Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rama Raditya
"ABSTRAK
Sistem manajemen rantai pasok adalah sistem yang rumit dengan berbagai entitas yang saling berhubungan dan aktor manusia yang dapat mengambil keputusan. Pemahaman sistem manajemen rantai pasok secara langsung pada sistem membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Penelitian ini akan membahas penggunaan permainan simulasi sebagai sarana berbasis untuk memahami sistem manaemen rantai pasok. Permainan simulasi ini akan menggabungkan dua buah permainan simulasi yang sudah digunakan di lingkungan departemen teknik industri Universtias Indonesia yaitu PPIC GAME dan Geneshoes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa permainan simulasi berbasis web mampu mengajarkan konsep manajemen rantai pasok pada penggunanya.

ABSTRACT
SupplyChain Management (SCM) is a complex system which consists of a lot of intercorrelated entities dan human decioan making actor. The full understanding of SCM system by experimenting direcly into the system required lengthly time and expensive. This reserach will propuse the use of web based simulatin gaming as a tools to understand SCM. This Simulationgame will fuse two Simulationgame which have used in departemen of industrial engineerin PPIC GAME and Geneshoes. The result of this research shows that web based Simulation could support the learning of SCM for the player."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43189
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rama Raditya
"46% perusahaan di dunia saat ini belum memiliki integrasi yang baik antara supply chain dengan perusahaan. Diperlukan suatu alat pembelajaran baru yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Riset ini membuat permaian serious simulation game baru yang memodelkan aspek supply chain dan pemasaran untuk memahami permasalahan integrasi kedua aspek tersebut. Pemain akan memerankan manager pemasaran dan supply chain serta menyelesaikan permasalahan pada setiap dan antara kedua bidang tersebut. Pemain akan mempelajari dan menerapkan konsep-konsep integrasi antara supply chan dan pemasaran selama memecahkan permasalahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa permaianan simulasi ini berhasil mengajarkan konsep-konsep integrasi antara supply chain dengan pemasaran.

46% of companies in the world today do not have good integration between the company's supply chain. A new learning tool is meeded that can solve these problems. This research develop a new serious simulation game that models supply chain and marketing aspects of in order to understand integration problem between both aspects. Players will as play the manager of marketing and supply chain and solving the problems in each and between the two fields. Players will learn and apply the concepts of integration between the supply and marketing chan for solving the problem. The results showed that the simulated games or successfully teach the concepts of integration between supply chain to marketing.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35652
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library