Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Quartatma, RA Danang P. author
Abstrak :
Dari Iaporan penyelenggaraan workshop penyusunan kurikuluml silabus dan pedoman evaluasi program pemagangan ke Jepang,peser1a yang dinyaiakan gagal dinyatakan cukup tinggi (7-10%) dan ada keoenderungan meningkat. Kegagalan peserta disebabkan karena kemampuan befoahasa Jepang yang masih kurang sehingga peserta magang dipulangkan dari jepang sebelum waktunya belajar selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeiahui hubungan antara variabel nilai ukuran 'kecerdasan/IQ peserta latihan program pemagangan, percakapan menggunakan bahasa Jepang di Iuar kelas aiau di asrama, pelaksanaan pekerjaan rumah, pelaksanaan test harian dan jumlah penggunaan buku terhadap kemampuan berbahasa Jepang. Analisisa dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan kemampuan berbahasa Jepang peserta. Indikator dari kemampuan berbahasa Jepang adalah nilai akhir pra pemberangkatan peserta magang ke Jepang. Jumlah populasi yang terpilih adalah peserta magang ke Jepang angkatan sembilan puluh sembilan, di Balai Latihan lnstruktur dan Pengembangan Cevest Bekasi dengan a!asan angkatan sembilan puluh sembilan adalah angkatan yang terbaru saat penelrtian ini dilakukan. Analisisis data yang digunakan dalam penelitian ini model regresi berganda dengan metode stepwise menggunakan program statistik SPSS 10.1. Guna mengetahui gambaran umum di gunakan deskriptif statlk mengenai mean, standar deviasi dan nilai minimum dan maximum. Untuk memberikan gambaran hubungan atau korelasi digunakan nilai koefiosien korelasi. Sedangkan nilai koefisien detenninasi R2 menunjukkan varian dari Y yang dijelaskan oleh semua variabel prediktor. Perubahan dari nilai koefisien determinasi menggambarkan perubahan varian dari setiap variabel prediktor terhadap variannya dalam menjelaskan perubahan pada variabel terikat. Secara umum hasil peneiitian ini menjelaskan bahwa nilai ukur kecerdasanIIQ, percakapan menggunakan bahasa Jepang di Iuar kelas, pekerjaan rumah, test harian dan jumlah penggunaan buku temyata mempunyai pengamh terhadap kemampuan berbahasa Jepang. Untuk nilai ukur kecerdasan temyata mempunyai pengamh yang paling besar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T5982
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library