentation of natural gas user. Variable of area, type of customer, the industrial sector, the average usage, standard deviation of the usage, and the total deviation become the variable which are used in this research. It results 37 cluster and 9 segment, from 838 customer data which are used in this research. These 9 segments illustrate the general characteristic of the natural gas customer of PT PGN.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59209
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rediani Pramudita
"Persaingan di era digital semakin ketat, terutama di industri telekomunikasi seluler yang telah berkembang sejak tahun 1993 di Indonesia dan menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan yang sangat stabil. Namun, 3 sampai 5 tahun terakhir, persaingan muncul tidak hanya dari penyedia layanan, jaringan, dan perangkat telekomunikasi, tetapi juga dari telekomunikasi digital. Perkembangan ini memaksa manajemen di unit bisnis perusahaan untuk menjadi lebih proaktif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis mereka. Situasi ini mendorong sebuah riset dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi faktor-faktor apakah yang dapat menjaga dan meningkatkan kinerja unit bisnis pada perusahaan telekomunikasi seluler untuk dapat tetap bersaing dengan perusahaan digital dengan mengandalkan organizational culture, corporate entrepreneurship, dan customer relationship management. Dengan mendistribusikan kuesioner kepada manajer unit bisnis di beberapa perusahaan telekomunikasi seluler di Indonesia dan menggunakan metode penelitian structural equation modeling (PLS-SEM), penelitian ini menghasilkan implikasi bahwa, di tingkat unit bisnis, manajerial perlu untuk menumbuhkan dan mempertahankan innovativeness, yang merupakan dimensi dari corporate entrepreneurship, dan secara rutin melakukan proses pengumpulan dan penyimpanan customer data, yang merupakan dimensi dari CRM success implementation, sehingga secara langsung dapat menjaga dan meningkatkan organizational performance terutama pada dimensi customer perspective.

 


Competition in the digital era is getting tougher, especially in the cellular telecommunication industry which has been developing since 1993 in Indonesia and has become one of the industries with very stable growth. However, in the last 3 to 5 years, competition has arisen not only from service providers, networks and telecommunication equipment, but also from digital telecommunication. This development forced management in the companys business units to be more proactive and innovative in developing their business. This situation encourages research with the aim of identifying and exploring wheter factors that can maintain and improve the performance of business units in cellular telecommunication companies in order to remain competitive with digital companies by relying on organizational culture, corporate entrepreneurship, and customer relationship management. By distributing questionnaires to business unit managers in several cellular telecommunication companies in Indonesia and using structural equation modeling (PLS-SEM) research method, this research has implications that, at the business unit level, managerial needs to grow and maintain innovativeness, which is a dimension of corporate entrepreneurship, and routinely conducts the process of collecting and storing customer data, which is a dimension of CRM success implementation, so it can directly maintain and improve organizational performance, especially in the dimension of customer perspective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library